cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Economica: Jurnal Ekonomi Islam
ISSN : 20859325     EISSN : -     DOI : -
EEconomica: Jurnal Ekonomi Islam is a scientific journal in the field of Islamic economics studies published twice a year by the Institute of Islamic Economic Research and Development (LP2EI), Faculty of Islamic Economics and Business UIN Walisongo Semarang. The editors receive scientific articles in the form of conceptual script or unpublished research results or other scientific publications related to Islamic Economics themes which cover Islamic Finance, Islamic Banking, Islamic Accounting, Islamic Marketing, also Behavioral Economics, Management, and Human Resources in Islamic perspective.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 6, No 2 (2015)" : 6 Documents clear
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFISIENSI BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA DENGAN PENDEKATAN TWO STAGE STOCHASTIC FRONTIER APROACH (Studi Analisis di Bank Umum Syariah) Wahab, Wahab
Economica: Jurnal Ekonomi Islam Vol 6, No 2 (2015)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/economica.2015.6.2.794

Abstract

Kinerja perbankan syariah dapat diukur dengan menggunakan salah satu parameter yaitu efisiensi. Data efisiensi dari sampel Bank Umum Syariah pada tahun 2006 – 2009 adalah sebesar 0.9467, data ini dapat mencerminkan kondisi tingkat efisiensi bank syariah selama periode tersebut, Tingkat efisiensi tertinggi berada di Bank Syariah Mandiri (BSM) pada periode 2009 yakni sebesar 0.9631 yang berarti sangat mendekati nilai efisiensi optimal. Penelitian ini diukur dengan menggunakan pendekatan parametrik Stochastic Frontier Approach (SFA) untuk mengetahui nilai efisiensi pada BSM. Sedangkan variabel yang diukur adalah ROA, CAR, FDR, BOPO, PPAP, dan NPF.Hasilnya bahwa Return On Asset (ROA) berpengaruh positif tidak signifikan,Sedangkan Capital Adaquacy Ratio (CAR) berpengaruh positif tidak signifikan, Financing Deposit Ratio (FDR) berpengaruh positif signifikan, Biaya Operasional Pendapatan Operasional  BOPO) berpengaruh negatif tidak signifikan, Penyisihan Piutang Aktiva Produktif (PPAP) berpengaruh positif tidak signifikan, Non Performing Finance (NPF) berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap tingkat efisiensi Bank Syariah Mandiri dengan pendekatan SFA.
REDEFINING OBJECTIVE OF ISLAMIC BANKING; STAKEHOLDERS PERSPECTIVE IN INDONESIA Agriyanto, Ratno
Economica: Jurnal Ekonomi Islam Vol 6, No 2 (2015)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/economica.2015.6.2.795

Abstract

Bank syariah harus memiliki tujuan yang berbeda bila dibandingkan dengan perbankan konvensional. Perkembangan bank syariah di latar belakang oleh motivasi ekonomi atau sosial. Penelitian ini akan membuktikan apa sebenarnya tujuan pendirian Bank Islam di Indonesia. Penelitian ini menguji data primer yang melibatkan responden yang mewakili pemangku kepentingan Perbankan Syariah; Pelanggan, Deposan, Masyarakat, Manajer Bank Syariah, Karyawan, Regulator dan Dewan Pengawas Syariah. Analisis uji beda digunakan untuk menentukan persepsi responden terhadap berbagai tujuan Perbankan Syariah di Indonesia. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa ada perbedaan perspektif antara berbagai stakeholder tentang tujuan perbankan Islam. Secara umum stakeholder mengharapkan agar Perbankan Syariah di Indonesia focus kepada tujuan sosial, tetapi tidak meninggalkan sifat sebagai lembaga komersial. Implikasi praktis bagi bank syariah di Indonesia diharapkan untuk mengikuti keinginan masyarakat untuk terus meningkatkan kepedulian sosial. Kegiatan sosial yang dapat dilakukan oleh Bank Syariah seperti mengurangi tingkat kemiskinan, mempromosikan nilai-nilai Islam dalam bisnis, melaksanakan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan. Tuntutan yang tinggi dari tujuan komersial manajer bank syariah (manajer dan karyawan) harus dikurangi dengan meningkatkan peran Dewan Pengawas Syariah. Implikasi dari hasil ini untuk penelitian masa depan adalah untuk menguji hubungan dari pelaksanaan tujuan sosial dengan kinerja keseluruhan dari Bank Syariah.
CORAK PEMIKIRAN HUKUM ISLAM DALAM FORMULASI PERBANKAN SYARI’AH: ANTARA TEKSTUALIS DAN SUBSTANSIALIS Murtadho, Ali
Economica: Jurnal Ekonomi Islam Vol 6, No 2 (2015)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/economica.2015.6.2.790

Abstract

Sejauh mana sistem operasional perbankan syari’ah dapat merepresentasikan pengamalan ajaran Islam di bidang ekonomi dapat diperjelas dengan mencermati corak pemikiran hukum Islam yang mendasarinya. Konsepsi perbankan syari’ah merupakan produk ijtihad yang dibangun di atas prinsip pelarangan riba secara mutlak dengan memandang bahwa bunga bank termasuk riba. Konsepsi perbankan syari’ah, tidak secara murni memakai salah satu tipologi pemikiran hukum Islam. Kadang memakai kerangka pendekatan substansialis namun juga tidak terlepas dari pendekatan tekstualis. Ide dasar perbankan syari’ah yang berangkat dari  prinsip pengharaman riba dan pemakaian prinsip bagi hasil, meskipun termasuk kategori pemikiran substansialis karena mengacu pada substansi ajaran Islam tentang prinsip keadilan dan prinsip tolong menolong, namun cenderung mendekati cenderung tekstualis karena interpretasi riba dilakukan dalam bentuk qiyas yang sangat ketat. Demikian juga dalam mengadopsi aqad-aqad yang ada dalam khazanah fiqh mu’amalah dengan mengedepankan aspek formalitasnya tampak lebih kental dengan nuansa corak pemikiran tekstualisnya. Dalam proses panjang menuju tata perekonomian yang benar-benar Islami, diperlukan kajian intensif berkesinambungan untuk merevisi kelemahan- kelemahan konsepsional maupun operasional perbankan Syari’ah.
TRACER STUDY ALUMNI JURUSAN PERBANKAN SYARIAH FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM IAIN WALISONGO SEMARANG Arifin, Johan
Economica: Jurnal Ekonomi Islam Vol 6, No 2 (2015)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/economica.2015.6.2.796

Abstract

Salah satu cara untuk mengukur keberhasilan institusi pendidikan dalam menghasilkan kualitas lulusan adalah dengan melaksanakan survei penelusuran alumni (tracer study). Hal ini berguna untuk mengukur kompetensi lulusan yang bermutu tinggi dan relevan dengan kebutuhan pasar, meningkatkan kualitas tata kelola yang kredibel, transparan dan akuntabel, dan cara untuk mengetahui perubahan dan kebutuhan akan kemampuan dan kapabilitas yang sesuai dengan kondisi di dunia praktis yang kompleks melalui pendapat alumninya. Di sisi lain, tracer study juga berguna untuk memperoleh informasi tentang kekurangan yang mungkin terjadi dalam proses pendidikan.
PENGARUH PROFITABILITAS DAN KAPITALISASI PASAR TERHADAP NILAI EMITEN JAKARTA ISLAMIC INDEX Rifqiawan, Raden Arfan
Economica: Jurnal Ekonomi Islam Vol 6, No 2 (2015)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/economica.2015.6.2.791

Abstract

Tulisan ini meneliti pengaruh antara Return on Assets (ROA) sebagai proksi dari profitabilitas dan kapitalisasi pasar terhadap Tobins Q sebagai proksi dari nilai emiten. Tujuan penelitian adalah untuk menemukan bukti empiris tentang pengaruh profitabilitas  dan kapitalisasi pasar terhadap nilai emiten. Sampel dalam penelitian ini adalah emiten Jakarta Islamic Index (JII)  yang terdaftar dalam  Indonesia Stock Exchange (IDX)  dalam  rentang tahun 2012-2014. Sampel penelitian adalah sebanyak 21 perusahaan dengan 63 kali pengamatan. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda.  Hasil penelitian dengan analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai emiten. Hal ini ditunjukkan dengan taraf signifikansi dari hasil uji statistik t sebesar 0,000 (<0,05). Sedangkan kapitalisasi pasar tidak berpengaruh secara signifikan terhadap nilai emiten yang ditunjukkan dengan taraf signifikansi sebesar 0,195 (>0,05). Namun secara simultan profitabilitas dan kapitalisasi pasar berpengaruh signifikan terhadap nilai emiten. Hal ini diketahui dari hasil uji statistik F, taraf signifikansinya sebesar 0,000 (<0,05). Nilai Koefisien Determinasi sebesar 0,653  menunjukkan bahwa model regresinya sudah baik karena kemampuan variabel bebas dalam menjelaskan variabel terikat  sebesar 65,3%.  Sisanya sebesar 34,7% dijelaskan oleh variabel di luar penelitian.
ANALISIS NORMATIF KRITIS KEBIJAKAN PEMANFATAN OBLIGASI SYARIAH (SUKUK) DALAM MENUTUP DEFISIT APBN Yahya, Muchlis
Economica: Jurnal Ekonomi Islam Vol 6, No 2 (2015)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/economica.2015.6.2.793

Abstract

Tulisan ini bertujuan menganalisis keabsahan pemanfaatan sukuk (obligasi syariah) dalam menutup APBN defisit menurut kajian iE (Islamic Economics). Sebelum tahun anggaran 2008 celah APBN defisit ditutup dengan obligasi (surat utang) konvensional (surat utang berbasis suku bunga). Akan tetapi obligasi syari’ah yang dikenal sukuk (surat utang berbasis bagi hasil) mulai dimanfaatkan. Pemegang sukuk pada periode tertentu akan mendapatkan keuntungan melalui bagi hasil. Secara teoritik, bagi hasil hanya akan muncul jika ada kegiatan komersial/bisnis. APBN adalah dokumen yang menunjukkan kondisi keuangan pemerintah yang menyajikan informasi mengenai pendapatan, pengeluaran, aktivitas dan tujuan yang hendak dicapai. Semua pengeluaran APBN hampir dipastikan diperuntukkan kegiatan konsumtif. Suatu kegiatan konsumsi tidak akan mungkin melahirkan laba/profit. Karenanya pemanfaatan sukuk guna menutup APBN defisit tidak sesuai secara teoritik iE. Tawaran alternatifnya adalah pengintegrasian zakat pada APBN dengan berbagai pertimbangan kritis.

Page 1 of 1 | Total Record : 6