cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. pamekasan,
Jawa timur
INDONESIA
Network Engineering Research Operation [NERO]
ISSN : 23552190     EISSN : 26156539     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 227 Documents
PEMODELAN GEDUNG UNIVERSITAS SERANG RAYA BERBASIS VIRTUAL TOUR Jubaedi, Ahmad Dedi
Network Engineering Research Operation [NERO] Vol 3, No 2 (2017): NERO
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

UNSERA memiliki gedung yang terdiri dari fakultas, akademik, perpustakaan dan lembaga. Banyaknya fasilitas terutama ruang perkuliahan membuat mahasiswa/i baru atau tamu kesulitan dalammenemukan denah ruangan, dan fasilitas di dalamnya, sedangkan flowcart denah saja, gambarnya tidak bisa lebih hidup. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat pemodelan gedung UNSERA dengan teknik virtual tour, menggunakan aplikasi open source seperti Blender, Sweet Home 3D, Unity 3D, perancangan nya terbagi menjadi 3 : 1. Pra Produksi, 2. Produksi dan 3. Pasca Produksi. Vitual tour dipilih karena kelebihannya dalam mendeskripsikannya suatu objek bangunan 3 Dimensi (3D).Peneltitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif, wawancara, observasi, studi literatur, populasi penelitian 31 responden. Penelitian dilakukan di Universitas Serang Raya, di mulai pada bulan April tahun 2016 dan selesai pada bulan juli tahun 2016. Hasil dari penelitian pemodelan gedung Universitas Serang Raya menggambarkan denah ruangan dan fasilitas yang ada di dalamnya menjadi lebih hidup. Pembuatan dan perancangan pemodelan gedung Universitas Serang Raya telah berhasil dilakukan dari mulai lantai satu, lantai dua dan lantai ground. Hasil dari penyajian data hasil kuesioner yang telah dilakukan adalah aspek rekayasa perangkat lunak, aspek fungsionalitas, aspek komunikasi visual, user acceptance test.Kata Kunci : Pemodelan Gedung, Universitas Serang Raya (UNSERA), Virtual Tour.
HUBUNGAN ANTARA FAKTOR EMERGENETICS DAN PENERIMAAN SISTEM UJIAN BEBASIS WEB Litanianda, Yovi
Network Engineering Research Operation [NERO] Vol 2, No 1 (2015): Nero
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penilaian seorang pengguna untuk menerima atau tidaknya sebuah sistem dipengaruhi oleh latar belakang watak orang tersebut. Watak seseorang jika ditinjau dari pendekatan emergenetics merupakan hasil gabungan antara watak tertentu yang muncul (emerged) dari pengalaman hidupnya ditambah dengan pembawaan genetiknya (genetics). Watak akan menentukan perilaku seseorang dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Hasil penelitian mengenai penerimaan teknologi saat ini telah membuktikan bahwa tingkat perilaku memiliki pengaruh positif terhadap tingkat penerimaan. Merujuk pada dua fakta tersebut maka menjadi menarik untuk melihat bagaimana hubungan keanekaragaman kepribadian pengguna dengan tingkat penerimaan teknologi. Jadi tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan karakter emergenetics pengguna dan tingkat penerimaan sistem ujian berbasis web. Diperoleh hasil penelitian sebagai berikut, secara keseluruhan tingkat penerimaan sistem ujian berbasis web sebesar 3,8 yang artinya berada pada daerah setuju. Atribut pikiran secara signifikan terbukti tidak memiliki hubungan dengan tingkat penerimaan sistem, sedangkan atribut perilaku secara signifikan terbukti memiliki hubungan. Hasil ini agak menyimpang dari teori emergenetics karena seharusnya atribut pikiran juga berperan dalam menentukan watak penguna. Jawaban fenomena ini diperoleh dengan melihat proses penerapan sistem secara diwajibkan (mandatory) hal ini diduga menjadi penyebab bahwa faktor keinginan untuk menggunakan (intention to use) menjadi tidak berarti dan hanya faktor sikap (attitude) yang menjadi faktor penentunya. Kata kunci: Penerimaan Sistem, Emergenetics,  Sistem Ujian Bebasis Web.
APLIKASI PERINGKAS BERITA ONLINE OTOMATIS MENGGUNAKAN METODE ORDINARY WEIGHTING PADA SITUS PENGUMPUL BERITA Budiyono, Wijakso; Solihin, Firdaus
Network Engineering Research Operation [NERO] Vol 1, No 2 (2014): Nero
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berita memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia. Saat ini tren memperoleh informasi melalui situs berita online semakin populer. Kebanyakan pembaca ingin memperoleh informasi dari sebuah berita dengan cepat, ringkas dan tidak banyak membuang waktu. Tujuan penelitian ini untuk memberikan kemudahan bagi pembaca untuk mendapatkan informasi terpenting dari suatu berita dengan cepat.Pada penelitian ini, dibangun sebuah aplikasi peringkas berita online otomatis yang dikembangkan menggunakan metode perhitungan Ordinary Weighting. Metode Ordinary Weighting merupakan perhitungan bobot term berdasarkan prinsip TF * IDF dengan menggunakan TF tanpa normalisasi. Tujuan aplikasi ini untuk menghasilkan sebuah ringkasan yang terdiri dari tiga kalimat dengan nilai bobot tertinggi sebagai ringkasan dari suatu artikel berita dengan tetap mempertahankan ide utama dari berita tersebut. Proses evaluasi dilakukan dengan cara membandingkan hasil ringkasan yang dihasilkan oleh sistem dengan ringkasan yang dibuat secara manual oleh koresponden melalui metode kuesioner, dengan prinsip Majority Opinion.Dari hasil penelitian diketahui bahwa kesesuaian hasil ringkasan sistem dengan pengguna yang diperoleh dari kuesioner menunjukkan hasil nilai rata-rata recall sebesar 0.47, precision 0.40 dan rata-rata f-measures sebesar 0.53. Kata Kunci:Peringkas Berita Online Otomatis, Ordinary Weighting, Pengumpul Berita.
PEMANFAATAN TEKNOLOGI 3D VIRTUAL REALITY PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TINGKAT SEKOLAH DASAR Sulistyowati, Sulistyowati; Rachman, Andy
Network Engineering Research Operation [NERO] Vol 3, No 1 (2017): NERO
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia telah berkembang dengan sangat pesat. Hal ini dapat dilihat dari pengguna smartphone, jumlah blogger di Indonesia, pengguna facebook atau media sosial lainnya dan pengguna internet. Salah satu teknologi informasi dan komunikasi yang mulai berkembang di Indonesia adalah Virtual Reality. Teknologi ini di Indonesia masih tidak banyak berkembang. Teknologi Virtual Reality yang masuk di Indonesia kebanyakan hanya berupa game. Pengembang Virtual Reality sendiri di Indonesia belum begitu banyak. Pemerintahan Indonesia sendiri saat ini sedang menggalakkan digitalisasi materi sekolah (pembelajaran) yakni salah satunya melalui Buku Seri Elektronik dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan untuk anak Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas serta Kejuruan. Buku Seri Elektronik masih sebatas master atau buku yang digitalkan saja, sedangkan untuk pengembangan Virtual Reality bidang pendidikan di Indonesia masih belum banyak dan belum berkembang. Di Indonesia, Sekolah Dasar hampir tidak ada yang memanfaatkan teknologi Virtual Reality pada proses pembelajarannya dan matematika merupakan salah satu materi sekolah yang sangat ditakuti oleh para siswa, selain bahasa Inggris dan bahasa daerah (Bahasa Jawa). Dari latar belakang diatas maka peneliti mengembangkan aplikasi pembelajar matematika untuk tingkat Sekolah Dasar berbasiskan teknologi Virtual Reality. Dengan teknologi Virtual Reality ini anak diajak bermain dan belajar sehingga anak mampu mengerjakan soal matematikan dengan cara yang menyenangkan.Kata Kunci: Virtual Reality, matematika, 3D, pembelajaran.
IMPLEMENTASI METODE ANFIS-MINKOWSKI UNTUK IDENTIFIKASI BIOMETRIK IRIS MATA MENGGUNAKAN IMAGE PROCESSING Umam, Busro Akramul; Sunaryo, Sunaryo; Yudaningtyas, Erni
Network Engineering Research Operation [NERO] Vol 2, No 3 (2016): NERO
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Biometrik adalah salah satu bidang yang berkembang sangat  pesat untuk identifikasi manusia. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi identifikasi biometrik iris mata manusia menggunakan metode ANFIS-Minkowski  dengan memanfaatkan image  processing yang mampu memperbaiki tingkat akurasi identifikasi yang hanya dilakukan dengan metode ANFIS saja. Sistem ini dapat melakukan pengidentifikasian pada area iris tertentu, kemudian dilakukan proses color feature extraction (ekstraksi fitur warna) dan dengan mengimplementasikan ANFIS-Minkowski , fitur-fitur warna yang dianalisa dibandingkan dengan database  sehingga dapat dikenali siapa pemiliki iris tersebut. Dari hasil penelitian, sistem ini mampu mengindentifikasi iris mata dengan ketelitian sampai 91.43% untuk proses cropping citra iris secara acak dan menghasilkan akurasi 100% untuk identifikasi dengan proses cropping dengan ukuran tetap. Teknologi ini memberikan sebuah alternatif solusi yang relatif lebih stabil dan aman untuk sebuah mekanisme identifikasi maupun proteksi dalam kemananan sistem.Kata kunci :  Biometrik, Color Feature Extraction, Image  Processing, ANFIS-Minkowski
PREDIKSI HARGA SAHAM YANG MEMPERTIMBANGKAN FAKTOR EKSTERNAL MENGGUNAKAN JARINGAN SARAF TIRUAN Rochman, Eka Mala Sari
Network Engineering Research Operation [NERO] Vol 1, No 2 (2014): Nero
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Prediksi harga saham merupakan salah satu penelitian penting dalam bidang perekonomian. Pergerakan harga saham ini cenderung non linear dan non stasioner yang dipengaruhi oleh banyak faktor, sehingga sangat sulit untuk meramalkan harga saham. Dalam penelitian ini akan dikaji salah satu permasalahan prediksi data runtun waktu dalam bidang finansial yaitu memprediksi harga saham. Dua pendekatan yang biasa dilakukan oleh para analisis saham dalam memprediksi harga saham adalah analisa teknikal yang berdasarkan data masa lampau dan faktor eksternal yang berdasarkan kondisi makroekonomi, kondisi nonekonomi dan kondisi perusahaan. Prediksi ini untuk mendapatkan petunjuk lebih awal mengenai harga saham yang akan datang agar dapat merespon kejadian tersebut dengan tepat. Fungsi yang diimplementasikan dalam metoda ini merupakan representasi dari pengaruh data pergerakan harga saham masa lampau dan pengaruh kondisi saat ini yaitu kondisi makroekonomi (tingkat inflasi, tingkat suku bunga, harga minyak) dan kondisi nonekonomi (pergerakan indeks saham luar negeri). Jaringan saraf tiruan digunakan untuk mencari pola dari data masa lampau. Hasil penelitian dengan perbandingan nilai RMSE antara saham yang dikombinasi dengan faktor eksternal adalah 0.00271lebih kecil dibandingkan dengan yang hanya menggunkan data historis saham saja yaitu sebesar 0.00293. Kata Kunci: prediksi harga saham, jaringan saraf tiruan, algoritma genetika, faktor eksternal
RANCANG BANGUN GAME EDUKASI UNTUK PENGENALAN DASAR LOGIKA ALGORITMA BERBASIS MOBILE Irawan, Paulus Lucky Tirma; Tandiono, Felix; Setiawan, Hendry
Network Engineering Research Operation [NERO] Vol 3, No 3 (2018): NERO
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran di bidang komputasi, terutama yang berfokus pada bidang pengembangan perangkat lunak, membutuhkan ragam keahlian yang mumpuni. Meskipun bidang ilmu komputer menjadi salah satu bidang yang paling digemari oleh para pembelajar dengan kemampuan pendidikan di atas rata -rata, dalam kenyataannya mereka juga memperlihatkan kesulitan pada awal masa tahap pembelajaran. Hal ini dikarenakan karena para pembelajar belum memiliki keahlian khusus dibidang pemrograman komputer. Penelitian ini menghasilkan sebuah purwarupa perangkat lunak yang dapat digunakan untuk pembelajaran dasar logika pemrograman yang menggabungkan konsep permainan dan konsep pembelajaran pemrograman berbasis pola (pattern -based programming). Perangkat lunak yang dikembangkan akan ditujukan untuk media perangkat bergerak berbasis Android untuk tujuan skalabilitas penggunaan. Konsep pembelajaran pemrograman berbasis pola tela h dibuktikan mampu meningkatkan motivasi para pembelajar serta kemampuan pemrograman mereka secara spesifik. Penelitian yang sudah dilakukan saat ini hanya memberikan paparan hasil yang diperoleh dari penerapan permainan yang dapat dimainkan secara nyata d engan supervisi para pengajar. Model pembelajaran ini terbatas pada unsur ruang, waktu dan keterlibatan peserta pelajar. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah aplikasi permainan berbasis perangkat bergerak yang mampu mengatasi batasan-batasan yang ada pada penelitian sebelumnya.
IMPLEMENTASI METODE BACKPROPAGATION UNTUK MENGIDENTIFIKASI JENIS BIJI KAKAO YANG CACAT BERDASARKAN BENTUK BIJI Nurmuslimah, S.
Network Engineering Research Operation [NERO] Vol 2, No 2 (2016): Nero
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

komputerisasi yang digunakan untuk mengidentifikasi mutu produk pertanian secara lebih efektif dan efisien. Salah satu contohnya untuk menentukan kualitas pada biji kakao. Dalam pembuatan sistem perangkat lunak yang dibangun mulai dengan pengambilan gambar dari file untuk menampilkan pada sistem antarmuka. Selanjutnya citra gambar diolah menggunakan deteksi tepi sobel untuk mendapatkan nilai data numerik. Selanjutnya data – data tersebut digunakan sebagai data input training Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation. Setelah data training didapatkan, selanjutnya data tersebut digunakan untuk proses testing. Dari proses testing diharapkan output dari sistem yang dibuat mampu memberikan informasi tentang kualitas biji kakao.Dalam percobaan yang telah dilakukan dengan menggunakan metode Backpropagation dengan alpha=0.6, toleransi kesalahan=0.0001, dan target=0.9 menghasilkan sistem yang mempunyai tingkat akurasi sebesar (76 %) dan mempunyai tingkat error / kesalahan sebanyak (24 %) dalam menentukan kualitas biji kakao.Kata Kunci: Biji Kakao, Image Processing, Backpropagation
PENCARIAN STRING MENGGUNAKAN ALGORITMA BOYER MOORE PADA DOKUMEN Rahmanita, Eza
Network Engineering Research Operation [NERO] Vol 1, No 1 (2014): Nero
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Proses pencarian merupakan salah satu kegiatan penting dalam pemrosesan data. Proses ini dapat menghabiskan waktu dalam ruang pencarian yang besar sehingga diperlukan suatu teknik pencarian yang efisien. Algoritma Boyer Moore merupakan suatu solusi pencarian yang efisien dapat melakukan perbandingan pattern mulai dari kanan ke kiri. Jika terjadi ketidakcocokan string dari kanan pattern maka ketidakcocokan akan membantu kita untuk menggerakkan pattern tersebut dengan jarak yang lebih jauh. Gerakan melompat ini akan memberikan informasi berapa banyak pattern harus digeser untuk mencocokkan karakter terakhir yang cocok dengan kemunculan awal pattern. Artinya, akan lebih signifikan dalam mengurangi proses perbandingan, jika kita bisa melompati atau tidak melakukan perbandingan karakter yang diprediksi akan gagal. Algoritma Boyer Moore mempunyai keunggulan dalam waktu menemukan pattern yang akan dicari dalam ukuran file yang lebih besar. Pada file berekstensi .txt dengan file size 4.625 byte dengan varian keyword berebeda. Varian keyword yang sedikit dapat ditempuh dengan waktu lebih cepat pada pattern ‘a’ yaitu 0,228 detik dengan banyak pattern ditemukan 685. Pada file berekstensi .doc dengan file size 39.936 byte, pada pattern ‘yang’ dapat diproses dengan waktu 0,542 detik dengan ditemukannya pattern sebanyak 18. Sedangkan pada file berestensi .pdf optimalisasi dari pattern matching yang diproses adalah 0,103 detik dengan file size 15.804 byte dan banyak pattern = 1 untuk pencarian pattern ‘suatu’. Kata kunci : string, pattern matching , Algoritma Boyer Moore
IMPLEMENTASI WEB SEMANTIK UNTUK APLIKASI PENCARIAN TUGAS AKHIR MENGGUNAKAN ONTOLOGI DAN COSINE SIMILARITY Maskur, M; Andriansyah, Faiz Rizky
Network Engineering Research Operation [NERO] Vol 2, No 1 (2015): Nero
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem pencarian pada sistem umumnya masih menggunakan sistem pencarian konvensional, yaitupencarian yang mencocokkan kata kunci dengan data yang ada. Pencarian konvensional memilikikelemahan yaitu tidak bisa mencari data yang relevan dengan kata kunci. Untuk mengatasi masalah inidibangun sistem yang dapat melakukan pencarian yang dapat mecari hasil yang relevan dengan katakunci. Sistem ini berbasis web yang digabungkan dengan ontologi. Ontologi merupakan hirarki yangmenjelaskan antara hubungan suatu kata. Ontologi berfungsi untuk mencari hubungan antara kata yangdimasukkan oleh pengguna. Pencarian data dalam ontologi menggunakan Query Sparql yangmenyerupai Query database pada umumnya namun tidak terlalu kompleks seperti Query database. Untukmenunjang hasil yang diperoleh digunakan cosine similarity. Metode cosine similarity digunakan untukmemberikan bobot pada setiap dokumen yang di dapatkan, sehingga dokumen yang didapat semakinrelevan dengan kata kunci. Pengujian menggunakan metode precission untuk menghitung nilai relevansihasil yang didapat dari ontologi, sedangkan pengujian dengan kappa statistics digunakan untukmenghitung nilai dari hasil cosine similarity dengan cara membandingkan hasil yang didapat dari sistemdan hasil menurut pengamatan pakar.Dari hasil pengujian didapatkan nilai Cosine Similaritynya lebihbesar sama dengan 0,33.Kata kunci: Cosine Similarity, Ontologi,Semantik, Sparql

Page 1 of 23 | Total Record : 227