cover
Contact Name
Shohibul Arifin
Contact Email
tadarus@um-surabaya.ac.id
Phone
+628563036373
Journal Mail Official
tadarus@um-surabaya.ac.id
Editorial Address
TADARUS : Islamic Education Journal Universitas Muhammadiyah Surabaya Jalan Sutorejo No.59, Surabaya, East Java 60113 Telephone: (031) 3811966 Fax: (031) 3813096 Email : tadarus@um-surabaya.ac.id
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam
ISSN : 20899076     EISSN : 25490036     DOI : 10.30651/Tadarus
Core Subject : Education, Social,
TADARUS is a Islamic education journal published by UMSurabaya Publishing, Muhammadiyah Surabaya University. This journal focuses on the publication of research results and scientific articles on Islamic education from a multidisciplinary perspective, create innovative concepts, theories, paradigms and methodologies in Islamic education.
Articles 154 Documents
Metode Mudah Menghafal Al-Qur’an Menurut Dr. Ahmad Salim Din Muhammad Zakariya
TADARUS Vol 8, No 2 (2019)
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam - Fakultas Agama Islam ( FAI )

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (569.886 KB) | DOI: 10.30651/td.v8i2.4292

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali tentang urgensi pendidikanmenghafal al-Qur‟an dan bagaimana teori menghafal al-Qur‟an menurut AhmadSalim. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian pustaka,dan teknik analisis datanya menggunakan induktif dan deduktif. Temuanpenelitian ini dapat disimpulkan: pertama,Menghafal al-Qur‟an sangat pentingsebagai fondasi keilmuan di bidang agama dan ilmu lainnya. Ulamaterdahulu mensyaratkan hafalan al-Qur‟an sebagai awal pembelajaransebelum mempelajari ilmu-ilmu lain. Menghafalkan al-Qur‟an merupakantradisi salaf shalih yang terus diwariskan sampai zaman ini hingga zaman yangakan datang. Oleh karena itu semangat menghafal harus terus digelorakan ditengah-tengah umat Islam. Kedua, Teori menghafal al-Qur‟an menurut AhmadSalim adalah sebagai berikut: (a) Ikhlas; (b) Membetulkan pengucapan danbacaan sebelum menghafal; (c) Menentukan hafalan harian; (d) Memantapkanhafalan sebelum melanjutkan; (e) Menggunakan satu mushaf untuk Tahfizh; (f)Menghafal Sambil Memahami Ayat; (g) Mengikat Antara Awal dan AkhirSurat; (h) Menjaga hafalan dengan muraja‟ah dan mempelajari.Kata Kunci: Menghafal, al-Qur‟an, Ahmad Salim
Pelaksanaan Pembelajaran Al islam menggunakan Metode Resitasi Pada Materi Thaharah di Kelas Vii smp Muhammadiyah 10 Surabaya Khoirotunnisa Khoirotunnisa; Hayumuti Hayumuti
TADARUS Vol 8, No 2 (2019)
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam - Fakultas Agama Islam ( FAI )

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (594.854 KB) | DOI: 10.30651/td.v8i2.4287

Abstract

AbstrakDi dalam keseluruhan proses pendidikan di sekolah, pembelajaran merupakan aktifitas yang paling utama untuk mencapai tujuan pendidikan. Salahsatu komponen yang memberikan peran besar adalah penggunaan dan penguasaanmetode pembelajaran yang tepat. Metode yang sering digunakan dalampembelajaran khususnya pembelajaran Al-Islam pada materi Thaharah di kelasVII SMP Muhammadiyah 10 Surabaya adalah metode resitasi. Metode inidiyakini sangat efektif digunakan dalam proses belajar mengajar yang bisameningkatkan pemahaman siswa. Metodepenelitian yangdigunakanadalahpenelitianlapanganyaitupenelitian yang mengungkapkanfaktayang adadilapangandenganobservasi dan wawancarasertamenggunakan datakeperpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Al-Islammenggunakan metode resitasi pada materi thaharah di kelas VII SMPMuhammadiyah 10 Surabaya adalah sebagai berikut:Proses pembelajaran AlIslammenggunakan metode resitasi pada materi thaharah di kelas VII SMPMuhammadiyah 10 Surabaya terbagi menjadi tiga tahapan yaitu kegiatan awalatau pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Faktor-faktor yangmempengaruhi keberhasilan pelaksanaan pembelajaran Al-Islam menggunakanmetode resitasi pada materi thaharah di kelas VII SMP Muhammadiyah 10Surabaya adalah faktor internal yang terdiri dari faktor fisiologis dan psikologis.Faktor eksternal yang terdiri dari  metode pembelajaran yang digunakan, gayamengajar dan suasana dalam pembelajaran.Kata Kunci :MetodeResitasi, Pembelajaran Al Islam, MateriThaharah
Pendidikan Tauhid Menurut Ibnu Taimiyah Dan Muhammad Suwaid Muhammad Hambal
TADARUS Vol 8, No 2 (2019)
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam - Fakultas Agama Islam ( FAI )

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (488.469 KB) | DOI: 10.30651/td.v8i2.4293

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali tentang konsep tauhid danpembelajarannya menurut Ibnu Taimiyah dan Muhammad Suwaid. Penelitianiniadalah penelitian kualitatifdengan jenis penelitian pustaka, dan teknikanalisis datanya menggunakan induktif dan deduktif. Temuan penelitian inidapat disimpulkan: pertama,Tauẖîd menurut Ibn Taimiyah adalah mengesakanAllah dalam hal-hal yang menjadi kekhususan Allah, baik dalam rububiyah,uluhiyah maupun asma‟ dan shifat. Kedua, Hubungan antara ketiga jenis tauẖîdtersebut adalah dalam bentuk korelatif dan komprehensif. Oleh karena itu,tauẖîdrububiyah merupakan keharusan dari tauẖîduluhiyah, sedangkantauẖîdrububiyah merupakan mukaddimahdari tauẖîduluhiyah.Adapuntauẖîdasma‟ wa sifat, maka turut terkandung di dalamnya pula kedua jenistauẖîd tersebut, artinya orang yang mengesakan Allah dengan segala yangdimiliki-Nya dari al-asma‟ al-husna dan sifat yang mulia yang tidak dimilikikecuali oleh-Nya maka dengan sendirinya ia mengakui tauẖîdrububiyah danuluhiyah.Ketiga, metode pendidikan tauẖîd menurut Suwaid, harus melaluibeberapa tahapan pendidikan, yaitu pendiktean, pemahaman, kepercayaan(i'tiqad), keyakinan, dan pembenaran dengan pengamalan dan pengorbanan.Hal itu karena pendidikan tauẖîd lebih banyak berkaitan dengan perkaraperkarayang ghaib yang menuntut untuk lebih mendahulukan keimanandaripada akal agar menjadi pribadi-pribadi yang bertakwa kepada Allah.Kata Kunci: Konsep, Tauhid, Ibnu Taimiyah, Suwaid
Pembelajaran Ict Menggunakan Program “Vectorian Giotto” Ika Puspitasari
TADARUS Vol 8, No 2 (2019)
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam - Fakultas Agama Islam ( FAI )

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (414.023 KB) | DOI: 10.30651/td.v8i2.4289

Abstract

AbstractEducation in Indonesia grows in line with the development of Science and Technology. Problems that often arise are influenced by the increasing ability of students, thesituation and environmental conditions, the influence of information and culture, and thedevelopment of science and technology. Purpose of this research explained ICT (InformationCommunication and Technology)  learning by using the program of “vectorian giotto”. TheICT Learning  can be used to facilitate the cooperation between educators and students.Information and Communication Technology (ICT) can be used as learning media to conveyinformation or teaching materials. As a teacher, it is now required to be able to createinnovative, creative and fun learning media. The “vectorian giotto” program is a vector-basedanimation program whose making animation is based the timeline. It serves to provide theobject change points that are writing, images, videos, sounds, etc are from the first changepoint (keyframe) to the point of change next (second keyframe). In the ICT learning courseusing the “vectorian giotto”  program, the student is demanded to make innovative andcreative learning media. This program is complete enough to create an illustrative animationin making learning media, users can enter writing, images, videos, or sounds into thisprogram designed as an animation, so that many objects can be compiled through thisprogram used as learning animations.Keywords: ICT, Learning, Program of Vectorian Giotto”
The Headmaster’s Strategies In Implementing Management Based On Schools In Smp Muhammadiyah Solokuro Lamongan Zainal Arifin
TADARUS Vol 8, No 2 (2019)
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam - Fakultas Agama Islam ( FAI )

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (487.417 KB) | DOI: 10.30651/td.v8i2.4294

Abstract

AbstractThis study aims to find out and explore how does the headmaster implementit? what is the obstacle facing him? what strategy is done? This researchuses four approaches that are pedagogies, sociological, juridical andpsychological. The sources of the data are primary and secondary. Theinstruments are interviews, observation guides, check list observation, anddocumentation. The research techniques are data reduction techniques, datapresentation, and conclusions. From the results of the research of schoolbasedmanagementinSMPMuhammadiyahSolokuroLamongan,it can beconcluded: The headmaster has implemented school-based management butthe implementation has not fully implement school-based management. Theheadmaster as a leader using School Based Management still needsimprovement and improvement of teacher quality and good cooperationwith school partners. Constraints faced a) Lack of educational facilities andinfrastructure b) lack of teacher competency c) lack of parental support oflearning process, d) lack of intensive and maximal socialization, e) lack ofmaster of technology. Strategies undertaken in implementing school-basedmanagement ie a) doing relationship with relevant agencies to provide thefacilities and the infrastructure b) improving teacher competence byinvolving teachers in trainings c) doing relationship with parents to improvethe quality of education. The implications of this research is expected for theheadmasters and teachers to always perform their duties and functionsrespectively each other. To the teachers of SMP MuhammadiyahSolokuroLamongan, to always strive to improve the professionalism ofwork for the quality of school education in particular and in general can bebetter. To the relevant agencies would pay attention to the development ofeach school.Keywords: Strategy,Leadership, Management
Implementasi Metode Savi (Somatic, Audiotori, Visual, Intelektual) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pai Siswa Slow Learner Di Smp Negeri 29 Surabaya Daimmatul Nikmah; Rusman Rusman
TADARUS Vol 8, No 2 (2019)
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam - Fakultas Agama Islam ( FAI )

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (350.139 KB) | DOI: 10.30651/td.v8i2.4284

Abstract

Abstrak Anak slow learner atau lamban belajar adalah anak yang memiliki potensiintelektual dibawah anak normal. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, lambanartinya tidak tangkas, tidak cekatan dalam bekerja.  Sedangkan pengertian slowlearner adalah siswa yang mengalami kelambatan dalam menangkap danmemahami materi dalam proses kegiatan belajar mengajar, penelitian ini mengkajitentang bagaimana implementasi metode SAVI (somatic, audiotori, visual,intelektual) pada anak slow learner di SMPN 29 Surabaya. Metodologi penelitian menggunakan penelitian kualitatif, dengan teknikpengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisadata dilakukan mulai dari mereduksi data, penyajian data dan menarikkesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1)metode SAVI (somatic,audiotori, visual, intelektual) memberikan hasil yang positif dalam meningkatkanprestasi belajar siswa slow learner. Hal ini dilihat berdasarkan nilai ulanganharian dan nilai ujian tengah semester yang semua siswa slow learner kelas VII,nilainya telah mencapai KKM, bahkan di atas KKM. 2) Dalam implementasimetode SAVI (somatic, audiotori, visual, intelektual) guru sudah merencanakandengan rapi dan terstruktur susunan pengajaran, dan bahan-bahan yang diperlukanketika mengajar. 3) Faktor penghambat dalam metode ini membutuhkan waktuyang cukup lama, dan guru harus pandai berkreasi dalam menciptkan mediapengajaran dan permainan-permainan yang menarik serta menyenangkan bagisiswa. Sedangkan faktor pendukung dari metode ini, dalam satu pengajaran bisamenyangkup semua gaya belajar anak yang berbeda-beda, dan dapat menciptkansuasana belajar yang menyenangkan.  Kata Kunci: SAVI, Prestasi Belajar, PAI, Slow Learner
Implementation Of Habituation Program Of Tadarus Al-Qur'an In Love Building Of Al-Quran At Students Of Smp Muhammadiyah 15 Sedayulawas Brondong Lamongan Muhammad Hambal
TADARUS Vol 8, No 2 (2019)
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam - Fakultas Agama Islam ( FAI )

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (541.166 KB) | DOI: 10.30651/td.v8i2.4290

Abstract

AbstractThis study aims to delve into the implementation of program habituation oftadarus Qur'an in coaching love of the Qur'an at students of SMPMuhammadiyah 15 SedayulawasBrondongLamongan. This study used aqualitative research, with descriptive approach. The process of datacollection was done by using the instrument of observation, interviews anddocumentation. The data have been collected and analyzedby the collection,reduction, and presentation of data and the conclusion in accordance withthe scope of the problem. The results of this study indicated that habituationof tadarus Qur'an program in SMP Muhammadiyah 15SedayulawasBrondongLamongan is for students to read the Qur'an heldevery morning before starting the lesson, the program of conditioningtadarus the Qur'an aims to establish thestudent Islamic character that isloving Qur'an more by reading or listening happily. Therefore, this activitybecomes a tradition that is deemed suitable for the students in religiousactivities and as a means of well habituation in daily activities in the realmof religion that led to the approach of the Qur'an. Keywords: Tadarusal-Qur’an, Habituation, Buildinglove of the al-Qur’an
Gerakan Lamongan Menghafal Al-Qur’an (Study Implementasi Kebijakan Bupati Lamongan Nomor 5 Tahun 2013 Di Sdn Tlanak II Kedungpring Lamongan) Nur Iftitahul Husniyah
TADARUS Vol 8, No 2 (2019)
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam - Fakultas Agama Islam ( FAI )

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1073.576 KB) | DOI: 10.30651/td.v8i2.4301

Abstract

Abstract Sebagaimana tujuan pendidikan Islam  bahwa untuk menciptakan insan kamilyang pada akhirnya akan mencapai tugas pokok dan fungsi manusia sebagaikholifah dan abdun dimuka bumi,maka untuk mencapai tujuan tersebut diperlukanpenguatan pendidikan Agama Islam.Dalam era otonomi daerah ini maka banyakdaerah yang membuat kebijakan-kebijakan bidang pendidikan untukpengembangan SDM di wilayahnya baik dalam hal pendidikan umum maupunPendidikan Agama Islam. Termasuk wilayah kajian penelitian ini untukmenciptakan suasana religius dan dalam rangka penguatan pendidikan AgamaIslam di Kabupaten lamongan maka penelitian ini mengarah pada kebijakanPeraturan Bupati Lamongan Nomor 5 Tahun 2013 tentang Gerakan LamonganMenghafal Al-Qur’an atau disingkat GLM.Gerakan ini telah menjadi salah satuprogram andalan bidang pendidikan Agama Islam di Kabupaten Lamongan, GLMjuga sangat banyak memberi manfaat dan tujuan utamanya adalah pembinaanmental spiritual bagi generasi muda di Kabupaten Lamongan. Program inisekaligus  mewajibkan bagi siswa SD, SMP dan SMA sederajat di Lamonganuntuk menghafal surat-surat pendek Al-Qur’an juz 30. Salah satu sasaran lembagaSekolah yang ada di Kabupaten laongan dalam mengimplementasikan kebijakantersebut adalah SDN Tlanak II yang berada di kecamatan Kedungpring KabupatenLamongan. Dalam penelitian ini akan di deskripsikan sesuai rumusan masalahdalam penelitian ini dari mulai proses implementasi, evaluasi sampai dampak danimplikasi yang muncul setelah  melaksanakan program Gerakan LamonganMenghafal Al-Qur’an di SDN Tlanak II. Kata Kunci : Kebijakan, Gerakan Lamongan Menghafal Al-Qur’an (GLM)
Implementasi Media Flashcard Dengan metode Beyond Center And Circle Time Untuk menghafal huruf hijaiyah pada Siswa tuna grahita di Smplb Muhamadiyah kertosono Hanif Lutfi Fauzi; Sokhibul Arifin
TADARUS Vol 8, No 2 (2019)
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam - Fakultas Agama Islam ( FAI )

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (785.811 KB) | DOI: 10.30651/td.v8i2.4285

Abstract

AbstrakAnaktunagrahitaadalahanak yang memilikiintelegensidibawah rata-rata dan disertaidenganketidakmampuandalamadaptasiperilaku yang munculdalammasa perkembangan. Sehinggamembutuhkansebuahmetodepengajaran yangsesuai. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuibagaimanamenerapkan mediaflashcarddenganmetodebeyond center and circletimeuntukmenghafalhurufhijaiyah di SMPLB MuhamadiyahKertosono.  Penelitianinimenggunakanpenelitiankualitatif,denganmenggunakanteknikpengumpulan data wawancara, observasi, dandokumentasi. Sedangkananalisis data dilakukanmulaidarimereduksi data,penyajian data, dan menarikkesimpulan. Dari hasilpenelitianmenunjukkanbahwa, pengajaranmenggunakan mediaflascard dan metode BBCT memberikanhasil yang positif. Hal inidapatdilihat,anaktunagrahitakelas VII di SMPLB MuhamadiyahKertosonobisamembaca danmenghafalkanhurufhijaiyah. keterlibatan orangtuadalamteraphimerupakanfaktorpenting danmerupakanbagiandaripenentukeberhasilan programintervensidiniuntukanaktunagrahita,karenaanakmenghabiskansebagianbesarwaktunyadirumahdengan orang tua,tentuiniadalahkeuntunganbuat sang anakjika orang tuaterlatihatau minimalmemahamiteknik BBCT yang dikembangkan oleh pihaksekolah.  Jika orangtuaikutterlibataktifdalammengoptimalkankecepatananakbelajar danpengembanganatauimplementasiketrampilanbaru dirumahtujuanpendidikanakanlebihtercapaisecaramaksimal.Kata kunci: Beyond Center and Circle Time, Tunagrahita, Flashcard, Hijaiyah.
Qur'an And Al-Hadits Model-Based Education In Increasing Islamic Civilization Din Muhammad Zakariya
TADARUS Vol 8, No 2 (2019)
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam - Fakultas Agama Islam ( FAI )

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (675.746 KB) | DOI: 10.30651/td.v8i2.4291

Abstract

AbstractThis study aimed to explore how educational models that can realize highemergenceofIslamic civilization; how civilization produced by education basedon the revelation of the Qur'an and Al-Hadits); and what happens when acivilization based education override revelation (Al-Quran and Al-Hadits). Thisstudy is intended as an exploration efforts and the transformation of science intothe Islamic education system is an integral and operationally. This type ofresearch is the approach of the literature; the data collection method: the methodof documentation and observation method, while the method of the interview as amethod of investigation to collect data related to this study. Analysis of the dataused in this study is a non-statistical analysis. The research result is concluded:first,the emergence of education that can realize the high Islamic civilization iseducation based on revelation; second,civilization produced by education basedon revelation (Al-Quran and Al-Hadits) is a civilization which brings benefit inthis world and happiness in the hereafter. Third,when civilization based educationoverride revelation (Al-Quran and Al-Hadits) then there is the deterioration anddestruction. Keywords: education, civilization of Islam, the Qur'an and al-Hadits

Page 1 of 16 | Total Record : 154