cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal MEKOM (Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan)
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 96 Documents
ANALISIS WAWASAN KEJURUAN MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR Yahya, Muhammad
Jurnal MEKOM (Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan) Vol 2, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (303.473 KB) | DOI: 10.26858/mekom.v2i1.2575

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui wawasan kejuruan bagi mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Makassar dengan aspek: (a) Teknik Kendaraan Ringan, (b) Teknik Sepeda Motor, (c) Teknik Alat Berat, (d) Teknik Perbaikan Bodi, dan (e) Teknik Ototronik. Sampel penelitian terdiri atas 59 orang mahasiswa yang diambil secara random dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Analisis data hasil penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif yang meliputi: rata-rata, standar deviasi, dan kategori distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wawasan kejuruan mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Makassar belum optimal. Hal ini terlihat dari rata-rata sub variabel penelitian diperoleh hasil masing-masing Teknik kendaraan Ringan 3,29, Teknik Sepeda Motor 3,24, Teknik Alat Berat 3,15, Teknik Perbaikan Bodi 3,03, dan Teknik Ototronik 2,64. Begitu pula hasil tes pembelajaran praktik, hanya 47,45% yang memiliki hasil tes termasuk dalam kategori tinggi.Kata Kunci: Wawasan, Kejuruan, Mahasiswa.AbstractThis study aims to determine vocational insights for students of Department of Education of Automotive Engineering, State University of Makassar with aspects: (a) Light Vehicle Engineering, (b) Motorcycle Engineering, (c) Mechanical Equipment, (d) Mechanical Repair Body, and (e) Ototronik technique. The study sample consisted of 59 students drawn randomly using stratified random sampling technique. Analysis of survey data using descriptive analysis techniques which include: average, standard deviation, and frequency distribution category. The results showed that the students of Department of Education vocational insight of Automotive Engineering, State University of Makassar is not optimal. This can be seen from the average sub-variables were obtained the results of each technique Lightweight vehicles 3.29, Motorcycle Engineering of 3.24, Mechanical Equipment of 3.15, Body Repair Techniques of 3.03, and Ototronics Engineering of 2.64. Similarly, the practice of learning test results only 47.45% had test results included in the high category.Keywords: Insights, Vocational, Students.
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA SISTEM BAHAN BAKAR MOTOR DIESEL UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PADA KOMPETENSI SISTEM INJEKSI BAHAN BAKAR DIESEL Utomo, Eko Budi; Widjanarko, Dwi; Rahardjo, Winarno Dwi
Jurnal MEKOM (Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan) Vol 4, No 2 (2017): Mekom, AGUSTUS
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (702.602 KB) | DOI: 10.26858/mekom.v4i2.5129

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji kevalidan dan keefektifan multimedia pembelajaran sistem injeksi bahan bakar motor diesel. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development / R&D dengan model pengembangan 4D model yang terdiri dari tahap Define (pendefinisian), tahap Design (perancangan), tahap Develop (pengembangan), disseminate (penyebaran). Uji coba produk dilakukan dengan desain eksperimen (before-after) yaitu dengan cara membandingkan hasil belajar sebelum dan sesudah memakai multimedia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia yang dikembangkan sangat valid yang didasarkan pada penilaian dari validator ahli media dan valid berdasarkan penilaian ahli materi. Multimedia sistem injeksi bahan bakar motor diesel juga efektif diterapkan sebagai media dalam pembelajaran dengan hasil rata-rata belajar siswa (post-test) sebesar 78,92 lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa (pre-test) sebesar 48,06. Hal ini terbukti dari hasil uji t bahwa ada perbedaan hasil belajar yang signifikan sebelum dan setelah menggunakan multimedia tersebut.
HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN TEORI BODY DAN CAT DENGAN PRESTASI BELAJAR PRAKTEK PENGECATAN MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR Iskandar Musa, Muhammad
Jurnal MEKOM (Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan) Vol 3, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (557.95 KB) | DOI: 10.26858/mekom.v3i1.2615

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan tubuh dan teori cat dengan prestasi belajar praktek lukisan departemen pendidikan mahasiswa teknik fakultas otomotif teknik Universitas Makassar. Analisis data yang digunakan oleh statistik deskriptif dan imperensial melibatkan variabel bebas yaitu pengetahuan tentang Teori Tubuh Dan Cat (X) dan Variabel terikat yang prestasi belajar Praktek Painting (Y). Populasi dalam penelitian ini isthe Strata mahasiswa program One (S1) dari departemen departemen teknik fakultas otomotif teknik Universitas Makassar penyihir periode 2011, 2012, dan 2013 sebanyak 164 mahasiswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan rumus dari Taro Yamani dan diperoleh 49 studentsample. Data teknik collectingconducted dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Data dianalisis dengan dua cara yaitu analisis statistik deskriptif dan korelasi orang dari product moment. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: 1). Dominasi tingkat teori yang lebih dari cukup dapat mencapai 38,78% dari jumlah sampel siswa. 2). Prestasi belajar praktik yang baik dapat mencapai 46,94% dan 3). Hasil analisis korelasi orang dari produk Momen yang diperoleh byr_count = 0.751> r_tabel = 0281 .. Hal ini menunjukkan hubungan pengetahuan tubuh dan teori cat dengan prestasi belajar praktek lukisan yang signifikan yang mencapai r2 = 54% dan beristirahat ditentukan oleh faktor lain.Kata Kunci: Pengetahuan, hasil Belajar, catAbstract
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA VIDEO TUTORIAL PADA PEMBELAJARN TIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Mappalotteng, Abdul Muis; Rosdiana, Rosdiana
Jurnal MEKOM (Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan) Vol 2, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (335.571 KB) | DOI: 10.26858/mekom.v2i1.2580

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan produk multimedia pembelajaran menggunakan video tutorial dengan menggunakan software Incomedia Website X5 V8 Evolution, Power Point, Camtasia, dan I Spring. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang difokuskan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran pada mata pelajaran TIK. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan ASSURE yang dilakukan dengan beberapa tahap yakni (1) analysis learners, (2) state objective, (3) select methode, media and materials, (4) utilize materials, (5) requires learner participation, dan (6) evaluate and revise. Multimedia pembelajaran yang telah dikembangkan, telah divalidasi oleh dua orang ahli dengan mengalami revisi sehingga didapatkan hasil yang layak digunakan. Uji coba dilakukan sebanyak tiga kali yakni uji coba perorangan (one to one), uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan terbatas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran dengan menggunakan video tutorial yang dikembangkan setelah dilakukan validasi maka multimedia tersebut dinyatakan valid. Multimedia pembelajaran dengan menggunakan video tutorial dikatakan praktis karena seluruh aspek dalam pembelajaran berada pada kategori sangat baik. Multimedia pembelajaran dengan metode simulasi dikatakan efektif karena telah memenuhi kriteria keefektifan, dengan hasil: (1) memenuhi syarat kevalidan, (2) aktivitas peserta terlaksana seluruhnya (3) aktivitas pendidik terlaksana seluruhnya, dan (4) peserta didik serta pendidik memberikan respon yang positif terhadap multimedia pembelajaran dengan menggunakan video tutorial yang dikembangkan.Kata Kunci : Multimedia, Video Tutorial, Incomedia, PengembanganAbstrakThis study aims to determine the product development process of multimedia learning using video tutorials using software INCOMEDIA Website X5 Evolution V8, Power Point, Camtasia, and I Spring. This research is focused on developing the development of multimedia learning in ICT subjects. Development models used in this study refers to the model of development ASSURE performed with several stages: (1) analysis learners, (2) state objectives, (3) select method, media and materials, (4) utilize materials, (5) requires learner participation, and (6) Evaluate and revise. Multimedia learning has been developed, has been validated by two experts to be revised so that the obtained results are worth using. The test is performed three times the individual trials (one to one), small group testing and limited field trials. The results showed that multimedia learning by using video tutorial that developed after the validation of the multimedia declared invalid. Multimedia learning by using video tutorials say practical because all aspects of learning are very good category. Multimedia learning simulation method is effective because it has met the criteria of effectiveness, with the result of: (1) meet the requirements of validity, (2) the activity of the participants carried out entirely (3) activity implemented entirely educators, and (4) of learners and educators responded positively to multimedia learning by using video tutorials developed.Keywords: Multimedia, Video Tutorials, INCOMEDIA, Development
IMPLEMENTASI APLIKASI SISTEM INFORMASI NILAI AKADEMIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BERBASIS MOBILE PHONE Hasnah, Hasnah; Saharuddin, Saharuddin
Jurnal MEKOM (Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan) Vol 3, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (653.182 KB) | DOI: 10.26858/mekom.v3i1.2620

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) desain sistem informasi nilai akademik di SMK Negeri 5 Makassar, (2) desain aplikasi sistem informasi akademik pada nilai ponsel dan (3) menerapkan nilai akademik aplikasi sistem informasi menggunakan ponsel di SMK Negeri 5 Makassar. Penelitian ini merupakan pengembangan dari System Development Life Cycle (SDLC) model dengan pendekatan prototyping yang terdiri dari sistem tahap analisis, desain dan perencanaan tahap pengembangan sistem, tahap pengembangan sistem, tahap pengujian sistem, dan tahap implementasi sistem . File dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan lembar observasi dengan subjek penelitian yang siswa kelas XI TKJ 2 (Jaringan Teknik Komputer) semester II tahun akademik 2012/2013 di SMK Negeri 5 Makassar. Hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut: (1) produk dari aplikasi sistem informasi akademik di desktop menggunakan pemrograman delphi, (2) nilai sistem informasi aplikasi produk pada penggunaan telepon selular pemrograman java2 mikro edisi (J2ME) dan (3) hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem informasi pada nilai akademik SMK Negeri 5 Makassar telah memenuhi kriteria validitas meliputi aspek perangkat lunak yang digunakan untuk merancang nilai-nilai aplikasi, aspek aplikasi nilai tampilan, fitur aplikasi, database, sistem dan jaringan keamanan. Berdasarkan hasil dari aplikasi ini diharapkan dapat diterapkan di lingkungan SMK Negeri 5 Makassar.Kata kunci: implementasi, sistem informasi, nilai, ponsel
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ANTIKORUPSI BERBASIS MEDIA KARTU PADA SISWA PRA-VOKASIONAL lumu, lumu; Mustamin, Mustamin
Jurnal MEKOM (Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan) Vol 3, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (907.28 KB) | DOI: 10.26858/mekom.v3i2.2611

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui Bagaimana mengembangkan model pembelajaran Antikorupsi Berbasis Media Kartu Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Kejujuran Sejak Usia Dini Pada Siswa SMP; 2) mengetahui bagaimana desain model pembelajaran Antikorupsi Berbasis Media Kartu Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Kejujuran Sejak Usia Dini Pada Siswa SMP. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Pengembangan perangkat lunak yang berupa model pembelajaran yang menggunakan permainan kartu untuk memberikan pemahaman kepada siswa mengenai pembelajaran korupsi ini dilaksanakan dengan pendekatan engineering dimana tahapannya adalah: analisis, desain, implementasi, dan evaluasi. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari instrumen analisis kebutuhan, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil lembar analisis kebutuhan, lembar ahli materi, dan ahli media. Pengembangan media kartu anti korupsi sebagai media pembelajaran melalui tiga tahapan antara lain : a) analysis dengan menganalisis kebutuhan, analisis karakteristik,analisis materi, serta analisis tujuan. b) design yaitu merancang konsep, merancang perangkat pengembangan, membuat rancangan produk, dan revisi dan validasi produk. c) development yaitu memproduksi produk sampai finishing. Desain model pembelajaran anti korupsi menggunakan kartu sebagai media pembelajaran ditambah dengan aplikasi berbasis mobile yang mendukung permainan kartu. Perangkat lunak dirancang dengan tujuan untuk mempermudah permainan. Mencari kunci jawaban dengan mudah tanpa harus menggunakan buku panduan dalam bentuk hardcopy. Berdasarkan hasil penilaian diperoleh rerata skor penilaian sangat valid baik oleh Ahli Media dan Ahli Materi.Kata Kunci : Anti Korupsi, Nilai Kejujuran, Media Kartu
EFEKTIVITAS CAREER BASED INTERVENTION MELALUI PENANAMAN KONSEP GENDER DALAM PEKERJAAN DALAM UPAYA MENYIAPKAN LULUSAN PENDIDIKAN VOKASI YANG PROFESIONAL Komariah, kokom -; Rahmawati, Fitri -; Harsana, Minta -
Jurnal MEKOM (Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan) Vol 3, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (449.018 KB) | DOI: 10.26858/mekom.v3i2.2597

Abstract

Secara umum artikel ini bertujuan untuk memaparkan efektivitas career based intervention (CBI) melalui penanaman konsep gender dalam pekerjaan dalam upaya menyiapkan lulusan pendidikan vokasi yang profesional. Secara khusus ingin memaparkan efektivitas CBI dalam penanaman konsep gender dalam hal: (1) ciri-ciri primer dan sekunder antara perempuan dan laki-laki, (2) karakter/sifat yang dimiliki perempuan dan laki-laki, (3) jenis-jenis –jenis pekerjaan yang bisa dikerjakan perempuan dan laki-laki. Tulisan ini merupakan bagian dari penelitian research & development yang dikembangkan dari Borg & Gall (1989). Setelah produk pengembangan dihasilkan dilakukan uji coba model dengan mengimplementasikan konsep gender dalam pekerjaan. Subjek penelitian 30 orang mahasiswa pendidikan teknik boga FT UNY. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan dan kuisioner. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif, melalui narasi yang jelas dan logis, ditelaah, diklasifikasi sesuai dengan tematiknya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas career based intervention dengan memasukan konsep gender menunjukan keberhasilan, dengan ditandai : (1) seluruh responden dapat menjelaskan bahwa berdasarkan ciri primer dan sekunder laki-laki berbeda dengan perempuan, (2) dilihat dari aspek karakter atau sifat, responden bisa menyimpulkan bahwa laki-laki atau perempuan bisa sama-sama memiliki karakter yang sifatnya feminin, berani, tegar, mandiri, arogan, pemaaf, kasih sayang, sabar, cekatan, hati-hati dan rasional, namun seberapa tinggi derajat karakter atau sifat yang dipunyai tersebut akan tergantung dari lingkungan, (3) dilihat dari pendapatnya terhadap jenis pekerjaan, sudah menunjukkan pemahaman bahwa sesungguhnya pekerjaan ditentukan oleh kapasitas dan kompetensinya bukan ditentukan oleh jenis keamin.
PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA PRESENTASI BERBASIS PREZI DAN GAYA BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGINGAT KONSEP Rais, Muh.
Jurnal MEKOM (Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan) Vol 2, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (281.201 KB) | DOI: 10.26858/mekom.v2i1.2576

Abstract

AbstrakPengaruh penggunaan multimedia presentasi berbasis prezi dan gaya belajar terhadap kemampuan mengingat konsep Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menjelaskan perbedaan kemampuan mengingat konsep obyek antara mahasiswa yang dibelajarkan dengan menggunakan multimedia presentasi prezi desktop dan mahasiswa yang dibelajarkan dengan menggunakan multimedia presentasi power point, 2) menjelaskan perbedaan kemampuan mengingat konsep obyek antara mahasiswa yang belajar dengan gaya belajar visual, gaya belajar auditori, dan gaya belajar kinestetik, dan 3) menjelaskan pengaruh interaksi antara multimedia presentasi (prezi desktop dan power ponit) dengan gaya belajar (visual, auditori, dan kinestetik) terhadap kemampuan mengingat konsep obyek. Penelitian ini menggunakan rancangan quasi eksperimen menggunakan versi nonequivalent control group design faktorial 2x3. Subjek penelitian sebanyak 105 orang (52 kelompok kontrol dan 53 kelompok eksperimen. Data dianalisis dengan menggunakan teknik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan:1) terdapat perbedaan kemampuan mengingat konsep mata kuliah multimedia pembelajaran antara kelompok mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan multimedia pembelajaran presentasi prezi desktop dengan kelompok mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan multimedia pembelajaran presentasi power point pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknologi Pertanian Fakultas Teknik UNM dengan nilai F = 39.251 yang lebih besar dari nilai F tabel = 3.92. 2) terdapat perbedaan kemampuan mengingat konsep mata kuliah multimedia pembelajaran antara kelompok mahasiswa yang memiliki gaya belajar visual, auditori dan kinestetik pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknologi Pertanian Fakultas Teknik UNM dengan nilai F = 31.482 yang lebih besar dari nilai F tabel = 3.92, 3) tidak ada interaksi antara multimedia pembelajaran dan gaya belajar (visual, auditori dan kinestetik) terhadap kemampuan mengingat konsep mata kuliah multimedia pembelajaran mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknologi Pertanian Fakultas Teknik UNM dengan nilai F = 3.870 yang lebih kecil dari nilai F tabel = 3.92.Kata Kunci : Multimedia Prezi , Gaya Belajar, Mengingat KonsepAbstractThe effect of use multimedia presentation based prezi and Learning styles to the ability to remember of concept. This study aims to: 1) explain differences in the ability to remember the concept of the object of the students who learned with a multimedia presentation using Prezi desktop and students who learned with multimedia presentations using power point, 2) explain the differences in the ability to remember the concept of object between students studying with a visual learning style , learning styles auditory, and kinesthetic learning styles, and 3) describes the effect of the interaction between a multimedia presentation (Prezi desktop and power ponit) learning styles (visual, auditory, and kinesthetic) to the ability to remember the concept of object. This study used a quasi-experimental design using a nonequivalent control group version 2x3 factorial. Research subjects were 105 persons (52 controls and 53 experimental groups. Data were analyzed using t-test techniques. The results showed: 1) there are differences in the ability to remember the concept of multimedia learning courses among the group of students that learned using learning multimedia presentations with Prezi Desktop student group that learned to use multimedia learning power point presentation on the students of Department of Agricultural Technology, Faculty of Engineering Education UNM with F = 39 251 value greater than the value of F table = 3.92. 2) there are differences in the ability to remember the concept of multimedia learning courses among a group of students who have learning styles are visual, auditory and kinesthetic the students of Department of Agricultural Technology, Faculty of Engineering Education UNM with a value of F = 31 482 greater than the value of F table = 3.92, 3) no there is interaction between the multimedia learning and learning styles (visual, auditory and kinesthetic) on the ability to remember the concept of multimedia learning courses students from the Department of Education of Agricultural Technology, Faculty of Engineering at UNM with the value F = 3,870 less than the value of F table = 3.92.Keywords: Multimedia Prezi , Learning Style, Remember of Concept
PLATFORM E-LEARNING KELASE METODE UNTUK PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN Mangesa, Riana Tangkin; Mappeasse, Muhammad Yusuf
Jurnal MEKOM (Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan) Vol 4, No 2 (2017): Mekom, AGUSTUS
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (282.053 KB) | DOI: 10.26858/mekom.v4i2.5131

Abstract

Penerapan Platform e-learning kelase di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dapat memberikan banyak kemudahan  dalam  pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menginovasi pembelajaran dalam mengunakan metode belajar platform e-learning kelase, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan  kualitatif  dan deskriptif, yaitu mendeskripsikan  efektivitas  pelaksanaan  pembelajaran di SMKN. Penelitian  kualitatif, mengacu Sugiyono (2009) bahwa   instrumen  utamanya  adalah peneliti  sendiri,  ditambah  instrumen  lembar observasi  berupa  chek lis, dokumentasi. Metode  ini untuk  mendeskripsikan  data kelompok belajar yang dibentuk dalam satu kelas,  sehingga  tidak  mengisolasi  individu  kedalam  variabel,  tetapi  memandangnya  sebagai satu  kesatuan  yang  bertujuan menggambarkan  tentang  efektivitas  pelaksanaan  pembelajaran platform e-learning kelase. Hasil penelitian adalah pembelajaran efektif karena pelaksanaan platform e-learning kelase, dapat  menginovasi guru dalam proses belajar sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar peserta didik.
ANALISIS KEBUTUHAN PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING DENGAN MODULAR OBJECT-ORIENTED DYNAMIC LEARNING ENVIRONMENT DI SMK NEGERI 3 PAREPARE Karim, Sugeng A.
Jurnal MEKOM (Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan) Vol 3, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (380.643 KB) | DOI: 10.26858/mekom.v3i1.2616

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebutuhan Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment (MOODLE) sebagai pembelajaran berbasis e-learning di SMK Negeri 3 Parepare, dengan objek penelitiannya adalah GuruSMK bidang keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Dalam rangka mencapai tujuan dalam penelitian ini diajukan delapan aspek seputar pembelajaran berbasis IT di sekolah, kesesuaian MOODLE dengan program studi, penggunaan fasilitas IT dalam kegiatan pembelajaran, belajar secara online, belajar secara mandiri, penggunaan MOODLE dalam proses belajar siswa, bimbingan dalam menyelesaikan tugas-tugas siswa memalui MOODLE, dan penetapan nilai akhir tentang kompetensi siswa dapat dilakukan secara transparan melaui MOODLE. Data diolah dengan menggunakan metode analisis deskriptif dengan responden guru serta sample adalah guru TKJ. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan penelitian tentang analisis kebutuhan pembelajaran e-learning berbasis MOODLE di SMK Negeri 3 Parepare yang dilakukan dengan memberikan angket kepada guru-guru dengan item pertanyaan seputar aplikasi MOODLE maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran e-learning di SMK Negeri 3 Parepare perlu dilakukan.Kata Kunci: Kebutuhan, MOODLE, SMK

Page 1 of 10 | Total Record : 96