cover
Contact Name
Didik Supriyanto
Contact Email
didiksupriyanto21@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalmodeling@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. mojokerto,
Jawa timur
INDONESIA
MODELING: Jurnal Program Studi PGMI
ISSN : 24423661     EISSN : 2477667X     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2016): Maret" : 7 Documents clear
Proses Pembelajaran PKn dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik melalui Pembelajaran Berbasis Masalah di SMAN 3 Probolinggo Abdul Basit; Sapriya Sapriya
MODELING: Jurnal Program Studi PGMI Vol 3 No 1 (2016): Maret
Publisher : Program Studi PGMI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (123.109 KB)

Abstract

Problems at this research is caused by a less optimal learning process Civics in SMAN 3 Probolinggo which implies the lack of development of citizens who are intelligent and good (smart and good citizen). The purposes of this study are to describe the implementation of PBM in enhancing the learners creativity. The research methodology used in this research is a qualitative approach with descriptive methods. The research subjects are including principals, teachers, and learners. In collecting the data, the techniques used observation, interviews, and documentation. Data were analyzed using data reduction, data presentation and conclusion/verification. The finding of this research revealed that implementation of PBM on the subjects of Civics in enhancing the creativity of learners are related with the learning steps, such as the introduction, the main activities and the closing activity. However, strategy of learning used less creative and almost of all materials are suitable Civics using PBM strategy. Therefore, in preparing PBM through the method of discussion or debate, teachers need to identify learning materials related with the mind map.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT pada Mata Pelajaran IPA untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Devi Wahyu Ertanti
MODELING: Jurnal Program Studi PGMI Vol 3 No 1 (2016): Maret
Publisher : Program Studi PGMI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (185.313 KB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SDN Sidomulyo I kelas V, bahwa siswa kurang antusias belajar, lebih cenderung menerima apa yang disampaikan guru, diam dan enggan dalam mengemukakan pertanyaan maupun pendapat sehingga menjadi pasif. Hal ini menyebabkan kurang maksimalnya prestasi belajar siswa. Penelitian ini memilih model pembelajaran yang berorientasi pada kerangka pembelajaran IPA, siswa harus dilibatkan secara mental, fisik, dan sosial untuk membuktikan sendiri tentang kebenaran dari teori-teori dan hukum IPA yang dipelajarinya melalui proses ilmiah. Tujuan yang dicapai adalah mendiskripsikan aktivitas siswa selama proses pembelajaran kooperatif tipe NHT, mendiskripsikan peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi alat pernapasan manusia, mendiskripsikan respon siswa, dan mendiskripsikan kendala yang muncul dan pemecahannya.Data diperoleh dengan metode observasi, tes, dan angket. Data dianalisis dan disajikan dalam bentuk deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil prestasi siswa dengan rata-rata nilai yang diperoleh pada siklus I sebesar 68,2 (72%), siklus II sebesar 76,36 (92%). Selain itu, dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa, dan afektif siswa. Dapat disimpulkan bahwa materi alat pernapasan manusia dapat diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT karena dapat meningkatkan hasil prestasi belajar siswa dan aktivitas siswa dalam pembelajaran.
Efektivitas Penggunaan Media Buku Saku dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Menumbuhkan Cinta Budaya Daerah Siswa (Studi Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Malang) Maya Mashita
MODELING: Jurnal Program Studi PGMI Vol 3 No 1 (2016): Maret
Publisher : Program Studi PGMI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (233.213 KB)

Abstract

This study aims to determine effective use of instructional media pocket book on learning Civic Education to foster a culture of love student area. The approach used in this study is a quantitative approach with a quasi-experimental methods and research design is pretest and posttest control group. The study used a sample of students in grades 7.1 and 7.2 SMP Negeri 5 Malang. Instrument used in this study was a questionnaire, test, attitude scale, and performance tests. Data analysis technique used is Independent Samples Test. The results showed that: 1) there are differences in knowledge of the love of local culture significantly between the experimental class with a grade control, 2) there are differences in the attitude of the love of local culture significantly between the experimental class with a grade control, and 3) there are different skills love culture that significant between the experimental class with a grade control class.
Pendidikan Damai sebagai Pembinaan Keadabaan Kewarganegaraan di Bidang Sosial Zuhri Zurgobban
MODELING: Jurnal Program Studi PGMI Vol 3 No 1 (2016): Maret
Publisher : Program Studi PGMI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (117.425 KB)

Abstract

This research aims to describe the impact of peace education program carried out by Peace Generation community as an attempt to develop the civic virtue in the social field. Research method used is a case study with qualitative approach. The research subject are including community administrator, tutor implementers, and attendees program. In the collecting data, the techniques used observation, interviews, and documentation. Data were analyzed using data reduction, data presentation and conclusion/verification. The result of this research show that this program can improve social intelligence and creating civic participation in preventing and combating social problems that ultimately citizens building character and personality to have responsibility in social life.
Membentuk Madrasah Diniyah sebagai Alternatif Lembaga Pendidikan Elite Muslim bagi Masyarakat Zulfia Hanum Alfi Syahr
MODELING: Jurnal Program Studi PGMI Vol 3 No 1 (2016): Maret
Publisher : Program Studi PGMI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.564 KB)

Abstract

Diniyaa Madrasaa as a non-formal educational institutions based on religious activities which are carried out at evening after formal school hours. Diniyaa Madrasaa’s simple curriculum and short period learning activity is not being a barrier for producing educated and intellectual students. Thus, the existence of Diniyaa Madrasaa can be developed into one of the moslem elite schools that can accomodate the education needed of lower middle class people because the tuition fee is cheap. Diniyaa Madrasaa also able to compete with other moslem elite school that has more expensive tuition fees. Therefore, now in the era of modernization, the manager of Diniyaa Madrasaa should avoid the temptation of material and secularism curricullum in the education activity. The purpose is to create the smart young moslem generation in knowledge and faith
Komik Sebagai Model Pendidikan Politik untuk Meningkatkan Kemelekan Politik (Political Literacy) Siswa Beti Indah Sari
MODELING: Jurnal Program Studi PGMI Vol 3 No 1 (2016): Maret
Publisher : Program Studi PGMI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (126.839 KB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini, untuk mendeskripsikan inovasi model pendidikan politik dengan menggunakan komik sebagai upaya untuk meningkatkan kemelekan politik (political literacy) pada siswa kelas XI di SMA Negeri Mojoagung, Jombang. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri Mojoagung pada tahun ajaran 2015/2016 dengan sampel penelitian siswa kelas XI SMA Negeri Mojoagung yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan tes essay yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data uji normalitas data gain yang dinormalisasi (N-Gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan komik sebagai model pendidikan politik terhadap peningkatan melek politik siswa.
Konservasi Sumberdaya Alam dalam Islam sebagai Wujud Pendidikan dan Akhlaq Manusia terhadap Lingkungan Muhammad Sirojuddin Cholili
MODELING: Jurnal Program Studi PGMI Vol 3 No 1 (2016): Maret
Publisher : Program Studi PGMI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (161.163 KB)

Abstract

Problem lingkungan dewasa ini sangan memprihatinkan dan harus segera diselesaikan dengan cepat. Mengingat akibat yang ditimbulkan dari kerusakan lingkungan sudah semakin meluas seperti pemanasan global yang berakibat pada bencana alam. Hal ini tidak terlepas dari perbuatan manusia. Untuk itu diperlukan usaha sadar dari manusia untuk melakukan sebuah upaya konservasi lingkungan. Konservasi lingkungan akan lebih bisa terlaksana apabila disertai usaha sadar dari semua pihak khususnya sejak usia dini. Maka dari itu, diperlukan sebuah pendidikan konservasi lingkungan baik di lembaga pendidikan maupun melalui kampanye lingkungan di masyarakat supaya tercipta sebuah kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan. Melalui kajian ini diharapkan semua elemen masyarakat mampu mengaplikasikan konsep konservasi lingkungan yang telah termaktub di dalam al Quran yang dimulai dari menjaga keseimbangan jiwa, kestabilan atmosfer, menjaga kestabilan rantai dan jejaring makanan, menjaga siklus hidrologi, melakukan reboisasi dan menjaga kesuburan lahan, dan juga melindungi kawasan konservasi khusus.Empat hal terpenting dalam usaha konservasi di Indonesia, yaitu reformasi kebijaksanaan, keuangan, aspek sosial-budaya, dan manajemen. Salah satu kebijakan yang tepat dilakukan adalah mengintegrasikan upaya konservasi ke setiap tingkat pendidikan serta meningkatkan kepedulian dan pengelolaan sumberdaya alam yang bertanggung jawab sedangkan unit dan fungsi dari berbagai regional sangat diperlukan dalam upaya pelestarian ini, diantaranya sekolah, tempat ibadah, serta sarana untuk meningkatkan kesadaran. Oleh karenanya diperlukan dukungan dari berbagai pihak dalam pelaksanaanya

Page 1 of 1 | Total Record : 7