cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Bidang Pendidikan Dasar
ISSN : 25490117     EISSN : 25490125     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Bidang Pendidikan Dasar diterbitkan oleh Fakultas Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang, ISSN 2549-0125 (online), ISSN 2549-0117 (cetak). Jurnal ini menerbitkan strategi pembelajaran, manajemen sekolah dan kelas, evaluasi pendidikan, kurikulum, pengembangan media dan bahan ajar. Setiap naskah yang dikirimkan akan ditinjau oleh setidaknya dua peninjau sejawat menggunakan metode peninjauan ganda. Jurnal ini diterbitkan setiap Januari & Juni.
Arjuna Subject : -
Articles 134 Documents
PENGEMBANGAN SCRAPBOOK TEMA 6 MERAWAT HEWAN DAN TUMBUHAN SUBTEMA 1 HEWAN DI SEKITAR PADA KELAS 2 SD Arina Restian; Izar Alfian
Jurnal Bidang Pendidikan Dasar Vol 4 No 1 (2020): January
Publisher : Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (430.764 KB) | DOI: 10.21067/jbpd.v4i1.3412

Abstract

AbstractStudents that there is more focused in learning by using the use pictorial, then it needs a the media images that are interesting for the purpose make students more focused.The condition of the abstract in learning make students fail to understand the material the animals around. Based on the problems that has been mentioned, the using learning can increase motivation. Student learning an increase in student learning motivation requires an act that sitematis. The act of those with the use of the media learning scrapbook. This study attempts to ( 1 ) described the using scrapbook on the theme scrapbook 6 subtheme 1 thematic learning class 2 elementary school ( 2 ) described response students against scrapbook media on the theme 6 subtheme 1 learning 2. primary school class. The first test of the validation with the media including the validation 92% thus very valid unnecessaryrevision. The analysis of the second of the matter is the validation with the 95 % with information is very effective and do not need revision. The analysis of data the third of the learning with the survey results 92 % with information is very effective and do not need revision.And analysis from last of the survey response students get the result 95 % with information is very valid and do not need revision.We can conclude that is very valid media scrapbook thematic used in learning. Abstrak Bahwa dikatakan siswa lebih fokus dalam pembelajaran dengan menggunakan media bergambar, maka diperlukan sebuah media gambar yang menarik dengan tujuan membuat siswa lebih fokus. Kondisi yang abstrak dalam pembelajaran membuat siswa sulit memahami materi hewan di sekitar dalam pembelajaran. Berdasarkan permasalahan yang telah dikemukakan, media pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Peningkatan motivasi belajar siswa memerlukan suatu tindakan yang sitematis. Tindakan tersebut berupa pemanfaatan media pembelajaran Scrapbook.Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan media Scrapbookpada tema 6 subtema 1 pembelajaran tematik kelas 2 sekolah dasar. (2) Mendeskripsikan respon siswa terhadapmedia Scrapbookpada tema 6 subtema 1 pembelajaran kelas 2 sekolahdasar.Perolehan hasil uji validasi pertama dari ahli media yaitu dengan perolehan hasil validasi 92% dengan keterangan sangat valid tidak perlu revisi. Hasil analisis kedua dari ahli materi yaitu dengan perolehan hasil validasi 95% dengan keterangan sangat efektif dan tidak perlu revisi. Hasil analisis data ketiga dari angket ahli pembelajaran dengan perolehan hasil 92% dengan keterangan sangat efektif dan tidak perlu revisi. Dan hasil analisis terakhir dari angket respon siswa memperoleh hasil 95% dengan keterangan validdan tidak perlu revisi. Dapat disimpulkan bahwa media scrapbook menarik dan validdigunakan dalam pembelajaran tematik.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FIKSI MEMBACA INTENSIF CERITA PETUALANGAN BERBASIS EKOLOGI SISWA SEKOLAH DASAR Noer Intan Novitasari; Azamul Fadhly Noor Muhammad
Jurnal Bidang Pendidikan Dasar Vol 4 No 1 (2020): January
Publisher : Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (529.776 KB) | DOI: 10.21067/jbpd.v4i1.3672

Abstract

AbstractThe aims of this study is create intensive reading material adventure stories based ecology on 5th grade elementary school students. The specific purposes of this study are to produce ecology-based teaching material that can develop students' reading skills and describe the validity of ecology-based intensive reading material. This type of development research is an ADDIE experimental model. The data analysis technique consisted of qualitative and quantitative descriptive analysis techniques. The questionnaire result data in the form of score analysis uses a rating scale, while the results of the assessment of teaching materials from the validator use a percentage (%). The subjects of this study were selected from the fifth grade students of the Diponegoro Cluster of Majenang District in the 2018/2019 academic year as many as 102 students. The research sample of 15 students from three different schools. The results of this study indicate that intensive reading teaching material based on ecology based on effective and valid adventure stories is used in intensive reading learning in class V of SDN throughout the Diponegoro Cluster, Majenang District Abstrak Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar membaca intensif cerita petualangan berbasis ekologi bagi siswa kelas 5 sekolah dasar. Adapun tujuan khusus dalam penelitian ini, yakni (1) menghasilkan produk bahan ajar berbasis ekologi yang dapat mengembangkan kemampuan membaca intensif siswa dan (2) mendeskripsikan kevalidan bahan ajar membaca intensif cerita petualangan berbasis ekologi. Jenis penelitian pengembangan ini mengadopsi model ADDIE. Teknik analisis data terdiri dari teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data hasil angket dalam bentuk analisis skor menggunakan rating scale, sedangkan hasil penilaian bahan ajar dari validator menggunakan persentase (%). Subjek penelitian ini dipilih dari siswa kelas V SD se-Gugus Diponegoro Kecamatan Majenang tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 102 siswa. Sampel penelitian 15 siswa dari tiga sekolah yang berbeda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar membaca intensif materi cerita petualangan berbasis ekologi efektif dan valid digunakan pada pembelajaran membaca intensif di kelas V SDN se Gugus Diponegoro Kecamatan Majenang.
PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PGSD PADA MATA KULIAH PENGANTAR PENDIDIKAN DITINJAU DARI SEGI MINAT BACA Arif Widodo; Husniati Husniati; Dyah Indraswati; Aisa Nikmah Rahmatih; Setiani Novitasari
Jurnal Bidang Pendidikan Dasar Vol 4 No 1 (2020): January
Publisher : Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (511.272 KB) | DOI: 10.21067/jbpd.v4i1.3808

Abstract

AbstractThis study is intended to discuss the relationship between reading interest and student achievement in introductory courses in the academic year 2019-2020. The population in this study was the first semester of the University of Mataram University PGSD students with a total of 342 students. This type of research is quantitative descriptive, while the hypothesis testing is done by testing. Data collection uses questionnaires, interviews, and documentation. PGSD is included in the very high category of 0.97%, high of 26.21, moderate of 46.60%, low of 25.24% and very low of 0.97%. Student achievement in the category of very high at 0.97%, high 10.68%, moderate 41.75%, low 37.86% and very low at 8.74%. 41.75%. Based on the hypothesis test> R-value calculated from the R table; sig <α (0,932> 0,195; 0,000 <0,05) which means a significant and positive relationship between reading interest and student achievement Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara minat baca dengan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah pengantar pendidikan tahun akademik 2019-2020. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa PGSD Universitas Universitas Mataram semester 1 dengan jumlah 342 mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, sedangkan uji hipotesis dilakukan dengan uji korelasi. Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa minat baca mahasiswa PGSD yang masuk dalam kategori sangat tinggi 0.97%, tinggi 26.21, sedang 46.60%, rendah 25.24% dan sangat rendah 0.97%. Prestasi belajar mahasiswa yang masuk dalam kategori sangat tinggi sebesar 0.97%, tinggi 10.68%, sedang 41.75%, rendah 37.86% dan sangat rendah sebesar 8.74%. 41.75%. Berdasarkan uji hipotesis menunjukkan nilai R hitung > dari R tabel ; sig < α (0.932 > 0.195 ; 0.000 < 0.05) yang berarti bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara minat baca dengan prestasi belajar mahasiswa.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OEL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI ALAT PENCERNAAN MANUSIA PADA SISWA KELAS V SDN KERTOSARI I MADIUN Naniek Kusumawati; Vivi Rulviana
Jurnal Bidang Pendidikan Dasar Vol 4 No 1 (2020): January
Publisher : Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (620.868 KB) | DOI: 10.21067/jbpd.v4i1.3821

Abstract

AbstractThis research is a classroom action research. The subject of this study was a fifth grade student at SDN Kertosari I Madiun. The results of the research in the first cycle showed the average results of observations of student activities obtained by the percentage of 56.25% with sufficient categories, the percentage of teacher activity 84.37% in the good category. In the second cycle the average percentage of teacher activity was 100% with a very good category, the percentage of 93.75% student activity was very good category. From the completeness of learning outcomes can be compared to the increase, namely from the Pre Cycle, Cycle I and Cycle II amounted to 9.5%, 67.8% and 84.04%. This has met the predetermined indicators of success with a minimum value of 70 learning outcomes and classical completeness already achieve a minimum indicator of success of ≥ 75%. Based on the results of these studies, it can be concluded that the OEL Learning Model can improve the science process skills of human digestive tract material in fifth grade students of SDN Kertosari I Madiun. Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kertosari I Madiun. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan rata-rata hasil observasi aktivitas siswa diperoleh persentase 56.25% dengan kategori cukup, persentase aktivitas guru 84.37% kategori baik. Pada siklus II diperoleh rata-rata persentase aktivitas guru sebesar 100 % dengan kategori sangat baik, persentase aktivitas siswa 93,75 % kategori sangat baik. Dari ketuntasan hasil belajar dapat dibandingkan peningkatannya yaitu dari Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II adalah sebesar 9.5%, 67.8% dan 84.04%.Hal ini telah memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditetapkan dengan nilai rata-rata hasil belajar minimal 70 dan ketuntasan klasikal sudah mencapai indikator keberhasilan minimal ≥ 75 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka bisa disimpulkan bahwa Model Pembelajaran OEL dapat meningkatkan keterampilan proses sains materi alat pencernaan manusia pada siswa kelas V SDN Kertosari I Madiun.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR Azamul Fadhly Noor Muhammad; Noer Intan Novitasari
Jurnal Bidang Pendidikan Dasar Vol 4 No 1 (2020): January
Publisher : Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (600.59 KB) | DOI: 10.21067/jbpd.v4i1.3877

Abstract

Abstract This research aims to develop ethnomatematics-based mathematics teaching materials that will be used in the learning process. This is intended to form patterns of understanding of the material and the concept of a flat shape in class III through objects or historic sites. Learning material is made based on literacy that is easily understood by students based on mathematical material and / or the application of mathematics that has entrenched the community environment. The subjects in this study were students of SDN Jenang 05 and SDN Mulyadadi 02 Class III Kec. Majenang Kab. Cilacap Jawa Tengah Academic Year 2018/2019. The use of mathematics teaching materials, teaching devices, and analysis of the lack of teaching materials used will become study material in development research that will produce a product that is mathematics teaching material based on ethnomatatics. The results of the research on ethnomatematics-based teaching material development can be seen from the pre-test assessment, more than 50% of students get a very low learning understanding category and below the specified KKM, which is 75 and post-test assessment results, 4 students with very high grades, 5 students with high grades, 10 students with medium grades, and 40 students with low grades but exceeding the KKM set. This means that students who are above the specified KKM, and Ethnomatic Mathematics-Based Teaching Materials that are developed effectively to improve student understanding of learning. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika berbasis etnomatematika yang digunakan dalam pembelajaran. Hal ini dimaksudkan untuk membentuk pola pemahaman pada materi dan konsep bangun datar di kelas III melalui objek atau situs bersejarah. Materi pembelajaran dibuat berdasarkan literasi yang mudah dipahami siswa sesuai materi matematika atau penerapan matematika yang telah membudaya dilingkungan masyarakat. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa SDN Jenang 05 dan SDN Mulyadadi 02 Kelas III Kec. Majenang Kab. Cilacap Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019. Penggunaan bahan ajar matematika, perangkat pengajaran, dan analisis kekurangan bahan ajar yang digunakan nantinya menjadi bahan kajian dalam penelitian pengembangan yang akan menghasilkan sebuah produk yaitu bahan ajar matematika berbasis etnomatematika. Hasil dari penelitan pengembangan bahan ajar berbasis etnomatematika ini dilihat dari penilaian pre-test, lebih dari 50% siswa mendapatkan katagori pemahaman belajar sangat rendah dan dibawah KKM yang ditetapkan, yaitu 75 dan hasil penilaian post-test, 4 siswa dengan nilai sangat tinggi, 5 siswa dengan nilai Tinggi, 10 siswa dengan nilai sedang, dan 40 siswa dengan nilai rendah tetapi melebihi KKM yang ditetapkan. Artinya siswa yang berada diatas KKM yang ditetapkan, dan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa.
RELEVANSI BUKU CERITA ANAK “NOME” KARYA NURHAIDA DENGAN PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR Wawang Nurfalah; Tatang Syaripudin; Arie Rakhmat Riyadi
Jurnal Bidang Pendidikan Dasar Vol 4 No 1 (2020): January
Publisher : Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (694.753 KB) | DOI: 10.21067/jbpd.v4i1.3949

Abstract

Abstrak. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan relevansi buku cerita anak dengan program Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar, meliputi relevansinya dengan jenjang dan tingkat kelas Sekolah Dasar, relevansi dengan komponen isi program pendidikan karakter, dan relevansi dengan Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif non-interaktif dengan metode deskriptif berupa studi literatur. Sumber data adalah buku cerita anak “Nome” yang diterbitkan oleh Kemdikbud RI. Hasil penelitian menunjukan empat subcerita relevan untuk jenjang Sekolah Dasar kelas tinggi. Relevan dengan komponen isi program pendidikan karakter karena mengandung lima nilai karakter utama. Relevan dengan struktur kurikulum program pendidikan karakter karena dapat di integrasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Abstract. In general, this study aims to describe the relevance of children's storybooks to the Character Education program in Elementary Schools, including their relevance to Elementary School levels and levels, relevance to the component contents of character education program content, and relevance to Indonesian Language Basic Competencies in Elementary Schools. This study uses a non-interactive qualitative approach with descriptive methods in the form of literature studies. The data source is the children's storybook "Nome" published by the Indonesian Ministry of Education and Culture. The results showed four sub-stories relevant to the high-grade elementary school level. Relevant to the component content of the character education program because it contains five central character values. Relevant to the curriculum structure of the character education program because it can be integrated into Indonesian Elementary School learning.
IMPLEMENTASI MODEL ROLE PLAYING BERBANTU MEDIA BONEKA TANGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA SISWA KELAS II TEMA PAHLAWANKU Nourma Oktaviarini
Jurnal Bidang Pendidikan Dasar Vol 4 No 1 (2020): January
Publisher : Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (400.437 KB) | DOI: 10.21067/jbpd.v4i1.4052

Abstract

AbstractThe purpose of this research is (1) to describe the application of Role Playing models assisted by handpuppet and (2) to determine the enhanced ability of storytelling by implementing hand puppet RolePlaying models in grade II students SDN Talun 05. The method established in this study is class actionresearch (PTK) consisting of four phases: planning, implementation, observation, and reflection. Thedata collection techniques in this study have observed and test sheets. research results in pre-activityresults of students ' storytelling with an average of 356 44.5% With the need for guidance (PB) criteria.At the I-cycle I Meeting Observation model implementation of Role Playing helped hand puppet mediaacquire the final score number 49 percentage average value of 71.5% good criteria whereas in theSikulus I meeting II gained a score of 52 storytelling ability Students with an average amount of 547 to68.3% with sufficient criteria, whereas the outcome of the student storytelling ability with an average of52.8 423% of the need for guidance (PB) to cycle I The meeting II gained an average 547 amount of68.3% with sufficient criteria. Implementation of Model Role Playing assisted doll Media hand on cycle IImeeting I gained a score of 56 percentage value of 84% good criterion, on cycle II of meeting II with ascore of 60 percentage 87% criterion very good. Ability to tell students cycle II meeting I total score 598percentage 74.75% of the criteria is sufficient, while the II cycle of meeting II score 663 percentage82.87% good criterion. Based on the above data that implementation of Role Playing model assisted byhand doll can improve the storytelling skills of class II students Modern Mutiara Iman Ngunut SubDistrict Tulungagung Regency Abstrak Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan penerapan model Role Playing berbantu media boneka tangan dan (2) untuk mengetahui peningkatan kemampuan bercerita dengan mengimplementasikan model Role Playing berbantu boneka tangan pada siswa kelas II SDN Talun 05. Metode yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri empat tahapan diantaranya yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil Penelitian pada pra kegiatan hasil kemampuan bercerita siswa dengan jumlah 356 rata-rata 44,5% dengan kriteria Perlu Bimbingan (PB). Pada siklus I pertemuan I hasil pengamatan implementasi model Role Playing berbantu media boneka tangan memperoleh jumlah skor akhir 49 prosentasi nilai rata-rata 71,5% kriteria Baik sedangkan pada sikulus I pertemuan II memperoleh skor 52 kemampuan bercerita siswa dengan jumlah 547 rata-rata 68,3% dengan kriteria cukup , sedangkan hasil kemampuan bercerita siswa dengan jumlah 423 rata-rata 52,8% Kriteria Perlu Bimbingan (PB) untuk siklus I pertemuan II memperoleh jumlah 547 rata-rata 68,3% dengan kriteria cukup. Implementasi penerapan model Role Playing berbantu media boneka tangan pada Siklus II pertemuan I memperoleh skor 56 prosentase nilai 84% kriteria baik, pada siklus II pertemuan II dengan skor 60 prosentase 87% kriteria sangat baik. Kemampuan bercerita siswa siklus II pertemuan I jumlah skor 598 prosentase 74,75% kriteria cukup, sedangkan siklus II pertemuan II skor 663 prosentase 82,87% kriteria baik. Berdasarkan data diatas bahwa implementasi model Role Playing berbantu boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan bercerita siswa kelas II MI Modern Mutiara Iman Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung.
SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN PADA GURU SDN TLOGOMAS 2 Sutiyono
Jurnal Bidang Pendidikan Dasar Vol 4 No 1 (2020): January
Publisher : Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (386.376 KB) | DOI: 10.21067/jbpd.v4i1.4073

Abstract

AbstractThis study aims to describe the academic supervision to improve the competence of teachers in developing learning tools for teachers at SDN Tlogomas 2. This study uses a two-cycle school action research (PTS). Each cycle goes through stages: planning, implementing, observing, and reflecting. The research instruments used were interview and observation instruments. Indicators of success in this study if the teacher competency in compiling learning tools achieve an average value of 75. The results of the study showed that the pre-cycle reached an average value of only 60.45. Considering the results were not satisfactory, the first cycle of research was conducted which reached an average value of 73.88. After reflection and coaching the results of observations held in the second cycle has increased reaching an average value of 82.22. Based on existing datait can be concluded that academic supervision can improve teacher competence in developing learning tools for teachers in SDN Tlogomas 2. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskriksikan tentang supervise akademik untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun perangkat pembelajaran pada guru SDN Tlogomas 2. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sekolah (PTS) atau bisa disebut penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus melalui tahapan : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrument wawancara dan instrument observasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini jika komptensi guru dalam menyusun perangkat pembelajaran mncapai nilai rata-rata 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada prasiklus mencapai rata-rata nilainya hanya 60,45. Mengingat hasilnya belum memuaskan maka diadakan penelitian siklus I yang mencapai rata-rata nilainya 73,88. Setelah diadakan refleksi dan pembinaan hasil observasi pada siklus II mengalami peningkatan mencapai rata-rata nilainya 82,22 Berdasarkan data yang ada dapat disimpulkan bahwa supervisi akademik dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun perangkat pembelajaran pada guru SDN Tlogomas 2.
Pengaruh two stay three stray terhadap kecerdasan linguistik siswa Sekolah Dasar Arief Rahman Hakim; Andika Gutama
Jurnal Bidang Pendidikan Dasar Vol 4 No 1 (2020): January
Publisher : Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (131.987 KB) | DOI: 10.21067/jbpd.v4i1.4121

Abstract

Abstract A good learning process must be able to make students become excited and play an active role. Thepurpose of this study was to determine the effect of the Two Stay Three Stray learning model onstudents' linguistic intelligence. This research is a quasy experimental study with a sample of 50fourth grade students of SDN Lumbang II, Lumbang District, Probolinggo Regency. Theinstruments used were observation and questionnaire. The data analysis technique used independentsample t-test. Hypothesis test results obtained significance value of 0.044 and Ha accepted. Basedon the results of the study note that there is a significant influence between the Two Stay Three StrayStray learning model on students' linguistic intelligence. Abstrak Proses pembelajaran yang baik harus mampu membuat siswa menjadi bersemangat dan berperan aktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Two Stay Three Stray terhadap kecerdasan linguistik siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif quasy eksperimen dengan sampel 50 siswa kelas IV SDN Lumbang II Kecamatan Lumbang Kabupaten Probolinggo. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan independent Sample t-test. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,044 dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada pengaruh signifikan antara model pembelajaran Two Stay Three Stray Stray terhadap kecerdasan linguistik siswa
EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEBUDAYAAN DAERAH BERBASIS LOCAL GENIUS, LOCAL WISDOM, DAN RISET DITINJAU DARI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS CALON GURU SEKOLAH DASAR Dhiniaty Gularso; Beny Dwi Lukitoaji; Faiz Noormiyanto
Jurnal Bidang Pendidikan Dasar Vol 1 No 1 (2017): January
Publisher : Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (534.822 KB) | DOI: 10.21067/jbpd.v1i1.1600

Abstract

Abstrak Tujuan umum penelitian mahasiswa dapat menggali kebudayaan berbasis kearifan lokal (indegenous wisdom) melalui penelitian dan berpikir kritis bermuara pada eksistensi budaya local. Tujuan khusus penelitian: Untuk mengetahui dan menganalisis efektifitas model pembelajaran berbasis local wisdom, local genius, dan riset terhadap ketrampilan berfikir kritis. Jenis penelitian adalah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi seluruh mahasiswa PGSD yang menempuh matakuliah Pendidikan Kebudayaan Daerah angkatan 2013 yang berjumlah 266 orang. Sampel dari cluster berjumlah 36 orang dikelas A4-2013. Teknik analisis data adalah regresi linear berganda karena penelitian ini dirancang untuk melihat efektifitas pembelajaran berbasis local wisdom n local genius (X1), pembelajaran berbasis riset (X2), terhadap ketrampilan berfikir kritis (Y) sebagai variable terikatnya (dependen). Hasil penelitian menunjukkan koefisien jalur ρ(x1y2) =  1,985  dengan p-value 0,000 jadi X1 mempunyai pengaruh signifikan terhadap Y dengan harga 0,000. Koefisien jalur ρ(x2y) =  1,981  dengan p-value 0,000 jadi X2 mepunyai pengaruh signifikan terhadap Y dengan harga 0, 000.Abstract               The general objective of the study, students can explore the culture based on local wisdom (indigenous wisdom) through research and critical thinking lead to the existence of the local culture. The specific objectives of the study: To know and analyze the effectiveness of the learning model based on local wisdom, local genius, and research on critical thinking skills. This type of research is a survey research with a quantitative approach. The population of all students who take a course PGSD Regional Cultural Educational force in 2013, amounting to 266 people. Samples of the cluster amounts to 36 class A4-2013. The data analysis technique is multiple linear regression because the study was designed to look at the effectiveness of learning based on local wisdom n local genius (X1), a research-based learning (X2), the critical thinking skills (Y) as the dependent variable (dependent). The results showed the path coefficient ρ (x1y2) = 1.985 with a p-value of 0.000 so X1 has significant influence to Y at a price of 0,000. The path coefficients ρ (x2y) = 1.981 with a p-value of 0.000 so X2 Y mepunyai a significant influence on the price of 0, 000.

Page 1 of 14 | Total Record : 134