cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Jurnal Komputer Terapan
Published by Politeknik Caltex Riau
ISSN : 24434159     EISSN : 24605255     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Komputer Terapan e- ISSN : 2460-5255 (Online) p- ISSN : 2443-4159 (Print). Jurnal Komputer Terapan is scientific journal with a standard Indonesian-language format that covers Informatics Engineering, Information System, and Computer Engineering. Journal Komputer Terapan is published twice a year in May and November.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2016)" : 6 Documents clear
Pemodelan Arsitektur Enterprise Menggunakan Metode Togaf ADM Studi Kasus Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir Rianto, Bayu; Lidya, Leony; Nurcahyo, Gunadi Widi
Jurnal Komputer Terapan  Vol. 2 No. 1 (2016)
Publisher : Politeknik Caltex Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bidang PPSDK Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir saat ini memerlukan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mendukung serta memanfaatkan data serta informasi yang ada. dengan adanya dukungan serta peran dari teknologi informasi dan komunikasi masyarakat atau yang berkepentingan dapat dengan mudah mencari atau mengakses data serta informasi yang dibutuhkan. Disinilah dibutuhkan peranan dari arsitektur enterprise yang mendukung dari aktivitas bisnis utama serta bisnis pendukung  yang dilakukan oleh perusahaan. Framework yang dapat dipergunakan dalam menyusun serta merencanakan strategis sistem informasi di lingkungan bidang PPSDK Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir adalah TOGAF (The Open Group Architecture Framework) dengan fokus pada delapan komponen architecture yang terdiri atas : Architecture Vision, Business Architecture, Information System Architecture, Technology Architecture, Opportunities And Solution, Migration Planning, Implementation Governance Serta Architecture Change Management. TOGAF ADM dapat dipergunakan untuk membuat sebuah blue print teknologi pada sebuah enterprise, dimana blue print tersebut dapat dipergunakan serta menjadi acuan dalam pengembangan sebuah enterprise yang dalam hal ini adalah bidang PPSDK Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir.   Kata kunci: Enterprise Arsitektur, TOGAF ADM, Blue Print
GIS berbasis Web untuk Pemetaan Lahan menggunakan Classifier Model Nengsih, Warnia
Jurnal Komputer Terapan  Vol. 2 No. 1 (2016)
Publisher : Politeknik Caltex Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Indikator ukur perkembangan sebuah wilayah dapat dilihat dari pembangunan yang merata dari segala bidang, salahsatunya adalah pembangunan infrakstruktur. Seyogyanya pembangunan infrastruktur mempertimbangkan banyak hal, diantaranya tata letak , kemudahan akses serta peningkatan kuantitas dan kualitas yang berkelanjutan. Belum adanya sebuah sistem akurat yang memberikan informasi lahan kosong   layak bangun pada sebuah wilayah menyulitkan dinas terkait pada saat proses pengidentifikasian  dan pemantauan lahan dan pemberian ijin dalam mendirikan bangunan. Sistem  yang akan dibangun   berupa Sistem Informasi Geografis berbasis web yang memberikan informasi posisi lahan layak bangun, ukuran lahan yang tersedia serta akses lahan ke berbagai fasilitas umum yang terdekat. Sistem dikombinasikan dengan datamining menggunakan teknik k-means clustering untuk mengetahui indikasi pengelompokkan  sub wilayah-wilayah pada sebuah wilayah.
Model E-Government Pada Wilayah Administrasi Pemerintahan Tingkat Kelurahan Arifin, Satria Perdana; Putra, Yusapril Eka
Jurnal Komputer Terapan  Vol. 2 No. 1 (2016)
Publisher : Politeknik Caltex Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Belum sepenuhnya pemerintahan lokal di Indonesia menjadikan e-Government sebagai ujung tombak pemerintahan. Padahal, dengan komitmen yang kuat dari pemimpin daerah, penerapan TIK dapat menjawab tantangan global (seperti: Pasar Bebas ASEAN) dan kebutuhan akan menarik investor dan wisatawan untuk menanamkan modalnya di daerah tersebut [1]. Penelitian ini bermaksud untuk melakukan kajian e-Government dengan fokus pengembangan pada pemerintahan lokal setingkat Kelurahan sebagai pondasi dasar pelayanan publik  dan menjadi “pintu gerbang” untuk pengolahan administrasi hingga tingkat pemerintahan diatasnya. Dengan melakukan proses identifikasi ruang lingkup kelurahan dan Teknologi Informasi dan Komunikasi maka diperoleh usulan Model e-Government, dan Future Portfolio. Hasil dari penelitian ini adalah usulan model e-Government yag terdiri dari: cataloguing (berupa website kelurahan), transaction (berupa e-administration dan e-service), vertical integration (berupa Document management system, Archive System, Digital signature, e-Protection, Incident Management System, Mobile Monitoring System) dan horizontal integration (berupa:. Dashboard information system dan Geographic Information System)
Analisa Performansi Server Cloud Berbasis Proxmox Ve untuk Multi Server dan Multi Platform pada Praktikum Administasi Jaringan Komputer Suhatman, Rahmat
Jurnal Komputer Terapan  Vol. 2 No. 1 (2016)
Publisher : Politeknik Caltex Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Cloud Computing merupakan salah satu teknologi yang banyak dipergunakan saat ini pada skala industri dan perusahaan. Cloud Computing menyediakan banyak layanan yang dapat digunakan oleh pengguna, seperti layanan email, media penyimpanan, dns dan sebagainya. Cloud Computing dibangun menggunakan virtualisasi sehingga membuat server menjadi abstrak dan dapat diakses darimana saja. Saat ini praktikum Administrasi Jaringan Komputer pada Politeknik Caltex Riau masih menggunakan Software Virtualisasi seperti VMWare atau VritualBox yang merupakan aplikasi yang berjalan diatas Sistem Operasi, sehingga masih diganggu dengan masalah virus, kehilangan data dan konfigurasi, serta tidak stabilnya hubungan jaringan antara virtual mesin dan host, dan juga hubungan dengan komputer lain didalam jaringan. Sehingga dirancang dan diterapkan sebuah sistem virtualisasi terpusat menggunakan Cloud Computing berbasis Virtual Mesin yang mampu membangun Multi Server (DNS, WEB, Mail dan FTP), sehingga perkuliahan  berjalan dengan lancar dan sesuai dengan kondisi jaringan client server yang sebenarnya. Sistem ini diterapkan pada 3 Kelas Teknik Informatika dengan total 90 node. Setiap kelompok kelas dan mahasiswa memiliki server masing-masing, dengan 30 node pada setiap kelas, menggunakan Sistem Operasi Linux dan dengan kondisi topologi jaringan yang sudah sesuai dengan jaringan client server sebenarnya, yang kemudian dianalisa performansi dari server cloud dalam hal penggunaan sumberdaya untuk memenuhi kebutuhan multi server dan multi platform.
Sistem Pendukung Keputusan untuk Pembelian Smartphone Menggunakan Metode Simple Additive Weight dan Fuzzy Associative Memory Marrina, Marrina; Zul, Muhammad Ihsan; Arifin, Satria Perdana
Jurnal Komputer Terapan  Vol. 2 No. 1 (2016)
Publisher : Politeknik Caltex Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tingkat perkembangan penggunaan teknologi informasi di Indonesia semakin canggih dan tidak dapat dihindari. Semakin bertambahnya zaman, smartphone hadir dengan spesifikasi tinggi dan harga yang dapat dijangkau oleh masyarakat di Indonesia. Sehingga kurangnya informasi tentang spesifikasi smartphone sangat mempengaruhi pemilihan smartphone yang digunakan. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dibangunlah Sistem Pendukung Keputusan untuk pemilihan sebuah smartphone yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Sistem ini dibangun menggunakan metode Simple Additive Weight (SAW) dan metode Fuzzy Associative Memory (FAM). Terdapat dua pengujian yang dilakukan yaitu pembandingan perhitungan manual dengan perhitungan yang dilakukan sistem. Hasilnya tidak ada perbedaan antara metode manual dan system. Pengujian terakhir dilakukan dengan menggunakan kuesioner terhadap responden riil. Hasilnya responden sangat setuju terhadap sistem dirancang dapat membantu konsumen dalam pemilihan smartphone.
Sistem Pendukung Keputusan Metode AHP dalam Penentuan Seseorang Beresiko Terkena Penyakit Ginjal Miyah, Nur Ja
Jurnal Komputer Terapan  Vol. 2 No. 1 (2016)
Publisher : Politeknik Caltex Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penyakit ginjal dapat meningkatkan resiko kematian bagi penderita dan dapat juga menjadi pemicu timbulnya penyakit jantung dan penyakit hipertensi. Apabila gejala diketahui sedini mungkin, penderita dapat mengubah atau menyesuaikan gaya hidup sehat. Jika kondisi tersebut dan hidup sehat dapat diwujudkan, potensi menderita sakit gagal ginjal sangat kecil. Dengan demikian diperlukan suatu kemampuan analisa yang akurat dalam menentukan keadaan ginjal seseorang sebagai langkah awal penentuan resiko penyakit ginjal tersebut. Penelitian ini akan dibangun Sistem Pendukung Keputusan Metode AHP Dalam Penentuan Seseorang Beresiko Terkena Penyakit Ginjal. Hasil dari penelitian ini diharapkan sistem dapat dimanfaatkan lebih lanjut oleh para tenaga medis dalam memberikan informasi tentang resiko penyakit ginjal kepada para pasien. 

Page 1 of 1 | Total Record : 6