cover
Contact Name
Panji Suroso
Contact Email
panjisuroso@unimed.ac.id
Phone
+6289518044056
Journal Mail Official
gondang@unimed.ac.id
Editorial Address
Jl.Willem Iskandar Ps. V, Medan Estate.
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Gondang: Jurnal Seni dan Budaya
ISSN : 25990594     EISSN : 25990543     DOI : https://doi.org/10.24114/gondang.v5i2
Gondang is a Journal of Art and Cultural for information and communication resources for academics, and observers of Art and Culture, Performing Arts, Educational Arts, Methodology of Art and Cultural. The published paper is the result of research, reflection, and actual critical study with respect to the themes of Art and Culture. All papers are peer-reviewed by at least two referees. The scope of Gondang is the Science of Art and Culture. Published twice a year (June and December) and first published for print edition in June 2017.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2017): Gondang: Jurnal Seni dan Budaya, Desember 2017" : 5 Documents clear
Ansambel Musik Batak Toba Sebagai Pengiring dalam Peribadata Umat Kristen Etnis Batak Toba di Medan Pita HD Silitonga
Gondang: Jurnal Seni dan Budaya Vol 1, No 2 (2017): Gondang: Jurnal Seni dan Budaya, Desember 2017
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (137.537 KB) | DOI: 10.24114/gondang.v1i2.8565

Abstract

Musik Ansambel sebagai musik pengiring ibadah di Gereja meliputi pengertian ansambel musik, pengertian musik pengiring, pengertian ibadah, pengertian musik gerejawi, pengertian lagu ibadah, pengertian ansambel sejenis. Penggunaan musik ansambel batak toba sebagai pengiring peribadatan, di latar belakangi jemaat yang sebagian mayoritas suku batak toba, dan jemaat beranggapan lebih menikmati jalan perayaan ibadah deng penggunaan musik ansambel batak toba, dan lagu-lagu yang dinyanyikan lagu rohani yang berbahasa batak. Keberadaan musik batak toba ini sangat membatu dalam mengiringi perayaan ibadah sehingga lagu-lagu pujian yang mereka nyanyikan lebih enak didengar dan juga dapat dirasakan pada jemaat yang beribadah, sehingga bertambah banyak.
Peran Tradisi Berbalas Pantun dalam Acara Pesta Perkawinan Pada Masyarakat Melayu di Tanjung Pura Muhammad Ikhsan Rizky; Tumpal Simarmata
Gondang: Jurnal Seni dan Budaya Vol 1, No 2 (2017): Gondang: Jurnal Seni dan Budaya, Desember 2017
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (141.916 KB) | DOI: 10.24114/gondang.v1i2.8567

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek penelitian peran pantun pada suku Melayu dalam acara pesta perkawinan di Desa Lalang Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara pengamatan, wawancara, perekaman, dan pencatatan. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pantun dalam kehidupan orang melayu adalah sebagai sarana untuk menyampaikan psan-pesan moral yang sarat berisi nilai-nilai luhur agama, budaya dan norma-norma sosial masyarakat. Melalui pantun, nilai-nilai luhur itu disebarluaskan ke tengah-tengah masyarakat dan diwariskan kepada anak cucunya. Nilai-nilai simbolik yang terkandung dalam pantun adalah nilai agama, adat istiadat, yang biasa dilakukan, nilai sosial dan budi pekerti. Aspek lainnya yang dapat dilihat adalah nilai estetika, keoptimisan, ramah, sifat terbuka. Biasanya pantun nasihat diselipkan dalam pembicaraan pada saat pinang-meminang, antar belanja ataupun antar tanda, pembuka dan penutup pintu ataupun dalam khutbah nasihat nikah.pantun nasihat sangat populer dan dimanfaatkan dengan baik oleh warga masyarakat untuk menyampaikan ide dan gagasan mereka. demi tegaknya nilai moral dan radat resam melayu dalam kehidupan sehari-hari.
Eksistensi Silek Galombang Pada Upacara Perkawinan Etnis Minangkabau Di Medan Shafwan Mahmudin; Trisni Andayani
Gondang: Jurnal Seni dan Budaya Vol 1, No 2 (2017): Gondang: Jurnal Seni dan Budaya, Desember 2017
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (174.835 KB) | DOI: 10.24114/gondang.v1i2.8566

Abstract

Penelitian ini adalah mengenai Eksistensi Silek Galombang pada upacara perkawinan etnis Minangkabau di kelurahan Kota Matsum II Kecamatan Medan Area. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberadaan, proses pelaksanaan pada upacara perkawinan, dan perubahan yang terjadi serta upaya pelestarian Silek Galombang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang menjelaskan mengenai data dan berdasarkan fakta yang terjadi di lapangan. Subjek informan adalah Tokoh Adat Minangkabau, Pemain Silek Galombang, dan Masyarakat di sekitaran Kota Matsum II. Teknik pengumpulan data dengan melakukan studi lapangan dengan cara observasi, wawancara (Field Research), pendekatan informan, penelitian kepustakaan (Library Research), dan studi dokumentasi. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa Silek Galombang pada upacara perkawinan masih diakui keberadaannya yaitu dengan adanya Group Seni Budaya Minang Keluarga Bayur. Proses pelaksanaan Silek Galombang yaitu gerakan pertunjukan mengggunakan bungo-bungo silek rampak simultan sebagai ilustrasi untuk memperindah gerakan Silek Galombang dan barisan pemain Silek Galombang menggunakan pola berbaris satu arah yang dinamakan dengan Silek Manyongsong. Perubahan yang terjadi pada Silek Galombang saat ini yaitu adanya variasi fungsi kegunaannya yaitu pertunjukannya berperan penting dalam penyambutan kedatangan tamu kehormatan tokoh adat. Peran dari Tokoh adat Minangkabau di Kelurahan Kota Matsum II  sangat penting terhadap upaya pelestarian seni pertunjukan tradisional.
Evolusi Gendang Beleq Lombok Nur Kholis Sumardi
Gondang: Jurnal Seni dan Budaya Vol 1, No 2 (2017): Gondang: Jurnal Seni dan Budaya, Desember 2017
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (162.503 KB) | DOI: 10.24114/gondang.v1i2.8564

Abstract

Artikel ini akan membahas tentang ansambel Gendang Beleq yang sangat populer di kalangan suku Sasak Lombok. Data dalam artikel ini diperoleh melalui penelitian lapangan yang dilakukan di pulau Lombok. Informasi tentang Gendang Beleq sangat beragam, tetapi kita tidak akan membahas semuanya di sini. Artikel ini hanya akan membahas tentang komparasi Gendang Beleq dahulu dan kini mulai dari segi bentuk musikal, dan hubungannya dengan fungsinya sendiri. Antropologi dewasa ini sudah berkembang, peneliti - penelitinya tidak hanya melihat seperti apa fenomena budaya saja tetapi juga menimbang masalah tehnologi dan juga ikut dalam perkembangan manusia yang dinamis. Etnomusikologi sebagai cabang ilmu musikologi, meminjam objek formal antropologi untuk melihat kejadian musik secara lebih mendalam. Searah dengan jalan pembahasan artikel ini, tehnologi juga akan turut serta dibahas dalam pengaruhnya terhadap perubahan Gendang Beleq dulu dan kini.
Studi Deskriptif Teks dan Konteks Musik Tradisional Irish Uilleann Pipes Pada Lagu The Gender in The Pratie Hole Try Wahyu Purnomo
Gondang: Jurnal Seni dan Budaya Vol 1, No 2 (2017): Gondang: Jurnal Seni dan Budaya, Desember 2017
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (679.439 KB) | DOI: 10.24114/gondang.v1i2.8563

Abstract

Uilleann Pipes merupakan alat musik khas Irlandia (Irish) yang hampir dekat dengan alat musik Scottish Pipes yang terdapat di Skotlandia. Uillean Pipes adalah alat musik yang sering dipertunjukan secara tunggal (solo), selain itu alat musik ini juga digunakan sebagai alat musik pengiring tari yang termasuk ke dalam jenis Jig. The Gender in The Pratie Hole merupakan salah satu lagu yang lazim dimainkan pada alat musik Uilleann Pipes. Artikel ini bertujuan untuk memaparkan hasil penelitian mengenai analisis teks dan konteks dari lagu The Gender in The Pratie Hole yang dimainkan melalui alat musik Uilleann Pipes. Penlitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode content analysis (analisis konten) yang bersifat deskriptif. Analisis secara tekstual dilakukan dengan membedah penggunaan ritme, melodi serta ornamentasi yang digunakan dalam lagu The Gender in The Pratie Hole. Selanjutnya analisis kontekstual dilakukan dengan cara mendeskripsikan istilah judul, fungsi dan bentuk dari lagu The Gender in The Pratie Hole. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka dapat dilihat secara khusus mengenai ciri khas dan karakteristik pada lagu The Gender in The Pratie Hole yang dimainkan melalui alat musik Uilleann Pipes.

Page 1 of 1 | Total Record : 5