cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
IT JOURNAL RESEARCH AND DEVELOPMENT
Published by Universitas Islam Riau
ISSN : 25284061     EISSN : 25284053     DOI : -
Information Technology Journal Research and Development (ITJRD) adalah Jurnal Ilmiah yang dibangun oleh Prodi Teknik Informatika, Universitas Islam Riau untuk memberikan sarana bagi para akademisi dan peneliti untuk mempublikasikan tulisan dan karya ilmiah di Bidang Teknologi Informatika. Adapun ruang lingkup dalam jurnal ini meliputi bidang penelitian di teknik informatika, ilmu komputer, jaringan komputer, sistem informasi, desain grafis, pengelolaan citra dan multimedia.
Arjuna Subject : -
Articles 186 Documents
Seleksi Pegawai Kontrak Menjadi Pegawai Tetap Dengan Metode Profile Matching Suherman, Suherman; Khairul, Khairul
IT JOURNAL RESEARCH AND DEVELOPMENT Vol 2 No 2 (2018)
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/itjrd.2018.vol2(2).1362

Abstract

Tenaga kerja adalah faktor terpenting dalam manajemen suatu perusahaan. Kualitas tenaga kerja sangat menentukan kemajuan dan perkembangan perusahaan.. Pada saat ini perusahaan secara umum menerapkan sistem kontrak dalam rekrutmen pegawai. Sehingga proses rekrutmen pegawai kontrak merupakan hal yang sangat kritis untuk mendapatkan tenaga kerja yang profesional dan berkualitas. Pegawai kontrak yang dinilai kompeten dan memberikan kontribusi besar layak untuk diangkat menjadi pegawai tetap. Masalah rekrutmen pegawai kontrak menjadi pegawai tetap dapat diselesaikan dengan metode Profile Matching. Metode Profile Matching adalah metode yang mencocokkan profil ideal dengan profil setiap pegawai kontrak. Semakin kecil nilai selisih antara profil ideal dengan profil setiap pegawai (gap), maka semakin besar peluang pegawai kontrak diangkat menjadi pegawai tetap. Metode Profile Matching dapat memberikan rekomendasi terbaik dalam proses rekrutmen pegawai kontrak menjadi pegawai tetap.
Konsep Strategis Sistem Informasi Akademik Smart Card Universitas Islam Riau Efendi, Akmar
IT JOURNAL RESEARCH AND DEVELOPMENT Vol 2 No 1 (2017)
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/itjrd.2017.vol2(1).978

Abstract

Teknologi ICT (Information Communication Technology) tidak ada yang sempurna untuk jangka waktu tertentu, namun paling tidak teknologi yang dirasakan pada saat ini, itulah yang sempurna sesuai dengan kebutuhan individu, kelompok, instansi baik swasta maupun pemerintah dan lain sebagainya. Hal inilah yang memicu bahwa teknologi terus berinovasi, kreatif dan cerdas kedepannya. Indikator keberhasilan prestasi akademik perguruan tinggi dalam penyelenggaraan dan usaha peningkatan pelayanan berbasis ICT adalah mendedikasikan pelayanan tersebut kepada stakeholder, terutama adalah kepada civitas akademika, disamping penyapaian 3 misi utama yaitu catur dharma yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di Universitas Islam Riau (UIR) disebut dengan catur dharma, penambahannya adalah misi dakwah islamiah .
Aplikasi Daftar Pemilih Tetap KPU Provinsi Riau Berbasis Web Wibowo, Susanto; Gunawan, Hendra
IT JOURNAL RESEARCH AND DEVELOPMENT Vol 1 No 1 (2016)
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/itjrd.2016.vol1(1).674

Abstract

Komisi Pemillihan Umum (KPU) Provinsi Riau belum menerapkan sebuah sistem khusus untuk pendataan pemilih tetap, oleh karena itu, maka akan dibuat aplikasi daftar pemilih tetap KPU Provinsi Riau berbasis web yang dapat digunakan untuk mendata pemilih tetap dan mencetak kartu pemilih. Dalam proses penggunaan sistem ini dapat dilakukan disetiap KPU Kabupaten yang ada di Provinsi Riau dengan data yang diolah nantinya akan terpusat pada satu sistem yang berada pada KPU Provinsi Riau. Dengan adanya aplikasi ini masyarakat umum dimudahkan dalam mencari atau melihat data mereka sudah terdata pada KPU Provinsi Riau. Dari hasil uji coba yang telah dilakukan dalam pendataan pemilih tetap KPU Provinsi Riau, maka dapat diambil kesimpulan bahwa aplikasi daftar pemilih tetap KPU Provinsi Riau berbasis web ini dapat memberikan kemudahan dan efisiensi dalam pendataan pemilih tetap, serta menghemat biaya dalam proses pencetakan kartu pemilih tetap.
Arsitektur Informasi Untuk Electronic Procurement Pada PT. Smooth Jaya Mandiri Setiawan, Panji Rachmat; Awwal, Adri
IT JOURNAL RESEARCH AND DEVELOPMENT Vol 1 No 2 (2017)
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/itjrd.2017.vol1(2).679

Abstract

PT. Smooth Jaya Mandiri merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang Barang dan Jasa. Mereka dalam pemasarannya menawarkan mulai dari konstruksi, spesialis tower, perdaganangan umum, spesialis kompresor udara dan pengering udara, spesialis genset, spesialis pendingin, spesialis boiler, pemasangan pipa, komisioner mesin industri, pelayanan provider telekomunikasi. PT. Smooth Jaya Mandiri sendiri berusaha menjadi suatu perusahaan yang selalu bergerak maju, kreatif, inovatif serta tanggap dalam menghadapi perubahan yang terjadi. Selalu menjalin kerjasama yang sehat dengan para mitra usaha mereka agar dapat menempatkan kepuasan mitra usaha sebagai prioritas utama. Dengan latar belakang PT. Smooth Jaya Mandiri sebagai perusahaan penyedia jasa dan  pengadaan barang maka salah satu tools e-business yang tepat digunakan adalah electronic procurement terutama electronic maintenance repair and overhaul, electronic bidding, electronic purchase order, serta electronic sourcing. Arsitektur Electronic Procurement atau e-proc adalah arsitektur dari sebuah infrastruktur teknologi dan aplikasi pengadaan elektronik yang menjembatani proses bisnis pengadaan dalam transaksi bisnis – kepada – bisnis (B2B) atau Bisnis – Kepada – Konsumen (B2C). Untuk mencapai tujuan yang diinginkan, maka dilakukan penelitian dengan menggunakan Value Chain Analysis untuk memetakan setiap aktivitas bisnis yang ada. Lalu pada aktivitas bisnis yang telah terpetakan, dilakukanlah perancangan arsitektur informasi TOGAF dan Zachman Framework. Langkah berikutnya adalah membuat prototype untuk yang kemudian dilanjutkan perhitungan Business Process Improvement pada ruang lingkup yang ditentukan.
Sistem Pakar untuk Mendiagnosa Obesitas pada Anak dengan Menggunakan Metode Backward Chaining Syafitri, Nesi; Apdian, Alfred
IT JOURNAL RESEARCH AND DEVELOPMENT Vol 1 No 1 (2016)
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/itjrd.2016.vol1(1).601

Abstract

Obesitas pada anak terjadi karena ketidakseimbangan antara asupan kalori dengan yang dibutuhkan tubuh sehingga terjadi kelebihan kalori yang dapat menyebabkan penimbunan lemak. Peningkatan prevalensi obesitas pada anak terus meningkat di seluruh dunia. Peningkatan prevalensitersebut tidak dibarengi dengan kesadaran orangtua akan dampak obesitas terhadap anak. Pencegahan lebih awal dibutuhkan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kejadian obesitas dan solusi terapi yang dapat dilakukan untuk mencegah obesitas pada anak. Oleh karena itu, perlu diterapkan suatu sistem yang berbasis pengetahuan yang dapat meniru proses pemikiran dan penalaran seorang pakar dalam menyelesaikan suatu masalah yaitu sistem pakar. Sistem pakar memberikan solusi kepada pasien dalam memberikan informasi mengenai terapi yang dapat dilakukan jika anak mengalami obesitas. Sistem pakar ini menggunakan metode backward chaining dalam mendiagnosa obesitas pada anak. Pasien memberikan kesimpulan sementara mengenai kategori obesitas yang dialaminya, kemudian metode backward chaining melakukan penelusuran terhadap gejala-gejala yang dialami pasien dan membuktikan kebenaran dari kesimpulan sementara yang dialami pasien. Dari hasil uji coba yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa sistem pakar untuk mendiagnosa obesitas pada anak ini mampu memberikan informasi diagnosa obesitas dan terapi yang perlu dilakukan. Dengan informasi yang dihasilkan tersebut maka disimpulkan bahwa metode backward chaining dapat diterapkan pada sistem pakar untuk mendiagnosa obesitas pada anak serta membantu dokter dalam melakukan diagnosa obesitas terhadap pasien.
Analisis Management Bandwidth Menggunakan Metode Per Connection Queue (PCQ) dengan Authentikasi RADIUS Syukur, Abdul
IT JOURNAL RESEARCH AND DEVELOPMENT Vol 2 No 2 (2018)
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/itjrd.2018.vol2(2).1260

Abstract

Penggunaan internet secara massal mengakibatkan menurunya performansi jaringan seiring dengan bertambahnya pengguna jaringan. Cara yang dapat ditempuh untuk mengurangi penurunan performansi jaringan yaitu dengan melakukan manajemen bandwidth. Manajemen bandwidth sangat penting dalam pengaturan alokasi bandwidth yang akan diberikan kepada user untuk menghindari perebutan alokasi bandwidth yang ada d jaringan. MikroTik RouterOS merupakan OS turunan dari distro linux Debian yang khusus digunakan sebagai router dan gateway. MikroTik memiliki QoS yang digunakan untuk mengatur penggunaan bandwidth secara rasional. Penelitian ini memberikan pembagian bandwidth dengan metode Per Connection Queue (PCQ).
Implementasi Intrusion Detection System Pada Rule Based System Menggunakan Sniffer Mode Pada Jaringan Lokal Arta, Yudhi
IT JOURNAL RESEARCH AND DEVELOPMENT Vol 2 No 1 (2017)
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/itjrd.2017.vol2(1).979

Abstract

Intrusion Detection System (IDS) membantu pengguna dalam memonitor dan menganalisa gangguan pada keamanan jaringan. Tujuan penelitian ini adalah merancang IDS menggunakan Snort dengan tampilan antarmuka berbasiskan web dan implementasi sistem untuk memantau aktifitas para pengguna Hotspot Universitas Islam Riau. Penelitian ini berisi analisa gangguan pada jaringan nirkabel UIR, usulan solusi keamanan pada jaringan, proses dan cara kerja sistem IDS yang dibuat dengan basis web, serta evaluasi penerapan sistem IDS pada jaringan. Keamanan sebuah jaringan komputer diperlukan untuk menjaga validitas dan integritas data serta menjamin ketersedian layanan bagi penggunanya. Sistem harus dilindungi dari segala macam serangan dan usaha-usaha penyusupan yang dapat merusak sistem yang ada.
Sistem Informasi Geografis Lokasi Wisata Kuliner Di Kota Pekanbaru Berbasis Web Gunawan, Hendra; Suci Prihati, Indah Parama Siwi
IT JOURNAL RESEARCH AND DEVELOPMENT Vol 1 No 1 (2016)
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/itjrd.2016.vol1(1).675

Abstract

Komputer yang berguna untuk pengolahan data yang rumit di berbagai bidang, dan juga untuk sistem informasi geografis wisata kuliner yang di web di pekanbaru. Agar menjadi lebih efektif dan efisien. Data dan informasi yang sangat berharga bagi suatu organisasi atau perusahaan. Tidak ada sistem pengolahan data dan informasi geografis wisata kuliner di pekanbaru, hal itu menyebabkan orang tidak bisa mengenali wisata kuliner yang ada di Pekanbaru. Sistem informasi geografis wisata kuliner dengan menggunakan aplikasi yang dibuat bahasa pemrograman web berbasis berbasis PHP diharapkan untuk menyediakan fasilitas untuk mengenali wisata kuliner yang ada di Pekanbaru. Hal ini dapat disimpulkan bahwa aplikasi dapat membantu orang terutama orang - orang yang tinggal di Pekanbaru tahu lebih banyak tentang wisata kuliner di Pekanbaru
Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Data Mahasiswa Dan Dosen Terintegrasi Syam, Elgamar
IT JOURNAL RESEARCH AND DEVELOPMENT Vol 2 No 2 (2018)
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/itjrd.2018.vol2(2).1220

Abstract

Pembangunan sistem informasi dan manajemen pada perguruan tinggi merupakan hal yang sangat penting. Hal ini dikarenakan semakin tingginya kebutuhan dan komplitnya atribut dari setiap komponen yang berkaitan dengan urusan akademik di perguruan tinggi. Mahasiswa dan Dosen merupakan data primer dalam akademik. Oleh sebab itu, perlu manajemen data dan tata kelola yang baik agar penyampaian informasi menjadi akurat, transparansi, akuntabilitas dan up to date. Melalui perancangan dan pembangunan sistem informasi manajemen data mahasiswa dan dosen dengan menerapkan model SDLC (Software Development Life Cycle), sehingga menghasilkan sistem yang mampu menggantikan atau memperbaiki sistem yang lama. Sistem informasi ini tentunya dapat memberikan gambaran dan perumusan pada pimpinan dalam penerapan kebijakan-kebijakan terhadap mahasiswa dan dosen.
Analisis Perbandingan Metode Fuzzy Mamdani Dan Fuzzy Sugeno Untuk Penentuan Kualitas Cor Beton Instan Batubara, Supina
IT JOURNAL RESEARCH AND DEVELOPMENT Vol 2 No 1 (2017)
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/itjrd.2017.vol2(1).644

Abstract

Semakin pesatnya pertumbuhan pengetahuan dan teknologi di bidang konstruksi yang mendorong masyarakat lebih memperhatikan standar mutu serta produktivitas kerja untuk dapat berperan serta dalam meningkatkan sebuah pembangunan konstruksi dengan lebih berkualitas. Diperlukan suatu bahan bangunan yang memiliki keunggulan yang lebih baik dibandingkan bahan bangunan yang sudah ada selama ini. Jika beton yang digunakan memiliki kualitas rendah maka dapat menyebabkan bangunan yang dibangun tidak dapat bertahan lama.  Untuk itu diperlukan suatu metode yang digunakan dalam mempercepat menentukan kualitas beton.  Untuk memastikan metode yang digunakan maka dilakukanlah perbandingan logika Fuzzy metode Mamdani dan metode Sugeno sehingga nanti dihasilkan sebuah metode yang paling cocok dalam menentukan kualitas beton. Logika Fuzzy berbeda dengan logika digital biasa, di mana logika digital biasa hanya mengenal dua keadaan yaitu ya atau tidak.  Sedangkan logika Fuzzy meniru cara berfikir manusia dengan menggunakan konsep sifat kesamaran suatu nilai.  

Page 1 of 19 | Total Record : 186