cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Teknik Industri
ISSN : 14112485     EISSN : 20877439     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Jurnal Teknik Industri aims to: Promote a comprehensive approach to the application of industrial engineering in industries as well as incorporating viewpoints of different disciplines in industrial engineering. Strengthen academic exchange with other institutions. Encourage scientist, practicing engineers, and others to conduct research and other similar activities.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 2 (2003): DECEMBER 2003" : 7 Documents clear
A MODIFIED GIFFLER AND THOMPSON ALGORITHM COMBINED WITH DYNAMIC SLACK TIME FOR SOLVING DYNAMIC SCHEDULE PROBLEMS Tanti Octavia
Jurnal Teknik Industri Vol. 5 No. 2 (2003): DECEMBER 2003
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (215.65 KB) | DOI: 10.9744/jti.5.2.pp. 71-80

Abstract

A Modified Giffler and Thompson algorithm combined with dynamic slack time is used to allocate machines resources in dynamic nature. It was compared with a Real Time Order Promising (RTP) algorithm. The performance of modified Giffler and Thompson and RTP algorithms are measured by mean tardiness. The result shows that modified Giffler and Thompson algorithm combined with dynamic slack time provides significantly better result compared with RTP algorithm in terms of mean tardiness.
PENYESUAIAN SKALA PENILAIAN BEHAVIORAL OBSERVATION BERDASARKAN PROSEDUR OPERASIONAL STANDAR (SOP) PADA KARYAWAN TELLER BANK SWASTA DI SURABAYA Sihar Tigor Benjamin Tambunan
Jurnal Teknik Industri Vol. 5 No. 2 (2003): DECEMBER 2003
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (193.461 KB) | DOI: 10.9744/jti.5.2.pp. 129-140

Abstract

Abstract in Bahasa Indonesia : Pekerjaan seorang teller tergolong sebagai pekerjaan non-produksi. Karena itu penilaian hasil kerja pada teller tidak dapat didasarkan pada hasil-hasil yang bersifat kuantitatif. Penilaian kinerja berbasis perilaku seperti BOS dalam menilai kinerja seorang teller akan jauh lebih efektif dan adil karena terfokus pada perilaku-perilaku penting dalam aktifitas keseharian (daily critical incidents) seorang teller. Dari sisi instrumentasi, prosedur penerapan BOS pada sistem perbankan menjadi sedikit lebih sederhana dibandingkan jenis-jenis perusahaan lain karena bank adalah perusahaan yang sangat birokratis. Artinya, sebenarnya perilaku-perilaku penting seorang teller adalah perilaku-perilaku terstandarisasi (sudah tercantum dalam SOP harian), dan hampir tidak mungkin dapat dimodifikasi untuk menjadi lebih baik oleh seorang teller (better performance). Masalahnya, dalam penilaian kinerja seringkali sebuah perusahaan memerlukan hasil penilaian yang cukup tajam dan lugas terhadap hasil kerja karyawan terutama jika penilaian kinerja berkaitan dengan pelatihan, promosi, dan pemberian bonus. Untuk memenuhi tujuan perusahaan ini, dua buah teknik modifikasi skala penilaian, berupa pemaksaan skala (forced scales) dan penghilangan skala (scales elimination), keduanya disesuaikan dengan karakteristik pekerjaan perbankan, telah diterapkan pada lembar SOP. Analisis lanjutan berupa analisis statistik sederhana terhadap hasil BOS juga menunjukkan bahwa BOS dapat digunakan sebagai alat untuk mengevaluasi kinerja departemental, dalam hal departemen in front office (teller group), terutama melalui. penggambaran nilai rata-rata perilaku teler ke dalam kurva radar Kata kunci: PA, BOS, SOP, teller, kejadian kritis.
STUDI TENTANG TRAVELLING SALESMAN DAN VEHICLE ROUTING PROBLEM DENGAN TIME WINDOWS I Nyoman Sutapa; I Gede Agus Widyadana; Christine Christine
Jurnal Teknik Industri Vol. 5 No. 2 (2003): DECEMBER 2003
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (194.963 KB) | DOI: 10.9744/jti.5.2.pp. 81-89

Abstract

The article shows the study of model development of travelling salesman problem. Three models are studied, i.e. travelling salesman problem with time windows, vehicle routing problem, and vehicle routing problem with time windows. Abstract in Bahasa Indonesia : Dalam artikel ini dipaparkan kajian mengenai pengembangan model travelling salesman problem. Ada tiga model yang dikaji yaitu travelling salesman problem dengan time windows, vehicle routing problem, serta vehicle routing problem dengan time windows. Kata-kunci: travelling salesman problem, vehicle routing problem, time windows.
PENENTUAN KONDISI PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN BUMBU RAWON INSTAN BUBUK DENGAN METODE TAGUCHI Julianingsih Julianingsih; Febrina Prasetyo
Jurnal Teknik Industri Vol. 5 No. 2 (2003): DECEMBER 2003
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.715 KB) | DOI: 10.9744/jti.5.2.pp. 90-100

Abstract

The purpose of this research is to define the preference of panelists in instant rawon powder processing and serving by using Taguchi Method. This research used the prefered rawon recipe. The experiment was done in eight factors of taste, color and odor. The Taguchi method is used as an experimental design method based on Orthogonal Arrays. The prefered instant rawon powder is determined by using the organoleptic test to inexpert panelists. Abstract in Bahasa Indonesia : Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kondisi pengolahan dan penyajian bumbu rawon instan bubuk yang disukai oleh masyarakat. Penelitian dilakukan pada resep rawon yang paling disukai masyarakat dengan delapan faktor yang mempengaruhi rasa, warna dan bau bumbu rawon instan bubuk. Metode Taguchi dipergunakan sebagai metode perancangan eksperimen berdasarkan Orthogonal Arrays. Untuk mengetahui kesukaan masyarakat terhadap bumbu rawon instan bubuk ini dilakukan uji organoleptik oleh sejumlah panelis tidak terlatih. Kata-kunci: Metode Taguchi, Uji Organoleptik.
PENJADWALAN PRODUKSI FLEXIBLE FLOWSHOPS DENGAN SEQUENCE-DEPENDENT SETUP TIMES MENGGUNAKAN METODE RELAKSASI LAGRANGIAN (Studi Kasus pada PT. Cahaya Angkasa Abadi) Herry Christian Palit; Tessa Vanina Soetanto; Hermin Novianti
Jurnal Teknik Industri Vol. 5 No. 2 (2003): DECEMBER 2003
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.549 KB) | DOI: 10.9744/jti.5.2.pp. 111-119

Abstract

The article discusses the problem of flexible flowshop scheduling with sequence-dependent setup. The Lagrangian relaxation method is used to solve the problem by decomposes an initial complex problem into simpler subproblem. Abstract in Bahasa Indonesia : Artikel ini membahas penjadwalan yang mempunyai karakteristik flexible flowshop dengan sequence-dependent setup. Metode penyelesaian yang digunakan adalah relaksasi Lagrangian dengan menguraikan problem awal yang kompleks menjadi sebuah subproblem yang lebih sederhana. Kata-kunci: Flexible flowshops, sequence-dependent setup, relaksasi Lagrangian.
PERUMUSAN STRATEGI PENGGUNAAN MODUL PCM–4 EXCHANGE UNIT BERDASARKAN MEREK DAGANG DENGAN PENDEKATAN RELIABILITY (Studi Kasus : PT. TELKOM Tbk. Kandatel Lembong Bandung Dinyan Bandung Centrum) Yossy Meidy Wijaya; Dida Diah Damayanti; Rd. Rohmat Saedudin
Jurnal Teknik Industri Vol. 5 No. 2 (2003): DECEMBER 2003
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.842 KB) | DOI: 10.9744/jti.5.2.pp. 120-128

Abstract

PT. TELKOM Tbk. is expected to have good service level, in turn will give satisfaction to their customer. In operational condition, if an equipment can not operate well, it will cause functional failure in providing communication services. The strategy to anticipate failure is strategy in using equipment that give good services. The reliability can be a reference to the equipment that's give good service level. Beside that, use of equipment must support by spare part stock. Determining strategy of using equipment is explained by using time interval that supported by some spare part. Abstract in Bahasa Indonesia : PT. TELKOM Tbk. diharapkan memiliki tingkat pelayanan yang baik, untuk memberi kepuasan kepada pelanggannya. Dalam kondisi operasional, jika sebuah peralatan tidak dapat beroperasi dengan baik, akan menyebabkan kegagalan fungsional dalam menyediakan jasa komunikasi. Strategi untuk mengantisipasi kegagalan adalah strategi penggunaan peralatan sehingga memberi pelayanan yang baik. Keandalan bisa menjadi acuan apakah peralatan itu memberikan tingkat pelayanan yang baik. Disamping itu, penggunaan peralatan harus didukung dengan persediaan suku cadang. Penentuan strategi penggunaan peralatan dijabarkan dengan penggunaan interval waktu yang didukung oleh sejumlah suku cadang. Kata kunci: Interval Waktu, Suku Cadang, Perawatan, Keandalan, Ketersediaan.
PENINGKATAN KUALITAS MELALUI IMPLEMENTASI FILOSOFI SIX SIGMA (Studi Kasus di sebuah Perusahaan Speaker) Jani Rahardjo; Debora Anne Yang Aysia; Susan Anitasari
Jurnal Teknik Industri Vol. 5 No. 2 (2003): DECEMBER 2003
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.08 KB) | DOI: 10.9744/jti.5.2.pp. 101-110

Abstract

The article describes the quality improvement program in a speaker company%2C through the implementation of six sigma philosophy; design a quality control system to support the result of the philosophy implementation%2C helped by the house of quality. The improvement of the quality level to 6ƒã is done by knowing the speaker¡¦s critical to quality (CTQ). The CTQ improved by minimized the highest defect. There are an analysis to six sigma indicator and the quality cost. The result is a quality improvement through the two type of speaker%2C 12¡¨ C-1230 PA ACR Pro New and 12¡¨ 30H120 SRW-38B ACR Pro New. Abstract in Bahasa Indonesia : Artikel ini membahas program peningkatan kualitas di sebuah perusahaan speaker melalui implementasi filosofi six sigma%2C perancangan perbaikan sistem pengendalian kualitas guna mendukung hasil implementasi%2C dengan bantuan rumah mutu. Peningkatan level kualitas ke arah 6ƒã dilakukan dengan mengetahui karakteritik kritis konsumen terhadap produk speaker%2C yang kemudian diperbaiki dengan meminimalkan kecacatan tertinggi. Analisa dilakukan terhadap indikator keberhasilan six sigma dan biaya kualitas. Perbandingan indikator keberhasilan menyatakan adanya peningkatan kualitas terhadap kedua tipe speaker yaitu 12¡¨ C-1230 PA ACR Pro New dan 12¡¨ 30H120 SRW-38B ACR Pro New. Six sigma%2C house of quality%2C critical to quality%2C quality cost.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2003 2003


Filter By Issues
All Issue Vol. 24 No. 1 (2022): June 2022 Vol. 23 No. 2 (2021): Dec 2021 Vol. 23 No. 1 (2021): June 2021 Vol. 22 No. 2 (2020): December 2020 Vol. 22 No. 1 (2020): June 2020 Vol. 21 No. 2 (2019): December 2019 Vol. 21 No. 1 (2019): June 2019 Vol. 20 No. 2 (2018): December 2018 Vol. 20 No. 1 (2018): June 2018 Vol. 19 No. 2 (2017): Desember 2017 Vol. 19 No. 1 (2017): JUNE 2017 Vol. 18 No. 2 (2016): DECEMBER 2016 Vol. 18 No. 1 (2016): JUNE 2016 Vol. 17 No. 2 (2015): DECEMBER 2015 Vol. 17 No. 1 (2015): JUNE 2015 Vol. 16 No. 2 (2014): DECEMBER 2014 Vol. 16 No. 1 (2014): JUNE 2014 Vol. 15 No. 2 (2013): DECEMBER 2013 Vol. 15 No. 1 (2013): JUNE 2013 Vol. 14 No. 2 (2012): DECEMBER 2012 Vol. 14 No. 1 (2012): JUNE 2012 Vol. 13 No. 2 (2011): DECEMBER 2011 Vol. 13 No. 1 (2011): JUNE 2011 Vol. 12 No. 2 (2010): DECEMBER 2010 Vol. 12 No. 1 (2010): JUNE 2010 Vol. 11 No. 2 (2009): DECEMBER 2009 Vol. 11 No. 1 (2009): JUNE 2009 Vol. 10 No. 2 (2008): DECEMBER 2008 Vol. 10 No. 1 (2008): JUNE 2008 Vol. 9 No. 2 (2007): DECEMBER 2007 Vol. 9 No. 1 (2007): JUNE 2007 Vol. 8 No. 2 (2006): DECEMBER 2006 Vol. 8 No. 1 (2006): JUNE 2006 Vol. 7 No. 2 (2005): DECEMBER 2005 Vol. 7 No. 1 (2005): JUNE 2005 Vol. 6 No. 2 (2004): DECEMBER 2004 Vol. 6 No. 1 (2004): JUNE 2004 Vol. 5 No. 2 (2003): DECEMBER 2003 Vol. 5 No. 1 (2003): JUNE 2003 Vol. 4 No. 2 (2002): DECEMBER 2002 Vol. 4 No. 1 (2002): JUNE 2002 Vol. 3 No. 2 (2001): DESEMBER 2001 Vol. 3 No. 1 (2001): JUNE 2001 Vol. 2 No. 2 (2000): DESEMBER 2000 Vol. 2 No. 1 (2000): JUNE 2000 Vol. 1 No. 1 (1999): JUNE 1999 More Issue