cover
Contact Name
Dicki Hartanto
Contact Email
dicki.hartanto@uin-suska.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
eklektik.pe@uin-suska.ac.id
Editorial Address
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru 28293 Riau
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan
ISSN : -     EISSN : 26225360     DOI : -
Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan adalah Jurnal diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Ekonomi Faklutas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau dengan Nomor E-ISSN 2622-5360 yang bekerja sama dengan ASPROPENDO (Asosiasi Propesi Pendidik Ekonomi Indonesia).
Articles 85 Documents
PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SMK NEGERI 10 KECAMATAN SUNGAI GELAM KABUPATEN MUARO JAMBI Pratiwi Indah Sari
Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan Vol 1, No 1 (2018): Eklektik
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/ekl.v1i1.4681

Abstract

The purpose of this research is to know the effect of work environment and work motivation on teacher performance in SMK Negeri 10 Sungai Gelam District Muaro Jambi Regency. The population in the study amounted to 35 teachers. Based on the results of the study, it can be concluded that performance is not solely measured through how a teacher is able to be responsible for the students, but how the teacher is able to dedicate themselves to the development of education in the school. Therefore, factors such as the working environment should receive the attention of all parties involved in advancing the existing education so that the work motivation of teachers can be appreciated in the form of better learning achievement.
Implementasi Etika Bisnis Islam (studi Kasus Pada Mahasiswa Ekonomi Syariah Angkatan 2014 Fakultas Agama Islam Universitas Ibn Khaldun Bogor) Jubaedi Jubaedi
Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan Vol 1, No 1 (2018): Eklektik
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.204 KB) | DOI: 10.24014/ekl.v1i1.4897

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi etika bsinis Islam pada bisnis mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah angkatan 2014 Fakultas Agama Islam Universitas Ibn Khaldun Bogor. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik sampel yang digunakan adalah sampel jenuh, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa yang telah berbisnis, yaitu sebanyak 25 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Indikator yang digunakan sebagai alat ukur adalah lima prinsip etika bisnis Islam, yaitu prinsip tauhid, prinsip keadilan, prinsip kebebasan, prinsip amanah dan prinsip kebajikan atau kejujuran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kelima prinsip tersebut secara umum telah diimplementasikan pada aktivitas bisnis yang mereka jalankan, walaupun ada beberapa mahasiswa yang masih kurang sesuai dalam penerapan/pengamalan dua prinsip, yaitu prinsip tauhid dan amanah. Namun mereka sebenarnya menerapkan/mengamalkan, hanya saja kurang sesuai. Kata Kunci: Implementasi, Etika Bisnis Islam, Prinsip Etika Bisnis Islam
PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMK UNGGUL SAKTI KOTA JAMBI Redi Indra Yudha
Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan Vol 1, No 1 (2018): Eklektik
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.716 KB) | DOI: 10.24014/ekl.v1i1.4682

Abstract

The purpose of this research is to know the influence of interest in learning, emotional intelligence to the result of learning of class X students at SMK Unggul Sakti Kota Jambi. The population in the study amounted to 130 students. Based on the results of research, it can be concluded that with the discipline in learning and ability in developing or develop the emotional intelligence owned by each student then it will eventually be able to create a strategy in self-management better than ever in following the learning process held.
PERANAN PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER YANG ISLAMI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UIN SUSKA RIAU Akmal Akmal
Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan Vol 1, No 1 (2018): Eklektik
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (384.267 KB) | DOI: 10.24014/ekl.v1i1.4910

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan pembelajaran kewirausahaan dalam membentuk karakter yang islami pada mahasiswa jurusan pendidikan IPS program studi Pendidikan ekonomi UIN Suska Riau. Metode atau pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif. Jenis data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data yang langsung diiperoleh dari lapangan melaui wawancara, observasi, kuisioner. Koresponden yaitu mahasiswa-mahasiswa di perguruan tinggi di jurusan Pendidikan IPS program studi Pendidikan ekonomi UIN Suska Riau .Dan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa: 1. Pemahaman Mahasiswa pendidikan Ekonomi Tentang Kewirausahaan yaitu (a) sebagian besar mahasiswa Program studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau memahami konsep kewirausahaan. Hal ini di buktikan dari 238 mahasiswa 233 (97,90%) diantaranya tahu tentang Kewirausahaan (Entrepreneurship); (b) Sebagian besar mahasiswa Program studi Pendidikan Ekonomi pernah melaksanakan kegiatan kewirausahaan (Entrepreneurship) sebanyak 232 mahasiswa (97,48%) dari responden mahasiswa 238 orang; (c) sebagian besar mahasiswa mengatakan mengetahui tentang Islam meganjurkan untuk berwirausahaan (Entrepreneurship) sebanyak 177 mahasiswa (74,37%) dari responden mahasiswa 238 orang; 2. Karakter Islami dalam kewirausahaan (Entrepreneurship) yang Terbentuk yaitu (a) Diperoleh sebanyak 204 mahasiswa (85,72%) sudah terbentuk karakter kerja keras dari responden mahasiswa 238 orang; (b) Diperoleh sebanyak 191 mahasiswa (80,25%) sudah terbentuk karakter Adil (‘adilun) dari responden mahasiswa 238 orang; (c) Diperoleh sebanyak 200 mahasiswa (84,04%) sudah terbentuk karakter Percaya (amanah) dari responden mahasiswa 238 orang; (d) Diperoleh sebanyak 175 mahasiswa (73,53%) sudah terbentuk karakter Jujur dari responden mahasiswa 238 orang; (f) Diperoleh sebanyak 176 mahasiswa (73,95%) sudah terbentuk karakter Tanggung Jawab dari responden mahasiswa 238 orang; (g) Diperoleh sebanyak 162 mahasiswa (68,06%) sudah terbentuk Karakter Mandiri dari responden mahasiswa 238 orang.
PEMANFAATAN ICT MELALUI IMPLEMENTASI e-LEARNING BERBASIS INTEGRASI KEISLAMAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN Dicki Hartanto
Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan Vol 1, No 1 (2018): Eklektik
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (767.157 KB) | DOI: 10.24014/ekl.v1i1.4804

Abstract

Even the application of e-Learning in UIN Sultan Syarif Kasim Riau has began in 2010, but in learning practice, the e-Learning has not been associated with Islamic integration as Indentifier of Islamic university. Therefore, the researcher interested to have a study, entitled "The Usage of ICT Through e-Learning Based On Islamic Integration in Economic Education Learning Process".The study was conducted at the State Islamic University of Sultan Syarif Kasim Riau from April to June 2015. The population was the students followed e-Learning with number of 429 students and the samples taken was about 10% or 50 samples from total population. The technique used in sampling was 'Random Sampling'.From the research findings, it is seen that the implementation of e-Learning based on the Islamic integration in the learning process was 74.4% and included in good category (range: 61% -80%). This showed that the e-learning management based on Islamic integration has achieved good results. From the results of the open questionnaire and interviews, the respondents' opinions of students are summarized as follows: 1) To provide appropriate materials with Islamic integration, 2) To offer more Islamic learning, 3) To add Islamic inspiring stories, 4 ) To perform more attractive images, 5) To announce information about activities in UIN Suska Riau, 6) To add words and video of Islamic motivation, 7) To add verses of Al-Qur’an and hadiths related to learning, 8) To add a message or advice related to Islam, 9) Each material should be attributed to Islamic context.
Analisis Pemahaman Matapelajaran Kewirusahaan Terhadap Karakter Kemandirian Siswa Ansharullah Ansharullah
Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan Vol 1, No 2 (2018): Eklektik
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (227.312 KB) | DOI: 10.24014/ekl.v1i2.7041

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara pemahaman siswa tentang materi sikap dan perilaku kerja prestatif pada mata pelajaran kewirausahaan terhadap kemandirian siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Dumai. Metode penelitian deskriptif kwantitatif dengan metode random sampling serta menggunakan rumus Taro Yamane. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Dumai yang berjumlah 299 orang dengan jumlah sampel sebanyak 75 orang. Pengumpulan data diambil melalui tes, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pemahaman siswa pada mata pelajaran kewirausahaan terhadap kemandirian siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Dumai, dengan kontribusi pemahaman siswa pada mata pelajaran kewirausahaan terhadap kemandirian siswa adalah 0,386 x 100% = 38,6%, sedangkan 61,4% (100% - 38,6%) dipengaruhi oleh faktor lain. Di mana ro = 0,621, lebih besar dari rt (tabel) pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 0,232 < 0,621 > 0,302.
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing Terhadap Pemahaman Siswa Ekonomi Nurasmawi Nurasmawi; Ristiliana Ristiliana
Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan Vol 1, No 2 (2018): Eklektik
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (141.869 KB) | DOI: 10.24014/ekl.v1i2.7042

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen, sampel penelitian ini terdiri dari kelas eksperimen dan kelas control. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, test, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah test “t”. Berdasarkan analisis uji t diketahui thitung atau to = 2,622 lebih besar dari ttabel pada taraf signifikan 5% (2,622 > 2,000), berarti ada pengaruh yang signifikan pada pemahaman siswa antara siswa kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran kooperatif kancing gemerincing dengan kelas kontrol yang tidak menerapkan model pada mata pelajaran ekonomi
Analisis Kesiapan Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Dalam Membuka Kelas Internasional Tahun 2017 M. Iqbal Lubis
Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan Vol 1, No 2 (2018): Eklektik
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.615 KB) | DOI: 10.24014/ekl.v1i2.7043

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesiapan Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Islam Negeri SUSKA Riau dalam membuka kelas Internasional Tahun 2017, dilihat dari segi input, proses dan output. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi berdasarkan data evaluasi diri Prodi, rencana strategis dan laporan yang di buat oleh pengelola kelas internasional. Guna meningkatkan validitas dan signifikansi hasil, data terkumpul di konfirmasi dengan wawancara dan observasi lapangan. Dari hasil penelitian bahwa dari ketiga kesiapan yaitu dari segi input, proses dan ouput belum menunjukkan kondisi empirik/kesiapan yang sesungguhnya. Kondisi ini juga menunjukan bahwa secara ideal kesiapan dalam membuka kelas Muatan Internasional belum siap.
Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Pengangguran Terdidik di Kota Padang Meri Rahmania; Efit tria Wulandari; Wardani Purnama sari
Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan Vol 1, No 2 (2018): Eklektik
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (324.61 KB) | DOI: 10.24014/ekl.v1i2.7101

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi Pengangguran terdidik di Kota Padang. Dimana variabel Pertumbuhan Ekonomi Upah, Kesempatan Kerja dan Jumlah Penduduk Usia Produktif, apakah berpengaruh Terhadap Pengangguran Terdidik Di Kota Padang. Data yang digunakan adalah data time series berupa data sekunder dengan jangka waktu 15 tahun dari tahun 2001 – 2015. Uji analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan melakukan uji statistik parsial (uji t) dengan keyakinan 95 persen. Dilakukan Uji F dan diukur dengan Uji R2 (uji koefisien determinasi). Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Dalam penelitian ini disarankan: 1) pemerintah memperbanyak lapangan kerja baru bagi penganggur terdidik 2) pemerintah membangun suatu sistem yang mengelola seluruh informasi pasar kerja 3) pemerintah memperhatikan kebijakan makro yang berhubungan dengan pertumbuhan ekonomi 4) lembaga pendidikan berperan lebih dalam mengembangkan jiwa kewirausahaan bagi penduduk usia produktif.Keywords : Pengangguran Pendidik, Pertumbuhan Ekonomi, Upah, Kesempatan Kerja dan Jumlah Penduduk Usia Produktif
Pendidikan Kewirausahaan Dan Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Berwirausaha Mahasiswa Lupitasari Eka Yuli
Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan Vol 1, No 2 (2018): Eklektik
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (348.758 KB) | DOI: 10.24014/ekl.v1i2.7102

Abstract

Pendidikan kewirausahaan merupakan modal yang sangat dibutuhkan untuk menjadi seorang wirausaha. Namun bukan hanya pendidikan saja yang dibutuhkan untuk menjadi seorang wirausaha namun juga efikasi diri atau keyainan pada diri sendiri juga sangat mempengaruhi kesiapan untuk menjadi seorang wirausaha. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Adakah pengaruh pendidikan kewirausahaan dan efikasi diri terhadap kesiapan berwirausaha mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Semester VI STKIP PGRI Tulungagung”Metode pengumpulan data masing-masing variabel menggunakan angket kuesioner. Instrumen yang digunakan berupa pernyataan dengan jawaban yang telah disediakan dengan penskoran jawaban 5=sangat setuju, jawaban 4 = kurang setuju, jawaban 3= ragu-ragu, jawaban 2= tidak setuju, dan jawaban 1 = sangat tidak setuju, jumlah pernyataan masing-masing variabel 20 pernyataan sehingga nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 20.Dari analisi data terbukti bahwa bahwaFhitung (88,510) > Ftabel(3,10) dan tingkat signifikan 0,000 ˂ 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan pendidikan kewirausahaan (X1) dan efikasi diri (X2) terhadap kesiapan berwirausaha (Y) mahasiswa prodi pendidikan ekonomi semester VI STKIP PGRI Tulungagung tahun akademik 2017/2018