cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Upajiwa Dewantara : Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Daulat Rakyat
ISSN : 26140888     EISSN : 25804553     DOI : -
Core Subject : Economy,
Upajiwa Dewantara merupakan jurnal yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember oleh Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Upajiwa Dewantara menerbitkan artikel yang melaporkan hasil penelitian dan hasil pemikiran dari berbagai bidang yang berkaitan tentang ekonomi, bisnis dan manajemen. Jurnal Upajiwa Dewantara menerima naskah dari berbagai kalangan yang memenuhi syarat penulisan ilmiah dengan ruang lingkup ekonomi, bisnis dan manajemen.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 2 (2021): UPAJIWA DEWANTARA: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Daulat Rakyat" : 5 Documents clear
IMPRESI KEBIJAKAN DIVIDEN SEBAGAI STIMULUS PENINGKATAN NILAI PERUSAHAAN : (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018) Yohanes Marianus Yafandi; Sri Hermuningsih
UPAJIWA DEWANTARA : Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Daulat Rakyat Vol 5 No 2 (2021): UPAJIWA DEWANTARA: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Daulat Rakyat
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26460/mmud.v5i2.8629

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara variebelindependen terhadap variabel dependen. Variabel independen pada penelitian ini ialahstruktur modal, pfofitabilitas, likuditas sedangkan variabel dependen ialah nilaiperusahaan dengan kebijakan dividen sebagai variabel pemoderasi. Sampel yangdigunakan sebanyak 14 perusahaan manufaktur yang terdapat di Bursa Efek Indonesia.Metode yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian ini ialah programSmartPLS. Dari hasil uji hipoteisis menunjukan variabel struktur modal danprofitabilitas memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan likuiditas tidakmemiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan. Kebijakan dividen sebagai pemoderasiberdasakan hasil uji hipotesis tidak mampu memperkuat hubungan seluruh variabelindependen terhadap variabel dependen. Kata Kunci: Nilai Perusahaan,Struktur Modal, Profitabilitas, Likuiditas, Kebijakan Dividen
PERSEPSI DAN MINAT GENERASI MILENIAL UNTUK MENJADI ANGGOTA KOPERASI Dienni Sholihah
UPAJIWA DEWANTARA : Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Daulat Rakyat Vol 5 No 2 (2021): UPAJIWA DEWANTARA: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Daulat Rakyat
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26460/mmud.v5i2.11145

Abstract

Koperasi yang seharusnya menjadi Soko Guru Perekonomian di Indonesia nampaknya kurang mendapat minat dari generasi milenial untuk bergabung di dalamnya. Penelitian ini dilakukan untuk memerinci persepsi dan minat milenial pada sistem koperasi. Metode penelitian dilakukan dengan pendekatan survey kepada 70 orang responden dengan rentang usia 18-25 tahun dan tinggal di sekitar DKI Jakarta. Data kemudian dibuat tabulasi dan dianalisis secara deskriptif kualitatif yang disajikan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian mengungkap minat milenial untuk menjadi anggota koperasi sangat rendah. Hal ini terbentuk dari persepsi mereka yang menilai koperasi sebagai organisasi yang tua, jadul, dan tidak modern. Persepsi responden mengenai ideologi koperasi dan bagaimana keberlanjutan koperasi di masa depan mendapat hasil positif, artinya peluang koperasi memenangkan hati milenial cukup besar. Hanya saja perlu dilakukan pembenahan sistem, pembaruan citra koperasi menjadi lebih modern, dan penyesuaian model bisnis koperasi dengan citra diri milenial itu sendiri. Kata Kunci: persepsi, minat, koperasi, milenial
KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI SERTA KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PTP NUSANTARA VII KEBUN TEH KOTA PAGARALAM SUMATERA SELATAN Pasditio Winarko; Jajuk Herawati
UPAJIWA DEWANTARA : Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Daulat Rakyat Vol 5 No 2 (2021): UPAJIWA DEWANTARA: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Daulat Rakyat
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26460/mmud.v5i2.11328

Abstract

Kepemimpinan berpengaruh signifikan positif terhadap Kinerja, dengan bukti nilai signifikan sebesar 0,048 berada di bawah 0,05, dan nilai estimasi sebesar positif 0,275.  Untuk hipotesis yang menyatakan Motovasi berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja tidak terkonfirmasi secara empiris, dengan kata lain ditolak, karena nilai signifikan ada di atas 0,05 yaitu sebesar 0,150.  Hipotesis selanjutnya berdasarkan table dibawah menjelaskan Kompensasi berpengaruh signifikan pada tingkat signifikansi di bawah 0,100 yang berarti berpengaruh positif tetapi lemah dengan estimasi sebesar 0,250. Dari penelitian berikut dapat disimpilkan bahwa Kepemimpinan berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja karyawan, yang dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi derajat kepemimpinan yang sesuai dengan harapan karyawan, maka akan semakin tinggi pula kinerja karyawa. Kompensasi berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja karyawan, artinya adalah semakin tinggi kualitas kompensasi yang diterima karyawan maka akan semakin tinggi pula kinerja karyawan. Kepemimpinan, motovasi, dan kompensasi secara simultan berpengaruh terhadap kinerja. Kata Kunci: Kepemimpinan, Motivasi, Kompensasi.
PERAN KECERDASAN SPIRITUAL DAN GAYA HIDUP HEDONISME DALAM MANAJEMEN KEUANGAN PRIBADI MAHASISWA DI KOTA BANDAR LAMPUNG Ferdinan Ramadhan; Ferdian Ali; Vicky F Sanjaya
UPAJIWA DEWANTARA : Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Daulat Rakyat Vol 5 No 2 (2021): UPAJIWA DEWANTARA: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Daulat Rakyat
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26460/mmud.v5i2.11640

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh variabel independen Kecerdasan Spiritual dan Gaya Hidup Hedonisme terhadap variabel dependen Manajemen Keuanngan Pribadi Mahasiswa di Kota Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian dengan kuesioner. Sampel dari penelitian ini berjumlah 50 responden. Uji statistic dilakukan dengan Structurel Equation Modelling berbasis PLS, Uji validitas menggunakan nilai factor loading, sedangkan uji realibilitas menggunakan nilai Cronbach’s alpha, reliabilitas komposit dan Avarage Variance Extracted (AVE). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa variabel kecerdasan spiritual terbukti berpengaruh posistif dan signifikan terhadap manajemen keuangan pribadi mahasiswa. Sedangkan pada variabel Gaya Hidup Hedonisme bertolak belakang dengan hipotesis penulis yang hasilnya berpengaruh negative dan tidak signifikan. Kata Kunci: Kecerdasan Spiritual, Gaya Hidup Hedonisme, Manajemen Keuangan Pribadi Mahasiswa
PENGARUH STRATEGI PEMASARAN, DAN LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN : (Studi Pada Konsumen Kosmetik Wardah Di Lampung Utara) edho Maulana; Indri Setianingrum; Vicky F Sanjaya
UPAJIWA DEWANTARA : Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Daulat Rakyat Vol 5 No 2 (2021): UPAJIWA DEWANTARA: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Daulat Rakyat
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26460/mmud.v5i2.11644

Abstract

Dengan semakin berkembangnya zaman dapat mempengaruhi kehidupan masyarakat terutama dalam bidang bisnis, hal ini pula yang menyebabkan pelaku binis untuk lebih meningkatkan kualitas produknya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalilis tentang Pengaruh Strategi Pemasaran dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Konsumen Kosmetik Wardah di Lampung Utara). Peneliti menggunakan metode kuesioner, dengan sampel sebanyak 57 responden. Uji statistic menggunakan Structurel Equation Modelling berbasis PLS, dan Uji Validitas menggunakan nilai Faktor Loading, sedangkan Uji Reabilitas menggunakan nilai Cronbach’h alpha, reabilitas komposit dan Averange Variance Extracted (AVE). Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa Strategi Pemasaran berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, sedangkan Label Halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Label Halal, Keputusan Pembelian

Page 1 of 1 | Total Record : 5