cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota serang,
Banten
INDONESIA
Lontar : Jurnal Ilmu Komunikasi
ISSN : 24425109     EISSN : 25992104     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
This journal is published to develop the ability of lecturers in writing in accordance with the field of cultivation, including public relations and journalism, in addition to the journal LONTAR discuss social phenomena concerned with the science of communication.
Arjuna Subject : -
Articles 225 Documents
PENERAPAN STRATEGI WORD TO MOUTH DALAM SISTEM JUAL BELI DI KELOMPOK PENGAJIAN SALAFI KOTA PEKANBARU Genny Gustina Sari; Genny Ervina Gusti
LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 5 No. 1 (2017): LONTAR JURNAL ILMU KOMUNIKASI
Publisher : Universitas Serang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.599 KB) | DOI: 10.30656/lontar.v5i1.483

Abstract

Use shar'i hijab among Muslim today has become a phenomenon. Hijab syar'i not yet old-fashioned clothes and rigid model for a Muslim, is now so many models that mix and match colors and patterns so as to remove the effects of rigid and archaic that has been attached to the hijab syar'i. This phenomenon has been accompanied by the rise of online sales system is so attractive but informants in this study is still more favor with the Word of Mouth, By using the phenomenological theory of Alfred Schutz and the concept of Word of Mouth research results; communication Word of Mouth (WOM) is considered successful influence prospective buyers, because even if the purchase happens online, the kind of sales that berlangsusng a direct sales activities with direct marketing strategy. The purchase by Word of Mouth (WOM) is more interested in the Jemaah Salafi because they regard it as a Muslim woman and a sinner is a sinner misconduct. System on the basis of religious beliefs is what causes WOM strategy to be more effective, especially as the seller is a member of the Salafi school or at least use the hijab syar'i. Keyword : WOM, buy and sell, salafi
AGITASI DAN PROPAGANDA DI MEDIA SOSIAL (Studi Kasus Cyberwar Antar-Netizen terkait Dugaan Penistaan Agama oleh Basuki Tjahaja Purnama) Abdul Malik
LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 4 No. 3 (2016): LONTAR JURNAL ILMU KOMUNIKASI
Publisher : Universitas Serang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (759.224 KB) | DOI: 10.30656/lontar.v4i3.360

Abstract

Media sosial facebook saat ini lebih dominan dimanfaatkan sebagai ajang untuk membangun dan menyebarkan pesan maupun wacana-wacana kebencian. Dugaan penistaan agama oleh Basuki Cahaya Purnama Alias Ahok  saat melakukan kampanye sebagai calon gubernur DKI di Kepulauan Seribu, adalah contoh kasus yang menimbulkan kegaduhan di ruang maya. Polemik atas kasus tersebut menunjukkan bahwa kebebasan berkomunikasi di dunia maya lebih cenderung destruktif daripada bersifat konstruktif yang disebabkan oleh komentar baik berupa ujaran maupun wacana para netizen yang tanpa disertai oleh kesadaran etis.  Belajar dari kasus ini, maka semangat demokratisasi melalui ruang cyber sebagaimana menjadi harapan banyak pihak pada masa-masa awal kemunculannya justru bertolak belakangan dengan fakta yang kerap muncul ranah ini. Sehingga alih-alih menjadi saluran bagi tersemainya semangat demokratisasi antar-anggota masyarakat (netizen), yang terjadi adalah bahwa ketiadaan gatekeeper telah menjadikan media sosial seperti facebook sebagai saluran yang bebas nilai dan tempat tumbuhsuburnya berbagai ujaran dan wacana kebencian yang berimplikasi pada redupnya semangat demokratisasi itu sendiri.
REPRESENTASI PEREMPUAN METROPOLITAN DALAM FILM 7 HATI 7 CINTA 7 WANITA Sigit Surahman
LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 3 No. 1 (2014): LONTAR JURNAL ILMU KOMUNIKASI
Publisher : Universitas Serang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1207.994 KB) | DOI: 10.30656/lontar.v3i1.352

Abstract

Film yang berjudul 7 Hati 7 Cinta 7 Wanita yang diproduksi oleh Production House Anak Negeri Film pada tahun 2010 ini merupakan film karya sutradara muda bernama Robby Ertanto. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perempuan metropolitan di representasikan dalam film 7 Hati 7 Cinta 7 Wanita. Penelitian ini menggunakan teori representasi sebagai teori utama. Teori representasi Stuart Hall yang bermaksud untuk menemukan dan melihat bagaimana penggambaran perempuan metropolitan pada film ini. Kemudian teori semiotika Roland Barthes digunakan sebagai pisau analisis untuk menemukan simbol-simbol, makna, dan pesan yang merepresentasikan perempuan metropolitan pada dalam film ini , Metode yang dipakai adalah dengan mengelompokkan tanda berdasarkan scene-scene yang berhubungan dengan representasi perempuan melalui tokoh dr. Kartini, Lili, Lasti, Ningsih, Yanti, Ratna, dan Rara, yang kemudian dibedah menggunakan semiotika Roland Barthes. Kesimpulan dari penelitian adalah representasi perempuan metropolitan dalam hidupnya yang sering menjadi kaum yang selalu merasa menjadi korban yang diwakili oleh dr. Kartini, Lastri, Ningsih, Rara, Lili, Ratna dan Yanti. dr. Kartini mewakili perempuan yang dapat bangkit dari pengalaman masa lalunya dengan menjadi seorang ginekolog. Lastri, Ningsih dan Ratna menjadi korban poligami yang dilakukan suami mereka. Rara adalah adik kandung Ratna yang menjadi korban pergaulan bebas dan hamil tanpa pertanggungjawaban dari Acin, kekasihnya. Lili adalah korban kekerasan seksual dalam rumah tangga yang dilakukan oleh suaminya. Yanti yang terpaksa menjadi seorang pramuria atau pekerja seks karena sebelumnya hanya menjadi pemuas nafsu dan pelampiasan seks dari laki-laki atau bosnya saat dirinya menjadi karyawan dan memilih hidup bebas daripada tertindas oleh kaum laki-laki.
Dependency Media Pada Masyarakat Indonesia RAHMI MULYASIH
LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 2 No. 1 (2013)
Publisher : Universitas Serang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (196.831 KB) | DOI: 10.30656/lontar.v2i1.273

Abstract

Perkembangan media dewasa ini berkembang semakin pesat, hingga mengakibatkan ketergantungan yang cukup besar bagi kehidupan masyarakat. Ketergantungan yang besar ini kemudian mengubah tatanan kehidupan masyarakat sehari-hari yang dapat menimbulkan efek-efek tertentu berupa kognitif, afektif dan behavior baik kepada individu, kelompok serta masyarakat. Walaupun pada akhirnya terpaan yang diterima setiap individu melalui informasi media baik hiburan, norma dan nilai akan berbeda antara setiap individu maupun kelompok.Ketergantungan media ini yang kemudian dimanfaatkan oleh negara-negara maju untuk mempengaruhi negara-negara berkembang dengan penyediaan fasilitas media dan teknologi yang dibutuhkan oleh negara berkembang. Dengan adanya hal tersebut mengakibatkan negara berkembang menjadi negara yang anti pembangunan atau mungkin menjadi negara yang tidak akan mungkin melahirkan suatu pembangunan, karena ketergantungan yang relatif sangat besar pada negara-negara maju. 
KONVERGENSI MEDIA ONLINE Rangga Galura
LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 2 No. 2 (2013): LONTAR JURNAL ILMU KOMUNIKASI
Publisher : Universitas Serang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (725.9 KB) | DOI: 10.30656/lontar.v2i2.343

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi saat ini semakin berkembang dengan pesat, salah satunya dengan kehadiran internet. Internet sebagai salah satu media baru mampu menggeser keberadaan media konvensional seperti surat kabar, karna saat ini jurnalistik online telah menjadi daya tarik bagi pelaku-pelaku bisnis dalam bidang media. Fenomena jurnalistik online menjadi salah satu hal yang menarik karena khalayak dengan mudah mengakses media konvergen dengan hanya “meng-click” informasi yang diinginkan di komputer atau handphone yang sudah dilengkapi dengan aplikasi internet untuk mengetahui informasi yang dikehendaki dan sejenak kemudian informasi itu pun muncul. Selain itu jurnalistik online pun memudahkan kerja para jurnalis untuk terus menerus meng-up date informasi yang mereka tampilkan seiring dengan temuan-temuan baru di lapangan. Dalam konteks yang lebih luas, konvergensi media sesungguhnya bukan saja memperlihatkan perkembangan teknologi yang kian cepat. Konvergensi mengubah hubungan antara teknologi, industri, pasar, gaya hidup dan khalayak. Singkatnya, konvergensi mengubah pola-pola hubungan produksi dan konsumsi, yang penggunaannya berdampak serius pada berbagai bidang seperti ekonomi, politik, pendidikan, dan kebudayaan
PENGARUH IKLIM ORGANISASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI UNIVERSITAS SERANG RAYA Rahmi Mulyasih; Siska Mardiana
LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 3 No. 3 (2015): LONTAR JURNAL ILMU KOMUNIKASI
Publisher : Universitas Serang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30656/lontar.v3i3.541

Abstract

This research is conducted to know whether organization climite and work discipline have influence toward the increasing of employee performance at Serang Raya University, and also to know which one of the variable that has more influence on the performance of employees at that company. The hypothesis in this research is that the climite organization and work discipline have influence on the performance of Serang Raya University, with quantitative research methode.The population of the research obtained from the employees of Serang Raya Universitu with the sampling method used Slovin formula and results  60respondents of sample. the research instrument use questionnaires with likert scale, for validity and reliability examined with SPSS 20 program. For data analysis the researcher uses multiple regression analysisPartially, tthe work discipline variables have more infuence than climite organization variables on the performance of employees at Serang Raya University.The result of the research denotes that variables of climite organizations and work discipline simultaneously have influence toward the increasing employee performance, the contribution is 27,50% while the remaining 72,50% influenced by other variables those are not included in this research.  Key Words: Organizational Climate, Work Discipline, Performance. 
REPRESENTASI PEMBERITAAN PEMULANGAN EKS GAFATAR RIAU DI SURAT KABAR RIAU POS Chelsy Yesicha
LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 5 No. 2 (2017): JURNAL LONTAR
Publisher : Universitas Serang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (493.985 KB) | DOI: 10.30656/lontar.v5i2.488

Abstract

The research was distributed by the author's interest against Ex Gafatar that occur in Indonesia. Their existence as illegal organization until their expulsion from Earth borneo makes compelling colors for covered by the various media. Each media pack with news of construction in accordance with the ideology they have. So, researchers specializing in the preaching of the Riau Post as local media in spreading the repatriation of Ex Gafatar to Riau. This study used a qualitative approach to discourse analysis models Teun A Van Dijk. Data was collected by interview and documentation. The object of ten research news, consists of nine news from Riau. Informants consisted from chief editor Riau Pos’s newspaper. To achieve the validity of the data in this research, researchers used  triangulation. The results showed: first, Analysis of the discourse, news coverage in newspapers the Riau Post puts a theme raised about the handling of the journey undertaken by the Government of Riau in escorting the repatriation of ex gafatar to Riau. The emphasis on the performance of the apparatus of Government through the promised construction of the Riau Post attempted to grow back the trust of the community to be able to accept back those in neighborhoods with a guarantee from the Government. Second, Representation of the media conducted by the Riau post which uses a constructionist approach is judged in favour to the Government as a form of fostering kepercayaaan Government in dealing with such cases. Without these events, hide impressed the Riau Post tried to suppress the conflict by giving the role of social control to the public.
ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI VERBAL MENULIS WARTAWAN IMPLIKASINYA PADA CITRA MEDIA HARIAN LOKAL DI KOTA SERANG Restu Wahyuni
LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 4 No. 2 (2016): LONTAR JURNAL ILMU KOMUNIKASI
Publisher : Universitas Serang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.122 KB) | DOI: 10.30656/lontar.v4i2.333

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya implikasi kemampuan komunikasi verbal wartawan khususnya dalam menulis berita terhadap citra media harian  lokal  di kota serang. Hasil Penelitian menunjukan  hubungan  antara kemampuan  kemampuan komunikasi verbal wartawan  dengan  citra media harian local bernilai positif  yaitu   0.514  berarti kemampuan komunikasi verbal wartawan  yang ada selama ini  memiliki hubungan yang menurut Guilford korelasi berada antara 0.40 – 0.70 yang berarti korelasi sedang. Sementara besarnya kontribusi hubungan  kedua variable tersebut  melalui  perhitungan koefisien determinasi sebesar r2 = 26  %.   Sedangkan pengaruh positif ditunjukan dengan garis regresi Y = 19.185 + 0,337 X    artinya jika kemampuan komunikasi verbal  diprioritaskan maka secara otomatis akan diikuti peningkatan citra media harian local di kota serang.  Uji hipotesis yang dilakukan menunjukan nilai t hitung = 3.167  dan dengan α 0.05 dk n-2 (30-2=28)  menghasilkan  t tabel 2.052, setelah dibandingkan  t hitung > t tabel maka t hitung berada pada daerah penerimaan Ha pernyataannya adalah ada pengaruh positif dan signifikan kemampuan komunikasi verbal  yang telah diterapkan selama ini terhadap citra media harian lokal di kota  Serang.
KOMUNIKASI POLITIK PEGAWAI NEGERI SIPIL (Studi Fenomenologi dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah Kota Serang Tahun 2013) Indrianti Azhar Firdausi
LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 3 No. 2 (2015): LONTAR JURNAL ILMU KOMUNIKASI
Publisher : Universitas Serang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (289.47 KB) | DOI: 10.30656/lontar.v3i2.398

Abstract

Penelitian ini menggunakan teori realitas sosial dan teori fenomenologi, dengan paradigma konstruktivis dan menggunakan pendekatan kualitatif serta dalam pengumpulan data melalu wawancara mendalam terhadap para informan.  Dari fenomena yang didapatkan bahwa dalam mereduksi pengalaman dan pemaknaan yang dihasilkan dari pengetahuan dan aktifitas pegawai negeri dalam politik pada proses pemilihan kepala daerah Kota Serang tahun 2013 terbagi dalam dua kategori dalam tindakan politiknya. Pertama Pegawai Negrei sebagai pelayan masyarakat yaitu pegawai negeri yang menjalankan perannya secara normatif dan mendedikasikan profesi mereka untuk melayani masyarakat secara institutif sesuai dengan Undang-undang kepegawaian negri yang berlaku, tidak berpihak dalam berpolitik dan tidak menjalani kegiatan politik praktis. Kedua adalah pegawai negeri sebagai pelayan kekuasaan yang secara terang-terangan menunjukan keterlibatan mereka dalam usaha dukungmendukung calon kepala daerah khususnya incumbent. Kegiatannya berupa kampanye, intervensi, himbauan serta instruksi terhadap sesama profesi pegawai negeri. Mempunyai kedekatan dan loyalitas tinggi terhadap atasan mereka yang mencalonkan diri serta adanya indikasi mengincar jabatan yang diinginkan dalam pertahanan kekuasaan yang dimiliki atau akan diraihnya.  Kata Kunci :Pegawai Negri Sipil, Komunikasi Politik,dan Realitas Sosial  
PENTINGNYA LITERASI MEDIA BAGI KAUM PEREMPUAN Rahmi Mulyasih
LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 4 No. 3 (2016): LONTAR JURNAL ILMU KOMUNIKASI
Publisher : Universitas Serang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (354.057 KB) | DOI: 10.30656/lontar.v4i3.364

Abstract

This study focuses on the importance of media literacy for women, this is because women are the main characters in a family, the young generation of quality born of the important role of women. This study used a qualitative approach with phenomenological research methods. The results showed that the low culture of literacy in women, which can ultimately result in terbiasanya children watch the action Kekeran and low values of humanist obtained children from an early age, resulting in the shift of the culture and behavior of the young generation that is far from the value of -the value of religion and society.

Page 1 of 23 | Total Record : 225


Filter by Year

2013 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 11 No. 1 (2023): Lontar : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 10 No. 2 (2022): Lontar : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 10 No. 1 (2022): Lontar : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 9 No. 2 (2021): Lontar : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 9 No. 1 (2021): Lontar: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 8 No. 2 (2020): Lontar: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 8 No. 1 (2020): Lontar: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 7 No. 2 (2019): Lontar: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 7, No 2 (2019): Lontar: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 7, No 1 (2019): Lontar: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 7 No. 1 (2019): Lontar: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 6 No. 2 (2018): Lontar: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 6, No 2 (2018): Lontar: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 6, No 1 (2018): LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 6 No. 1 (2018): LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 5 No. 2 (2017): JURNAL LONTAR Vol 5, No 2 (2017): JURNAL LONTAR Vol 5, No 1 (2017): LONTAR JURNAL ILMU KOMUNIKASI Vol. 5 No. 1 (2017): LONTAR JURNAL ILMU KOMUNIKASI Vol 4, No 3 (2016): LONTAR JURNAL ILMU KOMUNIKASI Vol. 4 No. 3 (2016): LONTAR JURNAL ILMU KOMUNIKASI Vol. 4 No. 2 (2016): LONTAR JURNAL ILMU KOMUNIKASI Vol 4, No 2 (2016): LONTAR JURNAL ILMU KOMUNIKASI Vol 3, No 3 (2015): LONTAR JURNAL ILMU KOMUNIKASI Vol. 3 No. 3 (2015): LONTAR JURNAL ILMU KOMUNIKASI Vol. 3 No. 2 (2015): LONTAR JURNAL ILMU KOMUNIKASI Vol 3, No 2 (2015): LONTAR JURNAL ILMU KOMUNIKASI Vol 3, No 1 (2014): LONTAR JURNAL ILMU KOMUNIKASI Vol. 3 No. 1 (2014): LONTAR JURNAL ILMU KOMUNIKASI Vol. 2 No. 3 (2014): LONTAR JURNAL ILMU KOMUNIKASI Vol 2, No 3 (2014): LONTAR JURNAL ILMU KOMUNIKASI Vol 2, No 2 (2013): LONTAR JURNAL ILMU KOMUNIKASI Vol. 2 No. 2 (2013): LONTAR JURNAL ILMU KOMUNIKASI Vol. 2 No. 1 (2013) Vol 2, No 1 (2013) More Issue