cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota sorong,
Papua barat
INDONESIA
INSECT : Informatics and Security
ISSN : 24769010     EISSN : 2614431X     DOI : -
Core Subject : Science,
Insect (Informatics Engineering Journal) is a scientific journal which prioritizes the publication of articles related to informatics and Security issues that deal with informatics and security issues such as information technique, network and others. This is an opened-journal where everyone can submit their articles, as long as they are original, unpublished and not under review for possible publication in other journals. insect Journal is biannual publication issued in the month of October and March.
Arjuna Subject : -
Articles 88 Documents
SISTEM REPORTING KENAIKAN LEVEL USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH Ardi Destiawan Atmajaya; Wina Witanti; Puspita Nurul Sabrina
Insect (Informatics and Security): Jurnal Teknik Informatika Vol. 8 No. 2 (2023): Maret 2023
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem Reporting (Pelaporan) adalah tempat dimana data dapat diolah dalam skala luas dan menghasilkan informasi. Sistem ini dapat digunakan sebagai pelaporan (reporting). Kemampuan sistem reporting ini mampu mengolah data dari berbagai jenis data untuk melakukan analisis dan evaluasi. Pada Kabupaten Bandung Barat terdapat kendala kesulitan memantau dan mengetahui perkembangan level UMKM di Kabupaten Bandung Barat karena minimnya informasi terkait kenailan level UMKM dan rentang nominal kriteria UMKM Mikro, kecil dan Menengah terlalu besar sehingga sulit mengetahui perkembangan UMKM hal ini menjadikan Pemerintahan Dinas UMKM Kabupaten Bandung Barat kesulitan dalam mengetahui Perkembangan  Usaha Mikro, Kecil dan Menengah  karena nominal yang terlalu besar. Tujuan dari perancangan sistem reporting yang dibuat adalah untuk mengetahui perkembangan kenaikan level  UMKM Berdasarkan PP UMKM No 7 Tahun 2021. Karena keterbatasan peneliti pada penelitian ini data yang digunakan pada penelitian ini melingkupi 3 kecamatan dari 16 kecamatan yaitu Lembang, Batujajar dan Padalarang, sehingga dapat mengetahui Perkembangan  UMKM pada tiga kecamatan di Kabupaten Bandung Barat yang menghasilkan informasi terkait kenaikan level UMKM. dalam implementasi sistem ini diharapkan dapat memberikan kemudahan untuk mengolah dan memberikan informasi reporting level UMKM agar dapat memberikan informasi startegis untuk  mendukung evaluasi untuk Dinas UMKM Kabupaten Bandung Barat.
SISTEM PEMESANAN BUKU ONLINE BERBASIS WEB DI TOKO BUKU ROHANI DAMAI SORONG Saptono, Marcelinus Petrus
Insect (Informatics and Security): Jurnal Teknik Informatika Vol 6, No 1 (2020): Oktober 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33506/insect.v1i1.37

Abstract

Teknologi internet dengan fasilitas google dapat digunakan untuk melakukan pencarian buku bedasarkan judul, penulis, dan penerbit. Teknologi informasi berbasis web dapat  menjadi sarana pendukung untuk membuat sistem informasi pelayanan pemesanan buku secara online. Sistem informasi pemesanan buku secara online berbasis web dirancang untuk memudahkan pengguna atau pembeli untuk melihat informasi buku yang dibutuhkan maupun melakukan pemesanan tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu. Manfaat lain dari sistem ini adalah konsumen mudah melihat jenis buku berdasarkan judul,  kategori tertentu atau berdasarkan penerbit. Konsumen juga akan lebih mudah melihat koleksi jenis buku yang tersedia. Sistem penjualan buku online yang dibangun memudahkan proses pemesanan dan pembelian sehingga akan sangat membantu dalam mengembangkan usaha penjualan buku di Toko Rohani Damai.Metode pembuatan sistemnya meliputi analisa sistem yang berupa FlowChart, desain sistem yang berupa Diagram Context, DFD, ERD, Kamus data. Sistem ini dirancang menggunakan bahasa pemrograman PHP dan menggunakan MySQL dengan web server Apache.
SISTEM PEMESANAN BUKU ONLINE BERBASIS WEB DI TOKO BUKU ROHANI DAMAI SORONG Marcelinus Petrus Saptono
Insect (Informatics and Security): Jurnal Teknik Informatika Vol. 6 No. 1 (2020): Oktober 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33506/insect.v1i1.37

Abstract

Teknologi internet dengan fasilitas google dapat digunakan untuk melakukan pencarian buku bedasarkan judul, penulis, dan penerbit. Teknologi informasi berbasis web dapat  menjadi sarana pendukung untuk membuat sistem informasi pelayanan pemesanan buku secara online. Sistem informasi pemesanan buku secara online berbasis web dirancang untuk memudahkan pengguna atau pembeli untuk melihat informasi buku yang dibutuhkan maupun melakukan pemesanan tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu. Manfaat lain dari sistem ini adalah konsumen mudah melihat jenis buku berdasarkan judul,  kategori tertentu atau berdasarkan penerbit. Konsumen juga akan lebih mudah melihat koleksi jenis buku yang tersedia. Sistem penjualan buku online yang dibangun memudahkan proses pemesanan dan pembelian sehingga akan sangat membantu dalam mengembangkan usaha penjualan buku di Toko Rohani Damai.Metode pembuatan sistemnya meliputi analisa sistem yang berupa FlowChart, desain sistem yang berupa Diagram Context, DFD, ERD, Kamus data. Sistem ini dirancang menggunakan bahasa pemrograman PHP dan menggunakan MySQL dengan web server Apache.
USING CROWDSOURCING FOR PROJECT MANAGEMENT Alimuddin, Alimuddin
Insect (Informatics and Security): Jurnal Teknik Informatika Vol 6, No 1 (2020): Oktober 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33506/insect.v1i1.38

Abstract

Crowdsourcing is coined first by Jeff Howe and become more popular in recent years. It is concept of outsourcing in the crowd. Crowdsourcing can be useful to project managers when they need to perform tasks with low budget, massive participants, multi-disciplinary, expert or non-experts. Using 10 rules from Howe will help a project manager manage the crowd and achieve their project objective. By addressing some questions such as why should a project manager use crowdsourcing? What the benefits and risks of crowdsourcing. This articles explain the contribution of crowdsourcing in project and change management
USING CROWDSOURCING FOR PROJECT MANAGEMENT Alimuddin Alimuddin
Insect (Informatics and Security): Jurnal Teknik Informatika Vol. 6 No. 1 (2020): Oktober 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33506/insect.v1i1.38

Abstract

Crowdsourcing is coined first by Jeff Howe and become more popular in recent years. It is concept of outsourcing in the crowd. Crowdsourcing can be useful to project managers when they need to perform tasks with low budget, massive participants, multi-disciplinary, expert or non-experts. Using 10 rules from Howe will help a project manager manage the crowd and achieve their project objective. By addressing some questions such as why should a project manager use crowdsourcing? What the benefits and risks of crowdsourcing. This articles explain the contribution of crowdsourcing in project and change management
PENGARUH PENERAPAN E-PERFORMANCETERHADAP PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL DI SEKRETARIAT DAERAH KOTA SURABAYA Iskandar Alam, Teguh Hidayat
Insect (Informatics and Security): Jurnal Teknik Informatika Vol 6, No 1 (2020): Oktober 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33506/insect.v1i1.39

Abstract

Penerapan E-Performance di Pemerintah Kota Surabaya khususnya Sekretariat Daerah Kota Surabaya bertujuan untuk mengontrol dan memperbaiki kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang sebelumnya masih menggunakan metode konvensional. Hal ini sesuai dengan Peraturan Walikota No. 83 Tahun 2012 tentang pencanangan program E-Performance untuk mendukung perbaikan kinerja birokrasi. Penilaian E-Performance berujung pada penetapan pemberian tunjangan operasional kinerja para PNS. Kinerja yang dinilai berdasar pada 4 aspek yaitu kualitas, kuantitas, ketepatan waktu dan sistem kerja. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan capaian kinerja PNS serta mengetahui perubahan rata-rata dari aspek-aspek kinerja sebelum dan sesudah adanya penerapan E-Performance.Pengumpulan data primer melalui kuesioner, wawancara,  dan pengamatan, sedangkan data sekunder melalui beberapa sumber kepustakaan serta sistem informasi E-Performance. Selanjutnya dilakukan analisa untuk mengetahui dan membandingkan kondisi sebelum dan sesudah diterapkan E-Performance dengan menggunakan t-paired sebagai alat pembanding, dan selanjutnya dilakukan analisa deskriptif mengenai perubahan rata-rata yang terjadi pada setiap aspek kinerja.Hasil Penelitian menunjukan nilai sig.(2-tailed) lebih kecil daripada nilai kritis 0,05 (0,000 < 0,05) yang mengindikasikan adanya perbedaan capaian kinerja sebelum dan sesudah penerapan E-Performance. Hasil perubahan rata-rata tiap aspek menunjukan aspek sistem kerja memiliki peningkatan paling besar
PENGARUH PENERAPAN E-PERFORMANCETERHADAP PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL DI SEKRETARIAT DAERAH KOTA SURABAYA Teguh Hidayat Iskandar Alam
Insect (Informatics and Security): Jurnal Teknik Informatika Vol. 6 No. 1 (2020): Oktober 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33506/insect.v1i1.39

Abstract

Penerapan E-Performance di Pemerintah Kota Surabaya khususnya Sekretariat Daerah Kota Surabaya bertujuan untuk mengontrol dan memperbaiki kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang sebelumnya masih menggunakan metode konvensional. Hal ini sesuai dengan Peraturan Walikota No. 83 Tahun 2012 tentang pencanangan program E-Performance untuk mendukung perbaikan kinerja birokrasi. Penilaian E-Performance berujung pada penetapan pemberian tunjangan operasional kinerja para PNS. Kinerja yang dinilai berdasar pada 4 aspek yaitu kualitas, kuantitas, ketepatan waktu dan sistem kerja. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan capaian kinerja PNS serta mengetahui perubahan rata-rata dari aspek-aspek kinerja sebelum dan sesudah adanya penerapan E-Performance.Pengumpulan data primer melalui kuesioner, wawancara,  dan pengamatan, sedangkan data sekunder melalui beberapa sumber kepustakaan serta sistem informasi E-Performance. Selanjutnya dilakukan analisa untuk mengetahui dan membandingkan kondisi sebelum dan sesudah diterapkan E-Performance dengan menggunakan t-paired sebagai alat pembanding, dan selanjutnya dilakukan analisa deskriptif mengenai perubahan rata-rata yang terjadi pada setiap aspek kinerja.Hasil Penelitian menunjukan nilai sig.(2-tailed) lebih kecil daripada nilai kritis 0,05 (0,000 < 0,05) yang mengindikasikan adanya perbedaan capaian kinerja sebelum dan sesudah penerapan E-Performance. Hasil perubahan rata-rata tiap aspek menunjukan aspek sistem kerja memiliki peningkatan paling besar
EVALUATION OF MOBILE APPLICATION FOR ANTICOAGULANT DRUG MANAGEMENT: IOS AND ANDROID PLATFORM Alimuddin, Alimuddin
Insect (Informatics and Security): Jurnal Teknik Informatika Vol 6, No 1 (2020): Oktober 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33506/insect.v1i1.40

Abstract

Our goal was to identify the practical usage of medication management apps and what they can offer a consumer especially in their old age, keeping in view the aspect of medication adherence.A search of FREE medication management apps was conducted on app store of iPhone/Android operating system. Apps were included if they had a medication management system which included a reminder setup option and had an easy to use interface.Of the 22 apps on IOS and 18 apps on Android identified by strategy all met the inclusion criteria. WebMD and Drugs.com rated the highest among the apps because of their basic medication reminder feature coupled with their enhanced levels of functionality. WebMD was rated best for its information and usability which included a symptom checker, medication reminder, list of disease conditions, drug list with Indications, dosage information, side effects, drug interactions, drug use in pregnancy and lactation, first aid information, local health facilities listings, tests and procedures listings, healthy living tips, food and recipes.Finding a medication management app is challenging if you are looking for a specific type of apps as most of the apps are not tested by any authorized drug regulatory authority for example FDA. Almost all have no reviews and are not affiliated to any healthcare organization. Despite being untested, medication apps represent a possible strategy that pharmacists, healthcare workers, carers and family members of elderly patients can recommend for helping nonadherent patients and incorporate into their practice. 
EVALUATION OF MOBILE APPLICATION FOR ANTICOAGULANT DRUG MANAGEMENT: IOS AND ANDROID PLATFORM Alimuddin Alimuddin
Insect (Informatics and Security): Jurnal Teknik Informatika Vol. 6 No. 1 (2020): Oktober 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33506/insect.v1i1.40

Abstract

Our goal was to identify the practical usage of medication management apps and what they can offer a consumer especially in their old age, keeping in view the aspect of medication adherence.A search of FREE medication management apps was conducted on app store of iPhone/Android operating system. Apps were included if they had a medication management system which included a reminder setup option and had an easy to use interface.Of the 22 apps on IOS and 18 apps on Android identified by strategy all met the inclusion criteria. WebMD and Drugs.com rated the highest among the apps because of their basic medication reminder feature coupled with their enhanced levels of functionality. WebMD was rated best for its information and usability which included a symptom checker, medication reminder, list of disease conditions, drug list with Indications, dosage information, side effects, drug interactions, drug use in pregnancy and lactation, first aid information, local health facilities listings, tests and procedures listings, healthy living tips, food and recipes.Finding a medication management app is challenging if you are looking for a specific type of apps as most of the apps are not tested by any authorized drug regulatory authority for example FDA. Almost all have no reviews and are not affiliated to any healthcare organization. Despite being untested, medication apps represent a possible strategy that pharmacists, healthcare workers, carers and family members of elderly patients can recommend for helping nonadherent patients and incorporate into their practice. 
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS WEB (Studi Kasus Universitas Muhammadiyah Sorong) Soekarta, Rendra
Insect (Informatics and Security): Jurnal Teknik Informatika Vol 6, No 1 (2020): Oktober 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33506/insect.v1i1.41

Abstract

Dalam proses penyelenggaraan kegiatan akademik dituntut adanya suatu kecepatandan keakuratan dalam pengolahan data. Hal ini diperlukan sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pelayanan bagi mahasiswa yang merupakan prioritas utama universitas muhammadiyah sorong. Oleh karena itu, dalam penelitian ini akan dikembangkan suatu system pengelolaan akademik dengan memilihUniversitas Muhammadiyah Sorong sebagai obyek penelitian. Sistem informasi akademik inidisebutsebagai Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) yang meliputi informasi tentang nilai yang meliputi nilai UTS, nilai UAS, Transkrip nilai,jadwal yang meliputi jadwal Kuliah, jadwal UTS, jadwal UAS. Tujuan utama penelitian untuk menghasilkan system informasi akademik berbasis web yang lebih terintegrasi untuk dapat mendukung  kinerja pengelola akademik ataupun sebagai acuan bagi pihak universitas dalam melakukan perbaikan kinerja yang belum optimal sehingga dapat meningkatkan pelayananterhadap mahasiswa. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan sebagaijawabanterhadap kesulitan yang seringkali dihadapi oleh pengelola akademik maupun mahasiswa sehingga pengelolaan data-data maupun penyajian informasi akademik bisa lebih efektif dan efisien.Â