cover
Contact Name
Yusrawati JR Simatupang
Contact Email
yusrawati090992@gmail.com
Phone
+6285260106663
Journal Mail Official
intankemalasari00@gmail.com
Editorial Address
Jalan Tanggul Krueng Aceh No.34 Rukoh – Darussalam, Banda Aceh 23112
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Metamorfosa
ISSN : 23380306     EISSN : 25026895     DOI : -
Core Subject : Education,
Metamorfosa Journal (e-ISSN 2502-6895 and p-ISSN 2338-0306) is a periodic scientific publication intended for lecturers, students and educational observers to disseminate the results of studies, thoughts and research that are relevant in the fields of language, Indonesian literature and regions. Every visitor to this site can browse abstracts, read journal contents and download PDF files. Metamorfosa journal is published twice a year, July and January.
Articles 179 Documents
KEMAMPUAN MENULIS SURAT DINAS Isthifa Kemal
Jurnal Metamorfosa Vol 1 No 1 (2013)
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, STKIP Bina Bangsa Getsempena

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (427.385 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan suatu kajian tentang tingkat kemampuan keterampilan menulis surat dinas pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2011-2012. Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat kemampuan keterampilan menulis surat dinas pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2011-2012. Tujuan penelitian ini secara umum untuk memperoleh informasi tingkat kemampuan keterampilan menulis surat dinas pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII terbagi atas tiga ruang paralel dan peneliti mengambil sampel kelas VIII3 SMP Cut Meutia Banda Aceh yang berjumlah 30 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes. Tes yang diberikan pada siswa adalah menulis surat dinas. Aspek-aspek yang dinilai untuk mengukur kemampuan menulis surat dinas yaitu (1) kesesuaian isi surat, (2) kesatuan dan kepaduan paragraf, (3) ketepatan penulisan surat, (4) penggunaan ejaan, dan (5) ketepatan pilihan kata (diksi). Teknik pengolahan data dilakukan dengan teknik análisis statistik secara kuantitatif. Pengelolahan data dilakukan dengan cara mencari nilai rata-rata (mean) berdasarkan hasil menis siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata tingkat kemampuan keterampilan menulis surat dinas pada siswa adalah 82 hal ini menunjukan bahwa kemampuan keterampilan menulis surat dinas pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2011-2012 berada pada kategori baik.
ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN EJAAN PADA KARANGAN Khadijah
Jurnal Metamorfosa Vol 1 No 1 (2013)
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, STKIP Bina Bangsa Getsempena

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (468.24 KB)

Abstract

Penelitian ini berjudul ”Analisis Kesalahan Pengunaan Ejaan pada Karangan Siswa Kelas VIII SMP Cut Mutia Banda Aceh”. Permasalahan pada penelitian ini adalah “Bagaimanakah pengunaan ejaan pada karangan siswa kelas VIII SMP Cut Mutia Banda Aceh?” Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data agar dapat mengetahui bagaimana pengunaan kaidah ejaan yang disempurnakan dalam penulisan karangan pada siswa kelas VIII SMP Cut Mutia Banda Aceh. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Cut Mutia Banda Aceh yang berjumlah 28 siswa. Jumlah populasi relative sedikit sehingga tidak diambil sampel, sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi (total sampling). Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Cut Mutia sudah mampu menulis karangan dengan mengunakan ejaan yang disempurnakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 28 karangan siswa, hanya 3 karangan saja yang tidak banyak terdapat kesalahan pengunaan huruf, dan pengunaan kata. Kesalahan yang paling banyak ditemukan pada karangan siswa meliputi: (1) penulisan huruf kapital, (2) pengunaan kata depan di, (3) pengunaan tanda titik dan tanda koma. Maka, pengujian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini tidak terbukti kebenarannya atau dengan kata lain ditolak.
UPAYA GURU MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA Rika Kustina
Jurnal Metamorfosa Vol 1 No 1 (2013)
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, STKIP Bina Bangsa Getsempena

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (401.89 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan suatu kajian tentang upaya guru SMP Cut Meutia Banda Aceh meningkatkan motivasi belajar kelas VIII dalam pengajaran Bahasa Indonesia. Adapun permasalahan dalam penelitian adalah “ Bagaimanakah upaya guru SMP Cut Meutia Banda Aceh meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII dalam pelajaran Bahasa Indonesia”. Populasi penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia dan siswa di SMP Cut Meutia Banda Aceh yang berjumlah satu orang guru dan 24 orang siswa. Sampel penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia dan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan wawancara dengan pengamatan dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru SMP Cut Meutia Banda Aceh meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII dalam Bahasa Indonesia yang diperoleh dari kata kunci penelitian ini adalah cukup.
KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MAJAS Baihaqi
Jurnal Metamorfosa Vol 1 No 1 (2013)
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, STKIP Bina Bangsa Getsempena

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (489.977 KB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah kemampuan siswa SMU Negeri 1 Peukan Pidie menlis puisi dengan menggunakan majas ?” Tujuannya adalah untuk memperoleh data dan informasi tentang pengajaran majas dan puisi dan untuk mendeskripsi kemampuan siswa SMU Negeri 1 Peukan Pidie dalam menulis puisi dengan menggunakan majas. Adapun manfaat dari Penelitian ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan mengenai ketrampilan menulis dan berbahasa. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu metode yang menggambarkan, menjelaskan, serta menginterpretasikan hal-hal yang sedang berkembang saat ini tentang pokok permasalahan yang diteliti. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes uraian yang berdasarkan angket, yaitu berupa pertanyaan atau soal uraian. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa secara umum siswa kelas XII SMAN 1 Peukan Pidie berada pada kategori cukup ( C ) ,dengan rata-rata nilai 70.
TINGKAT PENGUASAAN MATERI KECEPATAN MEMBACA GURU SMA SE-KABUPATEN ACEH BESAR Sa’adiah
Jurnal Metamorfosa Vol 1 No 1 (2013)
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, STKIP Bina Bangsa Getsempena

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (257.675 KB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat masalah penguasaan materi kecepatan membaca oleh guru Bahasa Indonesia se-Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang penguasaan materi kecepatan membaca oleh guru Bahasa Indonesia se-Kabupaten Aceh Besar dengan sumber data 25 orang guru yang tersebar di beberapa SMA yang terdapat di Kabupaten Aceh Besar. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah teknik tes yaitu tes berbentuk B-S dan pilihan ganda. Data penelitian ini diolah dengan menggunakan statistik sederhana (persentase). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat penguasaan materi kecepatan membaca oleh guru Bahasa Indonesia se-Kabupaten Aceh Besar berada pada tingkat penguasaan sangat rendah.
GENRE DAN METAFUNGSI BAHASA PADA KHUTBAH ‘IDUL ADHA OLEH DR. TGK. H. RUSLI HASBI, LC, M.A. DI LAPANGAN HIRAQ - LHOKSEUMAWE Ernawati Br Surbakti
Jurnal Metamorfosa Vol 1 No 2 (2013)
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, STKIP Bina Bangsa Getsempena

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (570.083 KB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui genre dan metafungsi yang terdapat dalam Khutbah Idul Adha yang disampaikan oleh Dr. Tgk. H. Rusli Hasbi, Lc. M.A. Di lapangan Hiraq, Kota Lhokseumawe. Penentuan sampel sumber data penelitian ini adalah teks ”Ukhuwah dan Kebersamaan dalam Pembangunan: Aplikasi Pemikiran Nabi Ibrahim di Idul Adha” yang disampaikan oleh Dr. Tgk. H. Rusli Hasbi, Lc.M.A. dosen Fakultas Dirasat Islamiyah Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Penetapan sampel dalam penelitian ini adalah dengan cara menyeleksi sampel (dalam hal ini penulis menyeleksi arsif atau buku hasil ceramah keagamaan di Kota Lhokseumawe). Korpus yang dimaksudkan dalam penelitian ini adalah kumpulan kalimat yang tertulis dan telah dicetak oleh pemerintahan Kota Lhokseumawe yang bekerja sama dengan syariat Islam Kota Lhokseumawe. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik library research. Struktur genre bahasa khutbah ’Idul Adha 10 Zulhijjah 1429 H yang disampaikan oleh Dr. Tgk. H. Rusli Hasbi, Lc. M.A adalah genre eksposisi yang diawali oleh posisi, kemudian tesis, argumentasi yang begitu panjang untuk membuktikan kecintaan Nabi Ibrahim kepada Allah. Dan dijadikan contoh oleh Dr. Tgk. H. Rusli Hasbi, Lc. M.A untuk memberi saran serta nasihat buat jamaah agar terjalin ukhuwwah dan kebersamaan dalam pembangunan. Kemunculan realisasi klausa yang paling dominan adalah deklaratif positif 66,84% yaitu berupa kalimat-kalimat berita positif yang disampaikan oleh Dr. Tgk. H. Rusli Hasbi, Lc.M.A. untuk memberikan pengalaman kepada pendengar dan realisasi klausa yang kedua diikuti oleh imperatif 29,34% yaitu berupa perintah dan anjuran serta saran. Ketiga yaitu deklaratif negatif 3,80%, sedangkan interogatif 0% karena realisasi klausa pada wacana ini tidak muncul sama sekali. Kemunculan Modalitas dari realisasi modalitas wacana yang disampaikan oleh Dr. Tgk. H. Rusli Hasbi, Lc.M.A. modalitas yang paling dominan adalah modalitas keharusan derajat tinggi sebesar 3,80%, modalisasi keharusan derajat menengah sebesar 1,08%, modalisasi keharusan derajat rendah sebesar 2,71% dan dilanjutkan oleh modalisasi probabilitas, modalisasi probabilitas derajat tinggi menunjukkan sebesar 0,54%, modalisasi probabilitas derajat menengah sebesar 2,17%, dan modalisasi probabilitas rendah sebesar 0,54%.
HIKAYAT INDRA BUDIMAN TELAAH NILAI-NILAI RELIGIUS : (Kajian Hermeneutika) Khadijah
Jurnal Metamorfosa Vol 1 No 2 (2013)
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, STKIP Bina Bangsa Getsempena

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (408.697 KB)

Abstract

Hikayat adalah jenis sastra Melayu lama Indonesia ditulis oleh pujangga untuk mengekspresikan buah pikirannya dituangkan dalam bentuk prosa dengan menggunakan bahasa Melayu, berisi ceritera rekaan bukan peristiwa sebenarnya berfungsi sebagai pelipur lara. Berbeda dengan pengertian Hikayat Aceh, karya sastra ini dikarang oleh pujangga ulama, menggunakan bahasa Aceh disusun dalam bentuk puisi sanjak, isinya bukan fiksi dan legenda semata, akan tetapi pendidikan moral dan ajaran agama, fungsinya sebagai pembangkit semangat jihad, estetis, hiburan, pendidikan dan pemberantasan buta huruf. Jarang ditemui di Indonesia yang menulis hikayat dalam bentuk puisi bersanjak kecuali daerah Aceh sendiri. Aceh daerah unik dan pendobrak awal. Hamzah Fansuri perintis pertama bahasa Melayu di Nusantara, Ar-Raniry penulis ilmu perbandingan agama pertama di Nusantara Abdurrauf Singkil penulis tafsir pertama di Nusantara, dan Tgk. H. Mahjiddin Yusuf penerjemah Al-Qur’an bersanjak bahasa, daerah pertama di Indonesia. Begitu pula sastra hikayatnya merupakan novel puisi atau novel bersanjak yang jarang ditemui di daerah Indonesia lainnya. Berdasakan kenyataan itu, dilakukan penelitian Hikayat Indara Budiman telaah nilai –nilai regelius kajian hermaneutika. Rumusan masaalah : Bagaimanakah nilai –nilai regelius dalam hikayat Indra Budiman? Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengungkapkan nilai - nilai regelius dalam hikayat Indra Budiman dengan kajian hermaneutika.Pengumpulan data dilakukan dengan teknik studio dukumentasi karena sumber data penelitian ini berupa dokumen. Istrumennya berupa instrument manusia, Yakni diri peneliti dan pedoman pengumpulan data. Untuk menjaga kesahihan data dilakukan dengan mengunakan model interaktif-dialektis yang didalamnya melibatkan tiga kegiatan analisis yang dilakukan secara serempak, bolak-balik, dan berkali-kali, yaitu kegiatan reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verikfikasi.Dari hasil penelitian penulis menemukan nilai –nilai regelius dalam hikayat Indra Budiman karya Nyak Tihawa mencakup pokok-pokok nilai Allah, (2) takwa, (3)ikhsan, (4) syukur, (5) percaya pada kadha dan kadar dari Allah. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan nilai –nilai regelius dalam hikayat Indra Budiman karya Nyak Tihawa sangat kuat dipengaruhi oleh ajaran Islam.
KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 BANDA ACEH MENGGUNAKAN KONJUNGTOR DALAM KALIMAT BAHASA INDONESIA Rika Kustina
Jurnal Metamorfosa Vol 1 No 2 (2013)
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, STKIP Bina Bangsa Getsempena

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (486.321 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan suatu kajian tentang kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Banda Aceh menggunakan konjungtor dalam kalimat bahasa Indonesia. Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Banda Aceh menggunakan konjungtor dalam kalimat bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Banda Aceh menggunakan konjungtor dalam kalimat bahasa Indonesia. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Banda Aceh tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 69 siswa yang tersebar dalam tiga kelas paralel. Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik tes. Tes yang digunakan dalam bentuk pilihan ganda. Pengolahan data dilakukan dengan teknik analisis statistik. Teknik ini digunakan untuk mengolah data hasil tes. Pengolahan data dilakukan dengan cara mencari nilai rata-rata(mean) siswa berdasarkan hasil jawaban siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Banda Aceh menggunakan konjungtor dalam kalimat bahasa Indonesia adalah 90. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Banda Aceh menggunakan konjungtor dalam kalimat bahasa Indonesia berada pada kategori baik sekali.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR INTRINSIK TEKS DRAMA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE Isthifa Kemal
Jurnal Metamorfosa Vol 1 No 2 (2013)
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, STKIP Bina Bangsa Getsempena

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (338.485 KB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji masalah yaitu 1) bagaimana peningkatan kemampuan menganalisis unsur intrinsik teks drama pada siswa kelas VIII SMP Islamic Solidarity School tahun ajaran 2012/2013 setelah mendapat pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share, dan 2) bagaimana perubahan perilaku belajar siswa kelas VIII SMP Islamic Solidarity School tahun ajaran 2012/2013 setelah mengikuti pembelajaran menganalisis unsur intrinsik teks drama dengan pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share. Penelitian ini menggunakan desain penilitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas 4 tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi atau pengamatan, dan tahap refleksi. Berdasarkan analisis hasil penelitian, kemampuan menganalisis unsur intrinsik teks drama siswa kelas VIII SMP Islamic Solidarity School tahun ajaran 2012/2013 menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I dan siklus II. Dari data tes dapat diketahui peningkatan nilai menganalisis unsur intrinsik teks drama dengan pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share dari siklus I ke siklus II sebesar 12,54 atau 19,86 % dari rata-rata pada siklus I sebesar 63,15 menjadi 75,59. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menganalisis unsur intrinsik teks drama dengan pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share semakin baik. Peningkatan kemampuan menganalisis unsur intrinsik teks drama siswa kelas VIII SMP Islamic Solidarity School tahun ajaran 2012/2013 juga diikuti dengan perubahan perilaku belajar siswa yang semakin baik. Hasil analisis data nontes menunjukkan adanya peningkatan perilaku belajar tersebut. Adapun perubahan perilaku yang ditunjukkan siswa yaitu siswa semakin aktif dan antusias dalam belajar, tanpa ada tekanan, dan lebih termotivasi untuk terus berlatih menganalisis unsur intrinsik teks drama dengan baik serta memberi respon positif terhadap pembelajaran think-pair-share yang diterapkan peneliti dalam pembelajaran menganalisis unsur intrinsik teks drama.
PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA BERDASARKAN KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA Armia
Jurnal Metamorfosa Vol 1 No 2 (2013)
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, STKIP Bina Bangsa Getsempena

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (688.457 KB)

Abstract

Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, (KKNI) adalah kerangka penjenjangan kualifikasi kompetensi yang dapat menyandingkan, menyetarakan, dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan di berbagai sektor. Masalahnya lulusan LPTK sekarang sangat terbatas lapangan pekerjaan yang tersedia. Tujuannya dengan adanya KKNI, lulusan LPTK mempunyai kesetaraan dengan lulusan fakultas lainnya di Indonesia. Untuk itu, LPTK harus mempersiapkan kurikulum yang inovatif dan fleksibel. Khususnya program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia juga harus mempersiapkan kurikulum yang inovatif dan fleksibel. Sebagai tanggapan untuk keperluan tersebut program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia hendaknya menyediakan mata kuliah-mata kuliah lintas program studi. Selain itu, dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di LPTK juga harus diperhatikan muatan-muatan dari mata kuliah kebahasaan dan kesastraan. Artinya dalam mata kulia-mata kuliah tersebut juga diperhatikan kemandirian lulusan sebagai program learning outcomes/capaian pembelajaran prodi/kompetensi utamanya. Untuk mencapai kompetensi tersebut KKNI mewajibkan dalam kurikulum setiap program studi harus memiki elemen kompetensi sebagai berikut (1) Nasionalisme dan karakter bangsa=kompetensi kepribadian, (2) Penguasaan akademik Kepribadian=kompetensi pedagogik, (3) Penguasaan ilmu pengetahuan, logika, teknologi, seni dan olahraga=kompetensi profesional, (4) kemampuan dan keterampilan bekarya=kopetensi profesional, (5) sikap dan prilaku bekarya menurut tingkat keahlian berdasarkan ilmu dan keterampilan yang dikuasai=kompetensi kepribadian, (6) penguasaan kaidah berkehidupan bermasyarakat sesuai dengan pilihan keahlian berkarya=kompetensi sosial dan profesional. Untuk mempermudah penerapan profesionalime dalam bidang studi tertentu KKNI mengklasifikasi pendidikan berdasarkan 9 (sembilan) lever.

Page 1 of 18 | Total Record : 179