cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. lamongan,
Jawa timur
INDONESIA
EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya
ISSN : 25795465     EISSN : 25795473     DOI : -
Core Subject : Education,
The purpose of this journal is to publish scientific works from national and international lecturers, researchers, students, and practitioners to present their new ideas, concepts and theories in Indonesian language and literature education such as: 1. The research results of islamic edication. 2. The research results of experimental. 3. The research result of Class Action Research (CAR). 4. Research result of Literature. 5. Islamic studies
Arjuna Subject : -
Articles 95 Documents
PENDIDIKAN ETIKA DAN KEPERIBADIAN ( STUDI ATAS PEMIKIRAN SAYED NAQUIB AL-ATTAS DAN IBNU MASKAWIH ) ABD. AZIS AZIS
EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya Vol 1 No 1 (2018): Maret 2018
Publisher : Program Pascasarjana Pendidikan Islam Universitas Islam Darul Ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (87.937 KB)

Abstract

Islam sebagai agama yang universal dan eternal memberikan pedoman hidup (way of life) bagi manusia menuju kebahagiaan hidup lahir dan batin, serta dunia dan akhirat. Kebahagiaan hidup manusia itulah yang menjadi sasaran hidup manusia yang pencapaiannya sangat bergantung pada masalah pendidikan. Selain itu, pendidikan merupakan kunci untuk membuka pintu ke arah modernisasi. Maka modernisasi hanya bisa dicapai melalui pemberdayaan pendidikan. Dengan demikian, modernisasi juga menjadi tujuan ajaran Islam. Akan tetapi, modernisasi yang menjadi tujuan Islam itu harus sesuai dengan tolok ukur ajarannya.dalam rangka menuju tujuan tersebut, agama samawi ini telah memiliki konsepnya, khususnya masalah pendidikan. Berdasarkan perolehan sumber datanya, penelitian ini termasuk Literatur Research yaitu data-data yang diambil dari buku-buku, makalah dan lain-lain yang menyediakan data-data yang berkaitan dengan pembahasan tesis ini. fokus penelitian yang diambil terdapat tiga masalah yang akan dibahas sebagai berikut, yaitu: pertama, Bagaimana pendidikan etika dan kepribadian menurut Sayed Muhammad Naquib Al-Attas ? kedua, Bagaimana Pendidikan etika kepribadian menurut Ibnu Miskawaih ? Ketiga, Bagaimana persamaan dan perbedaan pemikiran Sayed Muhammad Naquib Al-Attas dan Ibnu Maskawih tentang pendidikan dan kepribadian ? pendidikan Etika dan kepribadian menurut Ibnu Maskawih memiliki peran besar terhadap peradaban manusia, membangun suatu kebudayaan dan peradaban akan melestarikan atau mengaharmonisasikan masyarakat itu sendiri. Kata Kunci : Pendidikan Etika, Pendidikan Keperibadian, Syed Naquib Al Attas, Ibnu Maskawaih.
PENERAPAN POLITIK PENDIDIKAN ( Studi Kebijakan Sultan Agung Hanyakrakusuma dalam Mengembangkan Pendidikan Islam di Kerajaan Mataram ) Muhammad Ith’am Ith’am
EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya Vol 1 No 1 (2018): Maret 2018
Publisher : Program Pascasarjana Pendidikan Islam Universitas Islam Darul Ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (66.094 KB)

Abstract

Pendidikan dan politik merupakan dua unsur penting dalam sistem sosial politik disetiap negara maju maupun negeara berkembang sekalipun. Kedua unsur tersebut memiliki hubungan dalam proses pembentukan karakteristik masyarakat disuatu negara, artinya antara pendidikan dan politik saling menunjang dan saling mengisi sehingga tercipta hubungan yang dinamis, Hubungan antara politik dan pendidikan adalah realistis empiris yang terjadi sejak awal perkembangan peradaban manusia dan menjadi perhatian ilmuan di Dunia. Berdasarkan perolehan sumber datanya, penelitian ini termasuk Library Research, karena data diperoleh dengan cara penelusuran pustaka. Pendekatan ini dimaksudkan untuk mengkaji Penerapan Politik Pendidikan”(Studi Kebijakan Sultan Agung Hanyakrakusuma dalam Mengembangkan Pendidikan Islam di Kerajaan Mataram ) antara lain: Pendekatan fenomenologis, Pendekatan deskriptif, Pendekatan analisis. fokus penelitian yang diambil terdapat tiga masalah yang akan dibahas sebagai berikut, yaitu: pertama, Bagaimana Makna politik pendidikan dalam persepektif negara Islam? kedua, Bagaimanakah kebijakan Politik pendidikan yang dirumuskan oleh Sultan Agung Hanyakrakusuma di Masa kerajaan Mataram? Ketiga, Bagaimanakah implikasi kebijakan politik pendidikan yang dilakukan oleh Sultan Agung Hanyakrakusuma terhadap pendidikan Islam pada masa kerajaan Mataram? Makna politik pendidikan dalam persepektif negara Indonesia adalah suatu proses pendekatan atau metode untuk mencapai tujuan pendidikan yang dikehendaki, sesuai dengan nilai-nilai fundamental yang selama ini menjadi prinsip hidup. Kebijakan politik pendidikan yang di rumuskan oleh Sultan Agung Hanyakrakususma dalam bidang pendidikan Islam, adalah : Menawarkan tanah pendidikan yang disebut dengan tanah perdikan, yaitu sebuah lokasi untuk kepentingan kehidupan beragama yang dibebaskan.Implikasi kebijakan politik pendidikan yang dilakukan oleh Sultan Agung Hanyakrakusuma terhadap pendidikan Islam pada masa kerajaan Mataram memberikan dampak positif dan rakyat sangat apresiatif dengan usaha yang dilakukan Sultan Agung Hanyakrakusuma, Kata Kunci : Politik Pendidikan, Kebijakan, Sultan Agung Hanyakrakusuma Dan Pendidikan Islam.
ANALISIS IMPLEMENTASI DAN PROBLEMATIKA PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR Ahmad Hasan Hariri
EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya Vol 1 No 1 (2018): Maret 2018
Publisher : Program Pascasarjana Pendidikan Islam Universitas Islam Darul Ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (65.728 KB)

Abstract

Pendidikan mempunyai peranan yang sangat menentukan, tidak hanya bagi perkembangan dan perwujudan diri individu tetapi juga untuk pembangunan suatu bangsa dan negara. Kemajuan suatu budaya tergantung dari bagaimana kebudayaan tersebut mengenali menghargai dan memanfaatkan sumber daya manusia. Hal ini berkaitan erat dengan kualitas pendidikan yang diberikan kepada anggota-anggota masyarakat. yang akan menjadi patokan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:1). Bagaimana konsep pendekatan saintifik pada Kurikulum 2013 dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kegiatan belajar mengajar? 2). Bagaimana implementasi dan problematika konsep pendekatan saintifik Kurikulum 2013 dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di dalam kegiatan belajar mengajar? Dengan tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1). Menganalisis pendekatan saintifik pada Kurikulum 2013 dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. 2). Menganalisis implementasi dan problematika pendekatan saintifik pada Kurikulum 2013 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini tergolong penelitian pustaka atau literer, maka penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Penelitian ini lebih menekankan pada kekuatan analisis data pada sumber-sumber data yang ada yang didapat dari buku-buku, tulisan-tulisan dan dengan mengandalkan teori-teori yang ada untuk diinterpretasikan secara luas dan mendalam. Untuk itu, penulis menggunakan pendekatan deskriptif kepustakaan dengan berdasarkan tulisan yang mengarah pada pembahasan skripsi ini. Selain itu peneliti menggunakan pendekatan interpretasi adalah suatu pendekatan penelitian yang dilakukan oleh peneliti untuk menjelaskan bagian-bagian yang kurang jelas berdasarkan asumsi dan pemahaman peneliti. Kata Kunci : Implementasi, Problematika, Pendekatan, Saintifik, Kurikulum 2013, Pendidikan Agama Islam.
SIGNIFIKASI SHALAT BERJAMAAH TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DI MADRASAH ALIYAH AN-NAFIAH BANJARAN BAURENO BOJONEGORO Yusup Karjanto Karjanto
EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya Vol 1 No 1 (2018): Maret 2018
Publisher : Program Pascasarjana Pendidikan Islam Universitas Islam Darul Ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (117.999 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui hasil dan kegiatan shalat berjamaah terhadap tingkat kedisiplinan siswa pada Madrasah Aliyah An-Nafiah Banjaran Baureno Bojonegoro. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah : 1) Bagaimanakah Pelaksanaaan Shalat Berjama’ah Siswa Madrasah Aliyah An-Nafiah Banjaran Baureno Bojonegoro ?. 2) Bagaimanakah Tingkat Kedisiplin Siswa Madrasah Aliyah Banjaran Baureno Bojonegoro ?. 3) Bagaimanakah Signifikasi Shalat Berjama’ah terhadap Peningkatan kedisiplinan siswa Madrasah Aliyah An-Nafiah Banjaran Baureno Bojonegoro ?. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah An-Nafiah Banjaran Baureno Bojonegoro. Madarasah tersebut dijadikan sumber data untuk mendapatkan gambaran mengenai pembiasaan sholat berjamaah dan kedisiplinan dalam belajar siswa di Madrasah. Data diperoleh melalui angket, wawancara dan dokumentasi. Semua data dianalisis menggunakan analisis kulitatif. Kajian ini menunjukkan bahwa (1) pembiasaan sholat berjamaah di Madrasah Aliyah An-Nafiah masih sangat rendah dikarenakan prosentase 10% dibanding jumlah siswa kelas XI 35 anak di tahun pelajaran 2015/2016; (2) kedisiplinan dalam belajar siswa Madrasah Aliyah An-Nafiah Banjaran Baureno Bojonegoro khususnya kelas XI di tahun pelajaran 2015/2016 juga sangat rendah dimana dapat dilihat dari tingkat kehadiran pada jam pertama Bimbingan Membaca Al-Quran (BBQ) pada jam 06.30 - 07.00 masih rendah dibanding jumlah keseluruhan siswa; (3) hubungan pembiasaan jamaah sholat terhadap kedisiplinan dalam belajar siswa Madrasah Aliyah An-Nafiah Banjran Baureno Bojonegoro khususnya kelas XI di tahun pelajaran 2015/2016 juga terdapat signifikasi artinya rendahnya pembiasaan shalat berjamaah berpengaruh terhadap tingkat kedisiplinan siswa. Hal ini merupakan gambaran untuk lembaga dalam meningkatkan berbagai upaya dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dalam belajar dan juga melakukan upaya dalam meninghkatkan kebiasaan shalat berjamaah melalui upaya upaya sebagai berikut: 1) Hendaknya orang tua harus selalu mengawasi kepada putra-putrinya didalam beribadah terutama shalat, paling tidak harus di beri waktu antara ibadah dengan bermain sebab pengaruh bermain dengan lingkungan yang tidak baik akan sangat luar biasa dampaknya terhadap perkembangan moral anak-anak. Disamping itu pergaulan yang tidak baik dan salah juga dapat menyebabkan belajar anak-anak terganggu termasuk belajar mengaji dan aktivitas ibadah terutama shalatnya. 2) Hendaknya orang tua harus bekerja sama dengan para pendidik untuk mengarahkan kegiatan ibadah anak-anaknya supaya tidak ikut larut dalam pergaulan yang salah sehingga malas untuk beribadah. Selain itu juga dapat membuat degradasi moral generasi muda yang sebenarnya dapat diantisipasi dengan membuat filter-filter budaya lokal yang masih santun untuk mengimbangi masuknya budaya asing yang masuk. 3) Pemerintah harus bersifat arif dan bijaksana dalam mensikapi perkembangan globalisasi yang dampaknya sangat besar dan menyeluruh. Oleh karena itu pemerintah harus membuat undang-undang yang membatasi dampak perkembangan arus globalisasi tersebut demi berlangsungnya pemerintahan yang aman dan sejahtera serta terbentuknya generasi baru yang siap untuk meneruskan perjuangan tampuk pimpinan bangsa dan negara. Kata kunci : Sholat Jamaah,Disiplin,Siswa
HUBUNGAN KONSEP PENDIDIKAN SEKS DAN PEMBENTUKAN AKHLAK REMAJA PERSPEKTIF AL-QURAN SUTAIS SUTAIS
EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya Vol 1 No 1 (2018): Maret 2018
Publisher : Program Pascasarjana Pendidikan Islam Universitas Islam Darul Ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (86.021 KB)

Abstract

Dalam penulisan tesis ini penulis mengambil judul ”Hubungan Konsep Pendidikan Seks dan Pembentukan Akhlak Remaja Perspektif Al-Qur’an”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pandangan al-Qur’an tentang konsep pendidikan seks remaja; (2) Pandangan al-Qur’an tentang pembentukan akhlak remaja; dan (3) hubungan konsep pendidikan seks dan pembentukan akhlak remaja perspektif al-Qur’an. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian Riset Perpustakaan (library research) dengan teknik metode deduktif, metode induktif, metode intepretasi, dan metode komparatif. Hasil penelitian mennunjukkan antara pendidikan seks remaja dan pembentukan akhlak remaja dalam al-Qur’an ditemukan adanya suatu hubungan. Pendidikan seks remaja betujuan mengatur umat islam khususnya seorang remaja memahami aspek-aspek seksual dan syahwat agar tidak terjadi perbuatan yang tercela melalui batasan-batasan yang dapat mencegah terjadinya hal tersebut. Di dalam agama Islam, pendidikan seks termasuk bagian pendidikan akhlak, sedangkan pendidikan akhlak merupakan bagian dari pendidikan Islam. Oleh karena itu pendidikan seks menurut Islam harus sesuai dengan tujuan Islam. Sedangkan tujuan pendidikan Islam adalah pembentukan akhlak dan budi pekerti yang sanggup menghasilkan orang-orang yang bermoral, laki-laki maupun perempuan, jiwa yang bersih, kemauan keras, cita-cita yang benar dan akhlak yang tinggi, tahu arti kewajiban dan pelaksanaannya, menghormati hak-hak manusia, tahu membedakan mana yang buruk dengan baik, dan mengingat Tuhan dalam setiap pekerjaan yang mereka lakukan. Al-Qur’an banyak yang menjelaskan tentang pendidikan seks dan pembentukan akhlak. Kata Kunci : Hubungan, Konsep, Pendidikan, Seks, Akhlak, Remaja, Persepektif, Al-Qur’an
EKSISTENSI MADRASAH DINIYAH DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI KECAMATAN KEDUNGADEM KABUPATEN BOJONEGORO. Priyanto Priyanto
EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya Vol 1 No 1 (2018): Maret 2018
Publisher : Program Pascasarjana Pendidikan Islam Universitas Islam Darul Ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (59.556 KB)

Abstract

Penelitian ini berjudul ”Eksistensi Madrasah Diniyah dalam pengembangan pendidikan Islam di Kecamatan Kedungadem,Kabupaten Bojonegoro. Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana membina dan mengembangkan potensi sumber daya manusia melalui pendidikan Islam. Adapun penulis mengangkat sebuah penelitian ini adalah untuk mengungkapkan cara-cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan pendidikan Islam, diantaranya adalah dengan menumbuh kembangkan kecintaan terhadap pendidikan non formal Madrasah Diniyah. Untuk sampai pada tujuan tujuan dan manfaat penelitian tesis ini dilakukan kajian Kepustakaan (library research) baik terhadap literature-literatur yang mendukung kajian ini dan literature sekunder. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan dapat diambil kesimpulan bahwa salah satu pendorong utama dalam pengembangan pendidikan Islam adalah dengan adanya Madrasah Diniyah sebagai penanaman ruh keislaman, semangat dan jiwa religious serta memiliki pola pemikiran Tauhid (Integralistik) Kata Kunci: Eksistensi,Madrasah Diniyah,Pendidikan Islam.
Korelasi Antara Resistensi Orang Tua Terhadap Khamar Dengan Perkembangan Akhlak Anak Di Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban Syafi’i Syafi’i
EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya Vol 1 No 1 (2018): Maret 2018
Publisher : Program Pascasarjana Pendidikan Islam Universitas Islam Darul Ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (58.494 KB)

Abstract

Pada umumnya keluarga merupakan bentuk sosial terkecil yang dikenal anak sejak kelahirannya begitu juga yang terjadi di masyarakat kecamatan Jenu. Keluarga juga mempengaruhi perkembangan jiwanya dan seharusnya mengarahkan pada pendidikan anak. disamping itu keluarga banyak mewarnai corak kepribadian anak . Dalam pembinaan fitrah orang tua harus benar dituntut mengerti dan mau mengarahkan agar anak mempunyai kepribadian yang mulia sesuai dengan ajaran Islam. Dalam mengarahkan anak pada pribadi Muslim orang tua dituntut mengerti tentang pendidikan agama. maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh siswa. Salah satunya adalah aspek pendekatan orang tua terhadap anak dalam usia belajar, pencitraan orang tua dalam kehidupan sehari-hari terhadap semua anggota keluarganya terutama bagi sang ayah. Karena bila sang ayah ini tidak memberikan suatu pengarahan yang baik terhadap anak atau bahkan memberikan contoh kegiatan atau kebiasaan yang kurang baik di mata agama sekalipun maka akan mempengaruhi proses keberhasilan anak dalam belajar. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk penelitian kuantitatif dengan menggunakan tiga metode yaitu metode Induksi, Deduksi dan metode Penelitian. Dan agar hasil penelitian berjalan dengan baik, maka dalam pengumpulan datanya, penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan angket. Sedangkan untuk menganalisisnya, penulis menggunakan teknik metode analisa data penelitian korelasi. Bertolak dari kesimpulan yang telah diuraikan di atas, perlu kiranya penulis memberikan sumbangan pemikiran berupa saran-saran antara lain, kiranya orang tua harus betul-betul fokus dalam mendidik putra-putrinya sehingga tidak ada anak yang sampai terbiasa minum Khamar tanpa di ketahui orang tuanya atau bahkan orang tuanya mengetahui tentang kebiasaan itu tetapi tidak mampu mencegahnya. Dan yang tak kalah pentingnya adalah perlunya masing-masing orang tua di Kecamatan Jenu untuk betul-betul menjahui Khamar karena itu akan berakibat fatal bagi penggunanya dan nama baik keluarganya. Hal ini dimaksudkan agar terjadi keberhasilan di dunia dan juga keberhasilan di akhirat. Kata Kunci: Resistensi Orang, Perkembangan Akhlak Anak.
Internalisasi Pendidikan Agama Islam Melalui Budaya Religius dalam Menanggulangi Penyalahgunaan Narkoba di MAN Tuban Ahmad Syaifudin
EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya Vol 1 No 1 (2018): Maret 2018
Publisher : Program Pascasarjana Pendidikan Islam Universitas Islam Darul Ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (85.643 KB)

Abstract

The big question that appear in the midst of mankind today is the dryness of the spiritual aspect. This study departs from a concern and at the same expectations. Why in this era of globalization has increased the problem of moral decadence , so parents are increasingly concerned about the negatives of globalization , ie the easy moral values ​​which negatively affects proteges primarily occurring drug abuse among students. Therefore internaliasi PAI through religious culture considered very necessary to be implemented in suppressing the abuse that occurred in MAN Tuban . The purpose of this study are ( 1 ) Describe the application of religious culture in MAN Tuban . ( 2) to identify factors that cause drug abuse in Tuban MAN . ( 3 ) Explores Internalization of Islamic education through religious culture in tackling drug using in MAN Tuban . This study is a qualitative research with a sociological approach . While the specification of this research using descriptive method that is as problem-solving procedures are investigated , by describing / depicting the state of the object of research at the present time , based on the facts that appear or as it is. From this research resulted in several findings : (1 ) Application of Religious Culture in MAN Tuban carried out in several ways , namely the creation of a religious atmosphere , the internalization of religion , ideals , habituation , forming attitudes and behavior . ( 2 ) Some of the causes of drug abuse in MAN Tuban is the basis of religion is not strong , two-way communication between parents and children is very rare, the effect of living environment, a culture that goes through the electronic and the print media . ( 3 ) the internalization of Islamic education through religious culture in tackling drug abuse implemented with emphasis on programs related to religious culture in MAN Tuban is through the provision of knowledge theoretically , through religious activities conduc ted by Extracurricular at MAN Tuban , through the establishment MAN religious culture in Tuban , through integration with a wide range of science. Keywords : internalization , Islamic religious education , religious culture , drug abuse
PENGEMBANGAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PAI) BERBASIS KITAB KUNIG DAN SIGNIFIKANSINYA DENGAN KARAKTER SISWA SMA AHMAD YANI 2 BAURENO BOJONEGORO Munir Munir
EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya Vol 1 No 2 (2018): Septemeber
Publisher : Program Pascasarjana Pendidikan Islam Universitas Islam Darul Ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (264.582 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengembangan materi Pendidikan Agama Islam yang berbasis kitab kuning di SMA Ahmad Yani 2 Baureno, dan Signifikansinya pelaksanaan Pendidikan Agama islam berbasis kitab kuning terhadap karakter siswa SMA Ahmad Yani 2 Baureno. Penelitian ini termasuk penelitian Kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui,kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi yang juga didukung dengan data-data sekunder yang diambil dari teks-teks yang tentunya terkait dengan tema penelitian ini. Berdasarkan wawancara, analisa data ,observasi ,hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan Kurikulum PAI berbasis kitab kuning sangat berpengaruh baik dengan karakter siswa di SMA Ahmad Yani Baureno, yang meliputi ketaatan, kedisiplinan, sopan-santun pada guru, teman, orang tua.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO BLOGGING (VLOG) (Studi Materi Makanan Halal Dan Haram Kelas 8 SMP Negeri 4 Lamongan) Zakiyah Yuliya Zulfa
EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya Vol 1 No 2 (2018): Septemeber
Publisher : Program Pascasarjana Pendidikan Islam Universitas Islam Darul Ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (88.883 KB)

Abstract

Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi adanya kenyataan di lapangan yang menunjukkan bahwa kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang masih sering terabaikan dengan berbagai alasan. Padahal dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi seharusnya justru semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu, perlu adanya penggunaan media pembelajaran yang relevan dengan perkembangan zaman dan bisa digunakan dalam pembelajaran materi Pendidikan Agama Islam yaitu salah satunya dengan penggunaan media pembelajaran berbasis Video Blogging (VLOG) sehingga diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik yang optimal. Media pembelajaran berbasis Video Blogging (VLOG) adalah alat bantu pembelajaran yang menyajikan informasi berdasarkan fenomena nyata atau catatan harian seseorang yang disajikan dalam bentuk audio dan visual. Tesis ini mengkaji tentang Peningkatan Hasil Belajar Materi Pendidikan Agama Islam dengan Media Pembelajaran Berbasis VLOG di SMP Negeri 4 Lamongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Pembelajaran Materi Pendidikan Agama Islam dengan Media Pembelajaran Berbasis VLOG, untuk mengetahui Hasil Belajar Materi Pendidikan Agama Islam Sebelum dan Sesudah Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis VLOG. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah Guru PAI SMP Negeri 4 Lamongan yang menggunakan media pembelajaran berbasis VLOG beserta Guru PAI lainnya dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran VLOG . Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, kuisioner dan dokumentasi yang menggunakan teknik analisa data dari tahap editing data, kategorisasi data dan penafsiran data. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa adanya peningkatan hasil belajar materi Pendidikan Agama Islam dengan media pembelajaran berbasis (VLOG) di SMP Negeri 4 Lamongan dibuktikan dengan hasil belajar materi PAI dengan nilai rata rata kelas yang sebelum menggunakan media pembelajaran berbasis vlog memperoleh rata-rata nilai kelas predikat cukup(C) meningkat menjadi predikat baik(B). Dari penulisan ini dapat dijadikan acuan bagi guru bahwa dalam penggunaan media pembelajaran yang tepat akan membuat peserta didik lebih aktif dan antusias dalam mengikuti proses pembelajaran serta lebih memudahkan peserta didik dalam pemahaman materi Pendidikan Agama Islam.

Page 1 of 10 | Total Record : 95