cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. lamongan,
Jawa timur
INDONESIA
EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya
ISSN : 25795465     EISSN : 25795473     DOI : -
Core Subject : Education,
The purpose of this journal is to publish scientific works from national and international lecturers, researchers, students, and practitioners to present their new ideas, concepts and theories in Indonesian language and literature education such as: 1. The research results of islamic edication. 2. The research results of experimental. 3. The research result of Class Action Research (CAR). 4. Research result of Literature. 5. Islamic studies
Arjuna Subject : -
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2018): Edu-Religia : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya" : 4 Documents clear
EKSISTENSI MADRASAH DINIYAH DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI KECAMATAN KEDUNGADEM KABUPATEN BOJONEGORO. Priyanto Priyanto
EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya Vol 1 No 2 (2018): Edu-Religia : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya
Publisher : Program Pascasarjana Pendidikan Islam Universitas Islam Darul Ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52166/edu-religia.v2i1.261

Abstract

Penelitian ini berjudul ”Eksistensi Madrasah Diniyah dalam pengembangan pendidikan Islam di Kecamatan Kedungadem,Kabupaten Bojonegoro. Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana membina dan mengembangkan potensi sumber daya manusia melalui pendidikan Islam. Adapun penulis mengangkat sebuah penelitian ini adalah untuk mengungkapkan cara-cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan pendidikan Islam, diantaranya adalah dengan menumbuh kembangkan kecintaan terhadap pendidikan non formal Madrasah Diniyah. Untuk sampai pada tujuan tujuan dan manfaat penelitian tesis ini dilakukan kajian Kepustakaan (library research) baik terhadap literature-literatur yang mendukung kajian ini dan literature sekunder. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan dapat diambil kesimpulan bahwa salah satu pendorong utama dalam pengembangan pendidikan Islam adalah dengan adanya Madrasah Diniyah sebagai penanaman ruh keislaman, semangat dan jiwa religious serta memiliki pola pemikiran Tauhid (Integralistik) Kata Kunci: Eksistensi,Madrasah Diniyah,Pendidikan Islam.
Korelasi Antara Resistensi Orang Tua Terhadap Khamar Dengan Perkembangan Akhlak Anak Di Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban Syafi’i Syafi’i
EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya Vol 1 No 2 (2018): Edu-Religia : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya
Publisher : Program Pascasarjana Pendidikan Islam Universitas Islam Darul Ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52166/edu-religia.v2i1.264

Abstract

Pada umumnya keluarga merupakan bentuk sosial terkecil yang dikenal anak sejak kelahirannya begitu juga yang terjadi di masyarakat kecamatan Jenu. Keluarga juga mempengaruhi perkembangan jiwanya dan seharusnya mengarahkan pada pendidikan anak. disamping itu keluarga banyak mewarnai corak kepribadian anak . Dalam pembinaan fitrah orang tua harus benar dituntut mengerti dan mau mengarahkan agar anak mempunyai kepribadian yang mulia sesuai dengan ajaran Islam. Dalam mengarahkan anak pada pribadi Muslim orang tua dituntut mengerti tentang pendidikan agama. maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh siswa. Salah satunya adalah aspek pendekatan orang tua terhadap anak dalam usia belajar, pencitraan orang tua dalam kehidupan sehari-hari terhadap semua anggota keluarganya terutama bagi sang ayah. Karena bila sang ayah ini tidak memberikan suatu pengarahan yang baik terhadap anak atau bahkan memberikan contoh kegiatan atau kebiasaan yang kurang baik di mata agama sekalipun maka akan mempengaruhi proses keberhasilan anak dalam belajar. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk penelitian kuantitatif dengan menggunakan tiga metode yaitu metode Induksi, Deduksi dan metode Penelitian. Dan agar hasil penelitian berjalan dengan baik, maka dalam pengumpulan datanya, penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan angket. Sedangkan untuk menganalisisnya, penulis menggunakan teknik metode analisa data penelitian korelasi. Bertolak dari kesimpulan yang telah diuraikan di atas, perlu kiranya penulis memberikan sumbangan pemikiran berupa saran-saran antara lain, kiranya orang tua harus betul-betul fokus dalam mendidik putra-putrinya sehingga tidak ada anak yang sampai terbiasa minum Khamar tanpa di ketahui orang tuanya atau bahkan orang tuanya mengetahui tentang kebiasaan itu tetapi tidak mampu mencegahnya. Dan yang tak kalah pentingnya adalah perlunya masing-masing orang tua di Kecamatan Jenu untuk betul-betul menjahui Khamar karena itu akan berakibat fatal bagi penggunanya dan nama baik keluarganya. Hal ini dimaksudkan agar terjadi keberhasilan di dunia dan juga keberhasilan di akhirat. Kata Kunci: Resistensi Orang, Perkembangan Akhlak Anak.
PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KEGIATAN TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DI SMP DARUSSALAM KECAMATAN BAURENO KABUPATEN BOJONEGORO Miftakhul Anam
EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya Vol 1 No 2 (2018): Edu-Religia : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya
Publisher : Program Pascasarjana Pendidikan Islam Universitas Islam Darul Ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52166/edu-religia.v2i2.1620

Abstract

Seorang guru harus mampu menumbuhkan sikap disiplin pada siswa agar semua kegiatan sekolah dapat terlaksana dengan baik. Menumbuhkan sikap disiplin pada siswa tentu tidaklah mudah. Seorang guru hendaknya mengupayakan dengan menggunakan metode-metode yang efektif untuk menumbuhkan kedisiplinan pada siswa. Salah satunya dengan metode pembiasaan Pembiasaan merupakan metode yang mengupayakan bagaimana agar seseorang menjadi terbiasa dalam melakukan sesuatu baik itu peraturan, ataupun kegiatan-kegiatan yang lain. Dengan pembiasaan maka seseorang akan merasa terbiasa dan ringan dalam melakukan hal tersebut, sehingga tidak ada lagi perasaan terpaksa. Pembiasaan yang diterapkan tentunya adalah pembiasaan yang positif seperti halnya pembiasaan sholat berjamaah, pembiasaan dalam perilaku sopan santun dan lain sebagainya. Hal tersebut akan membawa dampak positif bagi kedisiplinan siswa. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian adalah metode observasi, metode dokumentasi dan metode angket. Analisis data digunakan metode analisis deskriptif untuk dokumen-dokumen kualitatif dan analisis statistik dengan program SPSS 16.0 untuk data kuantitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) Sistem pelaksanaan kurikulum PAI berjalan dengan baik sesuai dengan kurikulum nasional sebagian menggunakan KKNI. Dalam pendalaman materi dan pengayaan telah diprogramkan dalam beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang dapat meningkatkan pengetahuan serta menambah keahlian para siswa dalam pendidikan PAI, (b)Dalam tahun ajaran 2018/2019 terdapat beberapa pelanggaran kecil yang dilakukan siswa tentunya sanksi akan diberikan sesuai dengan ketentuan yang berlaku di sekolah. Adapun report tahun 2018/2019 sikap disiplin siswa dalam kategori 85% Baik dan 15 % kurang baik. Dalam hal ini dilakukan pembinaan intensif tentang kedisiplinan terhadap siswa-siswa yang sering melanggar tata tertib dengan melibatkan guru bimbingan dan orang tua siswa. , (c) Dalam uji statistik inferensial yang telah diuji dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan antara pengembangan kurikulum PAI berbasis kegiatan terhadap kedisiplinan siswa. Dalam penelitian ini hipotesis ho ditolak dan ha diterima sehingga hipotesis yang menyatakan ada pengaruh pengembangan kurikulum PAI berbasis kegiatan terhadap kedisiplinan terbukti. Seperti yang telah disampaikan dalam interpretasi data pengembangan kurikulum PAI berbasis kegiatan terhadap kedisiplinan sebesar 72,0%. Sedangkan sisanya sebesar 28, % dipengaruhi oleh variabel lain selain pengembangan kurikulum. Dalam hal ini faktor-faktor lain seperti faktor pengaruh lingkungan sekolah, lingkungan rumah dan lingkungan tempat bermain juga memiliki peranan dalam perilaku disiplin siswa.
PENDIDIKAN AKHLAK DI PESANTREN (Studi Analisis Pendidikan dan Tradisi Pondok Pesantren Manbail Futuh, Beji, Jenu, Tuban dengan Perilaku Keberagaman Santri) Abdullah Muttaqin
EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya Vol 1 No 2 (2018): Edu-Religia : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya
Publisher : Program Pascasarjana Pendidikan Islam Universitas Islam Darul Ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52166/edu-religia.v2i2.1621

Abstract

Pendidikan merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari hidup dan kehidupan manusia. Salah satu misi utama pendidikan Islam adalah untuk menyempurnakan akhlak manusia. Dengan misi itu manusia diharapkan menjadi makhluk yang bermoral, yakni makhluk yang bertanggung jawab sepenuhnya atas segala perbuatan yang dipilihnya dengan sadar, yang baik maupun yang buruk. Oleh karena itu, akhlak harus dijadikan sebagai orientasi hidup di setiap masa dan waktu. Letak pentingnya akhlak dapat dilihat dalam firman Allah dalam pembinaan akhlak adalah salah satu cara untuk mencetak tingkah laku manusia yang baik, sehingga ia berprilaku terpuji, sempurna sesuai dengan substansinya sebagai manusia, yang bertujuan mengangkatnya dari derajat yang paling tercela. Dengan dasar tersebut penulis tertarik mnenganalisis pendidikan dan tradisi pondok pesantren Manbail Futuh Beji, Jenu, Tuban.

Page 1 of 1 | Total Record : 4