cover
Contact Name
Siska Amelia
Contact Email
siska.kresno@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
mahardika.kresno@gmail.com
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
Jurnal Mitra Pendidikan
ISSN : 26147254     EISSN : 25500481     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Mitra Pendidikan adalah Jurnal hasil penelitian dalam bidang pendidikan. Isi jurnal ini diharapkan menjadi inspirasi para Tenaga Pendidik dalam pengembangan profesinya
Arjuna Subject : -
Articles 540 Documents
GAME EDUKASI PENGENALAN ALAT TRANSPORTASI BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK ANAK USIA DINI 4-6 TAHUN Claudia Nefitha Tjahjono Putri
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 2 No 3 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (815.045 KB)

Abstract

Usia dini merupakan usia yang bagus untuk memberikan pendidikan dasar yang tepat, jika ia mendapatkan pendidikan yang tepat maka ia akan siap dalam belajar pada jenjang berikutnya dan memperoleh kesuksesan. Proses belajar-mengajar di sekolah yang menggunakan buku pelajaran sebagai acuan materi lalu disampaikan dari guru ke siswa sudah biasa. Siswa disuruh membaca buku setelah itu dijelaskan oleh guru. Cara tersebut membuat anak cepat bosan dan kurang tertarik dalam hal belajar. Dan juga, perkembangan teknologi yang sangat pesat, dimana anak lebih sering memegang gadget daripada buku untuk belajar. Dengan alasan tersebut, diperlukan media pendukung pendidikan yang menarik berbentuk game edukasi dengan tema pengenalan alat transportasi. Pembutaan game ini berdasarkan hasil penelitian pada bulan September dan sesuai dengan kuriulum KB-TKIT Ummu Aiman dengan software utama Construct 2 menggunakan metode observasi dan wawancara terhadap KB-TKIT Ummu Aiman dengan maksud untuk memenuhi data yang diperlukan guna untuk membuat aplikasi agar mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan. Pembuatan aplikasi ini dengan tujuan untuk memudahkan anak dalam belajar mengenal alat transportasi dengan cara yang lebih menyenangkan, menarik dan tidak membuat anak cepat bosan. Dalam game ini disertai juga materi tentang alat transportasi yang dibuat menarik jadi, anak tidak hanya bermain dan anak tidak mudah bosan dalam belajar. Kata Kunci :game edukasi, flora dan fauna, anak usia dini
PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS 2 Johana Ermina Setyaningtyas; Firosalia Kristin; Indri Anugraheni
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 2 No 6 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (347.108 KB)

Abstract

Tujuan penelitian agar mengetahui model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar di mata pelajaran IPA pada siswa kelas 2. Penelitian dilaksanakan 27 April–7 Mei 2018, pada siswa kelas 2 SDN Banyubiru 03. Jenis penelitian ini adalah PTK. Teknik pengumpulan data penelitian diperoleh melalui tes, rubrik, dan lembar observasi. Hasil penelitian dengan menggunkakn model pembelajaran Quantum Teaching dikatakan berhasil hal ini dapat dilihat adanya peningkatan presentase hasil belajar siswa yang mengacu dalam Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang sudah ditentukan yaitu 70. Nilai ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan, ketuntasan awal pra siklus 9 siswa (30%), meningkat di siklus I sebesar meningkat 20 siswa (67%), meningkat pada siklus II menjadi 25 siswa (84%). Hasil kreativitas siswa pada pra siklus dengan kategori kreatif 0%, pada siklus I dengan kategori meningkat menjadi 3 siswa (10%), pada siklus II dengan kategori kreatif menjadi 4 siswa (13,33%). Pra siklus dalam ketgori cukup kreatif 11 siswa (36,66%), pada siklus I dengan kategori cukup kreatif 10 siswa (33,33%), pada siklus II dengan kategori cukup kreatif 13 siswa (43,33%). Pra siklus dengan kategori tidak kreatif awalnya 19 siswa (63,33%), pada siklus I dengan kategori tidak kreatif menurun menjadi 16 siswa (53,33%), pada siklus II dengan kategori tidak kreatif menurun menjadi 10 siswa (33,33%). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan kreativitas siswa dan hasil belajar siswa kelas 2 SDN Banyubiru 03 Kabupaten Semarang.
IMPLEMENTASI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES, KONVENSIONAL DAN MINAT BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR Noviana Desiningrum
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (101.551 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada dan tidaknya, (1) perbedaan hasil belajar Biologi antara kelompok siswa yang diberi perlakuan dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses pada kelompok siswa yang berminat tinggi dan berminat rendah, (2) perbedaan hasil belajar Biologi antara kelompok siswa yang diberi perlakuan dengan pendekatan konvensional pada kelompok siswa yang berminat tinggi dan berminat rendah, (3) interaksi antara metode pendekatan keterampilan proses dan minat belajar terhadap hasil belajar Biologi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan teknik purposive random sampling. Hasil belajar berdasarkan nilai rata-rata, (1) siswa yang diajar dengan pendekatan konvensional mempunyai nilai rata-rata sebesar 58,88 pada siswa yang mempunyai minat belajar rendah dan 82,20 pada siswa yang mempunyai minat belajar tinggi, (2) siswa yang diajar dengan pendekatan keterampilan proses mempunyai nilai rata-rata sebesar 76,20 pada siswa yang mempunyai minat belajar rendah dan 83,75 pada siswa yang mempunyai minat belajar tinggi.
PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS 5 SD Fivi Nuraini
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 1 No 4 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (152.55 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendiskripsikan langkah-langkah penerapan model PBL dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 5 SD. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 siklus. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes, data dianalisis menggunakan teknik diskriptif. Subyek penelitian adalah kelas 5 SDN Krandon Lor 01 Suruh berjumlah 16 siswa. Hasil penelitian menunjukkan, hasil belajar kognitif yang tuntas dari pra siklus 7 siswa (44%) meningkat menjadi 12 siswa (76%) pada siklus I dan meningkat menjadi 16 siswa (100%) pada siklus II. Hasil belajar afektif pada siklus I dan siklus II menunjukkan rata-rata sikap menghormati 88 meningkat menjadi 97, partisipasi 77 meningkat menjadi 91, bekerjasama 78 meningkat menjadi 86, tanggung jawab 83 meningkat menjadi 89. Hasil belajar psikomotor pada siklus I dan siklus II rata-rata aspek ketrampilan membawa alat dan bahan 72 meningkat menjadi 89, mengoprasikan alat 81 meningkat menjadi 89, ketelitian 81 menjadi 91, dan mendemonstrasikan 83 meningkat menjadi 97. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA, baik hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DAN THINK PAIR SHARE (TPS) Dea Komala Sari
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 1 No 5 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (403.427 KB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 02 Duren. Hal ini dilihat dari rendahnya nilai hasil Ulangan Akhir Semester I Tahun Ajaran 2016/2017 siswa yang belum tuntas mencapai KKM ≥ 69 sebanyak 21 siswa (60%). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 02 Duren supaya mencapai KKM ≥ 69 melalui penggunaan model pembelajaran Picture and Picture dan Think Pair Share (TPS). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindak Kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan, dengan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 02 Duren setelah diberikan tindakan pembelajaran menggunakan model Picture and Picture dan Think Pair Share (TPS). Pada siklus I diperoleh 13 siswa tidak tuntas (37,14%) dan 22 siswa tuntas (62,85%). Pada siklus II terjadi peningkatan nilai mata pelajaran IPA, sebanyak 32 siswa tuntas (91,4%) dan 3 siswa tidak tuntas (8,57%). Jadi penggunaan model pembelajaran Picture And Picture Dan Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 02 Duren Bandungan Semester II Tahun Ajaran 2016/2017.
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STAD DAN NHT DITINJAU DARI HASIL BELAJAR IPA susi lowati
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 1 No 6 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (374.884 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kefektifan model pembelajaran Student Team Achivement Division (STAD) dan Number Head Together (NHT) terhadap hasil belajar IPA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, dengan desain pretest posttest yang tak ekuivalen. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas IV SD Negeri Kutowinangun 08 sebagai kelas eksperimen 1 menggunakan pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan kelas IV SD Negeri Kutowinangun 07 sebagai kelas eksperimen 2 menggunakan model pembelajaran Number Head Together (NHT). Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 48 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dengan instrumen soal pretest dan posttest yang telah diuji validitas dan reliabilitas untuk mengukur hasil belajar siswa. Data dianalisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas, kemudian dilanjutkan dengan teknik analisis data menggunakan uji t Independent Sample Test menggunakan SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan penggunaan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan Number Head Together (NHT) terhadap hasil belajar IPA. Hal ini ditunjukkan dengan nilai probabilitas signifikansi 0,027 yang artinya lebih kecil dari 0,05 (0,027 < 0,05). Nilai rata-rata kelas eksperimen 1 sebesar 82,71 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 2 sebesar 78,75. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan Number Head Together (NHT).
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MEMOTIVASI SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) agatha iwan setiyaningsih
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 1 No 10 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.523 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa dengan media gambar yang layak digunakan dan dapat memotivasi siswa kelas III Sekolah Dasar dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial serta untuk mengetahui hasil penilaian ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Pengembangan Lembar Kerja Siswa dengan media gambar dilakukan dengan mengacu pada model pengembangan Dick & Carey. Hasil penelitian menujukan Lembar Kerja Siswa dengan media gambar layak digunakan sebagai media pembelajaran dan dapat memotivasi siswa kelas III Sekolah Dasar. Hal ini ditunjukan oleh: (1) penilaian produk LKS oleh ahli materi I termasuk dalam kriteria “cukup baik” dengan skor sebesar 3,33, (2) hasil penilaian oleh ahli materi II termasuk dalam kriteria “sangat Baik” dengan skor sebesar 4,58, (3) hasil penilaian oleh ahli media termasuk dalam kriteria “cukup baik” dengan skor sebesar 3,25, (4) penilaian oleh ahli bahasa termasuk dalam kriteria “cukup baik” dengan skor sebesar 3,33, (5) hasi penilaian ujicoba perorangan termasuk dalam kriteria “sangat baik” dengan skor sebesar 4,23, (6) hasil penilaian ujicoba kelompok kecil termasuk dalam kriteria “baik” dengan skor sebesar 4,16, (7) hasil penilaian ujicoba kelompok besar termasuk dalam kriteria “sangat baik” dengan skor sebesar 4,39. Kata Kunci : Lembar kerja siswa, media gambar, motivasi.
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Robin Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Salatiga Amalia Aghni Rizqi
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.431 KB)

Abstract

Abstrak. Adanya proses pembelajaran matematika yang belum sesuai dengan standar proses menjadi dasar pemilihan model kooperatif tipe Round Robin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin Brainstorming terhadap hasil belajar matematika bagi siswa kelas VII SMP Negeri 9 Salatiga. Jenis penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi-Experimental Design bentuk Posttest-Only Control Design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Cluster Random Sampling dan diperoleh kelas VII A yang terdiri dari 29 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B yang terdiri dari 27 siswa sebagai kelas kontrol. Uji normalitas dengan metode Shapiro-Wilk, uji homogenitas dengan metode Levene’s dan uji hipotesis menggunakan Independent Sample t-test. Keseluruhan uji menggunakan SPSS versi 16.0 dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Hasil pengujian hipotesis menyimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin tidak berpengaruh pada hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 9 Salatiga.
PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI IPA DALAM MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGAN DI SMPN 2 LUBUK BATU JAYA Lis Suryanti
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 2 No 3 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (279.764 KB)

Abstract

Proses belajar-mengajar atau proses pengajaran merupakan suatu kegiatan melaksanakan kurikulum suatu lembaga pendidikan, agar dapat mempengaruhi para siswa mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Penggunaan metoda demontrasi dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam tentang interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya yang telah dilaksanakan selama kegiatan penelitian sangat baik, hal ini terbukti dari hasil evaluasi dari siklus ke 1 dan siklus ke 2 terjadi peningkatan yang cukup tinggi, disamping situasi belajar sangat kondusif, karena pembelajaran dengan menggunakan metoda demontrasi dapat melibatkan siswa secara utuh, artinya terlibat dari awal sampai akhir pembelajaran. Disamping media pembelajaran yang harus dikuasai, juga alat peraga yang diperlukan perlu dipersiapkan, karena alat peraga mampu menjembatani pemahaman siswa pada siklus 1 jumlah siswa yang mencapai KKM adalah 72 % dan pada siklus 2 86 %. Dengan ini dapat dilihat bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi siswa dalam materi pelajaran interaksi makhluk hidup
BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN TEKNIK MULTIKULTURAL TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI Luky Umami Khoirunnisa'
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 2 No 5 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (407.429 KB)

Abstract

Tujuan dasar bimbingan konseling adalah membantu seluruh siswa mengembangkan keterampilan dasar termasuk siswa dengan berkebutuhan khusus (ABK). Pengajaran dalam layanan dasar bimbingan dan konseling ini diawali sejak pengalaman pertama siswa ABK masuk sekolah. Anak berkebutuhan khusus seringkali mendapatkan hambatan dan kesulitan sebagai dampak dari keluar biasanya, yaitu berupa hambatan aktivitas sehari-hari. Layanan bimbingan konseling di sekolah untuk membantu siswa ABK menghadapi kesulitannya. Dalam pendidikan inklusi, layanan bimbingan konseling untuk ABK disesuaikan dengan kebutuhan-kebutuhan khusus anak secara individual. Layanan bimbingan dan konseling adalah proses bantuan atau pertolongan yang diberikan oleh pembimbing (konselor) kepada individu (konseli) melalu pertemuan tatap muka atau hubungan timbal balik antara keduanya, agar konseli memiliki kemampuan atau kecakapan melihat dan menemukan masalahnya serta mampu menerima dirinya sendiri sesuai dengan potensinya. Bimbingan dan konseling untuk ABK di sekolah inklusi diarahkan pada pengembangan kepribadian dan keterampilan hidup sehingga mampu berpartisipasi dalam masyarakat.

Page 1 of 54 | Total Record : 540


Filter by Year

2017 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 7 No 3 (2023): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 7 No 2 (2023): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari Vol 7 No 1 (2023): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 6 No 12 (2022): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 6 No 11 (2022): Jurnal Mitra Manajemen Edisi November Vol 6 No 10 (2022): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 6 No 9 (2022): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 6 No 8 (2022): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 6 No 7 (2022): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 6 No 6 (2022): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 6 No 5 (2022): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 6 No 4 (2022): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 6 No 3 (2022): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 6 No 2 (2022): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari Vol 6 No 1 (2022): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 5 No 12 (2021): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 5 No 11 (2021): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 5 No 10 (2021): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 5 No 9 (2021): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 5 No 8 (2021): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 5 No 7 (2021): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 5 No 6 (2021): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 5 No 5 (2021): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 5 No 4 (2021): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 5 No 3 (2021): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 5 No 2 (2021): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari Vol 5 No 1 (2021): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 4 No 12 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 4 No 11 (2020): Jurnal Mitra Pendidikn Edisi November Vol 4 No 10 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 4 No 9 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 4 No 8 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 4 No 7 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 4 No 6 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 4 No 5 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 4 No 4 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 4 No 3 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 3 No 12 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 3 No 11 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 3 No 10 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 3 No 9 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 3 No 8 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 3 No 6 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 3 No 5 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 3 No 4 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 3 No 3 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 3 No 2 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 2 No 12 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 2 No 11 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 2 No 10 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 2 No 9 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 2 No 8 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 2 No 7 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 2 No 6 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 2 No 5 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 2 No 4 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 2 No 3 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Februari Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 1 No 10 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 1 No 9 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 1 No 8 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 1 No 7 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 1 No 6 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 1 No 5 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 1 No 4 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 1 No 3 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret More Issue