cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota salatiga,
Jawa tengah
INDONESIA
Techne : Jurnal Ilmiah Elektroteknika
ISSN : 14128292     EISSN : 26157772     DOI : -
urnal Ilmiah Elektroteknika Techné (p-ISSN: 1412-8292, e-ISSN: 2615-7772) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Teknik Elektronika dan Komputer, Universitas Kristen Satya Wacana. Kajian ilmu yang tercakup dalam Jurnal Ilmiah Elektroteknika Techné adalah bidang-bidang Elektronika dan Komputer, baik yang menyangkut perangkat keras maupun perangkat lunak. Jurnal Ilmiah Elektroteknika Techné terbit online pertama kali tahun 2010. Jurnal ini terbit dua kali setahun, yaitu pada bulan April dan Oktober. Jurnal Ilmiah Elektroteknika Techné menganut prinsip Open Access, sehingga semua artikel yang dipublikasikan dapat diakses secara bebas oleh setiap pengunjung.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 13 No. 01 (2014)" : 10 Documents clear
CALL SETUP FAILURE PADA JARINGAN CDMA 2000 1X Budihardja Murtianta
Techné : Jurnal Ilmiah Elektroteknika Vol. 13 No. 01 (2014)
Publisher : Fakultas Teknik Elektronika dan Komputer Universitas Kristen Satya Wacana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1640.804 KB)

Abstract

Pertumbuhan pelanggan yang pesat dan persaingan yang tinggi dari para penyedia jasa telekomunikasi seluler menuntut peningkatan kualitas pelayanan. Origination Call Success Rate (OCSR) merupakan salah satu penentu kualitas layanan jaringan Code Division Multiple Access (CDMA), OCSR yang rendah mengindikasikan banyak terjadi call setup failure. Untuk mengetahui penyebab call setup failure dilakukan penelitian pada sebuah jaringan CDMA nyata yaitu pada suatu perusahaan di daerah Yogyakarta. Penelitian dilakukan melalui pengambilan data statistik serta drive test di daerah Sleman. Hasil penelitian pada daerah Sleman menyatakan call setup failure terjadi karena jangkauan yang buruk (poor coverage). Poor coverage ini terjadi karena jarak antara Base Tranceiver Station (BTS) yang terlalu jauh yaitu 10km. Untuk mengatasi call setup failure di daerah ini, disarankan untuk membangun sebuah BTS diantara kedua BTS yang sudah ada sehingga jarak antara BTS menjadi 5km.
OSILATOR BERBASIS GALLIUM ARSENIDE (GaAs) Andreas Ardian Febrianto
Techné : Jurnal Ilmiah Elektroteknika Vol. 13 No. 01 (2014)
Publisher : Fakultas Teknik Elektronika dan Komputer Universitas Kristen Satya Wacana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.897 KB)

Abstract

Gallium Arsenide (GaAs) merupakan bahan semikonduktor majemuk Penggunaan GaAs sebagai salahsatu bahan untuk semikonduktor sudah diteliti sejak lama, hanya saja penggunaan dan produksi semikonduktor berbahan GaAs yang ada saat ini masih sangat terbatas. Beberapa keuntungan penggunaan GaAs dibandingkan dengan Silikon (Si) adalah semikonduktor berbahan GaAs mempunyai kecepatan yang lebih cepat dibandingkan dengan Si,semikonduktor berbahan GaAs bisa beroperasi untuk frekuensi microwave sedangkan semikonduktor berbahan Si tidak bisa secara efektif berfungsi,semikonduktor berbahan GaAs mempunyai jangkauan temperatur kerja yang lebih lebar. Peranti - peranti dengan bahan GaAs dapat menoleransi jangkauan temperatur antara – 2000 C hingga 2000 C,dan hambatan jenis ( resistivity ) intrinsik yang lebih tinggi sehingga dapat memudahkan isolasi dari bermacam-macam peranti dalam satu landasan. Komponen elektronika dioda Gunn dan dioda IMPATT yang berbasis GaAs digunakan dalam perancangan osilator berbasis GaAs. Osilator dioda Gunn dan dioda IMPATT mampu bekerja pada fekuensi microwave dengan konsumsi daya yang rendah.
SISTEM PENGENAL ARAH PANDANG MATA PADA PENGENDARA MOBIL Deny Christian; Ivanna K. Timotius; Iwan Setyawan
Techné : Jurnal Ilmiah Elektroteknika Vol. 13 No. 01 (2014)
Publisher : Fakultas Teknik Elektronika dan Komputer Universitas Kristen Satya Wacana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (177.684 KB)

Abstract

Tulisan ini menyajikan perancangan sebuah sistem alarm untuk mengingatkan pengendara apabila arah pandang pengendara teralih dari jalan raya. Sistem yang dirancang memanfaatkan algoritma Viola-Jones [3], yang kemudian diproses dengan dan tanpa histogram equalization. Pengklasifikasian arah pandangan mata dilakukan menggunakan klasifikasi nearest neighbor dengan perhitungan jarak terdekat menggunakan kriteria jarak Euclidean. Berdasarkan hasil eksperimen, keakuratan sistem dengan histogram equalization mencapai 97%, sedangkan keakuratan sistem tanpa histogram equalization mencapai 60,5% dengan data pelatihan sejumlah lima citra, dan data pengujian sejumlah 3963 citra.
SISTEM PENGENDALI PERALATAN ELEKTRONIK SERTA PEMANTAUAN SUHU RUANGAN BERBASIS MIKROKONTROLER DENGAN MEDIA KOMUNIKASI JALA-JALA Vinsensius R.S. Purnomo; Budihardja Murtianta; Darmawan Utomo
Techné : Jurnal Ilmiah Elektroteknika Vol. 13 No. 01 (2014)
Publisher : Fakultas Teknik Elektronika dan Komputer Universitas Kristen Satya Wacana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (892.486 KB)

Abstract

Penggunaan peralatan elektronik seperti lampu penerangan ataupun perangkat listrik lainnya semakin meningkat. Pada umumnya setiap peralatan elektronik memiliki tombol saklar yang letaknya berada di dekat peralatan sehingga pengguna harus mendekat untuk mengaktifkannya. Pada makalah ini akan dijelaskan perancangan sebuah sistem pengendali jarak jauh peralatan elektronik secara nyala/mati menggunakan Komunikasi Jala-Jala / Power Line Carrier (PLC) sebagai metode komunikasi antar modul. Selain untuk pengendalian jarak jauh, sistem ini juga dapat digunakan untuk pemantauan suhu ruangan. Cara kerja sistem yang dibuat ialah dengan cara mengirimkan data termodulasi Frequency Shift Keying (FSK) yang berisi perintah atau kondisi suhu ruangan melalui komunikasi jala-jala, data tersebut dilewatkan melalui kabel bertegangan 220 VAC. Pengujian sistem pada saluran listrik bertegangan 220 VAC dengan titik terjauh sepanjang 85 meter berhasil dilakukan karena sistem memiliki mekanisme collision detection yaitu sebuah algoritma untuk memastikan perintah yang dikirimkan ke modul slave berhasil diterima, dengan cara mengirim ulang perintah sebanyak sepuluh kali pengiriman jika modul master belum mendapat ack dari modul slave. Sistem ini terdiri dari dua buah modul master dan empat buah modul slave, yang mana setiap modul master dapat mengendalikan dua buah modul slave. Setiap modul master dan modul slave dirancang dengan mikrokontroler ATmega8535 sebagai komponen pengendali utama. Sistem yang dibuat dapat dipakai di saluran bertengangan 220 VAC satu fasa, dan dapat berkomunikasi secara half-duplex dengan jarak terjauh 85 meter.
SISTEM FORENSIK DIGITAL PADA SEPEDA MOTOR Daniel Santoso; Fransiscus Dalu Setiaji
Techné : Jurnal Ilmiah Elektroteknika Vol. 13 No. 01 (2014)
Publisher : Fakultas Teknik Elektronika dan Komputer Universitas Kristen Satya Wacana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (5745.693 KB)

Abstract

Kecelakaan lalu – lintas yang melibatkan sepeda motor mendominasi statistik angka kecelakaan lalu – lintas di Indonesia. Tidak jarang kecelakaan tersebut berakibat fatal dan mengakibatkan pengendara meninggal sehingga sulit dilakukan investigasi mengenai penyebab maupun kronologi kejadian. Pada makalah ini dirancang suatu alat berbasis mikrokontroler yang terpasang pada sepeda motor untuk mengukur parameter – parameter dinamika pergerakan dan merekamnya dalam sebuah kartu memori. Parameter yang dimaksud meliputi waktu, jarak tempuh, kecepatan, percepatan, orientasi, dan sudut kemiringan. Data yang tersimpan dapat diputar – ulang secara grafis pada PC menggunakan program aplikasi. Alat telah berhasil dirancang dan diimplementasikan pada sepeda motor. Pengujian telah dilakukan lebih dari 1000 km dengan berbagai skenario dan hasilnya parameter – parameter dinamika pergerakan dapat diukur dengan akurat dan disimpan dengan baik pada kartu memori. Pemutaran ulang pada PC cukup memberikan gambaran skenario yang berkaitan.
KUALITAS LAYANAN DATA PADA JARINGAN CDMA 2000 1x EVOLUTION-DATA ONLY (EVDO) Eva Yovita Dwi Utami; Peni Listyaningsih
Techné : Jurnal Ilmiah Elektroteknika Vol. 13 No. 01 (2014)
Publisher : Fakultas Teknik Elektronika dan Komputer Universitas Kristen Satya Wacana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1376.146 KB)

Abstract

Penelitian kualitas layanan data pada jaringan CDMA 2000 1x Evolution-Data Only (EVDO) berdasarkan hasil drive test dan data trafik dilakukan pada salah satu operator penyedia layanan seluler di kota Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan BTS yang paling sering mengalami throughput yang buruk atau bernilai kurang dari 76 kbps, adalah BTS UGM, disusul BTS Mrican dan BTS Ambarukmo. Penyebab hasil throughput buruk yaitu Access Terminal (AT) pada daerah dengan throughput rendah berada di luar cakupan BTS tersebut. Hal ini diperlihatkan dari hasil perhitungan cakupan BTS UGM sekitar 2,32 km, namun daerah buruk pada BTS tersebut berada pada jarak 2,5 km. Key Performance Indicator (KPI) secara umum belum mencapai standar terutama dari nilai throughput yang diperoleh semua BTS. Pada BTS UGM secara khusus mendapatkan nilai CSSR dan PER paling buruk. Sedangkan BTS Mrican mengalami drop call paling tinggi.
MANAJEMEN CATU DAYA BERBASIS MIKROKONTROLER MELALUI MEDIA WEB DENGAN STUDI KASUS MANAJEMEN CATU DAYA ROUTER Dwi Murgiyanto; Hartanto K. Wardana; Deddy Susilo
Techné : Jurnal Ilmiah Elektroteknika Vol. 13 No. 01 (2014)
Publisher : Fakultas Teknik Elektronika dan Komputer Universitas Kristen Satya Wacana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2505.181 KB)

Abstract

Router adalah sebuah alat yang bekerja selama 24 jam 7 hari. Agar router dapat terus bekerja secara maksimal, router perlu dilakukan perawatan. Salah satu cara perawatan pada router tersebut adalah melakukan restart catu daya router tersebut secara berkala. Karena pada umumnya perusahaan penyedia jasa internet memisahkan tempat peletakan router dengan tempat monitor maka operator perlu berjalan menuju tempat peletakan router tersebut dan melakukan restart pada catu daya router tersebut secara manual. Operator juga perlu mengetahui kondisi jala-jala PLN dan Generator pada ruang peletakan router tersebut. Oleh karena itu, pada skripsi ini dibuat sebuah sistem yang dapat digunakan untuk manajemen catu daya router tersebut dari jarak jauh melalui media web dan sistem informasi kondisi jala-jala PLN dan Generator melalui media SMS. Pada sistem yang dirancang terdapat 3 buah output yang berfungsi sebagai keluaran arus AC 220 Volt sehingga sistem ini dapat digunakan untuk manajemen 3 buah router secara terpisah. Untuk manajemen catu daya router-router tersebut dapat diakses melalui media web, pada halaman web terdapat 2 halaman yaitu halaman login dan halaman utama. Untuk masuk pada halaman utama dibutuhkan masukkan password yang terdapat pada halaman login. Pada halaman utama terdapat 3 buah tombol yang berfungsi sebagai saklar pada masing-masing router. Selain itu pada halaman utama web ini juga diinformasikan kondisi status jala-jala PLN dan Generator. Halaman web pada sistem yang dirancang dapat diakses melalui media komputer dan smart phone. Selain dapat diakses melalui web, sistem yang dirancang untuk informasi kondisi jala-jala PLN dan Generator dapat diakses melalui media SMS. Dari hasil pengujian keseluruhan sistem yang telah dilakukan, pengujian media web yang diakses menggunakan komputer 100% berhasil, pengujian media web yang diakses menggunakan smart phone 90% berhasil, dan pengujian dengan media SMS 100% berhasil.
SCADA BERBASIS WONDERWARE IN TOUCH 10.5 DENGAN PLC SIEMENS S300 SEBAGAI PENGENDALI SISTEM PERAKITAN KALENG Tri Hannanto Saputra; Lukas B. Setyawan; Deddy Susilo
Techné : Jurnal Ilmiah Elektroteknika Vol. 13 No. 01 (2014)
Publisher : Fakultas Teknik Elektronika dan Komputer Universitas Kristen Satya Wacana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2059.156 KB)

Abstract

Sistem ini merealisasikan Scada Berbasis Wonderware Intouch 10.5 dengan PLC Siemens untuk mengendalikan dan mengawasi proses perakitan kaleng. Sistem terdiri dari 3 unit yaitu Unit Input, Unit Asembly dan Unit Press. Unit akan dikontrol dengan menggunakan PLC Siemens S300 yang berbeda, sehingga akan ada 3 PLC yang digunakan untuk mengontrol unit tersebut. PLC akan dikomunikasikan dengan menggunakan profinet. Proses monitoring menggunakan PC dengan software Wonderware. Komunikasi antara PLC dengan Wonderware menggunakan KepserverEX 5.0. Hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa secara umum sistem ini dapat bekerja 100%. Wonderware Intouch dapat berkomunikasi dengan PLC menggunakan KepserverEX 5.0. Wonderware dapat melakukan proses pengendalian dan pengawasan. Pengoperasian mesin juga dapat dilakukan oleh operator dengan menggunakan tombol operasi.
PENGGUNAAN RASPBERRY PI SEBAGAI WEB SERVER PADA RUMAH UNTUK SISTEM PENGENDALI LAMPU JARAK JAUH DAN PEMANTAUAN SUHU Ignatius Prima H. Prabowo; Saptadi Nugroho; Darmawan Utomo
Techné : Jurnal Ilmiah Elektroteknika Vol. 13 No. 01 (2014)
Publisher : Fakultas Teknik Elektronika dan Komputer Universitas Kristen Satya Wacana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (7173.372 KB)

Abstract

Pada makalah ini akan dijelaskan perancangan sebuah sistem yang dapat digunakan untuk mengendalikan lampu dan pompa air listrik yang berada di rumah dari jarak jauh dengan antarmuka halaman web yang dapat diakses menggunakan jaringan internet atau tanpa jaringan internet melalui PC atau smartphone. Sistem yang dibuat ini juga memiliki fasilitas penjadwalan dan dapat digunakan untuk pemantauan suhu ruangan. Terdapat satu buah modul master dan dua buah modul slave yang telah dirancang sebelumnya. Cara kerja sistem yang dibuat adalah modul Raspberry Pi akan mengirimkan data yang didapat dari pengguna melalui halaman web ke modul modem PLC menggunakan komunikasi serial untuk diteruskan ke modul slave menggunakan komunikasi jala-jala sehingga menghasilkan perintah untuk pengontrolan peralatan yang terhubung pada modul slave. Pada hasil pengujian keseluruhan sistem, pengontrolan berhasil dilakukan dengan menggunakan jaringan internet melalui PC, tanpa menggunakan jaringan internet melalui smartphone via wifi, dan pengujian melalui penjadwalan. Kegagalan dalam pengontrolan terjadi apabila pengiriman data perintah pengontrolan dari modul master ke modul slave bersamaan dengan pengiriman data informasi dari modul slave ke modul master, hal tersebut disebabkan karena modul master dan modul slave berkomunikasi secara half-duplex.
SISTEM KENDALI GERAK SEGWAY BERBASIS MIKROKONTROLER Lukas B. Setyawan; Deddy Susilo; Dede Irawan
Techné : Jurnal Ilmiah Elektroteknika Vol. 13 No. 01 (2014)
Publisher : Fakultas Teknik Elektronika dan Komputer Universitas Kristen Satya Wacana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4398.747 KB)

Abstract

Makalah ini menjelaskan sistem kendali pergerakan Segway, yaitu sebuah kendaraan personal yang memiliki bentuk yang unik dengan dua roda di sisi kiri dan kanan, serta memiliki sebuah stang.Sistem dibentuk menggunakan mikrokontroler ATmega 8535 sebagai pusat sistem kendali dengan pengolahan kecepatan motor menggunakan metode PID. Sensor pendukung yang digunakan antara lain sensor sudut menggunakan accelerometer, sensor kecepatan sudut menggunakan gyroscope, dan sensor simpangan stang menggunakan potensiometer. Segway ini mampu mengangkut beban maksimum sebesar 70 kg. Kecepatan maksimum sistem sebesar 5,5 km/jam pada jalan datar. Pada kecepatan 2,7 km/jam dengan beban 53 kg Segway dapat bertahan selama 60 menit.

Page 1 of 1 | Total Record : 10