cover
Contact Name
Hariyadi
Contact Email
Hariyadi
Phone
-
Journal Mail Official
hariefamily@yahoo.co.id
Editorial Address
-
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Rang Teknik Journal
ISSN : 25992081     EISSN : 25992090     DOI : -
RANG TEKNIK JOURNAL, merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang diterbitkan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat yang terbit 2 (dua) kali dalam setahun.
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2018): Vol. 1 No. 1 Januari 2018" : 15 Documents clear
ANALISIS ARUS GANGGUAN HUBUNG SINGKAT SISTEM TENAGA LISTRIK DENGAN APLIKASI MATLAB Yulisman Yulisman
Rang Teknik Journal Vol 1, No 1 (2018): Vol. 1 No. 1 Januari 2018
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/rtj.v1i1.598

Abstract

Listrik dihasilkan dari pembangkit listrik yang kemudian ditransmisikan melalui jaringan transmisi sampai pada distribusi dan pengguna untuk dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Proses penyaluran ini tidak lepas dari gangguan yang timbul akibat dari faktor bahan/jenis penghantar dan faktor jarak.Gangguan hubung singkat yang terjadi pada sistem tenaga listrik dapat mengakibatkan terputusnya penyaluran tenaga listrik kepada konsumen. Salah satu upaya untuk mengatasi gangguan hubung singkat tersebut dilakukan analisis hubung singkat sebagai tahap awal untuk menanggulanginya sehingga sistem proteksi yang tepat pada sistem tenaga listrik dapat ditentukan.Gangguan hubung singkat dapat dianalisa dengan menggunakan metode simulasi dan perhitungan manual dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar arus hubung singkat yang terjadi di tiap bus yang berbeda secara bergantian. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah dimulai dari diagram satu garis, melakukan perhitungan arus hubung singkat manual dan menggunakan Matlab, dan membuat perbandingan dan kesimpulan. Kata kunci : analisa, arus, Matlab, gangguan hubung singkat.
ANALISIS KEBIJAKAN PENANGANAN KEMACETAN LALULINTAS DI JALAN BY PASS KETAPING-KURANJI, PADANGDENGAN METODE ANALISIS HIRARKI PROSES (AHP) Afrilda Sari
Rang Teknik Journal Vol 1, No 1 (2018): Vol. 1 No. 1 Januari 2018
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/rtj.v1i1.599

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai kemacetan lalulintas yang terjadi di Jalan By Pass kawasan Ketaping-Kuranji dan untuk menganalisis kebijakan-kebijakan penanganan masalah kemacetan lalulintas. Penelitian ini menggunakan metode analisis hirarki proses (AHP). Analisis  dilakukan terhadap delapan alternatif kebijakan penanganan kemacetan lalulintas yang  diperoleh dari hasil  wawancara  dengan key  persons. Dalam masing-masing  aspek terdapat alternatif-alternatif kebijakan yaitu aspek ekonomi: 1. Penyediaan busway pada Jalan By Pass 2. Peningkatan jumlah angkutan umum. Kemudian aspek manajemen lalulintas: 1. Perbaikan sistem traffict light 2.Pembangunan jalan baru sebagai jalan alternatif 3. Pelebaran jalan pada ruas Jalan By Pass.Yang  terakhir adalah aspek lingkungan terdiri dari : 1. Pembatasan jumlah kendaraaan pribadi 2. Pembatasan jam operasi truk besar 3. Penerapan tata guna lahan (landmixuse). Delapan alternatif kebijakan tersebut akan dianalisis  terhadap  dua  komponen responden yaitu key  persons dan masyarakat sekitar Jalan by pass.Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan keseluruhan alternatif dari setiap aspek oleh masing-masing  responden  memilih kebijakan dalam upaya  mengurangi kemacetan lalulintas dengan cara memperbaiki sistem traffict light denganbobot alternatif tertinggi. Yang berarti hasil analisis tersebut konsisten dan dapat diterima. Kebijakan memperbaiki sistem traffict light dengan tingkat prioritas tertinggi. Perbaikan sistem traffict light dianggap efektif dalam mengurangi kemacetan. Tiga besar prioritas kebijakan  lainnya  adalah sebagai berikut: Responden key persons memilih Perbaikan sistem traffict light ,penyediaan Busway, pembatasan jumlah kendaraan pribadi. Sedangkan untuk  responden masyarakat sekitar memilih Perbaikan sistem traffict light ,penyediaan Busway, pelebaran jalan by pass.Kata kunci : Kemacetan lalulintas, AHP (Analisis Hirarki Proses), sistem traffict light
PEMANFAATAN POMPA CENTRIFUGAL UNTUK MENGOPTIMALKAN LAHAN MATI MENJADI LAHAN PRODUKTIF Armila Armila
Rang Teknik Journal Vol 1, No 1 (2018): Vol. 1 No. 1 Januari 2018
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/rtj.v1i1.600

Abstract

Indonesia merupakan negara agraris yang menjadikan sektor pertanian sebagai penopang perekonomian negara. Mekanisasi dalam pertanian dalam arti luas bertujuan untuk meningkatkan produktifitas tenaga kerja, meningkatkan produktifitas lahan, dan menurunkan ongkos produksi. Penggunaan alat dan mesin pada proses produksi dimaksudkan untuk meningkatkan efesiensi, efektifitas, produktifitas, kualitas hasil, dan mengurangi beban kerja petani. Keterbatasan sumber air menyebabkan banyak lahan dibiarkan tidak produktif, Indonesia beriklim tropis khususnya Sumatera Barat, dimana sepanjang tahun hujan selalu turun, akan tetapi hal ini tidak dijadikan sebagai sumberdaya oleh petani untuk ditampung dan digunakan untuk menyiram lahan. Teknologi Pompa Sentrifugal merupakan teknologi yang sederhana yang mampu memindahkan air dari kolam penampungan ke lahan, sehingga lahan yang tidak produktif dapat dipakai untuk kegiatan pertanian, yang menghasilkan produk pertanian yang baik dan berkualiatas, sehingga dapat dijadikan sebagai sebuah kegiatan yang sangat bernilai ekonomis. Mekanisasi menghadirkan petani yang modern dengan produktivitas dan kualiatas yang tinggi dan terukur. Kata kunci: Pompa sentrifugal, Air, Lahan, Mekanisasi, produktif
HUBUNGAN TATA GUNA LAHAN TERHADAP INFILTRASI ( STUDI KASUS : KAWASAN PERKANTORAN WALIKOTA BUKITTINGGI) Deddy Kurniawan
Rang Teknik Journal Vol 1, No 1 (2018): Vol. 1 No. 1 Januari 2018
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/rtj.v1i1.601

Abstract

Pertumbuhan penduduk kota Bukittinggi sangat pesat.  Berdasarkan data statistik pada tahun 2004, jumlah penduduk kota Bukittinggi mencapai 120.491 jiwa dengan laju pertumbuhan penduduk selama kurun waktu 2015 sampai 2016 sebesar 1,82 persen.  Seiring dengan peningkatan jumlah penduduk ini, maka mengakibatkan kebutuhan akan lahan juga meningkat.  Lahan – lahan yang tadinya oleh alam sebagai daerah resapan atau daerah infiltrasi berubah fungsi menjadi wilayah administrasi, area parkir, pasar dan wilayah lain yang bersifat kedap air.  Hal inilah yang menjadi awal terjadinya aliran permukaan yang pada kondisi selanjutnya akan berubah menjadi banjir di suatu kawasan.  Maka pada kasus ini penulis mencoba melakukan suatu penelitian yang berlokasi di bukit gulai bancah ( Perkantoran Walikota ).  Pada studi ini penulis mempelajari seberapa luas daerah resapan, daerah yang tertutup bahan kedap air,  aliran permukaan pada waktu terjadinya hujan dan apakah aliran permukaan itu akan dapat diserap oleh tanah seluruhnya atau bahkan hanya sebagiannya saja.  Dari penelitian yang sudah dilakukan dapat diketahui bahwa luas keseluruhan bukit gulai bancah adalah 55.054 m², dengan luas lahan yang dibangun dan lahan kedap air 26.606,5 m² dan dapat dipersentasekan luas lahan kosong atau media infiltrasi sebesar 28.447,5 m² atau 51 %.  Jumlah ini masih mengakibatkan adanya kelebihan aliran permukaan sebesar 386,32 mm/jam.  Problem ini dapat diatasi dengan melakukan perbaikan-perbaikan tata guna lahan, drainase, atau pembuatan bak penampungan, sumur resapan serta penanaman tanamam yang dapat menyimpan dan menyerap air. Keywords: Infiltrasi, aliran permukaan, daerah resapan
PERILAKU TITANIUM MURNI (CPTI GRADE 2) TERHADAP LAPISAN HYDROXYAPATITE UNTUK APLIKASI MEDIS Desmarita Leni
Rang Teknik Journal Vol 1, No 1 (2018): Vol. 1 No. 1 Januari 2018
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/rtj.v1i1.602

Abstract

Penelitian ini membahas perilaku  titanium  murni (CPTi) dalam larutan Hydroxyapatite(HA) buatan untuk aplikasi medis. Ada tujuh benda uji  titanium murni yang digunakan dalam pengujian ini. Commercial Pure Titanium (CpTi). Spesimen dibersihkan dan dilakukan pelapisan dengan HA dengan metode EPD. Pengujian dilakukan dalam tujuh variasi waktu; 5 menit, 10 menit, 15 menit, 20 menit, 25 menit, 30 menit  dan 35 menit. Pengujian ini melihat tingkat lapisan HA terhadap CPTi apakah bisa menyatu dengan metode EPD. Hasil pengujian ini berguna untuk referensi pasien dan dokter implan tulang, dan implan gigi dalam memilih bahan material ortodontik yang lebih baik. Hasil penelitian menunjukkan CPTi memiliki tingkat pelapisan yang baik seperti variasi ketebalan HA yang didapat 24,8 µm (5 menit) sampai dengan ketebalan HA 32,7 µm (35 menit)Kata Kunci: CPTi. HA, Sintering, Lapisan
PENGARUH PANJANG PENYALURAN TAMBAHAN PADA BALOK BETON BERTULANG Elfania Bastian
Rang Teknik Journal Vol 1, No 1 (2018): Vol. 1 No. 1 Januari 2018
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/rtj.v1i1.603

Abstract

Pada konstruksi bangunan khususnya gedung, beton bertulang merupakan salah satu pilihan terbaik. Hal ini disebabkan oleh kemampuan beton dalam menahan tekan dikombinasikan dengan baja yang memiliki kemampuan menahan tarik. Salah satu elemen struktur yang biasanya menggunakan beton bertulang adalah balok. Kemampuan balok menahan beban dipegaruhi oleh interaksi antara tulangan baja dengan beton yang berada disekelilingnya yang disebut lekatan (bond). Selain lekatan, kinerja beton bertulang juga dipengaruhi oleh panjang penyaluran tambahan. Analisis pengaruh lekatan dan panjang penyaluran tambahan pada balok beton bertulang dilakukan dengan menggunakan model numeric dengan jenis tulangan yang berbeda. Dimana panjang penyaluran tambahan divariasikan 100mm dan 250mm. Tulangan yang digunakan adalah tulangan baja. Hasil analisis menjelaskan bahwa penambahan penyaluran tambahan mampu meningkatkan kapasitas balok pada beton dengan lekatan sempurna ataupun dengan menggunakan bond model. Keywords: Balok, Beton Bertulang, Kapasitas Balok
PENERAPAN KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (SMK3) (STUDI KASUS PADA PEMBANGUNAN GEDUNG RAWAT INAP RSUD DR. ACHMAD MOCHTAR BUKITTINGGI) Fatma Ira Wahyuni
Rang Teknik Journal Vol 1, No 1 (2018): Vol. 1 No. 1 Januari 2018
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/rtj.v1i1.604

Abstract

Penelitian tentang Penerapa Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3) (Studi kasus pada pembangunan Gedung Rawat Inap RSUD dr. Achmad Mochtar Bukittinggi) telah dilakukan guna mengetahui penerapan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3) pada pelaksanaan Proyek Pembangunan Gedung Rawat Inap RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi dan untuk mengetahui apakah kontraktor pada proyek Pembangunan Gedung Rawat Inap RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi telah menerapkan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja dalam proses pembangunannya. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Dari segi proses pelaksanaan pengumpulan data, dengan dokumentasi dan observasi. Pengolahan data menggunakan program statistik SPSS 13. Hasil menunjukkan bahwa Penerapan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3) pada proyek ini kurang diterapkan, hal ini terlihat dari jawaban dan tanggapan dari unsur perusahaan dan unsur pekerja yang setelah dirata-ratakan didapat persentase 26.13%. Kontraktor pada Pembangunan Gedung Rawat Inap RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi menurut penelitian yang didapatkan tidak menerapkan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3) dalam proses pembangunan. Kata Kunci : SMK3, Alat pelindung diri, Perusahaan Konstruksi
PERBANDINGAN KUAT TEKAN BETON ANTARA CAMPURAN AGGREGAT KASAR BATU PECAH (SPLIT) DENGAN BATU ALAM PALEMBAYAN UNTUK BETON STRUKTUR Masril Masril
Rang Teknik Journal Vol 1, No 1 (2018): Vol. 1 No. 1 Januari 2018
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/rtj.v1i1.605

Abstract

Kekuatan beton sekarang ini sangat dipengaruhi oleh bahan dan material yang digunakan serta dilatar belakangi oleh dua jenis aggregat kasar dan mutu beton yang dipakai untuk struktur bangunan. Sehingga mampu memenuhi kebutuhan struktur saat ini.Pemilihan material beton dilakukan untuk menentukan kekuatan karakteristik dari struktur beton itu sendiri, material dari aggregat kasar yang dipergunakan aggregat kasar batu pecah (split) dan aggregat kasar batu alam kemudian yang sangat menentukan sekali adalah aggregat halus.Dalam penelitian perbandingan campuran beton  memakai aggregat halus pasir murni dengan membandingkan aggregat halus yang dicampur dengan debu batu bara dengan porsentase campurannya 1%, 2%, 5%, 10% dan 15% , kemudian diukur nilai slump dengan dengan air yang bervariasi dan air untuk 1m3 campuran membutuhkan air yang maksimalnya sekitar 259 liter, masing-masing dilakukan pengujian terhadap benda uji berbentuk selinder pada umur 7 hari, 14 hari, 21 hari dan 28 hari, dan analisa akhir pada penelitian ini adalah umur 28 hari, ternyata campuran beton aggregat halus dicampur dengan debu batu bara lebih tinggi kuat tekan beton struktur, pada mutu beton rencana yang sama (K 250), dengan selisih pebedaan sekitar 5%. Kata Kunci :  Uji Kuat Tekan Beton  
MENENTUKAN DISTRIBUSI REPRESENTATIF FREQUENSI CURAHAN HUJAN HARIAN MAKSIMUM DENGAN METODEHISTOGRAM DAN METODE PARAMETIK DI PROVINSI SUMATERA BARAT Selpa Dewi
Rang Teknik Journal Vol 1, No 1 (2018): Vol. 1 No. 1 Januari 2018
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/rtj.v1i1.608

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan distribusi yang representatif frequensi curahan hujan harian maksimum di Provinsi Sumatera Barat. Data yang digunakan untuk penelitian ini diambil dari data hujan maksimum harian selama 20 sampai 40 tahunan, dengan 24 stasiun penakar hujan untuk provinsi Sumatera Barat. Data masing-masing stasiun kemudian disusun dalam dua jenis deret data, yaitu deret data annual maxima dan deret data annual exceedances. Dari hasil uji deret data ini diharapkan mengikuti satu atau beberapa dari distribusi yang umum dipakai dalam hidrologi rekayasa, yaitu distribusi normal, normal-log, Gumbel, Gama-II, Gama-III dan distribusi Log-Pearson Type III (LP-III). Dengan mengunakan uji kecocokan (goodness of fit), uji parametrik, Chi-Squared test, Kolmogorov-Smirnovtest dan Anderson-Darling test ditambah dengan metode histrogram (visual).Kata kunci:Intensitas hujan distribusi representative annual maxima, annual exceendances, goodness of fitprovinsi Sumatera Barat.
ANALISA FAKTOR PENYEBAB KERUSAKAN JALAN (STUDI KASUS RUAS JALAN LINGKAR UTARA KOTA PADANG PANJANG) Surya Eka Priana
Rang Teknik Journal Vol 1, No 1 (2018): Vol. 1 No. 1 Januari 2018
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/rtj.v1i1.609

Abstract

Jalan merupakan prasarana angkutan darat yang sangat penting dalam memperlancar kegiatan hubungan ekonomi dan kegiatan sosial lainnya. Namun jika terjadi kerusakan jalan akan berakibat bukan hanya terhalangnya kegiatan ekonomi dan sosial lainnya namun dapat terjadi kecelakaan bagi pemakai jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kerusakan jalan, faktor penyebabnya serta solusi untuk mengatasi kerusakan yang terjadi.  Metode yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan data primer berupa hasil survei kerusakan jalan pada ruas Jalan Lingkar Utara Kota Padang Panjang.  Hasil survei jenis kerusakan jalan pada ruas jalan Lingkar Utara Kota Padang Panjang adalah retak memanjang, retak melintang, retak kulit buaya, retak pinggir, retak berkelok-kelok, retak blok, bergelombang, kegemukan, pengeluasan, lubang, tambalan, pelepasan butiran, dan sungkur. Faktor-faktor penyebab kerusakan secara umum adalah peningkatan beban volume lalu lintas, sistem drainase yang tidak baik, sifat material konstruksi perkerasan yang kurang baik, iklim, kondisi tanah yang tidak stabil, perencanaan lapis perkerasan yang sangat tipis, proses pelaksanaan pekerjaan yang kurang sesuai dengan spesifikasi. Tindakan perbaikan yang dapat dilakukan yaitu tindakan perbaikan per segmen.Kata Kunci: Faktor penyebab; kerusakan jalan, retak kulit buaya, retak pinggir, retak blok

Page 1 of 2 | Total Record : 15