cover
Contact Name
Hariyadi
Contact Email
Hariyadi
Phone
-
Journal Mail Official
hariefamily@yahoo.co.id
Editorial Address
-
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Rang Teknik Journal
ISSN : 25992081     EISSN : 25992090     DOI : -
RANG TEKNIK JOURNAL, merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang diterbitkan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat yang terbit 2 (dua) kali dalam setahun.
Arjuna Subject : -
Articles 22 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2020): Vol. 3 No. 1 Januari 2020" : 22 Documents clear
ANALISIS PERESAPAN AIR PADA LAPANGAN SEPAK BOLA DI STADION OLAHRAGA KABUPATEN PASAMAN BARAT Z, Syofyan
Rang Teknik Journal Vol 3, No 1 (2020): Vol. 3 No. 1 Januari 2020
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/rtj.v3i1.1633

Abstract

Lapangan sepak bola merupakan sarana terpenting dalam stadion sepak bola. Terjadinya genangan air saat pertandingan berlangsung harus di hindari untuk kelancaran suatu pertandingan. Dalam perencanaan peresapan air pada lapangan sepak bola Stadion Olahraga Kabupaten Pasaman Barat digunakan sistem drainase bawah permukaan. Tujuan penelitian ini adalah melakukan analisa perencanaan sistem peresapan air pada lapangan sepak bola Stadion Olahraga Kabupaten Pasaman Barat. Untuk mengetahui sistem peresapan yang sesuai saat kala hujan rencana ulang 2, 5, dan 10 tahun, sehingga tidak terjadi genangan air pada lapangan. Analisis hidrologi di hitung dengan analisis frekwensi data hujan menggunakan empat metode distribusi yaitu normal, log-normal, log-person III dan gumbel. Selanjutnya, dipilih metode distribusi terbaik berdasarkan uji kecocokan chi-square dan smirnov-kolmogorov. Perencanaan sistem peresapan air pada lapangan sepak bola Stadion Olahraga Kabupaten Pasaman Barat adalah drainase bawah permukaan (subdrain).Yang di analisis dari beberapa parameter perhitungan, yaitu dimensi pipa saluran, kedalaman saluran, dan jarak antar saluran. Selanjutnya, di bandingkan terhadap intensitas hujan (I) pada waktu konsentrasi (tc) yang terjadi pada kala ulang 2; 5; dan 10 tahun, untuk mengetahui terjadinya genangan pada lapangan sesuai analisis perencanaan peresapan air. Data yang diketahui adalah spesifikasi teknis, sedangkan analisis perhitungan pada kala ulang hujan rencana tidak diketahui. Dari penelitian ini didapat hasil perhitungan, bahwa diameter pipa drain tidak memenuhi untuk mengatasi genangan. Sehingga perlu adanya evaluasi perencanaan ulang untuk pipa drain.
Simulasi Ulang Distribusi Temperatur, Tegangan Sisa, dan Distorsi Pelat Stainless Steel 304 Shiddieqy, Rizaldy Hakim Ash; Johanis, Alexius L; Aji, Hanif Nugroho
Rang Teknik Journal Vol 3, No 1 (2020): Vol. 3 No. 1 Januari 2020
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (249.587 KB) | DOI: 10.31869/rtj.v3i1.1634

Abstract

Pada paper ini dilakukan pemodelan ulang dari pengelasan GTA untuk mendapatkan distribusi temperatur, tegangan sisa, dan distorsi menggunakan software Abaqus untuk melakukan analisis elemen hingga. Data eksperimen didapat dari paper Venkatkumar. Analisis elemen hingga dilakukan menggunakan Abaqus menggunakan prosedur Coupled temperature displacement. Model sumber panas yang digunakan adalah distribusi Godak dan menghasilkan temperatur puncak yang perbedaannya kecil dibandingkan hasil pengukuran. Nilai sejarah temperatur diplot dan dibandingkan dengan hasil pengukuran termokopel, laju pendinginan hasil simulasi lebih lambat dibandingkan hasil pengukuran. Distribusi temperatur dan tegangan sisa yang dihasilkan cukup baik, sedangkan untuk prediksi distorsi dari simulasi terlalu kecil dikarenakan laju pendinginan yang terlalu lambat.
STUDI EKSPERIMEN PENGARUH CAMPURAN SIKA DALAM MENINGKATKAN KUAT TEKAN BATA RINGAN A, Arman.; Medriosa, Hamdeni; A, Agri Americo; Fantoni, Faizal Rahmat
Rang Teknik Journal Vol 3, No 1 (2020): Vol. 3 No. 1 Januari 2020
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/rtj.v3i1.1636

Abstract

Dalam pembuatan nya, bata ringan mempunyai campuran agregat khusus yaitu bahan seperti pasir, semen, zat additive sikament NN, dan air dalam pembuatan bata ringan. Agregat khusus bata ringan dapat diperoleh dari alam baik secara langsung maupun dari proses terlebih dahulu. Bata ringan biasa yang beredar dipasaran banyak yang tidak sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI 15-2094-1991 dan SNI 15-2094-2000). zat additive sikament NN merupakan cairan yang berfungsi sebagai zat additive untuk mengurangi kadar air dan untuk mempercepat pengerasan beton dan kelecekannya tinggi, sesuai dengan A.S.T.M C494-81 Type F. Dari hasil pemeriksaan kuat tekan bata ringan dengan penambahan zat additive sikament NN pada tiga variasi dimana tiap-tiap variasi tersebut memiliki umur rencana yaitu 3 hari, 14 hari, dan 28 hari untuk bata normal hasil uji kuat tekan pada umur 3 hari di dapatkan nilai kuat tekan 11,14 MPa, pada umur 14 hari di dapatkan nilai kuat tekan 12,45 MPa dan pada umur 28 hari di dapatkan nilai kuat tekan 12,79 MPa.Untuk bata dengan campuran 5% zat additive sikament NN pada sampel yang di uji pada umur 3 hari di dapatkan nilai kuat tekan 14,36 MPa, pada umur 14 hari campuran 5% di dapatkan nilai kuat tekan 16,06 Mpa, dan pada umur 28 hari di dapatkan nilai kuat tekan 19,30 MPa. Untuk bata campuran 15% zat additive sikament NN pada sampel uji tekan umur 3 hari di dapatkan nilai kuat tekan 24,13 MPa, pada umur 14 hari di dapatkan nilai kuat tekan 26,47 MPa dan pada umur 28 hari di dapatkan nilai kuat tekan 26,97 MPa. Untuk bata campuran 25% pada sampel yang di uji tekan umur 3 hari di dapatkan nilai kuat tekan 25,14 MPa, pada umur 14 hari di dapatkan nilai kuat tekan 28,33 MPa dan pada umur 28 hari di dapatkan nilai kuat tekan 29,94 MPa, sedangkan Zat additive sikament NN, Zat Foam Agent (Busa) terhadap pemakaian volume air diambil 5% di peroleh hasil kuat tekan bata ringan rata-rata pada umur 28 hari 15,28 MPa.
ANALISIS KRITIS TERHADAP PERENCANAAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA (PLTS) TIPE PHOTOVOLTAIC (PV) SEBAGAI ENERGI ALTERNATIF MASA DEPAN Supari Muslim; Khusnul Khotimah; Alfiantin Noor Azhiimah
Rang Teknik Journal Vol 3, No 1 (2020): Vol. 3 No. 1 Januari 2020
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/rtj.v3i1.1638

Abstract

Electrical energy needs will continue to increase in line with the needs of the community, both on an industrial scale and the household in general. On the other hand the supply of fuel oil and coal as a driving force for power station centers is increasingly depleting. Because of that, a lot of research is needed to obtain renewable energy, as well as being environmentally friendly. One of the abundant energy sources in Indonesia is water resources. Utilization of water resources can be done by building a Micro Hydro Power Plant (MHPP). Based on the results of the study through literature studies, from as many as 13 journals (in 2009-2019) it can be seen that in Indonesia there are still many regions that have not yet received electricity supply from PT. PLN, with the following reasons: (1) the availability of PT. PLN is not enough to meet the needs of the community; and (2) many areas are located far from the PLN electricity network; and (3) many regions whose infrastructure does not support the expansion of the PLN electricity network. This condition is hampering the speed of economic development in the regions concerned. The study found that: (1) there were 13 points of water resources that could potentially be built by MHPP with electrical power varying depending on the amount of water resources concerned; and (2) from the results of the study, there are a number of studies that have been implemented and some of them are still in preparation for the construction of the MHPP.
TINJAUAN KINERJA PELAYANAN ANGKUTAN UMUM PO KARYA ABADI RUTE BATUSANGKAR-BUKITTINGGI Ariga, Witari; Bastian, Elfania
Rang Teknik Journal Vol 3, No 1 (2020): Vol. 3 No. 1 Januari 2020
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/rtj.v3i1.1655

Abstract

Transportation is an activity that can not be separated from human activities. Especially public transportation as a means of transportation in urban and rural areas. Considering the large demand for demand from the community, limiting human capability makes public transportation the first choice chosen by the community, on the grounds that public transportation is cheaper and more flexible. But the problem that often arises from the transportation sector is the imbalance between demand and supply. Seeing from the importance of public transportation for the activities of all walks of life, in its implementation there needs to be guidance, guidance of the government, so that public transportation can be organized in an orderly, orderly, effective and effective manner from both passengers and operators. The low frequency of vehicles during peak hours and outside peak hours and high waiting times is 5 vehicles / 2 hours during peak hours and 2 vehicles / hours during peak hours. For an average travel speed of 35 km / hour. This speed is influenced by distance, driver's behavior, traffic jams, queue time at traffic light, passengers' ups and downs, the number of disturbances and traffic obstacles during the trip, and the condition of the vehicle itself. Vehicle loading factor is classified as good, namely 61% during peak hours and 23% outside peak hours. Prospective passengers need a waiting time of 30 to get PO Karya Abadi transportation
ASESMEN PENYEBAB KELONGSORAN LERENG DI RUAS JALAN NASIONAL BATAS SUMATERA BARAT – RIAU Deni Irda Mazni; Bayu Budi Irawan; Yossyafra Yossyafra
Rang Teknik Journal Vol 3, No 1 (2020): Vol. 3 No. 1 Januari 2020
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/rtj.v3i1.1671

Abstract

Bencana kelongsoran di perbatasan Sumbar Riau sudah beberapa kali terjadi, dari tahun 2006 sampai tahun 2016, terdapat 29 kali kelongsoran dan tanah amblas di lebih 80 titik kelongsoran. Banyak faktor penyebab kelongsoran, seperti tekstur tanah, kemiringan lereng, permeabilitas tanah, tingkat pelapukan batuan, kedalaman muka air tanah, curah hujan, beban gempa, dan kurangnya tumbuhan. Akibat kejadian kelongsoran (bencana longsor 3 Maret 2017), jalan banyak tertutup oleh material longsor sehingga beberapa waktu terputus rute jalan Sumbar dan Riau. Menyebabkan 7 orang meninggal dan banyaknya kerugian materil serta terputusnya perjalanan darat selama 2 hari dan menimbulkan kerugian secara ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa faktor penyebab kelongsoran tersebut. Metode yang dilakukan, pengumpulan data sekunder (photo udara dan peta situasi kawasan dari dokumen terdahulu), survey lapangan pengambilan photo situasi langsung, menganalisis dan mengelompokkan jenis kelongsoran, menentukan penyebab kelongsoran, dan mengklasifikasikan faktor dominan penyebab kelongsoran. Dari analisa data-data yang ada, penyebab kelongsoran ialah akibat adanya pertambangan batubara dan non logam, penebangan pohon-pohon untuk perkebunan, dan pemotongan lereng bagian atas untuk aktifitas manusia. Selain itu juga disebabkan akibat curah hujan yang cukup tinggi (3500 mm/tahun-4000mm/tahun). Di beberapa lokasi, kemiringan lereng cukup curam, yaitu dengan kemiringan 25o hingga besar dari 45o.
EVALUASI TARIF ANGKUTAN UMUM (ANGKOT) KOTA PARIAMAN BERDASARKAN BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN Arsyad, Nadra; Sufina, Meri
Rang Teknik Journal Vol 3, No 1 (2020): Vol. 3 No. 1 Januari 2020
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (242.067 KB) | DOI: 10.31869/rtj.v3i1.1673

Abstract

Untuk memenuhi keinginan penumpang itu angkutan umum harus memiliki pemasukan, agar bisa meningkatkan pelayananannya. Maka yang menjadi faktor penting itu dimana pendapatan angkutan umum tersebut sesuai dengan biaya yang dikeluarkan selama beroperasi. Hal ini tentunya ada kaitanya dengan biaya-biaya yang dikeluarkan oleh angkutan umum tersebut. Maka apakah tarif yang ditetapkan pemerintah, sudah sesuai dengan biaya operasional kendaraan angkutan umum tersebut dilapangan. Pada hasil analisa data untuk mengetahui besarnya Biaya Operasional Kendaraan (BOK). Sebelum dilaksanakan penelitian di lapangan haruslah disusun suatu tahapan adapun tahap-tahap dalam penelitian adalah survei pendahuluan, persiapan survei, dan pelaksanaan survei (pengumpulan data primer). Berdasarkan hasil analisa data menunjukkan bahwa tarif dihitung berdasarkan BOK untuk trayek Pasar Pariaman-Naras sebesar Rp. 1.120,87,-, dan untuk trayek Pasar Pariaman-Lapai sebesar Rp. 1.307,64 sedangkan tarif yang berlaku untuk umum sebesar Rp. 2.000,00 dan untuk pelajar Rp. 1.000,00. Jadi tarif yang ditetapkan untuk umum lebih tinggi dari pada penetapan tarif berdasarkan BOK, sedangkan penetapan tarif pelajar lebih rendah dari perhitungan tarif berdasarkan BOK.
IDENTIFIKASI UNSUR PADUAN DAN STRUKTUR MIKRO PERPATAHAN BAUT STANDAR ASTM 325 AKIBAT BEBAN PENGETATAN PADA SYSTEM POWER TRAIN BULLDOZER Hariadi, Hariadi
Rang Teknik Journal Vol 3, No 1 (2020): Vol. 3 No. 1 Januari 2020
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/rtj.v3i1.1674

Abstract

The activity research of investigation, identification, chemical laboratory and strength calculation. Manufactured bolt of ASTM 325 standard from grade 8 with the quenched and tempered and hardness value 353 HV or 58,6 HR, maximum tensile strength 167.123 psi and torque wrench until 320 N < 270 N-m from bolt and grade at same. Indication from metallographic from analysis EDAX diagrams Fe minimums, P (9.7 %), Al (13 - 68,8 %), Mg (1 - 3,7 %), Zn (15,7 %), Cl (1,1 %) and Ca of outer thread, the most probable cause failure because have a degradation strength of materials. Its now, tensile strength maximum in area outer diameter of bolt witch tightening load and microstructure of bolt martensite tempered.
ANALISA PENGARUH BEBAN PENGEREMAN DAN VARIASI MERK KAMPAS REM TERHADAP KEAUSAN KAMPAS REM Ismet Eka Putra; Jecky Agusti
Rang Teknik Journal Vol 3, No 1 (2020): Vol. 3 No. 1 Januari 2020
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/rtj.v3i1.1675

Abstract

The level of use of motor vehicles is increasing every year and will cause a high need for brake canvas. So we need a brake canvas that has a level of wear as small as the original canvas. Many brake canvas manufacturers introduce brake canvas with different brands such as the C and W brands, the brand is no less good quality with Original. The purpose of this test is to find out how much the difference in wear value between the original Y brake canvas with the C and W brands when load variations are given. So get a wear value with the Y original brand: the first test with a load of 1.5 kg and a wear value of 2.82 gr/mm2.second, in the second test with a load of 2 kg and a wear value of 6.07 gr/mm2.second, in the third test with a load of 2.5 kg and a value of 6.32 gr/mm2 second wear. With the C brand: the first test with a load of 1.5 kg and a wear value of 5.99 gr/mm2.second, in the second test with a load of 2 kg and a wear value of 3.74 gr/mm2.second, in the third test with a load of 2,5 kg and wear value 7.51 gr/mm2.second. With the W brand: the first test with a load of 1.5 kg and a wear value of 3.76 gr/mm2.second, in the second test with a load of 2 kg and a wear value of 5.28 gr/mm2.second, in the third test with a load of 2,5 kg and a wear value of 6.98 gr/mm2 seconds. So, from the results of tests conducted can be the wear values of each brake canvas and with the existing graphs show that the brake canvas of the C and W brands are also no less good quality with the Y Original brand.
KAJIAN EKSPERIMENTAL PENGARUH THERMAL SHOCK TERHADAP KEKUATAN TARIK MATERIAL KOMPOSIT BERSERAT DAUN NANAS Islahuddin Islahuddin; Meiki Eru Putra; Sanny Ardhy; Rina Rina
Rang Teknik Journal Vol 3, No 1 (2020): Vol. 3 No. 1 Januari 2020
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/rtj.v3i1.1676

Abstract

Pengunaan material komposit berserat alam seperti serat daun nanas (pineapple leaf) memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan di masa yang akan datang. Salah satu faktor pendukungnya adalah adanya ketersediaan bahan baku yang melimpah di Indonesia. Selain itu, material komposit yang dihasilkan juga memiliki sifat mekanik yang baik, sifat abrasif yang rendah dan ramah lingkungan. Pada penelitian ini material komposit dari serat daun nanas dibuat secara manual dengan variasi susunan dan orientasi serat, yaitu 1 lapis 45o, 1 lapis 90o, 2 lapis 45o, dan 2 lapis 90o. Untuk mengetahui sifat mekanik dari material ini terlebih dahulu dilakukan pengujian tarik. Standar dimensi dan prosedur pengujiannya akan mengacu pada ASTM D638. Pengujian tarik dilakukan dengan memvariasikan perlakuan thermal shock terhadap orientasi dan susunan yaitu 0 siklus, 5 siklus, 10 siklus, dan 15 siklus. Hasil dari penelitian ini diperoleh kekuatan tarik tertinggi pada susunan dan orientasi 2 lapis 90o tanpa perlakuan thermal shock, yaitu sebesar 14,16 MPa dan kekuatan tarik terendah pada susunan dan orientasi 2 lapis 45o 5 siklus thermal shock sebesar 5,71 MPa.

Page 1 of 3 | Total Record : 22