cover
Contact Name
Hariyadi
Contact Email
Hariyadi
Phone
-
Journal Mail Official
hariefamily@yahoo.co.id
Editorial Address
-
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Rang Teknik Journal
ISSN : 25992081     EISSN : 25992090     DOI : -
RANG TEKNIK JOURNAL, merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang diterbitkan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat yang terbit 2 (dua) kali dalam setahun.
Arjuna Subject : -
Articles 23 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2020): Vol. 3 No. 2 Juni 2020" : 23 Documents clear
STUDI PENGGUNAAN LIMBAH STYROFOAM PADA PERKERASAN ASPAL PORUS Putri, Elsa Eka; Hermistanora, Hermistanora; Adji, Bayu Martanto
Rang Teknik Journal Vol 3, No 2 (2020): Vol. 3 No. 2 Juni 2020
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/rtj.v3i2.1705

Abstract

Styrofoam adalah sejenis limbah plastik yang sulit terurai,dan didaur ulang, sehingga limbah Styrofoam akan terus menggunung dan merusak lingkungan. Penelitian ini merupakan studi mengenai “Pengaruh Penggunaan Styrofoam terhadap Kinerja Perkerasan Aspal Porus”. Pemanfaatan limbah untuk meningkatkan kinerja perkerasan jalan dan menyelamatkan lingkungan dengan mengurangi jumlah limbah terutama limbah Styrofoam. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kadar aspal optimum campuran asphalt porus yang menghasilkan kinerja perkerasan optimum dengan menggunakan metoda Australia Asphalt Pavement Association (AAPA, 2004) serta untuk mengetahui pengaruh subtitusi Styrofoam pada aspal terhadap kinerja perkerasan. Parameter untuk menentukan kadar aspal optimum yaitu; nilai Cantabro Loss (CL), Asphalt Flow Down (AFD) dan Void in Mix (VIM). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai KAO 5,65% dengan nilai kinerja perkerasan optimum yaitu; stabilitas 555,75 kg, flow 5,46 mm, VIM 22,15%, MQ 101,89 kg/mm, CL 16% dan AFD 0,29%. Peningkatan subtitusi kadar Styrofoam pada KAO dan KAO ± 0,5% benda uji meningkatkan nilai stabilitas, vim, mq dan cl benda uji. Nilai flow dan nilai AFD campuran aspal porus menurun dengan meningkatnya subtitusi Styrofoam pada KAO dan KAO ± 0,5%. Keywords: Aspal Porus, Styrofoam, Kinerja Perkerasan
PEMILIHAN PUPUK PADA TAMANAM PADI BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN HASIL PANEN DENGAN MENGGUNAKAN METODHE ANALITICAL HIERARCY PROSES Yahyan, Wahyuni; Siregar, Muhammad Ilham A
Rang Teknik Journal Vol 3, No 2 (2020): Vol. 3 No. 2 Juni 2020
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (256.307 KB) | DOI: 10.31869/rtj.v3i2.1706

Abstract

Salah satu hasil pertanian yang digunakan oleh masyarakat indonesia pada umumnya adalah padi. Faktor penting dalam pembudiayaaan tamanan padi ada pupuk. Pemupukan bertujuann untuk menjaga unsur hara pada tanaman padi agar dapat berkembar dengan baik dan dapt terhindar dari hama dan penyakit. Sistem pendukung keputusan dibuat menggunakan metode Analytical Hierarchy Prosses (AHP) berbasis web untuk memberikan informasi dan membantu petani dalam membuat keputusan mengenai jenis pupuk benih padi yang akan mereka gunakan. Karena itu peneliti akan mengulas bagaimana memilih jenis pemupukan bibit padi unggul. Jika petani dapat memilih pupuk benih padi berkualitas, maka panen akan sesuai dengan keinginan, maka sistem pendukung keputusan untuk pemilihan jenis pupukuntuk benih unggul dibuat menggunakan metode Analytical Hierarcy Prosses (AHP) berbasis web untuk memfasilitasi petani dalam mendapatkan informasi dan membantu petani dalam pengambilan keputusan tentang jenis pupuk benih padi yang akan mereka gunakan.
KAJIAN PENERAPAN ZONA PENGENDALIAN LALU LINTAS PADA PELAKSANAAN PEKERJAAN JALAN Rio Andika; Purnawan Purnawan; Elsa Eka Putri
Rang Teknik Journal Vol 3, No 2 (2020): Vol. 3 No. 2 Juni 2020
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/rtj.v3i2.1760

Abstract

Road works are almost close with moving traffic and potentially causing traffic disruption, congestion, delay, frustration, and more can cause collisions that would injure or kill road users and road workers. In order to remain resilient, the road worker must apply the zone concept on road works. This study aims to evaluate the application of Safety Technical Guidance on Road Work Location conducted by PT. Citra Muda Noer Bersaudara on Road Reconstruction of Junction (Koto Baru) - Jambi Border segment. So do a direct observation of the road work zone implemented by the contractor and compare it with the applicability in the guide. The implementation of the road work zone carried out by the contractor on the work package under review still lacks. In the implementation, the lack of which always occurs in every job implementation is the absence of a termination zone in all types of work, the transition zone is only applied to asphalt work, the early warning zone is only applied to road concrete work, asphalt overlay work and road shoulder work. Speed survey results show that the implementation of road work zone applied by the contractor can reduce the speed of the vehicle.
PENENTUAN PRIORITAS PEMELIHARAAN JALAN STUDI KASUS KOTA PAYAKUMBUH PROVINSI SUMATERA BARAT Ilham Hidayat; Benny Hidayat; Taufika Ophiyandri
Rang Teknik Journal Vol 3, No 2 (2020): Vol. 3 No. 2 Juni 2020
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/rtj.v3i2.1776

Abstract

Jalan adalah prasarana transportasi darat yang meliputi segala bagian jalan, termasuk bangunan pelengkap dan perlengkapannya yang diperuntukkan bagi lalu lintas. Rencana pemeliharaan jalan yang baik merupakan unsur penting dalam pengelolaan jalan.Salah satu aspek terpenting dalam menjaga kondisi jalan adalah rencana prioritas pemeliharaan jalan. Penentuan prioritas pemeliharaan jalan sering tidak mempunyai standar yang dapat dipertanggung jawabkan dan masih didominasi oleh kebijakan pengambil keputusan serta mengesampingkan kriteria teknis, manfaat dan biaya. Berdasarkan opini-opini dan permasalahan mengenai ketidakjelasan dasar prioritas pemeliharaan jalan dan penanganan pemeliharaan jalan yang efektif, maka penulis tertarik untuk melakukan suatu penelitian terhadap cara penentuan prioritas pemeliharaan jalan. Penelitian ini akan dilaksanakan dengan judul “Penentuan Prioritas Pemeliharaan Jalan - Studi Kasus Kota Payakumbuh Provinsi Sumatera Barat”. Penelitian ini dicapai dengan melakukan survey kuisioner kepada 15 responden yang terdiri dari pengelola kegiatan pemeliharaan jalan dan konsultan perencana bidang jalan. Hasil yang diperoleh diolah menggunakan metoda Analitycal Hierarchy Process (AHP) untuk menilai perbandingan kriteria & Analisa Statistika Deskriptif untuk penilaian terhadap sub-kriteria. Dari hasil analisis jawaban responden menunjukkan bahwa urutan penentuan prioritas pemeliharaan jalan didasarkan kepada 1.Kriteria Kondisi Jalan ; 2.Kriteria Volume Lalu Lintas ; 3.Kriteria Ekonomi ; 4.Kriteria Kebijakan ; 5.Kriteria Aksesibilitas, sedangkan jenis pemeliharaan berdasarkan Buku pedoman No. 018/T/BNKT/1990 Dirjen Pembinaan Jalan Kota Kementerian PUPR “Tata Cara Penyusunan Pemeliharaan Jalan Kota” meliputi penilaian dalam angka terhadap LHR, Kondisi Jalan dengan jenis penanganan : Peningkatan Jalan ; Pemeliharaan Berkala : Pemeliharaan Rutin
EVALUASI PELAYANAN TROTOAR DAN STUDI PERSEPSI TERHADAP TINGKAT KENYAMANAN TROTOAR KAWASAN PERDAGANGAN Sasmita, Dessi; Yossyafra, Yossyafra; Purnawan, Purnawan
Rang Teknik Journal Vol 3, No 2 (2020): Vol. 3 No. 2 Juni 2020
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/rtj.v3i2.1777

Abstract

Problems related to pedestrian pathways are often found in trades area of a city including the city of Payakumbuh, espceially in the area by the Ahmad Yani Street where as this street connect 2 main markets namely the Central Market of Payakumbuh city and the Ibuh market. Which is why this research need to be conducted, so that people can evaluate the level of Ahmad Yani street’s sidewalk service based on the level of service (LOS) value using the HCM 2000 method, the service standards are based on the Minister of Public Works Regulation Number : 03/PRT/M/2014. In addition, a pedestrian perception survey was carried out by the use of a questioner survey using the percentage interval analysis and regression analysis. Based on the analysis, the level of service from the west side of Ahmad Yani street’s sidewalk is categorized as “A” and as for the east side is categorized as “B”. The percentage of comfort level from Ahmad Yani Street’s sidewalk of Payakumbuh city is 41,85%, which is categorized as inconvenience. The result of regression analysis indicate that the variable that affect the level of comfort from Ahmad Yani street’s sidewalk are accessibility variables with a regression coefficient of 0.644; surface conditions variable with a regression coefficient of 0.384; sanitation variable with a regression coefficient of 0.672; aesthetics variable with regression coefficient of 0.743; and sidewalk obstacle/hindrance variables with regression coefficient of -0.240. The five variables are proved to significantly affect the level of comfort from Ahmad Yani street’s sidewalk. The variation of the level of comfort from Ahmad Yani street’s sidewalk of Payakumbuh city is 47,06% influenced by those five factors as shown by the R-Squre value of 0,4706 where as the rest 52.94% are affected by factors outside of this research model.
ASESMEN TINGKAT PEMAHAMAN PENYELENGGARA JALAN KOTA TERHADAP KRITERIA GREEN ROADS CONSTRUCTION DI KOTA PAYAKUMBUH TAHUN 2019 Sari, Adria; Yossyafra, Yossyafra; Adji, Bayu Martanto
Rang Teknik Journal Vol 3, No 2 (2020): Vol. 3 No. 2 Juni 2020
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (384.323 KB) | DOI: 10.31869/rtj.v3i2.1782

Abstract

Penelitian ini adalah pengujian atau asesmen terhadap tingkat pemahaman para penyelenggara jalan kota terhadap metode green roads construkction
EVALUASI DAN STUDI PERSEPSI TERHADAP TINGKAT PELAYANAN JALUR PEJALAN KAKI KAWASAN PENDIDIKAN Nurul Adhaini; Yossyafra Yossyafra; Purnawan Purnawan
Rang Teknik Journal Vol 3, No 2 (2020): Vol. 3 No. 2 Juni 2020
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/rtj.v3i2.1783

Abstract

Ade Irma Suryani street is one of the area in Payakumbuh city that is designed as an area which mainly function as educational and others such as offices and health service area. Educational infrastructure on this street includes Public Primary School 04 Payakumbuh, Raudhatul Jannah Payakumbuh Islamic Middle School, Campus II Andalas University Payakumbuh and PAUD Bakti Pediatrics. Educational, offices and health service infrastructure encourage the society to use the pedestrian pathways. The existing condition of infrastructure and facilities are still considered inadequate with various problems. This research aim to evaluate the level of service of pedestrian pathways, to review public perception of pedestrian pathways service, and to set the primary variable for the enhancement of pedestrian pathways based on user perception. The quotation of the level of pedestrian service is based on Minister of Public Works Regulation Number: 03/PRT/M/2014. Characteristic analysis result stated that the level of service on the north side is regarded as “A”. While the level of service on the south side is regarded as “B”. Public perception analysis of pedestrian pathways service is carried using the Importance Performance Analysis (IPA) method, with 6 research variable namely accessibility, safety, comfort, aestethic, convenience and social interactions. The result of the analysis stated that the primary priorities are accessibilty, aesthetic, convenience and social interactions, the variable which need maintance in it’s performance is safety and the variable which considered excessive is comfort.
ANALISIS SEDIMENTASI DAN PREDIKSI DISTRIBUSI SEDIMEN DI WADUK TILONG KABUPATEN KUPANG Ghozali Mahmud; Suseno Darsono; Thomas Triadi P
Rang Teknik Journal Vol 3, No 2 (2020): Vol. 3 No. 2 Juni 2020
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (462.219 KB) | DOI: 10.31869/rtj.v3i2.1788

Abstract

Isu utama dalam pengelolaan waduk adalah permasalahan sedimentasi. Sedimentasi dapat berupa hasil dari proses erosi lahan pada Daerah Tangkapan Air (DTA) waduk maupun hasil dari longsoran tebing sungai atau tebing pada waduk itu sendiri. Waduk Tilong yang terletak di Desa Oelnasi Kabupaten Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur, merupakan salah satu waduk di Pulau Timor yang mengalami penurunan fungsi waduk akibat permasalahan sedimentasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besaran volume sedimentasi yang terjadi selama kurun waktu 2002-2015 serta memprediksi pola distribusi sedimen yang mengendap di waduk dalam usaha pemeliharaan Waduk Tilong yang lebih optimal. Dari hasil penelitian ini, kurva lengkung kapasitas waduk hasil perhitungan distribusi sedimen berdasarkan survei bathimetri tahun 2015 akan dibandingkan dengan kurva lengkung kapasitas awal waduk tahun 2002. Analisis distribusi sedimen dalam penelitian ini menggunakan Empirical Area Reduction Method. Berdasarkan hasil penelitian, telah terjadi penurunan volume kapasitas waduk sebesar 3.060.231,99 m3 selama kurun waktu 2002-2015 dan ketinggian nol baru pada waduk adalah +72,83 m. Kapasitas volume total waduk Tilong yang pada tahun 2015 adalah sebesar 16,47 juta m3 sedangkan volume awal waduk di tahun 2002 adalah sebesar 19,07 juta m3 pada saat muka air normal.
Evaluasi Penggunaan JPO di Kecamatan Widang Tuban Jawa Timur Sugiyanto Sugiyanto
Rang Teknik Journal Vol 3, No 2 (2020): Vol. 3 No. 2 Juni 2020
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/rtj.v3i2.1792

Abstract

Lokasi yang menjadi obyek penelitian adalah di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) yang terdapat di Kecamatan Widang, tepatnya di Jalan Raya Widang KM 30 Tuban Jawa Timur. JPO tersebut melintas di atas jalan raya yang tergolong dalam kategori jalan nasional, dimana jalan tersebut diperuntukkan untuk pengguna jalan yang menempuh perjalanan jarak jauh dan dengan kecepatan tinggi. Jalan Raya Widang yang merupakan kategori jalan nasional merupakan jalan arteri dan kolektor dalam sistem jaringan primer yang menghubungkan ibukota propinsi, jalan strategis nasional, dan jalan tol. Rata-rata volume kendaraan yang melintas di tempat obyek penelitian baik pada hari biasa, maupun hari akhir pekan di atas 1.500 kendaraan/jam. Jumlah kendaraan yang melintas tersebut terdiri dari jenis kendaraan tak bermotor dengan persentase 2%, jenis kendaraan sepeda motor dengan persentase 35%, jenis kendaraan ringan dengan persentase 34%, dan jenis kendaraan berat dengan persentase 29%. Berdasarkan atas Direktorat Jenderal Bina Marga tentang Tata Cara Perencanaan Fasilitas Pejalan Kaki di Kawasan Perkotaan sudah memenuhi syarat penyediaan fasilitas tipe Jembatan Penyeberangan Orang (JPO). JPO merupakan fasilitas penyeberangan yang diperuntukkan bagi pejalan kaki untuk melakukan aktifitas penyeberangan jalan, dimana pada JPO tidak ada pertemuan sebidang antara arus pejalan kaki dengan arus lalu lintas, sehingga sangat aman dan tidak menyebabkan tundaan lalu lintas/kemacetan. Berdasarkan atas perhitungan Time headway diperoleh hasil kurang dari 2.5 kendaraan/detik , dengan demikian arus lalu lintas kendaraan pada tempat obyek penelitian masuk dalam kategori kepadatan tinggi dan juga memenuhi persyaratan adanya fasilitas jembatan penyeberangan orang (JPO). Pada pengamatan volume pejalan kaki yang melakukan aktifitas penyeberangan di tempat penelitian, diperoleh dari penjumlahan pejalan kaki yang menggunakan JPO dan tidak menggunakan JPO memenuhi 93,2% dari batasan Direktorat Jenderal Bina Marga tentang Tata Cara Perencanaan Fasilitas Pejalan Kaki di Kawasan Perkotaan, sehingga adanya fasilitas Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di lokasi tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan. Berdasarkan atas penelitian ini diketahui bahwa hanya 40% pejalan kaki yang menyeberang jalan menggunakan JPO, sehingga ditinjau dari efektifitas penggunaan JPO tergolong tidak efektif dan berdasarkan tingkat pemanfaatannya juga masuk dalam kategoti tidak bermanfaat. Berdasarkan hasil wawancara/kuesioner terhadap responden yang melakukan penyeberangan diperoleh 57% mengaku malas menggunakan JPO karena jarak bertambah jauh, 30% karena malas ketinggian, 10% karena kondisi bertambah panas, dan hanya 10% yang mengatakan lokasi tidak cocok. Kata Kunci: JPO, Kepadatan kendaraan, Time headway, dan Pejalan kaki.
ANALISIS STABILITAS DAN KEAMANAN BENDUNGAN CIAWI (DRY DAM) DI PROVINSI JAWA BARAT Lia Maretha; Suseno Darsono; Kresno Wikan Sadono
Rang Teknik Journal Vol 3, No 2 (2020): Vol. 3 No. 2 Juni 2020
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.702 KB) | DOI: 10.31869/rtj.v3i2.1793

Abstract

Bendungan Ciawi merupakan bendungan kering (dry dam) pertama di Indonesia yang memiliki fungsi utama sebagai pengendali banjir (detention dam) dan merupakan program pemerintah dalam penanggulangan banjir di DKI Jakarta. Bendungan Ciawi dibangun dengan konsep dry dam yaitu pada saat kondisi normal bendungan Ciawi tidak memiliki tampungan air dan saat banjir bendungan akan menampung dan kemudian akan mengalirkan melalui saluran conduit dengan diameter 4.2 m. Bendungan urugan memiliki resiko mengalami kegagalan, maka hal penting yang perlu menjadi perhatian yaitu stabilitas lereng pada bendungan. Ciawi Dry Dam memiliki kapasitas 6,05 juta m3 dengan tinggi 55 m dan masuk dalam klasifikasi IV (extrem) atau memiliki resiko bahaya yang tinggi jika terjadi kegagalan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai faktor keamanan (FK) dari berbagai kondisi pada lereng Bendungan Ciawi. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dan metode analisis data secara kuantitatif meliputi pemetaan geologi dan geologi teknik, serta analisis kestabilan lereng dengan bantuan perangkat lunak GeoStudio 2012 Slope/W. Perhitungan nilai Faktor Keamanan (FK) dilakukan pada tiga kondisi yaitu kondisi selesai konstruksi, muka air normal dan rapid drawdown. Dari hasil perhitungan pada kondisi tanpa gempa dan gempa Operation Base Earthquake (OBE) nilai FK telah memenuhi syarat minimum berdasarkan SNI 8064:2016.

Page 1 of 3 | Total Record : 23