cover
Contact Name
Hariyadi
Contact Email
Hariyadi
Phone
-
Journal Mail Official
hariefamily@yahoo.co.id
Editorial Address
-
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Rang Teknik Journal
ISSN : 25992081     EISSN : 25992090     DOI : -
RANG TEKNIK JOURNAL, merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang diterbitkan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat yang terbit 2 (dua) kali dalam setahun.
Arjuna Subject : -
Articles 23 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2022): Vol. 5 No. 2 Juni 2022" : 23 Documents clear
STABILITAS DAN DEFORMASI PADA TANAH LEMPUNG LUNAK DI BENDUNGAN TERITIP Rasita Mulyati; Goji Pamungkas
Rang Teknik Journal Vol 5, No 2 (2022): Vol. 5 No. 2 Juni 2022
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/rtj.v5i2.1688

Abstract

Dams on soft soils differ greatly in behavior when compared to rock foundations. Potential dam failures can occur due to differential settlement. The total reduction in Barnacle dam without PVD takes 17 years. Analysis of the use of PVD shows an increase in shear strength due to dissipation of pore stresses marked by an increase in safety figures. The time needed to achieve consolidation of at least 80% is 180 days based on finite element simulations. The total reduction in the body of the dam is 1.37 meters.
ANALISIS FAKTOR YANG BERPENGARUH PADA PENERAPAN PENGENDALIAN WAKTU, BIAYA DAN MUTU PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG DINAS KESEHATAN KOTA SEMARANG Hari Setijo Pudjihardjo; Bambang Tutuko; Agus Bambang Siswanto; Dicky Proklamanto Putra; Siti Zulifah
Rang Teknik Journal Vol 5, No 2 (2022): Vol. 5 No. 2 Juni 2022
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/rtj.v5i2.2938

Abstract

Proyek pembangunan saat ini sedang banyak dilakukan di seluruh tanah air Indonesia, jasa kontruksi saat ini banyak yang bersaing baik itu perusahaan BUMN maupun Swasta karena persaingan pasar bebas, untuk itu perlu dilakukan langkah-langkah untuk mengdadapi persaingan pasar bebas di bidang jasa kontruksi, salah satunya dengan meningkatkan kualitas kinerja manajemen, sehingga dapat menghasilkan suatu sistem bisnis perusahaan jasa kontruksi yang ideal. Pemerintah Kota Semarang sedang membangun Gedung Dinas Kesehatan Kota Semarang di kantor lama Jalan Pandanaran Kota Semarang. Gedung ini tidak hanya perkantoran, tapi juga lahan parkir bertingkat bagi kendaraan di sekitar Jalan Pandanaran. Gedung ini dibangunan setinggi 11 lantai yang meliputi basement untuk parkir, lantai 1 dan 2 untuk Puskesmas Pandanaran, lantai 3-5 untuk parkir, dan selanjutnya lantai 6-11 untuk gedung Dinas Kesehatan Kota Semarang. Pembangunan gedung setinggi 11 lantai itu akan dilaksanakan dengan sistem anggaran tahun jamak senilai Rp 70 miliar dari APBD Kota Semarang.
PERENCANAAN ULANG PONDASI TIANG PANCANG PADA BANGUNAN GEDUNG CONTROL ROOM DI KALIMANTAN TIMUR Santi Yatnikasari; Adde Currie Siregar; Maulana Rizki Azis; Chandra Kusuma
Rang Teknik Journal Vol 5, No 2 (2022): Vol. 5 No. 2 Juni 2022
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/rtj.v5i2.3019

Abstract

Pondasi merupakan suatu konstruksi pada bagian dasar bangunan yang berfungsi meneruskan beban dari struktur bangunan bagian atas ke lapisan tanah. Pembangunan Gedung Control Room di Proyek Pipa Gas Tanjung Batu Kalimantan Timur direncanakan menggunakan pondasi tiang bor ukuran 30 cm dan kedalaman 18 m dibawah muka tanah. Peneliti ingin melakukan perencanaan ulang pondasi tiang bor menggunakan 3 alternatif variasi diameter tiang pancang. Penelitian ini bertujuan mengetahui nilai kapasitas daya dukung dan penurunan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data sekunder berupa gambar teknis gedung, data hasil penyelidikan tanah dengan metode sondir dan standar penetration test. Hasil penelitian nilai kapasitas daya dukung ultimit tiang bor eksisting yaitu 434,559 Ton. Nilai kapasitas daya dukung ultimit perencanaan pondasi dengan metode Meyerhoff pada diameter 0,3 yaitu 295,16 Ton, diameter 0,4 yaitu 393,547 Ton dan diameter 0,5 m yaitu 491,933 Ton. Sedangkan dengan metode Aoki & De Alencer pada diameter 0,3 yaitu 285,109 Ton, diameter 0,4 yaitu 406,914 Ton dan diameter 0,5 m yaitu 543,047 Ton. Direkomendasi alternatif desain perencanaan pondasi tiang pancang diameter 0,5 m metode Aoki & De Alencer dengan jumlah 3 tiang dalam 1 kelompok tiang. Hal ini berdasarkan hasil kapasitas dukung kelompok (Qg) lebih besar dari metode Meyerhoff, dari nilai penurunan, nilai penuruan 0,062 m lebih kecil dari nilai penurunan tiang bor pondasi eksisting 0,084 m dan  nilai penurunan tiang dengan  metode Meyerhoff  0,089 m.Keywords: Pondasi Tiang Pancang, Kapasitas Daya Dukung, Penurunan
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN TERMINAL BANDARA APT PRANOTO SAMARINDA Pitoyo Pitoyo; Santi Yatnikasari; Sugiyono Sugiyono; Niswatun Arifah
Rang Teknik Journal Vol 5, No 2 (2022): Vol. 5 No. 2 Juni 2022
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/rtj.v5i2.3044

Abstract

Bandara APT Pranoto merupakan Bandara yang dikelola oleh Kemenhub dan terletak di Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur. Aspek Pelayanan menjadi prioritas dalam penyelenggaraan jasa  penerbangan. Kualitas Pelayanan yang disediakan oleh pengelola penerbangan kepada penumpang pengguna jasa angkutan udara adalah hal yang sangat penting dalam menunjang keamanan, keselamatan dan kenyamanan penerbangan sehingga terciptanya suasana kegiatan jasa pelayanan yang prima. Untuk terciptanya pelayanan tersebut diperlukan fasilitas dan pelayanan yang memadai sesuai dengan kemampuan operasi bandara dalam menunjang penumpang.Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 178 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Pengguna Jasa Bandar Udara, maka perlu diukur terkait tingkat kepuasan penumpang dan penilaian pelayanan penyelenggara jasa penerbangan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode pengamatan terkait fasilitas dan juga survey kuesioner untuk menganalisis tingkat kepuasan penumpang dengan menggunakan Importance and Performance Analysis (IPA) serta mengevaluasi pergerakan penumpang dalam terminal.
EVALUASI EFEKTIFITAS PENGEMBANGAN INFRASTRUKTUR JARINGAN LAN DAN INTERNET TERHADAP PROGRAM SEKOLAH PENGERAK DI SMAN 13 PADANG Syaflan Sandi Harta Putra; Ambiyar Ambiyar; Wakhinuddin Wakhinuddin; Nizwardi Jalius; Bulkia Rahim
Rang Teknik Journal Vol 5, No 2 (2022): Vol. 5 No. 2 Juni 2022
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/rtj.v5i2.3064

Abstract

The Motivating School Program is an effort to realize the vision and mission of Indonesian Education in realizing an advanced Indonesia that is sovereign, independent, and has personality through the creation of Pancasila Lessons. The Motivating School Program focuses on developing holistic student learning outcomes that include competencies (literacy and numeracy) and character, starting with superior human resources (principals and teachers). To realize the Driving School Program, there are five driving school program interventions that must be carried out, 1) Consultative and asymmetric assistance, 2) Strengthening human resources in schools, 3) learning with a new paradigm, 4) Database planning, 5) Digitizing schools. School digitization is a priority aspect of the driving school program at SMAN 13 Padang. Needs analysis was carried out using field observations and interviews with the Principal and IT Admin. Observations and interviews are useful to get real problems in the field directly and accurately. The results of the analysis and evaluation of the development of LAN and Internet network infrastructure at SMAN 13 Padang provide an apology and a very positive impact in supporting the learning and teaching process with 93% traffic usage of internet facilities and 400 Mbps internet capacity usage in the school academic environment. This driving school program is very helpful in realizing the vision and mission of Indonesian Education. Keywords: Motivating School, Digital, Infrastrukture, Network, Internet
EVALUASI SISTEM DRAINASE UNDERPASS YOGYAKARTA INTERNATIONAL AIRPORT (YIA) Yudhi Ardiansyah; Iman Satyarno; Radianta Triatmadja; Intan Supraba
Rang Teknik Journal Vol 5, No 2 (2022): Vol. 5 No. 2 Juni 2022
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/rtj.v5i2.3074

Abstract

Evaluasi terhadap sistem drainase underpass YIA perlu dilakukan untuk mengetahui kemampuan sistem drainase yang terdiri atas saluran samping, bak penampung dan pompa dalam mencegah terjadinya genangan. Evaluasi saluran samping dilakukan dengan membandingkan debit maksimum pada kala ulang 2, 5, 10, 25, 50 dan 100 tahun dengan kapasitas saluran terbangun. Adapun evaluasi bak penampung dan pompa dilakukan dengan melakukan simulasi routing volume akumulasi air yang masuk pada durasi hujan (td) sama dengan waktu konsentrasi (tc), 2tc, 3tc dan durasi hujan lebat dominan. Hasil evaluasi menunjukkan dimensi saluran samping yang terpasang mampu menanggulangi debit maksimum limpasan sampai dengan kala ulang 100 tahun. Evaluasi terhadap bak penampung menunjukkan untuk td=tc,td=2tc dan td=3tc kondisi  sump pit akan aman apabila minimal 2 unit pompa dioperasikan secara bersamaan. Sedangkan untuk durasi lebih ekstrem (durasi hujan lebat dominan) 2 unit pompa hanya mampu mengatasi overcapacity akibat hujan dengan kala ulang 2 sampai dengan 10 tahun. Hasil evaluasi pada kinerja pompa menunjukkan faktor keamanan pompa menunjukkan nilai < 1 apabila yang beroperasi hanya 1 unit pompa sedangkan untuk kondisi 2 unit pompa beroperasi bersamaan nilai faktor keamaanan menunjukkan angka di atas  1 (aman) untuk durasi hujan singkat. Pada hujan dengan durasi ekstrem, faktor keamanan menunjukkan angka aman untuk hujan dengan kala ulang rendah
ANALISA EFISIENSI PENGGUNAAN BATA MERAH DIBANDING BATA RINGAN PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG MADRASAH TSANAWIYAH SALAFIYAH KEREK TUBAN Choirul Anam; Sugiyanto Sugiyanto
Rang Teknik Journal Vol 5, No 2 (2022): Vol. 5 No. 2 Juni 2022
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/rtj.v5i2.3119

Abstract

Seperti kita ketahui bersama bahan material dinding bangunan terus berkembang seiring dengan tuntutan kebutuhan dalam mencapai biaya, waktu dan mutu yang paling efektif dan efisien. Munculnya teknologi bata ringan sebagai material pasangan dinding, cukup memberikan dampak positif bagi masyarakat pada umumnya dan dunia konstruksi pada khususnya. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan yang diharapkan adalah untuk menganalisa efisiensi biaya penggunaan material batu bata merah dibandingkan dengan bata ringan pada Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Margomulyo Kerek Tuban. Dengan pelaksanaan penelitian ini beserta batasan-batasan penelitian yang telah ditentukan didapatkan suatu kenyataan perbandingan bahan pasangan dinding atas harga material bata ringan dengan harga material bata merah dapat dipastikan harga bata ringan per satuannya (buah) lebih mahal daripada bata merah. Mahalnya biaya atas material tersebut tidak serta merta akan menghasilkan biaya yang lebih mahal dalam penggunaannya, perlu ditinjau lagi perlu adanya biaya ikutan (biaya pemasangannya) yang diperlukan atas penggunaan material tersebut pada dinding bangunan. Dalam aplikasi penggunaan atas material bata merah dan bata ringan sebagai pasangan dinding bangunan pada proyek yang diteliti membutuhkan biaya Rp. 30.541.023 untuk material bata merah dan Rp. 39.036.768 untuk material bata ringan, biaya ini merupakan biaya material bahan pasangan dinding ditambah dengan biaya tambahan (adonan dan perekat) yang diperlukan untuk pemasangannya. Biaya tenaga kerja yang dibutuhkan untuk dapat melakukan pekerjaan pasangan dinding bangunan pada proyek yang diteliti membutuhkan biaya Rp.  35.264.554 untuk pasangan dinding menggunakan material bata merah dan Rp. 23.509.874 untuk pasangan dinding menggunakan material bata ringan. Biaya yang diperlukan untuk membuat permukaan dinding bangunan menjadi halus dan rata (pekerjaan plestrean) pada proyek yang diteliti memerlukan biaya sebesar Rp. 54.410.916 untuk material bata merah dan biaya Rp. 29.154.338 untuk material bata ringan. Secara jumlah biaya (biaya total) atas perbandingan penggunaan bahan pasangan dinding dengan menggunakan material bata merah dengan bata ringan pada proyek yang diteliti, untuk bata merah biaya totalnya adalah Rp. 120.216.493 dan untuk biaya penggunaan bata ringan biaya totalnya adalah Rp.  91.700.980. Secara umum pada hasil analisa efisiensi atas penggunaan material bahan pasangan dinding menggunakan bata merah dibandingkan dengan bata ringan menghasilkan nilai penghematan biaya sebesar Rp. 28.515.513 atau dengan hasil analisa efisiensi sebesar 23,72%. Kata Kunci: Dinding bangunan, bata merah, bata ringan biaya dan efisiensi.
ANALISA PERBANDINGAN ANGGARAN BIAYA METODE SNI DAN BOW PADA PROYEK PEMBANGUNAN KANTOR OPERASI CEMENT MILL TUBAN 3-4 PT. SEMEN INDONESIA (PERSERO) TBK Nur Alfin; Sugiyanto Sugiyanto
Rang Teknik Journal Vol 5, No 2 (2022): Vol. 5 No. 2 Juni 2022
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/rtj.v5i2.3120

Abstract

Pada saat ini, kontraktor umumnya membuat harga penawaran berdasarkan  analisa yang tidak seluruhnya berpedoman pada analisa BOW maupun analisa SNI. Para kontraktor lebih cenderung menghitung harga satuan pekerjaan berdasarkan dengan analisa mereka sendiri-sendiri yang didasarkan atas pengalaman-pengalaman terdahulu dalam menyelesaikan suatu pekerjaan konstruksi, walaupun tidak terlepas dari analisa BOW ataupun analisa SNI. Pelaksanaan sebuah proyek konstruksi sangat berkaitan dengan proses manajemen didalamnya. Pada tahapan itu, pengelolaan anggaran biaya untuk melaksanakan pekerjaan tersebut, perlu dirancang dan disusun sedimikian rupa berdasarkan  sebuah konsep estimasi yang terstruktur sehingga menghasilkan nilai estimasi rancangan yang tepat dalam arti ekonomis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perhitungan biaya pembangunan kantor operasi cement mill Tuban 3-4 PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. dengan biaya estimasi menggunakan metode BOW menghasilkan biaya sebesar Rp. 2.048.598.410, sedangkan hasil estimasi biaya menggunakan metode  SNI menghasilkan sebesar Rp. 1.878.500.266. Dari hasil perhitungan estimasi menggunaakan dua metode tersebut, perbandingan estimasi anggaran biaya antara metode BOW dan SNI diperoleh metode BOW lebih mahal 8,3% dari metode SNI atau senilai Rp. 170.098.144. Pada penelitian ini berdasarkan hasil evaluasi hasil perhitungan rencana anggaran proyek pembangunan kantor operasi cement mill Tuban 3-4 PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. dengan kedua metode, hasil estimasi biaya dengan metode SNI merupakan yang paling ekonomis, dikarenakan indeks koefisien  harga satuan upah dan bahan merupakan yang paling kecil dibanding metode BOW. Dengan analisa SNI, analisa ini memiliki kelebihan diantaranya dapat digunakan pada semua jenis pekerjaan konstruksi yang menggunakan peralatan modern/alat berat. Kata Kunci: Estimasi biaya, metode BOW, metode SNI, dan harga satuan biaya 
PENEREPAN OPTIMALISASI METODE CRITICAL CHAIN PROJECT MANAGEMENT PADA PELAKSANAAN PROYEK KONTRUKSI Sugiyanto Sugiyanto; Khairul Insan
Rang Teknik Journal Vol 5, No 2 (2022): Vol. 5 No. 2 Juni 2022
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/rtj.v5i2.3121

Abstract

Pada penelitian ini, dilakukan upaya perbaikan jadwal pelaksanaan proyek pembangunan gudang polowijo yang berlokasi di Desa Wadung Kecamatan Jenu Tuban Jawa Timur dengan menggunakan metode manajemen proyek rantai kritis (ctitical chain project management). Berdasarkan atas perhitungan durasi total proyek yang didapatkan dengan menggunakan metode perhitungan secara manual dibutuhkan waktu pelaksanaan selama 98 hari dan biaya tenaga kerja langsung yang dibutuhkan adalah sebesar Rp.  574.600.000,00 (lima ratus tujuh puluh empat juta enam ratus ribu rupiah) untuk menyelesaikan pekerjaan proyek yang  diteliti. Berdasarkan atas upaya perbaikan jadwal pelaksanaan proyek dengan menggunakan metode critical chain project management (CCPM) didapatkan durasi total yang dibutuhkan menjadi 61 hari (durasi penyelesaian proyek berlangsung lebih cepat 37 hari dari durasi awal) dan biaya tenaga kerja langsung yang dibutuhkan adalah Rp. 430.185.000 (empat ratus tiga puluh juta seratus delapan puluh lima ribu rupiah) atau berkurang menjadi Rp. 144.415.000 (seratus empat puluh empat juta empat ratus limas belas ribu rupiah). Kata kunci: Proyek, Penjadwalan, Durasi, dan Manajemen Proyek Rantai Kritis.
ANALISIS FAKTOR PENYEBAB REWORK PADA PEKERJAAN KONTRUKSI JALAN KOTA PADANG Dewi Puspa; Yossyafra Yossyafra; Yosritzal Yosritzal
Rang Teknik Journal Vol 5, No 2 (2022): Vol. 5 No. 2 Juni 2022
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/rtj.v5i2.3125

Abstract

Rework is a repeat job that is caused by an error from a construction project. In a construction activity almost always happens rework only the quantity is different. The purpose of this study is identify the factors that cause rework, identify the conditions of rework, identify the intensity of rework on road construction work item in the city of Padang. This study uses qualitative methods with a descriptive approach. The result of the study are the main factors that led to road construction rework in Padang city were design and documentation, managerial factor and resources. Little rework conditions occur in road construction work in the city of Padang. The intensity of work items the occur on average rework is rare. Keywords: Rework, Construction project, identification.

Page 1 of 3 | Total Record : 23