cover
Contact Name
Achmad Rante Suparman
Contact Email
a.rante@unipa.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
a.rante@unipa.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. manokwari,
Papua barat
INDONESIA
Arfak Chem: Chemistry Education Journal
Published by Universitas Papua
ISSN : 2615627X     EISSN : 26156288     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Arfak Chem: Chemistry Education Journal is a scientific journal, published by Chemistry Education Department, University of Papua. This journal is published 2 times in a year, June and December. This journal contains research results relating to the topic of education and chemistry teaching.
Arjuna Subject : -
Articles 17 Documents
PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA UNIPA MANOKWARI niken, christiana
Arfak Chem: Chemistry Education Journal Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30862/accej.v1i1.944

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui apakah ada pengaruh gaya belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Program Studi Pendidikan Kimia UNIPA Manokwari dan untuk mengetahui pengaruh persen gaya belajar terhadap kemampuan Berpikir Kritis Program Studi Pendidikan Kimia UNIPA Manokwari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode expost facto. Hasil penelitian tidak dapat mempengaruhi gaya belajar pada keterampilan berpikir kritis siswa program pendidikan kimia UNOKA MANOKWARI.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI IPA DI SMA YAPIS MANOKWARI SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2015/2016 Parubak, Apriani; Nurjayanti, Nurjayanti; Suparman, Achmad
Arfak Chem: Chemistry Education Journal Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30862/accej.v1i1.976

Abstract

Tujuan dari skripsi ini adalah untuk meningkatkan hasil studi Kimia tentang masalah kelarutan dan hasil kelarutan siswa di kelas IPA 11 sma yapis tahun studi manokwari 2015/2016. Ini adalah penelitian kelas rol yang terdiri dari perencanaan aksi, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas 11ipa sma yapis manokwari. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan tes. Data dilakukan dengan menggunakan deskriptif untuk menganalisis. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan metode penyelidikan kelompok penelitian dapat menumbuhkan studi materi kimia siswa. Semakin bertambahnya siswa untuk ditemukan dalam siklus satu ketika siklus satu nilai siswa di 67,6 dan 93,47 dalam siklus dua. Dalam penyimpulan kelompok investigasi dapat menumbuhkan nilai bahan studi kelarutan dan daya ingat siswa kelarutan di kelas IPA 11 sma yapis manokwari.Kata Kunci: metode penyelidikan kelompok, kelarutan dan hasil kelarutan, kognitif
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA ADVENT MANOKWARI PADA MATERI STOIKIOMETRI REAKSI Larasati, Christiana; Parubak, Apriani; Souhuwat, Valencya
Arfak Chem: Chemistry Education Journal Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30862/accej.v1i1.981

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran take and give pada materi pokok Stoikiometri Reaksi kelas XI IPA SMA Advent Manokwari dan untuk melihat besar peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi pokok Stoikiometri Reaksi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model PTK Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan masing-masing siklusnya memiliki empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Untuk melihat peningkatan hasil belajar peserta didik pada penelitian ini yaitu dengan memberikan pre-test dan post-test kepada peserta didik untuk tiap siklusnya. Data yang diperoleh, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dengan bantuan Microsoft Excel 2007 untuk menggambarkan peningkatan pada siklus. Setelah data dianalisis, terlihat bahwa penerapan model pembelajaran take and give dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Advent Manokwari pada materi stoikiometri reaksi. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar peserta didik yang mencapai KKM yaitu ≥ 70 mengalami peningkatan sebesar 25% yaitu dari 55% pada siklus I dengan kriteria ketuntasan klasikal sedang menjadi 80% dengan kriteria ketuntasan klasikal tinggi pada siklus II.Kata Kunci: model pembelajaran take and give, hasil belajar dan stoikiometri reaksi, penelitian tindakan kelas, sma advent manokwari.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI SMK NEGERI 02 MANOKWARI Suparman, Achmad; Parubak, Apriani; Utami, Tri
Arfak Chem: Chemistry Education Journal Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30862/accej.v1i1.977

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (i) perbedaan hasil belajar kognitif antara peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional; (ii) berapa besar pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas XI SMK Negeri 02 Manokwari (studi pada materi pokok laju raksi) Penelitian ini menggunakanmetode penelitian kuasi eksperimen dengan desain post test-only control group designdengan melibatkan kelas XI Teknik Gambar B sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Teknik Listrik B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif peserta didik berupa tes pilihan ganda. Analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah statistik deskriptif dan uji non parametrik (Mann Whiteney) dengan bantuan Software SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (i) terdapat perbedaan hasil belajar kognitif peserta didik dalam penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional; (ii) terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar kognitif peserta didik sebesar 30%.Kata Kunci: model pembelajaran, problem based learning (pbl), hasil belajar.
PENGEMBANGAN BUKU SAKU (Personal book) BERBASIS ENGINE OF MOTORCYCLE PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DI SMA SANTO PAULUS MANOKWARI Parubak, Apriani; Nursyamsu, Muhammad; Yogaswara, Radite
Arfak Chem: Chemistry Education Journal Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30862/accej.v1i1.978

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan buku pribadi hidrokarbon berbasis mesin sepeda motor dan mengetahui kualitas buku pribadi hidrokarbon. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R & D) yang menggunakan model 4D, Define, Design, Develop and Disseminate, tetapi dalam penelitian ini hanya fokus untuk mengembangkan langkah, bukan untuk menyebarluaskan langkah. Fokus penelitian ini adalah kelas X SMA SANTO PAULUS Manokwari pada semester pertama, tahun 2016/2017. Instrumen penelitian berupa kuesioner, wawancara dan validitas isi. Berdasarkan hasil analisis data melalui skor kuesioner siswa adalah 89,88% dalam kategori “Sangat Praktis”. Hasil dari nilai siswa dalam post-test adalah 68. Hasil dari post-test telah berakhir pada KKM. KKM adalah 65. Hasil validitas isi yang didapat dari kedua validator adalah 84,21%. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa buku pribadi berdasarkan mesin sepeda motor dapat digunakan di SMA SANTO PAULUS Manokwari.Kata Kunci: buku pribadi berdasarkan mesin sepeda motor, hidrokarbon, penelitian dan pengembangan.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK HIDROKARBON KELAS X SMA ADVENT MANOKWARI Suparman, Achmad; Parubak, Apriani; Sumarandak, Ingrit pungki
Arfak Chem: Chemistry Education Journal Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30862/accej.v1i1.974

Abstract

Penelitian tentang pengaruh gambar dan metode pengajaran gambar pada hasil belajar kognitif siswa pada bab hidrokarbon pada siswa kelas X SMA Advent Manokwari, bertujuan untuk membandingkan metode pembelajaran gambar dan gambar dengan metode pengajaran konvensional pada hasil belajar kognitif siswa dan persen pengaruh penggunaan metode pengajaran gambar dan gambar. Penelitian ini menggunakan quasi - experimental dengan pre test dan post test group dengan melibatkan kelas XB sebagai kelas eksperimen dan kelas XA sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui prestasi kognitif siswa dari tes esai. Analisis data digunakan untuk menganalisis hasil dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial, untuk menganalisis hasil data menggunakan SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa dalam penggunaan model pembelajaran gambar dan gambar. dengan efek 43,4%.Kata Kunci: Metode pengajaran gambar dan gambar, pembelajaran kognitif dan hidrokarbon
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 PRAFI KELAS X (Pada Pokok Bahasan Minyak Bumi) Morin, Jacson Victor; Safitri, Avinda; Larasati, Christiana Niken
Arfak Chem: Chemistry Education Journal Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30862/accej.v1i1.979

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan dalam pembelajaran kognitif siswa keluar atau untuk mengetahui pengaruh persentase menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw kelas X di SMA Negeri 1 prafi dengan metode usasi kuasi menggunakan metode eksperimen. Penelitian ini dilakukan selama tiga pertemuan, termasuk pretest sebelum mengajar subjek dan posttest setelah mengajar subjek. Penelitian ini dimulai pada bulan Maret hingga Mei 2016. Sampel penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok yaitu 18 siswa kelas eksperimental dengan menggunakan jigsaw inadel dan 18 siswa sebagai kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes instrumen. Berdasarkan data analisis, uji hipotesis parametrik dari data posttest menghasilkan 95% nilai sig (2-tailed) sebesar 0,021, sig (2- tailed) <0,025, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Singkatnya ada perbedaan penggunaan model pembelajaran kooperatif jigsaw terhadap hasil belajar kognitif siswa pada kelas X di SMA Negeri 1 prafi.Kata Kunci: pembelajaran kooperatif, model jigsaw, hasil belajar siswa, minyak bumi.
EFEKTIFITAS MODEL PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X4 SMA YPK OIKOUMENE MANOKWARI (PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA) Suparman, Achmad; Parubak, Apriani; Nauw, Jonison
Arfak Chem: Chemistry Education Journal Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30862/accej.v1i1.975

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar persen efektivitas model pembelajaran Problem Solving terhadap hasil belajar peserta didik kelas X4 SMA YPK Oikouemene Manokwari pada pokok bahasan ikatan kimia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan mengambil satu kelas sebagai kelas eksperimen yaitu kelas X4 SMA YPK Oikoumene Manokwari. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif (pre-experimental) yang menggunakan variabel tunggal yakni efektivitas penggunaan model Problem Solving terhadap hasil belajar peserta didik kelas X4 SMA YPK Oikoumene Manokwari pada pokok bahasan ikatan kimia. Hasil penelitian dilihat dari ketuntasan kelas yang diperoleh menggambarkan efektivitas pembelajaran dengan acuan efektif atau tidaknya dilihat dari 85% ketuntasan kelas yang diperoleh. Efektivitas pembelajaran yang diperoleh peserta didik dengan penerapan model pembelajaran Problem Solving sebesar 88,23% dan telah memenuhi kriteria minimum ketuntasan kelas. Hal ini karena pada penerapan pembelajaran dengan model Problem Solving peserta didik mampu menemukan konsep-konsep pada materi ikatan kimia dari bahaan bacaan yang diberikan serta peserta didik mampu terlibat dalam proses belajar mengajar terlihat dari keaktifan peserta didik dalam mengerjakan pertanyaan yang sesuai dengan bahan bacaan yang diberikan.Kata Kunci: efektivitas, model problem solving, hasil belajar, ikatan kimia.
PENERAPAN MODEL NUMBEREAD HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI KELAS XI IPA 1 SMA YPK OIKOUMENE MANOKWARI Parubak, Apriani; Budiarti, Ria; Larasati, Christiana
Arfak Chem: Chemistry Education Journal Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30862/accej.v1i1.980

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA YPK Oikoumene Manokwari pada materi lautan penyangga melalui model pembelajaran Numberead Heads Together (NHT). Model pembelajaran Numberead Heads Together digunakan sebagai alternatif untuk memecahkan masalah. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus setiap siklus meliputi 4 tahap: (1). Perencanaan, (2) pelaksanaan, (4) obervasi, Refleksi, dengan subjek penelitian yaitu kelas XI IPA 1 dengan jumlah peserta didik 18 orang. Teknik Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu Observasi dan Tes. Sedangkan validitas data yang digunakan yaitu validitas instrument. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Numberead Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 1 SMA YPK Oikoumene Manokwari. Untuk Hasil Belajar diperoleh Rata-rata 67.09 dengan ketuntasan 56% pada Siklus I kemudian meningkat nilai rata-rata sebesar 82,05 dengan ketuntasan 83% pada siklus II. Hal ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar sebesar 27%.Kata Kunci: model pembelajaran numberead heads together (nht), hasil belajar, larutan penyangga, penelitian tindakan kelas, sma ypk oikoumene manokwari.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPA 1 SMA KRISTEN YABT PADA MATERI SISTEM KOLOID Febiartaty, Riska Apolonia; Parubak, Apriani Sulu; Yogaswara, Radite
Arfak Chem: Chemistry Education Journal Vol 1, No 2 (2018): Arfak Chem
Publisher : Universitas Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30862/accej.v1i2.1265

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) pada materi sistem koloid, dan 2) untuk melihat besar persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Kristen YABT Manokwari. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 (dua) siklus dengan  masing-masing siklus terdiri dari 4 (empat) tahapan yaitu: (a) perencanaan, (b) tindakan, (c) observasi, dan (d) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa observasi, wanwancara dan tes belajar. Sedangkan instrumen validitas data menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dengan bantuan software Microsoft Excel 2013 dan disajikan melalui tabel histogram, grafik, perhitungan rata-rata serta persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) penerapan model pembelajaran Project Based Learnig (PJBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Kristen YABT Manokwari pada materi sistem koloid; b) besar persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik yang diperoleh mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 43% dengan kriteria rendah dan siklus II sebesar 83% dengan kriteria tinggi.Kata Kunci: Model pembelajaran Project Based Learning (PJBL), Hasil Belajar, Sistem Koloid, Penelitian Tindakan Kelas, SMA Kristen YABT Manokwari

Page 1 of 2 | Total Record : 17