cover
Contact Name
Hero Wintolo
Contact Email
herowintolo@stta.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
senatik@stta.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Conference SENATIK STT Adisutjipto Yogyakarta
ISSN : 23373881     EISSN : 25281666     DOI : 10.28989/senatik
SENATIK merupakan jurnal proceeding seminar nasional teknologi informasi dan kedirgantaraan yang dikelola Pusat Penelitian,dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto Yogyakarta. Jurnal ini diterbitkan dalam jangka waktu setahun sekali, dalam bentuk off line/ buku cetak dan on line dengan E-ISSN 2528-1666, digunakan untuk publikasi karya ilmiah, peneltian, tesis dan desertasi dari dosen dan calon dosen. Jurnal dari SENATIK ini juga terindeks ke crossref dengan nomor doi 10.28989 sehingga artikel yang dipublikasikan memiliki nilai yang lebih. Sebagai institusi yang memiliki ciri khas kedirgantaraan, maka setiap penerbitan dari proceeding ini akan disertai dengan seminar nasional yang temanya dalam lingkup Teknologi dan Kedirgantaraan. Mulai SENATIK 2018, proceeding akan dicetak menggunakan International Standard Book Number (ISBN)
Arjuna Subject : -
Articles 34 Documents
Search results for , issue "Vol 6 (2020): Keselamatan Penerbangan di masa Pandemi Covid-19 [ISBN 978-602-52742-2-0]" : 34 Documents clear
Analisis kekuatan tarik, bending, mikrostruktur, komposisi dan kemampuan redam suara komposit serat pelepah pisang menggunakan metode Vacuum Assisted Resin Infusion Annisa Angelia; Muhammad Abdul Ghofur; Arif Djoko Nugroho; Purwadi Purwadi; Purnomo Herlambang
SENATIK STT Adisutjipto Vol 6 (2020): Keselamatan Penerbangan di masa Pandemi Covid-19 [ISBN 978-602-52742-2-0]
Publisher : Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28989/senatik.v6i0.429

Abstract

Komposit merupakan suatu material hasil rekayasa yang terdiri dari dua atau lebih material penyusunnya dimana material penyusun komposit terdiri dari penguat (reinforcement) dan pengikat (matrix). Salah satu jenis serat adalah serat alam yang sangat mudah ditemukan dikehidupan kita sehari-hari. Pelepah pisang adalah salah satu jenis serat alam yang memiliki jaringan selular dengan pori-pori yang saling berhubungan. Proses pembuatan spesimen komposit dalam penelitian ini menggunakan metode Vaccum Assisted Resin Infusion (VARI). Selanjutnya spesimen akan diuji dengan alat uji tarik dengan standar ASTM D 3039/ 3039 M dan alat uji bending dengan standar ASTM D790-03. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan tarik, kekuatan bending, mikrostruktur dan komposisi dari komposit serat pelepah pisang antara komposit dengan waktu pengeringan selama 1 hari dan 7 hari.  Selain itu dilakukan juga uji redam suara dari spesimen komposit tersebut yang kemudian dibandingkan dengan hasil uji redam suara dari glasswoll. Hasil dari penelitian ini diperoleh kekuatan tegangan tarik yang dihasilkan oleh komposit serat pelepah pisang dengan waktu pengeringan selama 7 hari adalah sebesar 17,90 N/mm2 sedangkan waktu pengeringan selama 1 hari adalah sebesar 16,72 N/mm2. Kekuatan bending yang dihasilkan oleh komposit serat pelepah pisang dengan waktu pengeringan selama 7 hari adalah sebesar 31,75 N⁄mm2 sedangkan waktu pengeringan selama 1 hari adalah sebesar 20,68 N⁄mm2. Hasil mikrostruktur pada komposit serat pelepah pisang dengan waktu pengeringan selama 7 hari terlihat serat dan resin lebih menyatu dibandingkan waktu pengeringan selama 1 hari dimana serat dan resin kurang menyatu serta masih banyak ronga udara. Jumlah oksigen pada komposit serat pelepah pisang dengan waktu pengeringan selama 1 hari yaitu 52,00% sedangkan waktu pengeringan selama 7 hari yaitu 51,35%. Pada penelitian ini juga diperoleh hasil desibel suara tanpa adanya sekat atau ruangan kosong dengan diberi suara sebesar 103 dB sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil uji peredam suara komposit pelepah pisang dengan waktu pengeringan selama 7 hari mampu meredam suara sebesar 21% dengan taraf intensitas suara 89,5 dB sedangkan glasswoll memberikan peredaman suara sebesar 8,76% dengan nilai taraf intensitasnya 91,7 dB.
Analisis prakiraan kecepatan angin dengan menggunakan artificial neural network Afrah Halawani; Sutjianto S; Mardiana Irawaty
SENATIK STT Adisutjipto Vol 6 (2020): Keselamatan Penerbangan di masa Pandemi Covid-19 [ISBN 978-602-52742-2-0]
Publisher : Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28989/senatik.v6i0.424

Abstract

Prediction is one of the most important techniques in determining the resulting wind speed. The decision to predict is very important, because with predictions can calculate the average wind speed and a good prediction is an accurate prediction. The purpose of this research is to predict the wind speed using the neural network model to determine the wind speed in the following year. To predict wind speed, the author builds a wind speed prediction model using an artificial neural network (ANN) with a backpropagation learning algorithm. The scope of research data collection from BMKG Sleman. Therefore we need a method that is better than the load coefficient method. The results of this study show that the predictions of ANN wind speed in 2019 from January to December are close to the default data from the BMKG. Sleman and stay stable. And the average error percentage of ANN is 5%. 
Animated stunting counseling for department of Health Pagar Alam City based on multimedia Buhori Muslim; Ahmad N. Firdaus
SENATIK STT Adisutjipto Vol 6 (2020): Keselamatan Penerbangan di masa Pandemi Covid-19 [ISBN 978-602-52742-2-0]
Publisher : Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28989/senatik.v6i0.399

Abstract

Stunting counseling carried out by the Pagar Alam City Health Office is still conventional, explaining directly by extension agents and power points so that people who take part in extension activities are easily bored, this study aims to design and build media for stunting prevention using animation at the Pagar Alam City Health Service based on multimedia using adobe. Flash Cs6 is able to attract interest and eliminate the feeling of boredom of extension participants, the development stage of this research uses the ADDIE method, the ADDIE model development design consists of five steps, namely analysis, design, development, implementation, evaluation. This animation was built and designed using adobe flash CS6 actionscript 2.0 to measure the validity level of the animation. This countermeasure is used, namely expert reviews of experts, or alpha tests obtained from the results to see the level of understanding and public interest before and after the use of stunting control animation. This animation is expected to be able to help the health office of Pagar Alam City in making stunting education more efficient. The final result of this research is an animation of stunting control to increase public knowledge and become an animated video for the assistant of Pagar Alam City Health Office.
Routing Protocol berbasis web pada Cisco Router 2800 series memanfaatkan Application Programming Interface (Api) dari Cisco Sudaryanto Sudaryanto; Haruno Sajati; Ega Ari Wiyasa
SENATIK STT Adisutjipto Vol 6 (2020): Keselamatan Penerbangan di masa Pandemi Covid-19 [ISBN 978-602-52742-2-0]
Publisher : Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28989/senatik.v6i0.417

Abstract

Routing Protocol merupakan salah satu teknologi komputer yang saat ini sangat dibutuhkan. Hal ini dikarenakan routing dapat digunakan untuk membroadcast, mempelajari jaringan yang saling terhubung dan rute (network path) yang tersedia, serta router yang berbeda bisa saling bertukar informasi untuk  mendapat rute paling efisien ke tujuan. Cisco Router merupakan perangkat router yang sudah menyediakan teknologi routing. Permasalahan yang ditemukan pada Cisco Router adalah sistem manajemen routing yang masih berbasis command line dan tidak dapat diakses dari jarak jauh. Pada penelitian ini akan membangun user interface berbasis web untuk Routing Protocol dengan tujuan memberikan kebebasan pemakaian device dan tidak harus terfokus pada satu jenis device saja. Routing berbasis Web ini dibuat dengan memanfaatkan API Cisco sebagai penghubung antara bahasa pemrograman berbasis Web dengan bahasa pada perangkat lunak Cisco Catalyst 2800 dan pemanfaatan Telnet yang berperan penting dalam memberikan akses lebih luas pada Cisco Catalyst 2800 untuk diakses di luar aplikasi terminal emulator. Hasil pengujian pada penelitian ini menunjukkan bahwa Routing Protocol berbasis Web terbukti dapat melakukan konfigurasi routing sehingga dapat digunakan untuk mengatur hubungan antar komputer sesuai dengan kebutuhan pada jaringan yang digunakan
Keselamatan penerbangan di masa pandemi COVID-19 Agus Taufik Mulyono
SENATIK STT Adisutjipto Vol 6 (2020): Keselamatan Penerbangan di masa Pandemi Covid-19 [ISBN 978-602-52742-2-0]
Publisher : Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28989/senatik.v6i0.438

Abstract

Pandemi Covid19 telah membawa dampak yang cukup berat terhadap sektor penerbangan baik di level nasional maupun di level internasional. Diperkirakan penurunan penumpang mencapai hampir 80% pada awal Pandemi, dan belum akan pulih dalam waktu dekat. Penurunan ini menyebabkan industri penerbangan sangat terpukul, berakibat pada kosongnya bandara, sepinya tempat-tempat wisata, hingga menurunnya pertumbuhan ekonomi. Peran penerbangan dalam perekonomian sangat vital sebagaimana layaknya sektor transportasi yang lain. Di sisi lain, teknologi pesawat sebenarnya sudah mampu mengurangi dampak penularan di dalam pesawat itu sendiri. Salah satu tantangan yang penting adalah bagaimana memastikan keselamatan penerbangan sehingga mampu mengurangi dampak penularan sekaligus untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat untuk menggunakan penerbangan. Sesi Public Lecture ini akan membahas tentang Tantangan Keselamatan Penerbangan pada Masa Pandemi, bagaimana regulasinya, aspek teknisnya, dan bagaimana dampaknya perbaikan kondisi Pandemi.
Perancangan Augmented Reality sebagai penunjang promosi produk unggulan dan pariwisata Patuk Gunungkidul Yogyakarta Astika Ayuningtyas; Uyuunul Mauidzoh; Yuliani Indrianingsih
SENATIK STT Adisutjipto Vol 6 (2020): Keselamatan Penerbangan di masa Pandemi Covid-19 [ISBN 978-602-52742-2-0]
Publisher : Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28989/senatik.v6i0.403

Abstract

Patuk merupakan pintu gerbang untuk memasuki Kabupaten Gunungkidul. Di Patuk terdapat beberapa tempat wisata dan produk makanan olahan dari bahan hasil alam dan pertanian. Beberapa potensi produk yang dapat menjadi unggulan di Kecamatan Patuk sudah berkembang di masyarakat tetapi belum banyak dikenal oleh wisatawan yang berkunjung ke Gunungkidul. Permasalahan yang ada di Patuk belum adanya media informasi berbasis Teknologi Informasi yang memanfaatkan Augmented Reality (AR) untuk memperkenalkan potensi produk unggulan dan pariwisata di Patuk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) proses pengembangan Website www.jelajahipatuk.com dengan menggunakan Augmented Reality (AR); (2) desain model AR khususnya pada perancangan peta digital wilayah Kecamatan Patuk; (3) hasil pembuatan peta digital ini dapat dijadikan untuk pengembangan teknologi AR pada Website produk unggulan dan pariwisata Patuk Gunungkidul. Adanya perancangan sistem ini memudahkan dalam pengembangan Website promosi produk unggulan dan obyek wisata berbasis mobile yang memanfaatkan AR sehingga lebih efektif dan edukatif. Hasil perancangan berupa peta digital dapat mendukung kebutuhan pengembangan teknologi AR pada Website yang ada sebelumnya dan mengubah konsep persepsi pengguna tentang interaksi antara dunia nyata dan objek virtual 2D secara real time.
Pest diagnosis expert system on chili plants using Forward Chaining method in the department of agriculture in Pagar Alam City Evy Septriani; Yogi Isro Mukti
SENATIK STT Adisutjipto Vol 6 (2020): Keselamatan Penerbangan di masa Pandemi Covid-19 [ISBN 978-602-52742-2-0]
Publisher : Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28989/senatik.v6i0.431

Abstract

This study aims to produce an expert system for diagnosing pests in chilies using the Forward Caining method. Chili is one of the basic needs of the community as a flavoring or flavor, but farmers often experience failure to harvest due to pest attacks on chili plants. The system development method used by Waterfall consists of four stages, namely Analysis, Design, Coding and Testing. Therefore, the researcher created an expert system for diagnosing pests in chilies using the Onlane Forward Chaining method. the benefits of this expert system for the city of Pagar Alam, especially for farmers, make it easy to find out the types of pests that attack and provide solutions to prevent pests from being planted in chilies like an expe
Optimasi desain dan analisis kekuatan struktur sayap komposit dengan variasi material, thickness, arah serat dan kondisi batas menggunakan MSC Patran Nastran (studi kasus pesawat UAV CH-4) Muhammad Ervin Adamy; Muhammad Abdul Ghofur; Ardian Infantono; Yustina Titin Purwantiningsih
SENATIK STT Adisutjipto Vol 6 (2020): Keselamatan Penerbangan di masa Pandemi Covid-19 [ISBN 978-602-52742-2-0]
Publisher : Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28989/senatik.v6i0.430

Abstract

Struktur pada pesawat terbang berfungsi untuk mentransfer beban-beban yang terjadi pada permukaan pesawat ke bidang lain yang memiliki kekuatan lebih besar sehingga komponen pesawat tidak mengalami kegagalan karena setiap komponen menerima beban yang relatif kecil. Pada perancangan struktur sayap pesawat terbang, hal paling utama yang harus diperhatikan adalah masalah berat dan kekuatan struktur. Struktur yang dibuat harus memiliki kekuatan maksimal dengan berat seringan mungkin serta memenuhi faktor keamanan (safety factor). Penelitian ini melakukan desain optimasi dan analisis kekuatan stuktur sayap pesawat dengan memvariasikan jenis material, thickness dan kondisi batas. Jenis material yang diaplikasikan dalam penelitian ini adalah komposit carbon/epoxy T300/N5208, Alumunium dan Titanium. Material komposit dengan berbagai varisasi susunan arah serat dimana lamina disusun secara simetris dengan arah serat (90°/90°/90°/90°)s, (45°/45°/45°/45°)s, (0°/0°/0°/0°)s, (0°/0°/90°/90°)s dan (0°/45°/-45°/90°)s dan ketebalan per layer nya sebesar 0,000125 m atau 0,125 mm. Thickness dibuat seragam dari wingroot sampai dengan wingtip, kemudian thickness dibuat bervariasi dengan membagi tiga section sayap. Kondisi batas diposisikan di ujung spar dan diposisikan di bagian ujung skin sayap. Desain optimasi dan analisis kekuatan struktur Ribs, Spar dan Skin menggunakan Patran Nastran. Objek penelitian ini pada perancangan geometri sayap mengambil studi kasus pada jenis pesawat UAV CH4 Rainbow milik TNI AU. Dalam penelitian ini diperoleh  stress dan weight pada ketebalan yang seragam dan posisi kondisi batas di spar untuk material komposit sebesar 75,8 MPa, 2,228 x 103 Kg. Material alumunium sebesar 59,2 MPa, 3,871 x 103 dan material titanium sebesar 59,2 MPa, 6,168 x 107 . Desain optimasi dilakukan dalam penelitian ini dengan cara memvariasikan ketebalan dan menambah posisi kondisi batas di ujung skin sayap, diperoleh stress, defleksi dan weight untuk material komposit sebesar 551 MPa , 0,675 m, 277 Kg. Material alumunium memperoleh stress dan weight sebesar 59,2 MPa, 3871 Kg dan material titanium sebesar 59,2 MPa, 6168 Kg. Dengan demikian, desain struktur sayap pesawat UAV CH-4 Rainbow yang paling optimal adalah komposit dengan variasi ketebalan spar dan rib (1 cm, 0,75 cm, 0,5 cm) serta skin (0,375 cm, 0,25 cm, 0,125 cm).
Estimasi sudut orientasi rigid body dengan menggunakan sensor IMU (Inertial Measurement Unit) dan Magnetometer Sandi, Briyan Yoga; Kurniawan, Freddy; Lasmadi, Lasmadi
SENATIK STT Adisutjipto Vol 6 (2020): Keselamatan Penerbangan di masa Pandemi Covid-19 [ISBN 978-602-52742-2-0]
Publisher : Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28989/senatik.v6i0.425

Abstract

One of the instruments that can be used today for navigation is the IMU (Inertial Measurement Unit) sensor which consists of an accelerometer sensor, gyroscope, and an additional magnetometer. The three sensors are useful for determining the orientation angle. However, the presence of high enough noise in the three-output data can cause the orientation angle to be inaccurate. This study aims to determine the roll, pitch and yaw orientation more accurately using a Kalman filter. This filter is used because it has a lightweight computation and can reduce noise significantly. The results of this study show that the orientation angle calculated using the Kalman filter is close to the actual orientation angle with an accuracy of 99.2% for roll, 99.5% for pitch, and 98.6% for yaw.
Comparison of Result Clustering Study Case Posyandu With The Scalable K Means ++ Clustering Method Hayati, Ariadi Retno; Hani’ah, Mamluatul; Kusumaning, Ika
SENATIK STT Adisutjipto Vol 6 (2020): Keselamatan Penerbangan di masa Pandemi Covid-19 [ISBN 978-602-52742-2-0]
Publisher : Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28989/senatik.v6i0.408

Abstract

Application of data grouping aims to group data unsupervised, in this study comparing the results of the grouping with the K mean clustering method, K Means ++ clustering method and the Scalable K Means ++ clustering method. Based on the test results by analyzing the iteration error value, the results of the analysis show that the K Means ++ clustering and Scalable K Means ++ clustering method will produce less error values when compared to the K Means Clustering method. The data used as the basis of analysis in this study is based on data from Posyandu Rajawali Singosari in Malang. The initial initialization value of the centroid can be determined or randomly and is very influential for the data grouping process. Calculation analysis program used scilab programming and the error results with the graph of the minimum value. Result in test data, error value test data 1 get Scalable K Means ++ clustering error minimum 0,07, test data 2 get error value minimum K Means ++ Clustering 0,15, test data 3 get error value minimum 0,005 at metode Scalable K Means Clustering, test data 4 get error value minimum 0,15 at K Means ++ Clustering.

Page 1 of 4 | Total Record : 34