cover
Contact Name
Hero Wintolo
Contact Email
herowintolo@stta.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
senatik@stta.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Conference SENATIK STT Adisutjipto Yogyakarta
ISSN : 23373881     EISSN : 25281666     DOI : 10.28989/senatik
SENATIK merupakan jurnal proceeding seminar nasional teknologi informasi dan kedirgantaraan yang dikelola Pusat Penelitian,dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto Yogyakarta. Jurnal ini diterbitkan dalam jangka waktu setahun sekali, dalam bentuk off line/ buku cetak dan on line dengan E-ISSN 2528-1666, digunakan untuk publikasi karya ilmiah, peneltian, tesis dan desertasi dari dosen dan calon dosen. Jurnal dari SENATIK ini juga terindeks ke crossref dengan nomor doi 10.28989 sehingga artikel yang dipublikasikan memiliki nilai yang lebih. Sebagai institusi yang memiliki ciri khas kedirgantaraan, maka setiap penerbitan dari proceeding ini akan disertai dengan seminar nasional yang temanya dalam lingkup Teknologi dan Kedirgantaraan. Mulai SENATIK 2018, proceeding akan dicetak menggunakan International Standard Book Number (ISBN)
Arjuna Subject : -
Articles 27 Documents
Search results for , issue "Vol 7 (2021): Generation Z's Participation in Aerospace" : 27 Documents clear
Laravel Blade Templating Engine Implementation (Case Study: Muhammadiyah Lamongan Hospital Job Management System) Danur Wijayanto; Firmansyah Firmansyah
SENATIK STT Adisutjipto Vol 7 (2021): Generation Z's Participation in Aerospace
Publisher : Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28989/senatik.v7i0.447

Abstract

Laravel is one of several frameworks owned by the Hypertext Preprocessor (PHP) programming language. Laravel itself was created to facilitate programmers in creating a website with a framework that laravel is expressive and has syntax that is easy to understand. Laravel can also automate common things that are commonly used when building an application such as: Database library, Templating Engine, Session Management, etc. So much used to create a web application. Hypertext Markup Language (HTML), Cascading Style Sheets (CSS) and PHP programming languages: Hypertext Preprocessor is the most widely used programming language for creating a web sistem, using the Blade Templating Engine feature in the Laravel Framework will make it easier for programmers to create dynamic interfaces where programmers do not need to repeat the same code on each page, like; Navbar, Sidebar, footer and so on. By using directive yield, section and extends to call the template that has been created.
Analisis Perbandingan Kekuatan Komposit Hybrid Sandwich Serat Rami-E-Glass/Epoxy Berdasarkan Variasi Ketebalan Core Kayu Balsa Terhadap Kemampuan Uji Bending Lies Banowati; Muhammad Yudhistira; Herry Hartopo
SENATIK STT Adisutjipto Vol 7 (2021): Generation Z's Participation in Aerospace
Publisher : Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28989/senatik.v7i0.465

Abstract

Seiring dengan perkembangan dunia industri saat ini, kebutuhan material untuk sebuah produk bertambah pesat. Para ilmuwan berlomba-lomba untuk menciptakan material baru yang lebih ringan, tahan korosi, dan lebih ekonomis dari logam. Komposit sandwich merupakan jenis komposit struktur yang dikembangkan dan digunakan dalam dunia industri pesawat terbang. Komposit sandwich adalah material komposit yang terdiri dari dua buah skin dimana diantara dua skin tersebut terdapat core. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui kekuatan bending komposit hybrid sandwich serat Rami-E-glass yang sudah dilakukan treatment alkali dengan orientasi arah serat Undirectional (0°) dan matriks Epoxy Bakelite EPR 174 dengan variasi ketebalan core ukuran 3 mm, 5 mm, dan 8 mm menggunakan metode manufaktur hand lay-up dan vacuum bagging. Pengujian bending mengacu pada standar ASTM C 393 dan ASTM D 792 untuk pengujian densitas. Hasil dari analisis pengujian bending komposit hybrid sandwich Rami-E-glass/Epoxy Undirectional (0°) dengan variasi ketebalan core ukuran 3 mm, 5 mm, dan 8 mm menunjukkan kekuatan bending core kayu balsa 3 mm rata-rata 89,55 MPa, dengan core kayu balsa 5 mm rata-rata sebesar 100,55 MPa, dengan core kayu balsa 8 mm rata-rata 51,49, dan densitas komposit rata-rata sebesar 0,726 gr/cm3.
Analisis Kegagalan Fungsi Traffic Alert and Collision Avoidance System Boeing 737-800 Next Garuda Indonesia dan Indentifikasi Penyebab Kegagalan Dengan Metode Fault Tree Indro Lukito; Arif Pambekti; Cyrilus Sukaca Budiono; Riski Kurniawan; Agung Prakoso; Fathkul Mizan
SENATIK STT Adisutjipto Vol 7 (2021): Generation Z's Participation in Aerospace
Publisher : Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28989/senatik.v7i0.459

Abstract

Traffic Alert and Collision Avoidance Systems (TCAS) pada pesawat Boeing 737-800 NG memiliki fungsi utama untuk menghindari dan memberi peringatan dari suatu potensi tabrakan antar pesawat di udara. Dengan menganalisis berbagai input dari sinyal balasan pesawat lain dan kemudian memberikan peringatan visual dan/atau aural kepada crew berdasarkan perintah TA maupun TA/RA yang dipilih. Dengan demikian crew bisa mengambil suatu tindakan sehingga potensi kecelakaan bisa dihindari. Pada penelitian ini metode yang digunakan untuk penelitian adalah dengan melakukan observasi langsung dan melakukan penanganan kegagalan kerusakan pesawat Boeing 737-800 NG Garuda Indonesia di Hanggar 2 PT. GMF AeroAsia. Selain itu dilakukan analisis kegagalan pesawat dengan menggunakan metode fault tree analysis. Hasil  troubleshooting dan  fault  tree analysis  ditemukan kegagalan pada TCAS antenna, coaxial cable dan REU yang berpengaruh pada navigasi pesawat. Proses troubleshooting TCAS mengacu pada FIM Boeing 737-800 NG chapter 34-45 task 803 dan 804 dan juga FIM B737-800 NG chapter 23-51 task 803.
Pengaruh variasi parameter cetak dan post process terhadap tingkat kekerasan spesimen hasil cetak tiga dimensi berbasis stereolithography (SLA) Aris Sandi; Muslim Mahardika; Sukmaji Indro Cahyono; Urip Agus Salim; Juan Pratama; Budi Arifvianto
SENATIK STT Adisutjipto Vol 7 (2021): Generation Z's Participation in Aerospace
Publisher : Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28989/senatik.v7i0.454

Abstract

Keunggulan 3D printing stereolithography (SLA) dalam mencetak spesimen dengan geometri yang komplek dan kekasaran permukaan yang rendah menjadikan teknologi ini semakin banyak digunakan di berbagai bidang. Terlepas dari keunggulan yang dimiliki, sifat mekanis spesimen hasil cetak SLA yang rendah menjadi salah satu kekurangan utamanya. Dari beberapa penelitian telah dilakukan pengujian mekanis yang menunjukkan bahwa parameter cetak mempengaruhi sifat mekanis spesimen hasil cetak. Pada penelitian ini, pengaruh variasi parameter cetak dan post process pada kekerasan spesimen hasil cetak 3D printer SLA diteliti. Variasi parameter cetak pada penelitian ini antara lain build orientation (0o dan 90o), layer thickness (0,05, 0,1, 0,15, dan 0,2 mm), dan curing time (10, 20, 30, dan 40 menit). Hasil penelitian menunjukkan bahwa parameter cetak dan post process terbukti mempengaruhi tingkat kekerasan spesimen hasil cetak. Tingkat kekerasan tertinggi yang bernilai 87,9 Shore D didapatkan pada variasi build orientation 0° dengan layer thickness 0,05 mm dan curing time 40 menit.
Analisis Hazard Identification Risk Assessment and Risk Control (HIRARC) di Industri Pengecoran Logam Arif Fajri; Riani Nurdin; Prasidananto Nur Santoso
SENATIK STT Adisutjipto Vol 7 (2021): Generation Z's Participation in Aerospace
Publisher : Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28989/senatik.v7i0.474

Abstract

CV. Mega Jaya Logam merupakan salah satu perusahaan industri yang bergerak pada bidang pengecoran logam (Aluminium, Besi, dan Baja) yang sebagian besar proses produksinya menggunakan mesin, manusia dan peralatan serta area yang memiliki potensi bahaya yang tinggi bagi tenaga kerja apabila tidak dilakukan pengendalian. Penelitian ini dilakukan untuk mengindentifikasi hazard atau bahaya yang bisa saja terjadi, menilai risikonya, dan akhirnya dapat melakukan pengendalian terhadap risiko bahaya dengan menggunakan sistematika HIRARC (Hazard Identification Risk Assessment And Risk Control). Hasil penelitian menunjukan pada penilaian risiko terdapat 96 jenis bahaya dengan tingkat risiko dari yang tertinggi sampai dengan terendah pada bagian produksi yaitu, terdapat 3 jenis bahaya dengan pengklasifikasian tingkat risiko “Extreme Risk”, terdapat 66 jenis bahaya dengan pengklasifikasian tingkat “High Risk”, terdapat 23 jenis risiko dengan pengklasifikasian tingkat “Moderate Risk”, terdapat 4 jenis risiko dengan pengklasifikasian tingkat “Low Risk”. Pengendalian bahaya yang diusulkan adalah melakukan sosialisasi secara rutin mengenai K3 terkait potensi bahaya dan risiko untuk mengurangi terjadinya kecelakaan kerja, serta menyesuaikan APD yang digunakan dengan jenis pekerjaan yang dilakukan.
Comparison of Eloquent ORM with Query Builder in Work Management System (Case Study: Muhammadiyah Lamongan Hospital) Febryan Akhdani; Danur Wijayanto
SENATIK STT Adisutjipto Vol 7 (2021): Generation Z's Participation in Aerospace
Publisher : Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28989/senatik.v7i0.449

Abstract

A management system is a set of policies, processes, and procedures used by an organization to ensure that the system can fulfill the tasks required to achieve its objectives. With this system, the company can make it easier for the management of a task/project that is being done by the employee/employee. In the SIRS Unit at Lamongan Muhammadiyah Hospital, the implementation of Work Management is still done manually, namely by holding monthly meetings held at the beginning of the month which can affect the efficiency and effectiveness of employees in terms of collecting/reporting tasks assigned by the project leader. For this reason, a Job Management System is needed that can overcome these problems. Job Management System, created on a Web-based basis using Laravel 8.0 as the framework and MySQL as the database. In this study, researchers will focus on implementing Eloquent ORM which is a special feature in Laravel to make it easier for developers to process data and compare Eloquent ORM with Query builder in its implementation on Job Management System. The result of this research is Query Builder can execute database query more faster and more memory efficient than Eloquent, but Eloquent use simple code than Eloquent.
Analisis scheduling pengerjaan reinforcement fuselage pesawat N219 menggunakan metode program evaluation and review technique (PERT) PT. Dirgantara Indonesia agus priyono; uyuunul mauidzoh; marni astuti
SENATIK STT Adisutjipto Vol 7 (2021): Generation Z's Participation in Aerospace
Publisher : Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28989/senatik.v7i0.466

Abstract

One of the successes or failures of a project is influenced by project scheduling and control planning, less effective scheduling results in delays and the emergence of problems during project work, this requires good scheduling to regulate work activities, therefore determining the critical path of activities is needed to Set the time for the work to go according to plan. In this study, the focus is on scheduling the reinforcement fuselage for the aircraft N219 PT. Dirgantara Indonesia, using the Program Evaluation And Review Technique (PERT) method to determine the critical path of activity and calculate the most likely completion time of the reinforcement fuselage work. The results of the research analysis on the main schedule for the reinforcement fuselage work obtained a critical path with the activity code A – B – D – E – G, Development Problem Log (DPL) scheduling analysis obtained critical path A1 – B1 – C1 – E1 – F1, A2 – B2 – C2 – D2, A3 – B3 – D3 – E3, A4 – B4 – C4 – D4, A5 – B5 – C5 – D5 – E5, A6 – B6 – C6 – D6 – E6. And the most likely completion time for the reinforcement fuselage work is 40-45 days with a probability value of 95.72% - 99.88%.
Preliminary Design dan Analisis Weight and Ballance Surveillance Mapping UAV Tricopter V-TOL Tilt Rottor 2 Meter Wing Span Prytha Virgiawan Lesalli
SENATIK STT Adisutjipto Vol 7 (2021): Generation Z's Participation in Aerospace
Publisher : Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28989/senatik.v7i0.461

Abstract

Preliminary design merupakan langkah yang dilakukan untuk merancang pesawat udara, sebelum dilakukanya detail design dan analisis lebih lanjut. UAV (Unmanned Aerial Vehicle) Surveillance dan Mapping umumnya digunakan untuk memantau serta memetakan suatu wilayah dengan berbagai macam tujuan. Perancangan awal pesawat UAV ini dilakukan untuk menentukan wing loading, power weight ratio serta untuk mencari nilai luas sayap dan power motor yang diperlukan untuk menunjang UAV secara analitik yang menggunakan 3 motor dengan kemampuan take-off dan landing secara vertical serta motor dapat melakukan tilting supaya pesawat dapat melaju secara horizontal dengan kecepatan cruise 16 m/s dan kecepatan maksimal 24 m/s. Mencari nilai massa dan titik pusat massa airframe UAV dengan memasukan properti beberapa material berupa massa jenis pada komponen-komponen airframe menggunakan software CATIA V5, hasil analisis massa airframe menggunakan CATIA digabungkan dengan komponen-komponen UAV yang lain sehingga didapatkan massa total dan titik pusat massa UAV. Didapatkan massa total 6165 gr, luas sayap 0,575 m2, power requirement 395 W, serta pusat massa sebesar 141.183mm dibelakan leading edge chord root.
Metode Pencegahan Warping dan Cacat Kualitas Permukaan Produk Fused Deposition Modelling (FDM) Danindra Brian Kusuma; Muslim Mahardika; Juan Pratama; Urip Agus Salim; Sukmaji Indro Cahyono; Budi Arifvianto
SENATIK STT Adisutjipto Vol 7 (2021): Generation Z's Participation in Aerospace
Publisher : Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28989/senatik.v7i0.455

Abstract

Keunggulan 3D printing FDM (Fused Deposition Modelling) yang mampu membuat prototype dengan bentuk kompleks dalam waktu yang singkat menjadikan salah satu proses manufaktur utama dalam perindustrian otomotif, aerospace, bidang kesehatan dan masih banyak lagi. Terlepas dari kelebihan yang dimiliki FDM, proses ini memiliki kekurangan, yaitu kualitas permukaan hasil cetak yang buruk. Salah satu penyebab dari kekurangan ini adalah terjadinya fenomena warping dan cacat permukaan setelah pengambilan produk dari platform. Pada penelitian ini, dilakukan analisa pengaruh platform temperature dan penggunaan raft terhadap fenomena warping yang terjadi  pada produk hasil cetak FDM. Variasi parameter cetak yang digunakan adalah platform temperature (non-heated dan 60°C), raft air gap (0,2 dan 0,4 mm), dan raft top layer (1, 2, dan 3 buah). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan platform temperature mempengaruhi fenomena warping yang sering terjadi pada produk cetak FDM dan penggunaan raft dapat meminimalisir cacat permukaan ketika pengambilan produk dari platform FDM. Parameter cetak optimal dengan produk cetak yang sempurna dihasilkan saat penggunaaan platform temperature 60°C, raft air gap 0,4 mm, dan 1 raft top layer.
Analisis Penilaian Risiko Proses Supply Chain Pada Perusahaan E-Retail Menggunakan Metode House Of Risk Situmorang, Pinpin Denish Amalia; Lestiani, Melia Eka
SENATIK STT Adisutjipto Vol 7 (2021): Generation Z's Participation in Aerospace
Publisher : Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28989/senatik.v7i0.476

Abstract

Di era modern ini perkembangan teknologi elektronik sangat berkembang pesat, tidak hanya sebagai sarana komunikasi tetapi juga merambah ke perekonomian. Seperti pada perusahaan ritel, transaksi perdagangan ritel telah menggunakan e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sumber permasalahan yang terjadi pada perusahaan e-retail, kemudian akan dipaparkan solusi dari permasalahan yang terjadi pada perusahaan e-retail. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan mewawancarai dan observasi secara langsung pada perusahaan e-retail. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa yang menjadi sumber masalah pada proses supply chain yaitu human error, terdapat ketidak sesuian jumlah stok fisik barang dengan jumlah stok pada sistem. Untuk itu dibutuhkan penanganan resiko dengan melakukan manajemen sumber daya manusia, melakukan perbaikan sistem manajemen gudang, mengganti supplier, dan melakukan evaluasi kinerja supplier secara berkala.

Page 1 of 3 | Total Record : 27