cover
Contact Name
Dra. Siti Rochmiyati, M.Pd.
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
abdimas.dewantara@ustjogja.ac.id
Editorial Address
Jl. Batikan UH.III No. 2 Tempel, Wirogunan Yogyakarta 55167
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Abdimas Dewantara
ISSN : 26154889     EISSN : 26158782     DOI : https://dx.doi.org/10.30738
Jurnal Abdimas Dewantara menerbitkan memuat tulisan-tulisan hilirisasi penelitian pada organisasi masyarakat, industri, serta instansi-instansi terkait dalam rangka peningkatanpartisipasi masyarakat dalam pembangunan, pemberdayaan masyarakat dan atau pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat. Artikel belum pernah dipublikasikan dan tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di jurnal lain. Artikel yang kirimkan pada Jurnal Abdimas Dewantara harus terhindar dari unsur plagiasi. Jurnal Abdimas Dewantara terbit dua kali dalam setahun, yaitu bulan Maret dan bulan Oktober.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 116 Documents
Pelatihan pembuatan candied ginger untuk meningkatkan imunitas warga di tengah pandemi Covid-19 Rina Setyaningsih; Anggri Sekar Sari; Lilis Kusuma
ABDIMAS DEWANTARA Vol 6 No 1 (2023): Article in Progress
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30738/ad.v6i1.10291

Abstract

Pandemi Covid-19 yang diawali dari Wuhan China pada awal tahun 2020 telah masuk ke Indonesia. Dimana penyakit ini menyerang pernafasan secara akut, sehingga diperlukan imunitas yang  kuat  untuk menangkal penyakit tersebut berkembang. Indonesia merupakan salah satu penghasil rimpang  (jahe) dengan kandungan antioksidan dan anti-inflamasi yang cukup tinggi dalam menjaga imunitas tubuh. Tujuan abdimas ini untuk meningkatkan ketrampilan warga dalam pembuatan candied ginger dalam rangka peningkatkan imunitas warga dan menambah income ditengah pandemic covid 19. Pelatihan ini dilaksanakan di Dusun Klegung , Desa Katongan, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunung Kidul pada tanggal 21 Januari 2021. Sasaran kegiatan ini adalah  ibu-ibu PKK dan pemuda Dusun Klegung. Metode abdimas berupa pelatihan dan sosialisasi menggunakan ceramah, diskusi, demonstrasi, pelatihan dan video tutorial. Hasil kegiatan abdimas adalah warga dusun klengun yang memiliki ketrampilan dalam pembuatan candied ginger.   Dengan adanya pelatihan dan sosialisasi warga memiliki pengetahuan dan kertrampilan  pembuatan candied ginger dan dapat memanfaatkan TOGA. Selain itu warga sangat antusias dengan adanya kegiatan pelatihan dari Tim Abdimas UST Yogyakarta.   Abstract: The Covid-19 pandemic that started in Wuhan, China, in early 2020 has entered Indonesia. When this disease attacks the respiratory system acutely, so strong immunity is needed to prevent the disease from developing. Indonesia is one of the rhizome (ginger) producers with high antioxidant and anti-inflammatory content in maintaining body immunity. This community service aims to improve residents' skills in making candied ginger to increase residents' immunity and income amid the covid 19 pandemic. This training was carried out in Klegung Hamlet, Katongan Village, Nglipar District, Gunung Kidul Regency, on January 21, 2021. The target of this activity is PKK women and youth from Klegung Hamlet. The community service method is in the form of training and socialization using lectures, discussions, demonstrations, training, and video tutorials. The results of community service activities are residents of Klengun hamlet who have skills in making candied ginger. With training and outreach, residents have knowledge and skills in making candied ginger and can utilize TOGA. In addition, the residents were very enthusiastic about the training activities from the UST Yogyakarta Abdimas Team.
Pemanfaatan financial technology dan aplikasi smartphone dalam meningkatkan usaha mikro dan kecil pada era pandemi covid-19 di Kelurahan Mustikajaya Soeharjoto Soekapdjo; Syofriza Syofyan; Bahtiar Usman; Lydia Rosintan Simanjuntak; Debbie Aryani Tribudhi
ABDIMAS DEWANTARA Vol 5 No 2 (2022)
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30738/ad.v5i2.10307

Abstract

The Covid-19 pandemic had an impact on health which ultimately resulted in major changes in consumption behavior and industrial revolution 4.0 acceleration, thus lowering people's incomes. Purpose of this community service is to improve micro and small businesses in facing economic impact of the Covid-19 pandemic in Mustikajaya Village. Community service team provides education and training in financial technology and optimizes utilization of  applications on smartphones. This activity, improving partners knowledge and insights to the source of funds, financial administration, production, distribution and marketing based online by using applications on smartphones, in the form of Instagram, Whats App, smart cashiers and Canva. After the implementation of this program, it can increase knowledge and insight financial technology to 79 percent and skills using smartphone applications to 82 percent. Successful community service achievement makes partners more motivated to develop micro and small businesses. Further community service activities, need to be conducted continuously with various themes and increase the duration of the meeting.
Pelatihan Literasi Digital Media Pembelajaran pada Guru-Guru SD Negeri 1 Sokaraja Wetan Nur'aini Muhassanah; Ambar Winarni; Afifah Hayati
ABDIMAS DEWANTARA Vol 5 No 1 (2022)
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30738/ad.v5i1.10345

Abstract

Tujuan dari pelatatihan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi literasi digital media pembelajaran pada guru-guru SD Negeri 1 Sokaraja Wetan. Untuk peserta dari pelatihan ini adalah bapak dan ibu gusu SD Negeri 1 Sokaraja Wetan yang berjumlah 18 orang.  Kegiatan pelatihan ini terdiri dari beberapa tahap, yaitu: tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Materi yang disampaikan dalam pelatihan tersebut antara lain: Kahoot, Quizizz, Microsoft Power Point, Microsoft World, Microsoft Excel, dan Google. Kegiatan pelatihan ini dimulai dengan penyampaian materi oleh tiga narasumber yang selanjutnya akan dilanjutkan kegiatan praktik sesuai dengan materinya. Dengan adanya kegiatan pelatihan seperti ini dapat meningkatkan kemampuan guru-guru SD Negeri 1 Sokaraja Wetan dalam kemampuan digital khususnya media pembelajaran, selain itu diharapkan dilakukan secara rutin baik di lokasi yang sama maupun di lokasi yang berbeda dengan sasaran guru-guru SD yang benar-benar membutuhkan pengetahuan, pemahaman dan persiapan untuk meningkatkan kemampuan para guru dalam bidang digital sehingga bisa diterapkan dalam media pembelajaran pada saat mengajar. Dari hasil pelatihan literasi digital memberikan dampak positif dan manfaat dalam peningkatan kompetensi guru khususnya terkait literasi digital media pembelajaran dimana peserta pelatihan sudah dapat menyusun media pembelajaran dalam bentuk Kahoot dan Power Point dengan kriteria penilaian baik
Penguatan publikasi hasil penelitian melalui workshop penulisan karya ilmiah Sekolah Dasar Negeri Tegalrejo Yogyakarta Muhammad Iqbal Birsyada; Ahmad Agung Yuwono Putro
ABDIMAS DEWANTARA Vol 5 No 2 (2022)
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30738/ad.v5i2.10451

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan penguatan serta pendampingan guru di SD Negeri 3 Tegalrejo 3 Yogyakarta agar mampu melaksanakan penelitian, khususnya Penelitian Tindakan Kelas (PTK)  dan Publikasi Karya Ilmiah. Target dari kegiatan ini adalah meningkatkan kualitas dan kompentensi guru dalam melaksanakan PTK dan publikasi karya ilmiah. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah metode pendampingan partisipatoris yang dilakukan melalui berberapa teknik seperti ceramah bervariasi, tanya jawab, simulasi dan projek bersama. Hasil yang dicapai dalam kegiatan ini adalah tercapainya kompetensi guru dalam merancang PTK dan menyusun artikel ilmiah yang siap dipublikasikan ke dalam jurnal ilmiah terakreditasi. Hasil yang diperoleh dalam pengabdian yaitu guru dapat menyusun artikel penelitian PTK serta mengunggahnya di jurnal yang dituju. Simpulan dalam kegiatan ini adalah peserta pendampingan mampu membuat rancangan Penelitian Tindakan Kelas dengan baik. Selain itu peserta dapat memilihih publikasi ilmiah yang sesuai dengan tema penelitiannya.   ABSTRACT This activity aims to strengthen and assist teachers at SD Negeri 3 Tegalrejo 3 Yogyakarta so they can conduct research, especially Classroom Action Research (CAR) and Publication of Scientific Work. This activity aims to improve teachers' quality and competence in implementing PTK and publishing scientific papers. The method used in this activity is the participatory mentoring method which is carried out through several techniques such as various lectures, question and answer, simulations, and joint projects. The results achieved in this activity are the achievement of teacher competence in designing PTK and compiling scientific articles that are ready to be published in accredited scientific journals. The results obtained in the service are that teachers can compile CAR research articles and upload them to the intended journal. This activity concludes that the mentoring participants can make Classroom Action Research designs well. In addition, participants can choose scientific publications that are by the research theme.
Pengajaran articles secara daring melalui metode Tri-N Isti'anatul Hikmah; Dita Surwanti; Adria Vitalya Gemilang; Nida Ashifa
ABDIMAS DEWANTARA Vol 5 No 2 (2022)
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30738/ad.v5i2.10462

Abstract

Kegiatan abdimas yang dilaksanakan oleh tim merupakan kegiatan yang fokus pada pengajaran Bahasa Inggris dan dilaksanakan secara online atau dalam jaringan. Pada kegiatan ini, materi yang diangkat adalah articles dalam bahasa Inggris yang meliputi a, an, dan the. Tiga bagian materi dalam articles disampaikan kepada para siswa jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) di Paser dengan menerapkan Tri-N (niteni, niroke, dan nambahi). Oleh karenanya, tujuan utama abdimas yang dilaksanakan oleh tim adalah mengajarkan articles bagi siswa SMA di Paser dengan menggunakan Tri-N. Dalam pelaksanaannya, metode Tri-N tentunya terdiri dari tiga kegiatan yakni (1) kegiatan niteni yang merupakan kegiatan mengamati yang dilakukan oleh para siswa SMA; (2) kegiatan kedua adalah niroke yang merupakan kegiatan menirukan; dan (3) kegiatan nambahi yang merupakan kegiatan menambahi. Kegiatan-kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 19 – 20 Maret 2022 secara online melalui media Google Meet. Lebih lanjut, hasil yang diperoleh melalui kegiatan abdimas ini terdiri dari dua poin utama yakni: (1) keberhasilan para siswa dalam memahami dan menggunakan articles baik secara lisan maupun tulis; dan (2) kendala yang dihadapi oleh para siswa dalam memahami dan menggunakan articles. 
PKM Meningkatkan Produktivitas dan Manajemen Pemasaran pada Koperasi Konsumen Bina Amanah Nirwana Sejahtera Prasetio Ariwibowo; Lubban Anwari Alhamidi
ABDIMAS DEWANTARA Vol 4 No 2 (2021)
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30738/ad.v4i2.10471

Abstract

Tujuan diadakan PKM ini ialah pengelola dan anggota koperasi Konsumen Bina Amanah Nirwana Sejahtera dapat menjalankan usahanya secara profesional, kreatif dan inovatif. Metode pelaksanaan PKM ini dibagi menjadi beberapa tahapan yaitu Pelatihan Manajemen Pemasaran, pelatihan Kewirausahaan, pendampingan penyusunan laporan keuangan, dan pendampingan pembuatan produk dan diversifikasinya. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) ini dilaksanakan sebanyak 1 kali pertemuan yang dilaksanakan pada hari Minggu, 06 Juni 2021 pada pukul 09.00 – 13.30 WIB (4 Jam 30 menit). Masyarakat komplek Puri Nirwana 2 Kelurahan Harapan Jaya Kec. Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (khususnya pengelola dan anggota koperasi Konsumen Bina Amanah Nirwana Sejahtera) menjadi mitra dalam kegiatan PKM ini, pihak pengelola koperasi Konsumen Bina Amanah Nirwana Sejahtera menyediakan sarana prasarana pendukung dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat seperti menyediakan ruangan PKM, sound system, infocus, whiteboard, kursi dan meja, dll.  Berdasarkan PKM yang telah dilaksanakan oleh Tim PKM di Koperasi Konsumen Bina Amanah Nirwana Sejahtera Cibinong – Bogor, disimpulkan bahwa peserta yang sudah mulai mendaftarkan Produk ke Market Place guna meningkatkan penjualan produk & jasanya. Kedua, sosialisasi mengenai pengenalan Teknikal Prosedur E-Commerce & Market Place dalam kegiatanü usaha guna peningkatan penjualan barang dan jasa. telah mencapai target luaran. Setelah dilakukan sosialisasi, peserta menjadi paham dan dapat mengidentifikasi Teknikal Prosedur E-Commerce & Market Place dalam kegiatanü usaha guna peningkatan penjualan barang dan jasa. Kata Kunci: Manajemen Koperasi, Koperasi konsumen, Koperasi konsumen Bina Amanah Nirwana Sejahtera, Cibinong.
Pelatihan Self Regulated Learning untuk Meningkatkan Prestasi Matematika Siswa SMP Faruq Faruq; Daliman Daliman
ABDIMAS DEWANTARA Vol 4 No 2 (2021)
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30738/ad.v4i2.10577

Abstract

Matematika merupakan pelajaran yang dipelajari oleh setiap individu sedari dini mulai jenjang taman kanak-kanak (TK) sampai perguruan tinggi. Sekolah merupakan suatu lembaga formal untuk menunjang siswa mencapai tujuan pendidikan yaitu mengembangkan potensi dan mencerdaskan individu dengan meningkatkan prestasi belajar salah satunya dalam bidang matematika. Keterampilan belajar sangat dibutuhkan dalam meningkatkan hasil belajar yang optimal, salah satunya ditunjukan dengen self regulated learning (SRL) yang dimiliki siswa. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi matematika siswa menggunakan pelatihan self regulated learning yang berisikan penetapan tujuan belajar, kebutuhan belajar, strategi belajar, dan evaluasinya kemudian diterapkan pada diri siswa.  Hasil kegiatan pengabdian ini diukur dengan soal matematika selanjutnya diuji menggunakan statistic paired sample T test, peserta akan dikumpulkan setelah satu minggu guna evaluasi pelatihan. Hasil analisis menunjukan Nilai koefisien sig (2-tailed) 0.005 < 0.05 yang berarti ada perbedaan prestasi matematika siswa antara sebelum pelatihan dengan sesudah pelatihan dilihat dari perubahan perilaku belajar pada mata pelajaran matematika setelah mengikuti pelatihan, dengan demikian pelatihan SRL efektif meningkatkan prestasi matematika siswa. Hasil penelitian ini memberi impilkasi bagi dunia pendidikan bahwa pentingnya pengembangan keterampilan SRL dalam mengatasi masalah belajar pada mata pelajaran matematika siswa khususnya di masa pandemi. Kata Kunci: self regulated learning, prestasi matematika.
PENYUSUNAN ARTIKEL ILMIAH UNTUK ALUMNI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH PURWOKERTO Reni Untarti; Akhmad Jazuli; Fitrianto Eko Subekti; Gunawan; Anggun Badu Kusuma
ABDIMAS DEWANTARA Vol 5 No 1 (2022)
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30738/ad.v5i1.10725

Abstract

Tujuan dari kegiatan ini adalah melakukan pelatihan guru-guru matematika alumni Pendidikan Matematika UMP dalam menyusun artikel ilmiah dan mempublikasikannya dalam jurnal ilmiah berindeks sinta. Hal ini perlu dibiasakan kepada guru-guru matematika sebagai proses pengembangan diri berkelanjutan yang dapat bermanfaat pada peningkatan kemampuan dan proses kenaikan pangkat. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah, diskusi, tanya jawab, praktik, dan pendampingan. Target luaran dari kegiatan pelatihan ini adalah melakukan pelatihan untuk guru-guru matematika alumni Pendidikan Matematika UMP dalam menyusun artikel ilmiah. Selain itu, keberlanjutan dari kegiatan ini adalah dihasilkannya artikel ilmiah guru-guru matematika alumni Pendidikan Matematika yang dipublikasikan pada jurnal nasional berindeks sinta. Berdasarkan hasil observasi dan angket, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan ini sesuai dengan kebutuhan guru sebagai mitra, karena dapat memberikan informasi dan menambah motivasi mitra dalam menulis artikel dan mempublikasikannya. Dengan adanya kegiatan ini juga dapat meningkatkan kerja sama institusi dan meningkatkan peran aktif dan kepedulian alumni dalam pengembangan program studi.
Pendampingan pembuatan infografis dalam pembelajaran daring untuk guru SD di Kecamatan Makasar Jakarta Timur Diana Ariani; Dewi Salma Prawiradilaga; Acep Ahmad Ardiansyah; Dewi Farah
ABDIMAS DEWANTARA Vol 5 No 2 (2022)
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30738/ad.v5i2.11029

Abstract

Kegiatan pendampingan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada guru Sekolah Dasar di Kecamatan Makasar Jakarta Timur dalam merancang, mengembangkan, dan memanfaatkan infografis dalam pembelajaran daring, sehingga nantinya dalam pembelajaran akan tercipta suasana yang menarik dan interaktif bagi peserta didik saat menggunakan infografis. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema pendampingan pembuatan infografis ini menggunakan model pemberdayaan pendidik dengan langkah sebagai berikut: 1) Persiapan; 2) Assesmen; 3) Perencanaan Alternatif Program atau Kegiatan; 4) Pemorfulasian Rencana Aksi; 5) Pelaksanaan (Implementasi) Program atau Kegiatan; 6) Evaluasi; dan 7) Terminasi. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan upaya kegiatan pendampingan pembelajaran daring bagi guru-guru di Kecamatan  Makasar guna meningkatkan literasi digital di dalam sebuah program pengabdian masyarakat, dalam hal ini secara khusus kemampuan mengembangkan infografis dalam pembelajaran daring untuk guru Sekolah Dasar. Kegiatan ini juga membekali para guru agar nantinya mampu membuat dan menilai infografis dalam pembelajaran daring yang tetap memperhatikan unsur materi, kreator dan visual.
Edukasi rutin membaca 30 menit perhari meningkatkan fungsi kognitif lansia Siti Munawaroh; Yunia Hastami; Adji Suwandono; Ari Natalia Probandari; Hartono; Fitriana Herawati; Ummu Ma'rifatul Afifah; Aldira Ayu Nastiti Nur Hanifah
ABDIMAS DEWANTARA Vol 5 No 2 (2022)
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30738/ad.v5i2.11030

Abstract

Ageing is something that happens and cannot be avoided. The body's organs will decrease in function with age. The decline in the function of these organs results in a decrease in cognitive function in the elderly. Therefore, the elderly need to carry out cognitive activities regularly to maintain and improve their cognitive function of the elderly. One of the simple cognitive activities that can be done is reading. This community service aims to provide education to the elderly regarding routine reading that can improve cognitive function in the elderly. Methods: A total of 30 elderly in the Surakarta area were given direct education by the community service team face-to-face one-on-one. Then for two weeks, the elderly were controlled through social media to read at least 30 minutes per day. At the end of the activity, the elderly were asked to evaluate the activities carried out with seven questions answered on a Likert scale. The results of the evaluation given by the service participants to this activity were positive. The elderly feel the benefits of the service activities undertaken, including improving memory, helping to read fluently, increasing fluency in speaking, increasing interest in reading and increasing vocabulary. The conclusion is that a reading routine of 30 minutes per day positively impacts the elderly.

Page 1 of 12 | Total Record : 116