cover
Contact Name
Defliyanto
Contact Email
defliyanto@unib.ac.id
Phone
+6281380737343
Journal Mail Official
kinestetik.fkip@unib.ac.id
Editorial Address
Jalan Raden Fatah, Rt 17 Rw 03, Kota Bengkulu
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani
Published by Universitas Bengkulu
ISSN : 2477331x     EISSN : 26856514     DOI : 10.33369
Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani by the Program Study of Physical Education FKIP University of Bengkulu. The journal of physical education, health and recreation was first printed in March 2013, this scientific journal received writings that had never been published elsewhere. and receive writings on the subject of physical education, sports, health and recreation. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani with ISSN 2477-331x (printed) and ISSN 2685-6514 (online) has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 30/E/KPT/2019 which is valid for five years since enacted on 11 November 2019.
Arjuna Subject : -
Articles 17 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2020): MARET (ACCREDITED SINTA 3)" : 17 Documents clear
TINGKAT KEBUGARAN JASMANI MAHASISWA PENDIDIKAN OLAHRAGA TAHUN AKADEMIK 2019/2020 UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI Sinuraya, Janwar Frihasan; Barus, Julius Boy Nesra Basgimata
Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani Vol 4, No 1 (2020): MARET (ACCREDITED SINTA 3)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jk.v4i1.10359

Abstract

Pemeliharaan kesehatan sangat penting untuk dilakukan. Semakin terpelihara kesehatan ditunjukkan dengan semakin baiknya kondisi kebugaran jasmani seseorang. Kebugaran jasmani atau kesegaran jasmani akan mendukung dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Peningkatan kebugaran jasmani dapat tingkatkan dengan olahraga atau kegiatan rutin. Telah banyak program peningkatan kebugaran jasmani yang dilakukan, baik itu dengan biaya yang murah dan menyenangkan. Berdasarkan uraian tersebut, diketahui bahwa kebugaran jasmani sangat penting bagi siapapun terutama bagi atlet dan mahasiswa pendidikan olahraga. Kebugaran jasmani dapat dilakukan dengan melalui serangkaian tes, seperti lari cepat 60 meter, tes gantung angkat tubuh 60 detik, tes loncat tegak,  tes baring duduk 60 detik, dan tes lari dengan jarak tempuh 1200 meter. Jenis penelitian yaitu penelitian deskriptif, populasi penelitian ini mahasiswa pendidikan olahraga tahun akademik 2019/2020 Universitas Quality Berastagi sebanyak 15 orang dengan kategori usia respoden yaitu 16-19 tahun. Hasil analisis yang dilakukan pada penelitian ini diperoleh hasil bahwa peneliti memberikan kesimpulan bahwa tingkat kebugaran mahasiswa pendidikan olahraga tahun akademik 2019/2020 Universitas Quality Berastagi termasuk dalam kategori skor baik dengan jumlah mahasiswa sebanyak 9 orang (60%) dari total keselurahan responden sebanyak 15 orang.
STUDI EVALUASI TENTANG KOMPETENSI GURU PENJASORKES SE KABUPATEN LAMPUNG BARAT Hermawan, Rahmat; Safei, Imam; Putra Utama, Dimas Duta
Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani Vol 4, No 1 (2020): MARET (ACCREDITED SINTA 3)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jk.v4i1.10488

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang kompetisi guru SD, SMP, SMA/SMK se-Kabupaten Lampung Barat. Tentang kompetisi Pedagogik, Keperibadian, Sosial, dan Profesional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Deskriptif Kualitatif. Data dikumpulkan memalui wawancara, pengamatan, dokumentasi, dan angket. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) Profil guru penjas bertugas di Kabupaten Lampung Barat dari faktor usia relatif tua, masa tugas cukup lama, (2) Aspek Kompetisi pedagogik guru penjas sudah menjalankan dengan sesuai karena sebagian besar sudah mendapatkan PNS dan berstatus sertifikasi,  (3) Aspek Kompetisi Kepribadian memiliki prilaku yang dapat di teladani dan dicontoh, (4) secara kompetisi sosial guru penjas mampu berkomunikasi dengan efektif ke beberapa pihak baik di sekolah ataupun pada lingkungan sekitar tempat tinggal, (5) secara kompetisi profesional guru penjas mampu meningkatkan kemampuan individu dengan mengikuti PLPG dan PPG serrta penataran yang dilaksanakan di provinsi maupun nasional. 
SURVEI MINAT BELAJAR SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SMPN 30 MAKASSAR Saleh, M Sahib; Malinta, Sunandar Sakria
Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani Vol 4, No 1 (2020): MARET (ACCREDITED SINTA 3)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jk.v4i1.10347

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Minat Belajar Siswa Dalam mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di SMPN 30 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa SMPN 30 Makassar.Sampel penelitian terdiri dari 55 orang siswa SMPN 30 Makassar.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes.Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic deskriptif menggunakan fasilitas komputer melalui program SPSS.Berdasarkan analisis data diperoleh hasil: Kondisi di SMP Negeri 30 Makassar. Dari 30 butirsoal di temukan 27 yang valid dan 3 yang tidak valid,dapat dilihat bahwa yang mendapat jawaban sangat setuju 546 poin,setuju 932 poin,tidak setuju 147 poin,sangat tidak setuju 25 poin. Dapat ditarik kesimpulan bahwa minat belajar siswa dalam pembejaran pendidikan jasmani berada dalam kategori baik.
PENGARUH DAYA LEDAK TUNGKAI, KOORDINASI MATA KAKI DAN PERCAYA DIRI TERHADAP KEMAMPUAN SHOOTING KE GAWANG DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PADA SISWA SMAN 2 KOLAKA Jumaking, Jumaking
Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani Vol 4, No 1 (2020): MARET (ACCREDITED SINTA 3)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jk.v4i1.10526

Abstract

Penelitian Ini adalah jenis pe nelitian Ex Post Facto yang menggunakan rancangan penelitian analisis jalur. Populasi adalah seluruh siswa SMAN 2 KOLAKA yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dengan jumlah sampel yaitu 30 siswa. Teknik penentuan sampel adalah total populasi atau sampel jenuh. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji persyaratan, analisis jalur melalui program SPSS 20.00 pada taraf siginifikan 95% atau ? 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ; (1) Ada pengaruh langsung daya ledak tungkai terhadap percaya diri pada siswa SMAN 2 KOLAKA dengan nilai beta yaitu 0,500 dengan tingkat signifikan 0,000 < ?0,05; (2) Ada pengaruh langsung koordinasi mata kaki terhadap percaya diri pada siswa SMAN 2 KOLAKA dengan nilai beta yaitu 0,505 dengan tingkat signifikan 0,000 < ?0,05; (3) Ada pengaruh langsung daya ledak tungkai terhadap kemampuan shooting ke gawang dalam permainan sepakbola pada siswa SMAN 2 KOLAKA dengan nilai beta yaitu 0,419 dengan tingkat signifikan 0,001 < ?0,05 (4) Ada pengaruh langsung koordinasi mata kaki terhadap kemampuan shooting ke gawang dalam permainan sepakbola pada siswa SMAN 2 KOLAKA dengan nilai beta yaitu 0,227 dengan tingkat signifikan 0,044 < ?0,05; (5) Ada pengaruh langsung percaya diri terhadap kemampuan shooting ke gawang dalam permainan sepakbola pada siswa SMAN 2 KOLAKA dengan nilai beta yaitu 0,359 dengan tingkat signifikan 0,035 < ?0,05; (6) Ada pengaruh daya ledak tungkai melalui percaya diri terhadap kemampuan shooting ke gawang dalam permainan sepakbola pada siswa SMAN 2 KOLAKA dengan nilai beta yaitu 0,260 (0,260 > 0,233); (7) Ada pengaruh koordinasi mata kaki melalui percaya diri terhadap kemampuan shooting ke gawang dalam permainan sepakbola pada siswa SMAN 2 KOLAKA dengan nilai beta yaitu 0,280 (0,280 > 0,232).
MODIFIKASI ALAT BANTU PEMBELAJARAN MELEMPAR DAN MENANGKAP DALAM HASIL BELAJAR PERMAINAN SOFTBALL Nainggolan, Aser Paul; Manalu, Rizki Bastanta
Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani Vol 4, No 1 (2020): MARET (ACCREDITED SINTA 3)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jk.v4i1.10320

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) pembelajaran gerak dasar melempar dan menangkap belum berjalan dengan maksimal, 2) Hampir sebagian besar siswa merasa kurang percaya diri, 3) Media pembelajaran yang digunakan oleh guru sesungguhnya kurang variatif, 4) Sarana dan prasarana sekolah yang memadai untuk mengembangkan model pembelajaran. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil siswa melalui model pembelajaran softball dengan menggunakan alat bantu modifikasi. Selain itu, penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan informasi mendalam tentang penerapan permainan softball menggunakan pendekatan alat modifikasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dan objek pada penelitian adalah seluruh peserta didik kelas Siswa kelas VII di SMP Cahaya Pengharapan Abadi,  yang  berjumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di tiga siklus. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa modifikasi alat bantu pembelajaran melempar dan menangkap mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Cahaya Pengharapan Abadi sebesar 14 siswa (44%) yang tuntas.  Sedangkan jika dilihat dari siswa yang belum belum tuntas pada siklus II sebanyak hanya tersisa sebesar 5 siswa (15.63%) belum tuntas jika dibandingkan dengan siklus I yaitu sebanyak 18 siswa (56%) yang belum tuntas mampu menerapkan permainan melempar dan menangkap softball. Sehingga disimpulkan bahwa pada siklus II nilai ketuntasan sebesar 84%. 
PENGARUH LATIHAN SINGLE LEG HOPS TERHADAP HASIL LOMPAT JANGKIT SISWA SMP 1 SUNGAI LILIN Sugarwanto, Sugarwanto; Okilanda, Ardo
Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani Vol 4, No 1 (2020): MARET (ACCREDITED SINTA 3)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jk.v4i1.10472

Abstract

Dalam artikel ini latihan Single Leg Hops dapat meningkatkan kemampuan Lompat jangkit, sehingga setelah diberikan latihan Single Leg Hops siswa bisa meningkatkan kemampuan Lompat jangkit. Siswa dapat melakukan teknik lompat jangkit dengan baik, sehingga memudahkan siswa melakukan Lompat jangkit. Tujuan artikel ini adalah mengetahui pengaruh signifikan latihan Single leg Hops  terhadap hasil Lompat jangkit pada siswa putra kelas IX SMP Negeri 1 sungai lilin Indonesia. Metode yang dipakai adalah pre-experimental designs (non designs) teknik pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes lompat jangkit. Sampel diberi latihan single leg hops selama 6 minggu dengan frekuensi 3 kali seminggu. Analisis data menggunakan statistik uji t. Hasil analisis data didapatkan bahwa rata-rata tes awal lompat jangkit sebelum diberikan latihan single leg hops adalah sebesar 3,061 meter. Sedangkan rata-rata tes akhir lompat jangkit setelah diberikan latihan single leg hops sebesar 3,180 meter. Kesimpulan dari artikel ini bahwa ada pengaruh latihan single leg hops terhadap hasil lompat jangkit pada siswa putra kelas IX SMP Negeri 1 sungai lilin dan latihan yang diberikan hendaknya mengarah kepada gerakan seperti pada pertandingan lompat jangkit.
TINGKAT KECEMASAN SEBELUM BERTANDING DAN PERCAYA DIRI PADA SAAT BERTANDING ATLET PELATDA PENGPROV FPTI SUMATERA SELATAN Hardiyono, Bayu
Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani Vol 4, No 1 (2020): MARET (ACCREDITED SINTA 3)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jk.v4i1.10399

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui Tingkat Kecemasan dan Percaya Diri Atlet Panjat Tebing Sumatera Selatan sebelum pertandingan . Sampel pada penelitian ini berjumlah 30  atlet daerah. Metode yang digunakan adalah survei dengan  angket sebagai intrumen pengambilan data. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian tingkat kecemasan dan percaya diri atlet pelatda cabang olahraga Panjat tebing sebelum menghadapi pertandingan dan pada saat bertanding, pada faktor intrinsik dan ekstrinsik, Untuk hasil analisis kecemasan faktor intrinsik dalam kategori rendah 14.78%, hal ini berarti kecemasan atlet panjat tebing sebelum menghadapi pertandingan dipengaruhi oleh faktor intrinsik. sedangkan untuk hasil analisis kecemasan faktor ekstrinsik dalam kategori tinggi 85.22%, hal ini berarti kecemasan atlet panjat tebing sebelum menghadapi pertandingan sangat dipengaruhi oleh faktor ekstrinsik. Sedangkan hasil Untuk hasil analisis percaya diri faktor intrinsik dalam kategori tinggi 80.245% hal ini berarti percaya diri atlet panjat tebing pada saat pertandingan dipengaruhi oleh faktor intrinsik. Untuk Hasil analisis faktor ekstrinsik dalam kategori tinggi 19.755%. hal ini berarti percaya diri atlet panjat tebing pada saat pertandingan sangat dipengaruhi oleh faktor ekstrinsik. 
PELAKSANAAN PERMAINAN GERAK DASAR MANIPULATIF PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SDLB C KOTA PALEMBANG Martinus, Martinus; Kesumawati, Selvi Atesya
Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani Vol 4, No 1 (2020): MARET (ACCREDITED SINTA 3)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jk.v4i1.10574

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan gerak dasar manipulatif melalui aktivitas bermain pada peserta didik kelas 2 SDLB Tunagrahita  di Kota Palembang.  Sampel dalam penelitian ini berjumlah 21 orang peserta didik Tunagrahita kelas 2 SDLB dan 3 orang guru yang melayani anak tunagrahita (ATG) di kota Palembang. Instrumen yang digunakan rubrik penilaian aktivitas bermain gerak dasar manipulatif.  Hasil penelitian menunjukkan 16 orang (76,19 %) peserta didik  rata-rata dalam kategori baik.   
PENGARUH PROGRAM LATIHAN PENINGKATAN DAYA TAHAN JANTUNG PARU PADA UKM TINJU Lahinda, Jori; Wasa, Carolus; Riyanto, Pulung
Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani Vol 4, No 1 (2020): MARET (ACCREDITED SINTA 3)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jk.v4i1.10257

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari latihan interval terhadap daya tahan jantung paru dalam melakukan Shadow Boxing pada kelompok hemoglobin normal pada UKM Tinju mahasiswa. Metode penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental Design yaitu dengan menggunakan One-Group Pretest-Postest Design. Dengan jumlah sampel sebanyak 20 orang. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh selama 16 kali pertemuan, latihan interval yang dilakukan memberikan hasil performa daya tahan dalam melakukan Shadow Boxing yang maksimal dengan menggunakan analisis uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan uji t diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05 dengan thitung = 13,361 >ttabel =1.729. Dari hasil statistik deskriptif H0 diterima, dapat dilihat pula ada perbedaan signifikan antara daya tahan jantung paru dalam melakukan Shadow Boxing sebelum dan sesudah latihan interval dengan peningkatan sebesar 35.95 ml/kg/menit. Sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan latihan interval terhadap daya tahan jantung paru dalam melakukan Shadow Boxing  pada UKM Tinju mahasiswa Penjaskesrek Universitas Musamus
PENGARUH DATARAN TINGGI TERHADAP TINGKAT KEBUGARAN JASMANI MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MANADO Nurkadri, Nurkadri; Hayati, Rizka
Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani Vol 4, No 1 (2020): MARET (ACCREDITED SINTA 3)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jk.v4i1.10411

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani pada mahasiswa pendidikan kepelatihan olahraga Universitas Negeri Manado. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Ukuran sampel menggunakan sistematic random sampling, sebanyak 30 Mahasiswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskrptif dengan prosentase. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan tingkat kebugaran jasmani mahasiswa dalam tiga kategori yaitu kategori baik 14 mahasiswa (46,67%), kategori sedang yaitu 9 mahasiswa (30%) serta serta kategori kurang yaitu 7 mahasiswa (23,33%).

Page 1 of 2 | Total Record : 17