cover
Contact Name
Hasan Baharun
Contact Email
ha54nbaharun@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
ha54nbaharun@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. probolinggo,
Jawa timur
INDONESIA
PEDAGOGIK : JURNAL PENDIDIKAN
ISSN : 23547960     EISSN : 25285793     DOI : -
Core Subject : Education,
Pedagogik : Jurnal Pendidikan is a peer-reviewed journal to discuss and spread original and critical analysis on various contemporary educational issues. The journal publishes articles of interest to education practitioners, teachers, education policy makers, and researchers. This journal encompasses research articles, original research report, reviews in education in any fields including: 1) Learning and Teaching, 2) Philosophies of education, 3) Management Education, 4) Religious Education, 5) Social Education, 6) Educational Leadership, 7) Education management, 8) Language Education, 9) Curriculum, Educational Media & Technology, 10) Educational approaches, etc.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2019): INOVASI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN 4.0" : 10 Documents clear
PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN APLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SEKOLAH Rahmah, Ainur; Gunawan, Zaini
PEDAGOGIK : JURNAL PENDIDIKAN Vol 6, No 2 (2019): INOVASI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN 4.0
Publisher : Nurul Jadid University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (326.904 KB)

Abstract

This paper aims to describe the development of PAI learning through a contextual teaching and learning approach. Effective learning is learning that is able to create an atmosphere that is fun and not boring, provides experience and the real world in learning and uses a variety of learning resources. This research uses a qualitative approach to the type of library research. The data analysis technique uses content analysis. The results of the study show that the contextual teaching and learning approach is very suitable to be applied in Islamic Religious Education learning in schools, because this approach applies the students' development, skills, experience and contextual understanding of the relationship of subjects with the real world in everyday life. In practice, Islamic Religious Education teachers must pay attention to every component in the contextual teaching and learning approach.
PENGEMBANGAN APLIKASI PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID Qurohman, M. Taufik
PEDAGOGIK : JURNAL PENDIDIKAN Vol 6, No 2 (2019): INOVASI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN 4.0
Publisher : Nurul Jadid University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (358.146 KB) | DOI: 10.33650/pjp.v6i2.735

Abstract

Pada pembelajaran pada DIII Teknik Mesin khususnya pada matakuliah Matematika terapan 2 diperlukan suatu model pembelajaran menarik dan dapat memberikan peningkatan pada prestasi mahasiswa khususya pada pemecahan masalah. Model pembelajaran Berbantuan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Android diharapkan mampu memberikan solusi kepada mahasiswa untuk meningkatkan daya tarik dan kemampuan pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini mengoptimalisasi model pembelajaran Berbantuan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Android. Pada proses penelitian yang telah berlangsung maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut : (1) Penggunakan model pengembangan 3-D (modifikasi dari 4-D) menghasilkan perangkat pembelajaran matematika terapan 2 dengan bantuan Aplikasi Android, dimana perangkat yang terdiri dari RPS, RPP dan Aplikasi Android. Perangkat pembelajaran yang melalui proses validasi dan dinyatakan valid oleh pakar dibidangnya, maka perangkat pembelajaran matematika yang dikembangkan dengan Aplikasi Android dalam penelitian ini menjadi valid, (2) Penggunaan Aplikasi Android pada kelas eksperimen lebih baik dari kemampuannya pada kemampuan pemecahan masalah dibandingkan dengan proses pembelaran dikelas dengan pembelajaran konvensional.
PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI KVISOFT FLIPBOOK BERBASIS ETNHOKONSTRUKTIVISME Anandari, Qalbi Shanaz; Kurniawati, Eka Feri; Marlina, Marlina; Piyana, Suci Okta; Melinda, Lia Gusti; Meidiawati, Rizka; Fajar, Muhammad Rizky
PEDAGOGIK : JURNAL PENDIDIKAN Vol 6, No 2 (2019): INOVASI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN 4.0
Publisher : Nurul Jadid University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (197.742 KB) | DOI: 10.33650/pjp.v6i2.584

Abstract

Technological progress is inseparable from the success of an education. In the process of learning technology it is important to be integrated in teaching materials. However, while still supporting schools that do not have teaching materials using technology. Therefore, development research is carried out that makes teaching materials by utilizing technology that develops electronic modules. This type of research is a research development developed by Sugiyono. The trial was conducted by giving questionnaires to 21 students of Sridadi 55 / I public elementary schools. Based on the results of research and development figures obtained 85.6% with the category "Good" on the motivation of students in using electronic modules in the learning process
IMPLEMENTATION OF THEMATIC LEARBING BASED ON HOTS (HIGHER OF ORDER THINKING SKILLS) IN 2013 CURRICULUM AT SD MUHAMMADIYAH 05 BATU Deviana, Tyas
PEDAGOGIK : JURNAL PENDIDIKAN Vol 6, No 2 (2019): INOVASI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN 4.0
Publisher : Nurul Jadid University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (281.339 KB) | DOI: 10.33650/pjp.v6i2.696

Abstract

Learning in the 2013 curriculum uses a thematic approach that integrates several content lessons in a theme and sub-theme (except for high classes, for separate Mathematics and PJOK content). The implementation of thematic learning at elementary school level is due to the characteristics and mindset of students that are holistic and concrete operational. The thematic learning process places more emphasis on students' thinking abilities in analyzing a problem, not just being able to answer right and wrong. This is very related to HOTS (Higher of Order Thinking Skills) based learning which emphasizes high-level thinking skills. SD Muhammadiyah 5 Batu is one of the elementary schools that has implemented a 2013 curriculum that applies a thematic approach. Based on the results of interviews with the Principal it was found that SD Muhammadiyah had conducted workshops and assisted in the preparation of HOTS-based thematic learning tools. The purpose of this study is to analyze the planning, implementation, assessment of HOTS learning, as well as the relationship between planning, implementation, and assessment in a good learning.
ETIKA KOMUNIKASI PESERTA DIDIK DIGITAL NATIVES MELALUI MEDIA KOMUNIKASI ONLINE (WHATSAPP) KEPADA PENDIDIK: PERSPEKTIF DOSEN Fauziyyah, Nurul
PEDAGOGIK : JURNAL PENDIDIKAN Vol 6, No 2 (2019): INOVASI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN 4.0
Publisher : Nurul Jadid University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (237.028 KB) | DOI: 10.33650/pjp.v6i2.750

Abstract

This study aims to investigate the relationship between the ages of educators in several generations such as baby boomer, x generation, y generation, z generation, and alpha generation, classified into baby boomers, digital immigrants, and digital natives, with the communication ethics of students who incidentally as digital natives through online communication media (whatsapp). This study is a survey study conducted by distributing online research questionnaires through Google form to educators, especially lecturers from various regions and universities in Indonesia. The total of 219 educators participated in this study. Based on the results of a simple correlation test (r) using the Pearson method (Product Moment Pearson), it was found that there was a weak relationship between the age of educators and the communication ethics of students via whatsapp and the direction of the relationship was negative because the value of r was negative. These results indicate that there are other things that have relationship with students' communication ethics with educators.
Memberdayakan Metakognisi dengan Mind Map untuk Optimalisasi Kualitas Produk Hasil Belajar Mahasiswa aprilisa, ema
PEDAGOGIK : JURNAL PENDIDIKAN Vol 6, No 2 (2019): INOVASI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN 4.0
Publisher : Nurul Jadid University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (213.918 KB) | DOI: 10.33650/pjp.v6i2.805

Abstract

Hasil belajar dapat digunakan menjadi salah satu acuan untuk menilai keberhasilan suatu proses pembelajaran. Hasil belajar berupa produk menjadi salah satu aspek penting yang bisa mencerminkan keberhasilan pembelajaran. Penelitian ini akan membuktikan pentingnya pemberdayaan metakognisi untuk mengoptimalkan kualitas produk hasil belajar. Pemberdayaan metakognisi tersebut difasilitasi dengan penggunaan mind map selama proses pembelajaran. Data pada penelitian ini diperoleh dengan metode triangulasi melalui analisis hasil angket, hasil wawancara, serta nilai produk hasil belajar. Ketiga data tersebut kemudian dikolaborasikan untuk menarik kesimpulan tentang pemberdayaan metakognisi untuk mengoptimalkan kualitas produk hasil belajar melalui penggunaan mind map. Hasilnya, penelitian ini berhasil membuktikan bahwa mind map mampu memfasilitasi pemberdayaan metakognisi. Keberhasilan pemberdayaan metakognisi tersebut juga diiringi dengan tercapainya hasil belajar yang memuaskan, dalam hal ini penyusunan produk hasil belajar berupa RPP. Selain membuktikan keunggulan mind map sebagai alat untuk memberdayakan kemampuan metakognisi, penelitian ini juga membuktikan adanya hubungan keberhasilan menguasai metakognisi dengan keberhasilan pencapaian hasil belajar, khususnya pembuatan produk sebagai hasil belajar.
ANALISIS RESPON GURU DAN SISWA TERHADAP PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR HIPOTESIS DEDUKTIF DALAM PEMBELAJARAN KIMIA Saputra, Hendra Nelva
PEDAGOGIK : JURNAL PENDIDIKAN Vol 6, No 2 (2019): INOVASI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN 4.0
Publisher : Nurul Jadid University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (198.106 KB) | DOI: 10.33650/pjp.v6i2.729

Abstract

Proses pembelajaran di dalam kelas dapat berlangsung dengan efektif apabila ada interaksi antara guru dan siswa. Interaksi tersebut dapat berupa respon yang diberikan oleh guru terhadap pertanyaan siswa atau sebaliknya. Untuk mengetahui respon guru dan siswa terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan digunakan lembar angket yang berisi butir-butir pernyataan tentang pembelajaran yang dilaksanakan dan lembar observasi aktivitas siswa. Tujuan pemberian angket tersebut adalah untuk mengetahui respon guru dan siswa terhadap penerapan model siklus belajar hipotesis deduktif dalam pembelajaran kimia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan respon guru dan siswa berdasarkan jawaban angket. Berdasarkan jawaban angket terlihat bahwa guru dan siswa memberikan tanggapan positif terhadap penerapan model siklus belajar hipotesis deduktif dalam pembelajaran kesetimbangan kimia dilihat dari skor rerata tanggapan guru yang diperoleh melalui angket yang terkategori baik sekali, skor rerata aktivitas siswa tiap pertemuan dan skor rerata tanggapan siswa yang diperoleh melalui angket yang terkategori baik sekali.
APLIKASI SENSOR INFRARED UNTUK MENENTUKAN PERCEPATAN GRAVITASI SEBAGAI SET EKSPERIMEN MEDIA PEMBELAJARAN Asri, Yoana Nurul
PEDAGOGIK : JURNAL PENDIDIKAN Vol 6, No 2 (2019): INOVASI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN 4.0
Publisher : Nurul Jadid University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (320.599 KB) | DOI: 10.33650/pjp.v6i2.621

Abstract

Kegiatan eksperimen fisika membutuhkan sebuah kit untuk membuktikan sebuah konsep fisika atau untuk menentukan besarnya sebuah konstanta. Berbagai metode digunakan untuk mengukur percepatan gravitasi bumi. Variabel pun dilibatkan, terutama waktu. Penggunaan stopwatch menjadi kendala tersendiri pada proses pengukuran. Untuk meminimalisir kesalahan tersebut, perlu dibuatlah sebuah alat eksperimen yang lebih akurat. Salah satu cara yang belum dilakukan ialah dengan menggunakan konsep Internet of Things, yaitu memasukan perhitungan percepatan gravitasi menggunakan arduino yang kemudian dihubungkan hasilnya akan muncul di lcd. Sebuah nilai percepatan gravitasi akan secara otomatis dikirim dalam bentuk data analog. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya percepatan gravitasi dari set eksperimen berbasis arduino dan sensor infrared. Hasil yang diperoleh menghasilkan besar percepatan gravitasi yang bervariasi dengan koreksi variabel waktu dibandingkan pengukuran melalui stopwatch berkisar 0,05 s-2,3 s. 
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INGGRIS BAGI ANAK AUTISME sulaiman, sulaiman sulaiman
PEDAGOGIK : JURNAL PENDIDIKAN Vol 6, No 2 (2019): INOVASI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN 4.0
Publisher : Nurul Jadid University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (529.231 KB)

Abstract

AbstrakBahan Ajar merupakan sumber bagi guru dalam mengajar dan bagi siswa untuk belajar sehingga sangat penting dalam proses pembelajaran. Penelitian ini berfokus pada dua hal, 1) Mendeskripsikan proses belajar mengajar bahasa Inggris untuk siswa autisme di Sekolah Khusus Cahaya Bangsa Pontianak, 2) Mengembangkan bahan untuk mendorong siswa untuk lebih terlibat dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan satu set bahan belajar-mengajar bahasa Inggris yang cocok bagi siswa autismee.Peneliti menyadari karakteristik khusus siswa dengan autisme, beberapa langkah harus diambil sebelum peneliti mengembangkan bahan ajar. Pertama langkah yang diambil adalah untuk meninjau silabus, dalam tahap ini peneliti mengevaluasi bagian mana silabus harus dikembangkan. Silabus yang direview oleh peneliti akan diproses ke langkah yang kedua, dilangkah kedua peneliti membuat rencana pelajaran yang bertujuan untuk membantu guru dalam melakukan kegiatan pengelolaan kelas. Langkah ketiga adalah mengintegrasikan kebutuhan siswa dengan desain bahan ajar. Hasil integrasi bahan ajar kemudian dapat mendorong keterlibatan siswa.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keterlibatan dan konsentrasi para siswa autisme dalam berinteraksi dengan berbagai materi pelajaran yang disajikan. Hal ini dapat terlihat dari bahan ajar multimedia yang dibuat oleh peneliti mengandung kegiatan secara fisik dan kelompok. Kedua kegiatan tersebut merupakan peranan yang penting bagi siswa untuk terlibat secara aktif dan efektif dalam menjalin komunikasi. Dalam hal ini para siswa dapat menyampaikan ide-ide didalam kelompok ketika diberikan tugas dan secara alami para siswa melakukan kegiatan secara fisik lebih aktif.Kata Kunci: Autisme, Bahasa Inggris, Bahan Ajar 
Pengembangan Media Video Dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Hakim, Mukhammad Luqman
PEDAGOGIK : JURNAL PENDIDIKAN Vol 6, No 2 (2019): INOVASI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN 4.0
Publisher : Nurul Jadid University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (282.091 KB) | DOI: 10.33650/pjp.v6i2.720

Abstract

Abstrak:  Tujuan dari penelitian ini antara lain: (1) Menghasilkan produk media pembelajaran video untuk mata pelajaran SKI; (2) Mengetahui dan menganalisis kelayakan media pembelajaran video yang dilihat dari hasil validasi ahli materi, ahli media, ahli desain dan respon dari siswa; (3) Mendeskripsikan keefektifan penggunaan media pembelajaran video dilihat dari rata-rata minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan rancangan pengembangan Lee & Owen. Hasil dari pengembangan media video antara lain: (1) Proses pengembangan media pembelajaran dilakukan dengan lima tahal utama, yaitu analisis kebutuhan, desain, pengembangan,penerapan dan evaluasi; (2) Berdasarkan hasil validasi ahli materi, ahli media dan ahli desain, media pembelajaran video untuk mata pelajaran SKI dinyatakan layak untuk diterapkan di sekolah; (3) Media video untuk pembelajaran SKI efektif diterapkan di MTs Miftahul Huda Silir Wates.Kata kunci : media pembelajaran, video, sejarah kebudayaan islam. Abstract : This research is conducted for the following purposes: (1) to produce video learning media for SKI (Islamic civilization history) subjects; (2) to know and analyze the feasibility of video learning media which is observed from the validation results by material expert, media expert, design expert and student response; (3) to describe the effectiveness of the use of video learning media which is observed from the average student interest in learning. This study uses a research and development (R&D) method using the Lee & Owen development plan. The results of the development of video learning media include: (1) The process of developing instructional media is carried out with five main stages, namely needs analysis, design, development, application and evaluation; (2) Based on the results of the validation of the material experts, media experts and design experts, the video learning media for SKI subjects are considered suitable to be applied in schools; (3) The video learning media for SKI learning is effectively applied in MTs Miftahul Huda Silir WatesKeyword : Instructional media, video, Islamic civilization history

Page 1 of 1 | Total Record : 10