cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi
ISSN : 26205475     EISSN : 26205475     DOI : -
Arjuna Subject : -
Articles 154 Documents
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PRAYA DENGAN PENERAPAN PEMBELAJARAN INDIVIDUAL PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU L. MOH. ZAKI HARDI
Justek : Jurnal Sains dan Teknologi Vol 1, No 1 (2018): Mei
Publisher : Unversitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (496.836 KB) | DOI: 10.31764/justek.v1i1.404

Abstract

Abstrak: Penelitian Tindakan Kelas 2 siklus yang terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap observasi, tahap evaluasi, dan tahap refleksi dengan tujuan untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran individual mata pelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII semester II SMPN 2 Praya. Intrumen yang digunakan adalah lembar observasi, interview, dokumentasi, dan tes. Diperoleh hasil aktivitas siswa dan hasil evaluasi belajar dari 38 siswa yang mendapat nilai  65 sebanyak 36 siswa. Disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran idividual pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIIIsemester II SMPN 2 Praya. Abstract:  Class Action Research 2 cycle consisting of 4 stages that is planning stage, observation phase, evaluation phase, and reflection phase with the aim to know whether the application of individual learning subject of IPS can increase activity and achievement of student of class VIII second semester SMPN 2 Praya. The instruments used are observation sheets, interviews, documentation, and tests. Obtained result of student activity and result of evaluation learn from 38 student which get score 65 as 36 student. It was concluded that the application of idividual learning on social studies subjects can improve the activity and achievement of students of class VIII second semester of SMPN 2 Praya.
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV Tri Utami; Firosalia Kristin; Indri Anugraheni
Justek : Jurnal Sains dan Teknologi Vol 1, No 1 (2018): Mei
Publisher : Unversitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (576.083 KB) | DOI: 10.31764/justek.v1i1.409

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Genting 01 pada pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek semua siswa kelas IV melalui II siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Rata--rata nilai motivasi belajar siswa pada kondisi awal 43,15, Siklus I 60,7 dan Siklus II 83,95.Rata-rata nilai hasil belajar siswa pada kondisi awal 54,15, pada Siklus I 75,75 dan Siklus II 89,25. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri Genting 02. Abstract: The main purpose of the research is to increase student’s motivation and academic achievment of fourth grade at SD Negeri Genting 01 of mathematic using Numbered Head Together of cooperative learning model. This research is Classroom Action Research with the subject all of students at fourth grade through 2 cycles. Data collection is done by using test and non test techniques. An average of learning motivation at initial condition  showed 43,15, in cycle I 60,7 and cycle II 83,95. An average of students academic achievment at initial condition showed 54,15 in cycle I 75,75 and at cycle II 89,25. It was concluded that used Numbered Head Together cooperative learning model can increase students motivation and academic achievment of fourth grade at SD Negeri Genting 01.
Konstruksi Model Matematika Pola Curah Hujan Menggunakan Artificial Neural Network (ANN) dengan Metode Backpropagation Habibi Ratu Perwira Negara; Irzani Irzani; Ripai Ripai
Justek : Jurnal Sains dan Teknologi Vol 1, No 1 (2018): Mei
Publisher : Unversitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (956.637 KB) | DOI: 10.31764/justek.v1i1.400

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menentukan model pola curah hujan menggunakan Artificial Neural Network (ANN) dengan metode Backpropagatiaon. Sampel dalam penelitian ini adalah 5 pos pencataan hujan di daerah Lombok Tengah bagian Selatan dan 2 pos pencatatan hujan di  daerah Lombok Timur bagian Selatan. Data penelitian berupa data setengah bulanan yang dicatat dari tahun 1973 sampai tahun 2010 untuk daerah Lombok Tengah bagian Selatan dan data dari tahun 1974 sampai tahun 2010 untuk daerah Lombok Timur bagian Selatan. Metode penilitian dilakukan dengan melakukan pembelajaran data curah hujan menggunakan 5 arsitektur yang berbeda. Pembelajaran dilakukan untuk menemukan arsitektur terbaik. Arsitektur untuk daerah Lombok Tengah bagian Selatan adalah 120 layer inputan, 240 layer hidden 1, 12 layer hidden 2, dan 1 layer output. Sedangkan arsitektur untuk daerah Lombok Timur bagian Selatan adalah 363 layer inputan, 54 layer hidden 1, 24 layer hidden 2, dan 1 layer output. Model matematika pola curah hujan yang diperoleh adalah .Abstract:  This study aims to determine the model of rainfall pattern using Artificial Neural Network (ANN) with Backpropagatiaon method. The sample in this research is 5 rainfall checkpoint in South Central Lombok and 2 post recording of rain in South East of Lombok. The research data are semi-monthly data recorded from 1973 to 2010 for the southern part of Central Lombok and data from 1974 to 2010 for the southern part of Lombok Timur. Methods of research conducted by conducting rainfall data learning using 5 different architectures. Learning is done to find the best architecture. The architecture for the Southern Central Lombok area is 120 layers of input, 240 hidden layers 1, 12 hidden layers 2, and 1 output layer. While the architecture for the southern part of East Lombok is 363 layers inputan, 54 hidden layer 1, 24 hidden layer 2, and 1 output layer. The mathematical model of the obtained rainfall pattern is .
PENGARUH KELENGKAPAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMP KARTIKATAMA METRO KELAS VIII Erni Mariana
Justek : Jurnal Sains dan Teknologi Vol 1, No 1 (2018): Mei
Publisher : Unversitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (610.977 KB) | DOI: 10.31764/justek.v1i1.414

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelengkapan perangkat pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran seperti (silabus, RPP, Handout, dan LKS) terhadap hasil belajar fisika siswa SMP Kartikatama Metro kelas VIII. Sampel Penelitian ini adalah kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang dipilih secara random. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Randomized Control-Group Pre test-Post test Design dan instrumen penelitian berupa lembar observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan dua rata-rata, dan uji perbedaan dua rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 3,87 ternyata lebih besar dari ttabel sebesar 2,00 pada taraf signifikansi α = 5%, begitu juga pada taraf signifikansi α = 1% thitung lebih besar dari ttabel sebesar 2,66. Dengan kata lain, kelengkapan perangkat pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Kartikatama Metro. Keberhasilan peningkatan hasil belajar disebabkan karena dampak dari kelengkapan perangkat pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran. Abstract:  The result of studies providable from the teaching procces, that include the other aspec for gone some the purpose of study is that reach attain the purpose of study and the result of study. The purpose of this research is to know the influence of teaching sets of equipment (syllabus, RPP, Handout, and LKS)to the result of phisic study students in SMP Kartikatama Metro class VIII. The sampel of this reserch is class VIII D as experimen class and VIII B as control class that chosen in a random manner. The plan of the reserch is Randomized Control-Group Pre test-Post test Design and the instrument of the reserch is sheet of observation and exam. The analysis in this study uses the normality test, test and test the hypothesis of its homogeneity. Based on results of test of hypotheses the researcher obtains data tdaf (α = 5%) = 2.00 and tdaf (α = 1%) = 2,66 whereas thit = 3.87. Based on those values that discernible thit > tdaf so construed that the average process skills science experiment class of students is greater than the average science process skills grade control. In other words, teaching sets of equipment use has significant effects on the result students of class VIII SMP Kartikatama Metro. From the observation for use the completeness of teaching sets equipment that use in teaching procces.
PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BINATANG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENDESKRIPSI SECARA TERTULIS SISWA KELAS II SDN PUNIK Bq. Murtiah
Justek : Jurnal Sains dan Teknologi Vol 1, No 1 (2018): Mei
Publisher : Unversitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (453.559 KB) | DOI: 10.31764/justek.v1i1.405

Abstract

Abstrak: Penelitian Tindakan Kelas 3 siklus yang terdiri dari tahapan perencanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi dengan tujuan untuk mengetahui apakah penerapan pendekatan kontekstual menggunakan media gambar binatang dapat meningkatkan keterampilan mendeskripsi secara tertulis siswa kelas II SDN Punik menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi, dan tes. Diperoleh hasil siklus I yaitu 10 dari 22 siswa tuntas atau ketercapaian 45,4%, siklus II yaitu 13 dari 22 siswa tuntas atua ketercapaian 59%, siklus III yaitu 19 dari 22 siswa tuntas atua ketercapaian 86,3%. Disimpulkan bahwa pendekatan kontekstual menggunakan media gambar binatang dapat meningkatkan keterampilan mendeskripsi secara tertulis siswa kelas II SDN Punik Abstract:  Class Action Research 3 cycles consisting of planning, observation, evaluation, and reflection stages with the aim to know whether the application of contextual approach using animal image media can improve the skill of descripting in writing the second grade students of SDN Punik using observation method, interview, documentation, and test . The result of cycle I is 10 out of 22 students complete or 45.4% achievement, cycle II is 13 of 22 students complete 59% achievement, cycle III that is 19 out of 22 students complete atua achievement 86.3%. It is concluded that the contextual approach using animal image media can improve the skill of descripting in writing the students of class II SDN Punik
EFEKTIVITAS MODEL CIRC DAN GGE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SD Nindya Intan Marviana; Wahyudi Wahyudi; Endang Indarini
Justek : Jurnal Sains dan Teknologi Vol 1, No 1 (2018): Mei
Publisher : Unversitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (745.084 KB) | DOI: 10.31764/justek.v1i1.410

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model CIRC dan GGE terhadap kemampuan pemecahana masalah matematika pada siswa kelas IV SD. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu. Uji prasyarat menunjukan kedua kelompok homogen dan berdistribusi normal. Uji T menggunakan uji t Independent Sample Test  menunjukan thitung > t tabel yaitu 4,137 > 2,0322 dan signifikan 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukan adanya  perbedaan efektivitas yang signifikan. Selanjutnya dilakukan uji normalitas gain yang menunjukan bahwa model CIRC lebih efektif disbanding model GGE terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.Abstract:  This study aims to determine the effectiveness of CIRC and GGE models on the ability of math problem solvers in grade 4 elementary school students. This study included quasi-experimental research. The prerequisite test shows both homogeneous groups and normally distributed. T test using t test Independent Sample Test shows t count> t table that is 4.137> 2.0322 and significant 0,000 <0.05 which means H0 rejected and Ha accepted. This shows a significant difference in effectiveness. Furthermore, the gain normality test shows that the CIRC model is more effective than GGE model of mathematical problem solving ability.
Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas VII SMP Negeri 4 Terbanggi Besar Wahyuni Wahyuni
Justek : Jurnal Sains dan Teknologi Vol 1, No 1 (2018): Mei
Publisher : Unversitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (641.004 KB) | DOI: 10.31764/justek.v1i1.401

Abstract

Abstrak: Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPA karena adanya faktor-faktor kesulitan belajar yang dialami siswa kelas VII, terutama pada faktor psikologis. Kesulitan belajar yang dialami siswa berakibat pada prestasi yang kurang pada mata pelajaran IPA. Penelitian yang dilakukan untuk mengetahui fakor kesulitan belajar yang dialami siswa kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII yang mengalami kesulitan belajar yakni siswa yang memiliki nilai KKM yang tidak memenuhi berjumlah 30 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dipaparkan tentang kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VII SMP Negeri 4 Terbanggi Besar. Hasil presentase angket faktor kesulitan belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Terbanggi Besar mata pelajaran IPA minat 23,33% (rendah), motivasi 30% (Rendah), konsentrasi 43,44% (cukup), kebiasaan belajar 40% (Rendah), Intelegensi 30% (rendah). Hasil wawancara yang dilakukan siswa penyebab kesulitan belajar yakni minat, motivasi, konsentrasi, kebiasaan belajar, dan intelegensi. Abstract:  The background of this research is the low of student achievement especially on the subject of science because of the factors of learning difficulties experienced by grade VII students, especially on psychological factors. Learning difficulties experienced by students result in less achievement in science subjects. Research conducted to find out the learning difficulties experienced by students of grade VII. This research is a qualitative descriptive study. The subjects of the study were the seventh grade students who experienced learning difficulties ie students who had KKM scores that did not meet 30 people. Data collection was done by observation and interview. Based on the results of research and discussion that has been presented about the difficulties students learn on science subjects in class VII SMP Negeri 4 Terbanggi Besar. The result of the percentage of questionnaires of students' learning difficulties class VII SMP Negeri 4 Terbanggi Besar Science subjects 23.33% (low), motivation 30% (low), concentration 43.44% (enough), 40% (low) study habits, Intelligence 30% (low). The results of interviews by students that cause learning difficulties such as interest, motivation, concentration, study habits, and intelligence.
PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 4 SD MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING Mita Puspita; Slameto Slameto; Eunice Widyanti Setyaningtyas
Justek : Jurnal Sains dan Teknologi Vol 1, No 1 (2018): Mei
Publisher : Unversitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (752.713 KB) | DOI: 10.31764/justek.v1i1.416

Abstract

Abstrak:  Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning.  Pada kondisi awal menunjukkan nilai rata-rata secara klasikal yang diperoleh yaitu 62. Setelah diberikan tindakan dengan model pembelajaran Problem Based Learning siklus 1 menunjukkan nilai rata-rata  yang diperoleh 77,37. Pada siklus 2 rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa meningkat 83 Hasil ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning , sehingga dapat disimpulkan bahwa  model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Abstract:  This research is classroom action research to improve the learning results of mathematics by using the model of Problem Based Learning. On initial conditions indicate the average score in classical obtained, that is 62. After the given action by the model Problem Based Learning in the cycle 1  shows average score obtained was 77,37. In cycle 2, the average of the result of student learning increased to reach 83. These results suggest that there was an increase in student learning out comes by using the model Problem Based Learning, so it can be concluded that the model of Problem Based Learning can improve the result of learning mathematics on 4 grades student.
PENERAPAN ACTIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS 5 SD Vera Risti Monika; Firosalia Kristin; Indri Anugraheni
Justek : Jurnal Sains dan Teknologi Vol 1, No 1 (2018): Mei
Publisher : Unversitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (555.07 KB) | DOI: 10.31764/justek.v1i1.406

Abstract

Abstrak: Mengetahui langkah-langkah penerapan Active Learning tipe Card Sort, meningkatkan kemandirian dan hasil belajar IPS melalui Active Learning tipe Card Sort di kelas 5 SD Negeri Lopait 01 adalah tujuan penelitian ini.  Penelitian ini berjenis Penelitian Tindakan Kelas. Teknik analisis data menggunakan tes dan non tes. Hasil penelitian hasil belajar pra siklus (40,74%) siklus I meningkat (74,07%) meningkat lagi siklus II (92,59%). Hasil penelitian kemandirian belajar, pra siklus (68,8%) siklus I meningkat (76,94%) meningkat lagi siklus II, (81,67%). Dengan demikian penerapan Active Learning tipe Card Sort dapat meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar IPS siswa kelas 5 SD Negeri Lopait 01. Abstract:  Knowing the steps of implementing Active Learning Card Sort type, increasing the independence and learning outcomes of IPS through Active Learning Card Sort type in 5th grade State Elementary School Lopait 01 is the purpose of this research. This research is a Class Action Research type. Data analysis techniques using test and non test. Result of research result of pre cycle study (40,74%) cycle I increase (74,07%) increase again cycle II (92,59%). Result of research self-reliance learning, pre cycle (68,8%) cycle I increase (76,94%) increase again cycle II, (81,67%). Thus the implementation of Active Learning Card Sort type can improve the independence of learning and learning outcomes IPS 5th grader Elementary School Elementary School Lopait 01.
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DAN CARD SORT BERBANTUAN PUZZLE DITINJAU DARI HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 SD Tisia Selvy Fynata; Mawardi Mawardi; Suhandi Astuti
Justek : Jurnal Sains dan Teknologi Vol 1, No 1 (2018): Mei
Publisher : Unversitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (719.241 KB) | DOI: 10.31764/justek.v1i1.411

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Make a Match dan Card Sort berbantuan puzzle ditinjau dari hasil belajar siswa kelas 4 di SD Gugus Diponegoro. Penelitian ini menggunakan jenis kuasi eksperimen. Hasil nilai signifikansi diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,022 dan sign.(1-tailed) 0,0105 dengan thitung 2,328. Nilai probabilitas lebih kecil dari 0,05 maka H0 ditolak dan diterimaHa, artinya hasil belajar materi tematik dalam penerapan model pembelajaran Make A Match berbantuan puzzle lebih unggul daripada model pembelajaran Card Sort. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa Ho ditolak, hasil rata–rata nilai posttest eksperimen 1 lebih tinggi dari posttest eksperimen 2 mendukunghasil uji hipotesis yang menyatakan adanya perbedaan hasil signifikan.Data komparasi nilai posttest eksperimen 1 adalah 81,22 sedangkan rata-ratanilai posttest eksperimen 2 adalah 74,50.Abstract: The purpose of this study was to knowing the effectiveness of Make a Match and Card Sort learnng models with assisted puzzle reviewed from the 4th graders of primary school learning outcome in Diponegoro’s Cluster. The technique used in this study was quasi experimental.the sig. (2-tailed) was 0,022 and the sig. (1-tailed) was 0,0105 and tcount were 2,328. the Propability were smaller than 0,05 so H0 was rejected and Hawere accepted, it means learning outcome in thematic topic using Make A Match with assisted puzzle learning model was higher than using Card Sort learning model. Hypotheses result showed that Ho is rejected, the average of first experimental class posttest is higher than the second experimental class support the hypotheses test which explained that there were a significant differences. Comparation posttest’s values in first experimental class were 81,22 and then the second experimental class were 74,50.

Page 1 of 16 | Total Record : 154