cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Journal EVALUASI
ISSN : 25803387     EISSN : 26152886     DOI : -
Core Subject : Education,
EVALUASI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam dengan (P-ISSN 2580-3387 dan E-ISSN 2615-2886) adalah jurnal ilmiah yang berkala dan diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah STAI Ma`had Aly Al-Hikam Malang. Jurnal ini dikhususkan untuk mengkaji ilmu Manajemen Pendidikan Islam. Pengelola sangat mengapresiasi atas kontribusi dalam bentuk artikel dari kalangan akademisi, dosen dan peneliti dalam disiplin ilmu manajemen pendidikan Islam untuk dipublikasikan dan disebarluaskan melalui mekanisme seleksi naskah, telaah dan penyuntingan. seluruh artikel yang dipublikasikan merupakan pandangan dan gagasan yang bersifat individu dari penulis tidak mewakili jurnal ini ataupun lembaga afiliasi penulis.
Arjuna Subject : -
Articles 122 Documents
BRANDING IMAGE STRATEGY PESANTREN SALAF WALISONGO SRAGEN DI ERA DISRUPSI; SEBUAH PERGESERAN PARADIGMA LEMBAGA mayana ratih permatasari
Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 7, No 1 (2023): EVALUASI- Edisi Maret
Publisher : STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32478/evaluasi.v7i1.1002

Abstract

Abstract: This study aims to reveal the branding image strategy of the Salaf Pesantren of Walisongo Sragen, Central Java in the era of disruption and it’s impact on the paradigm shift of the institution. This is a qualitative case study research. Data collection techniques in this study were in the form of literature review, observation and interviews. The results showed that the branding image strategy in the Salaf Pesantren of Walisongo Sragen was carried out through several things including: redefining the meaning of salaf in pesantren, maintain the uniqeness of salaf pesantren in studying the turats books, develop fleksible curriculum, facilitate the development of students talent and interests, and utilize technology with various media to build the brand image of the institution. The branding image strategy then shifted the old paradigm of salaf pesantren which was originally imaged of a closed institution, less adaptive of changing times to become an adaptive, flexible institution, in line with the progress of the times but still maintains its salafiyah characteristics.Key words: branding image, pesantren salaf, disruption, paradigm    Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap branding image strategy pada pesantren salaf Walisongo Sragen, Jawa Tengah di era disrupsi dan impact-nya pada pergeseran paradigma lembaga. Penelitian ini merupakan riset studi kasus yang bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan datanya berupa kajian literatur, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa branding image strategy di pesantren salaf Walisongo Sragen dilakukan melalui beberapa hal diantaranya: meredefinisi makna salaf pada pesantren, menjaga kekhasan pesantren salaf dalam hal kajian kitab-kitab turats, mengembangkan kurikulum yang fleksibel, memfasilitasi pengembangan minat dan bakat santri, dan memanfaatkan teknologi melalui berbagai media untuk membangun brand image lembaganya. Branding image strategy tersebut kemudian menggeser paradigma lama pesantren salaf yang semula dicitrakan sebagai lembaga yang tertutup, kurang adaptif terhadap perubahan zaman menjadi lembaga yang adaptif, fleksibel, selaras dengan kemajuan zaman namun tetap memelihara ciri khas salafiyahnya.Kata Kunci: branding image, pesantren salaf, disrupsi, paradigma
MANAJEMEN SISTEM INFORMASI SEBAGAI PENGEMBANGAN PENYELENGGARAAN AKADEMIK MADRASAH DINIYAH AL-HIKAM MALANG abdulloh safiq
Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 6, No 2 (2022): SEPTEMBER
Publisher : STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32478/evaluasi.v6i2.1020

Abstract

Pada era revolusi industry 4.0 ditandai dengan program-program yang digital. Tidak hanya berdampak pada perusahaan tetapi juga pada Lembaga Pendidikan Islam, yang mengharuskan penyelenggaran Pendidikan dituntut untuk membuat suatu solusi dan terobosan dengan memberbaharui sistem pendidikan yang didukung oleh teknologi informasi dan komunikasi (TIK), sehingga terbangun sebuah sistem manajemen yang implementatif dan dianggap solutif. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Peneliti memilih jenis case study atau yang umum disebut dengan studi kasus. Dalam teknik pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data temuan dianalisis dengan cara menggunakan beberapa langkah, antara lain sebagai berikut: kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display), dan menarik kesimpulan atau verifikasi (conclusion drawing and verification). Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti, dapat dijelaskan bahwa aplikasi / sistem informasi akademik Madrasah Diniyah Al-Hikam Malang hanya mengcover seputar KMB Santri baik program awaliyah maupun program Wustha. Artinya masih belum maksimal karena penyelenggaran akademik tidak hanya seputar pada KBM dan kurikulum saja, akan tetapi bagaimana sistem ini mengatur pada pendaftaran Santri secara online dan bagaimana Santri melakukan registrasi yang tidak perlu datang ke tempat Madrasah Diniyah Al-Hikam Malang dan bagaimana prosedur Santri masuk sampai dengan dikatakan lulus harus bisa dikelola oleh sistem informasi akademik.
MANAJEMEN PEMBINAAN KARAKTER DISIPLIN SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL QULUB POLAGAN PAMEKASAN ali nurhadi; Dewi Ulandari
Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 6, No 2 (2022): SEPTEMBER
Publisher : STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32478/evaluasi.v6i2.1030

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengasuh dan pengurus dalam merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan dan mengevaluasi pembinaan karakter disiplin santriwati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan dilaksanakan di Pondok Pesantren Miftahul Qulub Polagan Pamekasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pembinaan karakter disiplin santriwati yaitu membuat peraturan atau tata tertib kedisiplinan santriwati dan membuat atau menyusun pedoman pelanggaran beserta hukumannya diberikan kepada santriwati yang melanggar. Dalam  pembinaan karakter disiplin santriwati sudah dibentuk struktur dan yang mengendalikan yaitu para pengurus dan pengasuh. Pelaksanaan pembinaan katrakter disiplin santriwati dilakukan dengan pembiasaan dan keteladanan yang baik dari pengasuh dan para pengurus, pemberian motivasi dan nasihat dari pengasuh dan para pengurus kepada santriwati, pemberian keputusan kepada para pelanggar aturan dengan hukuman atau sanksi, evaluasinya dilakukan dengan cara rapat bersama pengurus yang dilaksanakan secara bertahap yaitu setiap minggu sekali.
The Development of Naturalism Intelligence as an Effort to Improve the Quality of Education in Schools Nur Zaytun Hasanah; Istiqomah Istiqomah; M. Hajar Dewantara
Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 6, No 2 (2022): SEPTEMBER
Publisher : STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32478/evaluasi.v6i2.1032

Abstract

Quality education depends on the vision and mission of the educational institution that was founded. The quality of school education will be low, if the management of Human Resources (HR) has not carried out their duties optimally. Many schools have good accreditation, but there are still few teachers who have not implemented their learning management properly, so that students who should behave well towards their surrounding environment, actually act the opposite. The only way to improve quality education is to develop naturalistic intelligence. The purpose of this study is to interpret the development of naturalism intelligence as an effort to improve the quality of education in schools. This research is a type of qualitative research with a qualitative descriptive research approach. Data collection techniques used are observation methods, documentation methods and interview methods. Data collection techniques used are observation methods, documentation methods and interview methods. The data analysis technique used is Miles, Huberman and Saldana with the stages of data collection, data condensation, data presentation and drawing conclusions. The results showed that to improve the quality of education in schools is to develop students' naturalistic intelligence. The strategy carried out by the STP Khoiru Ummah teacher in developing naturalism intelligence is that students are asked to sense and pay attention to the surrounding environment, students are asked to reflect on everything they sense, then students are invited to think about who created the universe, life, and humans. In conclusion, the policies implemented at STP Khoiru Ummah starting from the methods, curriculum and learning are very in line with Islamic education and refer to the Al-Qur'an and Al-Hadith, then the school should be said to be of high quality. Not only from qualified teachers and principals, but also students become the best generation of intelligent and qualified people.
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIZ AL QURAN DI SMP IT NURUL ILMI Nur Mawaddah Batubara
Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 6, No 2 (2022): SEPTEMBER
Publisher : STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32478/evaluasi.v6i2.1040

Abstract

Artikel ini berisi tentang implementasi pembelajaran tahfiz di SMP IT Nurul Ilmi. SMP IT Nurul Ilmi merupakan sekolah swasta menengah pertama yang berada di bawah Yayasan Pendidikan Haji Agus Salim. Untuk masuk ke dalam sekolah ini, calon siswa diharuskan melalui tahapan rekruitmen di antaranya tes akademik dan tes bacaan/hafalan Al-Quran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran tahfiz di SMP IT Nurul llmi. Metode penelitian dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini yaitu: a) metode yang dilakukan dalam pembelajaran tahfiz yaitu metode talaqqi, b) kesulitan- kesulitan yang dihadapi para siswa dalam menghafal Al-Quran yaitu: sulitnya menghafal ayatayat baru yang panjang dan kesibukan dalam kegiatan antara mempersiapkan tugas sekolah dan hafalan Al-Quran.
IMPLEMENTASI BALANCE SCORE CARD PERSPEKTIF PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM Nisrina Nabilah; Munirul Abidin
Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 6, No 2 (2022): SEPTEMBER
Publisher : STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32478/evaluasi.v6i2.1042

Abstract

Abstract The orientation of this article is to investigate and examine more deeply the meaning of the balance score card, aspects of the balance score card and its implementation in the perspective of quality assurance of Islamic education. In this paper, the author tries to analyze more deeply and systematically in implementing new management strategies that can encourage quality improvement in institutions by using a balanced score card approach based on Islamic principles. The type of research in this article uses a library research approach in which data collection techniques are obtained from various primary references and secondary data which are then reduced and keyed. Research results: (1). Application of Balance Score Card in Islamic Education Quality that is balanced both financially (profit) and non-financially (non-profit), (2). Standardization of Performance Measures from the Perspective of the Balance Score Card (in terms of finance, customers, internal business processes and learning and growth). With a comprehensive performance measurement that does not only measure financial but combines financial and non-financial measures, educational institutions can carry out better organizational performance. Keywords: Balance Score Card; Quality Assurance; Islamic Education. Abstrak Orientasi artikel ini untuk menyelisik dan menelaah lebih dalam makna balance score card, aspek balance score card dan implementasinya dalam perspektif penjaminan mutu Pendidikan Islam. Dalam tulisan ini penulis mencoba menganalisis lebih dalam serta sistematis dalam menerapkan strategi manajemen baru yang dapat mendorong peningkatan mutu di lembaga dengan menggunakan pendekatan balance score card disandari dengan prinsip-prinsip Islam. Jenis penelitian dalam artikel ini menggunakan pendekatan Library research yang mana teknik pengumpumlan data diperoleh dari pelbagai referensi  primer dan sekunder yang kemudian data direduksi dan disimpulkan. Hasil penelitian: (1). Penerapan Balance Score Card dalam Mutu Pendidikan Islam yang secara seimbang baik secara financial (profit) dan non-financial (non-profit), (2). Standarisasi Ukuran Keberhasilan Kinerja Perspektif Balance Score Card (dalam aspek keuangan, pelanggan, proses bisnis internal dan pembelajaran dan pertumbuhan). Dengan pengukuran kinerja yang komprehensif tidak hanya mengukur keuangan tetapi menggabungkan ukuran keuangan dan non-keuangan, lembaga pendidikan dapat menjalankan kinerja organisasi yang lebih baik. Kata Kunci: Balance Score Card; Penjaminan Mutu; Pendidikan Islam.
PENERAPAN PRINSIP SIX SIGMA DALAM MEMBANGUN MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN ISLAM Rosi Nuresa; Erlyta Mila Adriasty Khosi'in; Abrar Rizqa Febriyani
Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 6, No 2 (2022): SEPTEMBER
Publisher : STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32478/evaluasi.v6i2.1052

Abstract

AbstractThis article focuses on conducting a study on the application of six sigma in building quality management of Islamic education. This article examines the literature on six sigma which is usually applied to the business world and adapts it to the quality management of Islamic education. The authors use are applying the DMAIC methodology (define, measure, analyze, improve, control). The results of the discussion about six sigma there are two forms of application in education quality management. 1) implementation of six sigma in improving the quality of education. Elements that are directly related to the education process in schools are school supervisors, principals, and teachers. From these elements are able to apply six sigma in the process of improving the quality of education, able to overcome or reduce existing problems. 2) the application of six sigma in improving the organization in educational institutions. a) schools carry out designs, b) schools produce graduates who are able to master various cognitive fields, c) schools are able to design a good curriculum, d) schools are able to carry out the learning process in accordance with the curriculum, e) schools determine fair assessments according to the assessment instrument, f) schools have qualifications for competence and education personnel, g) are able to form RKS and RKAS.Keywords: six sigma; Quality management; Islamic education
THE ROLE OF ISLAMIC MOTIVATION IN MEDIATING EFFECT OF ENTREPRENEURSHIP EDUCATION TO ENTREPRENEURSHIP INTENTIONS DURING THE COVID 19 PANDEMIC Rizki Febriani; Tri Wahyu Oktavendi
Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 6, No 2 (2022): SEPTEMBER
Publisher : STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32478/evaluasi.v6i2.1065

Abstract

This study aims to determine the relationship between entrepreneurship education on entrepreneurship intention, then between entrepreneurship education on Islamic motivation, the effect of Islamic motivation on entrepreneurship intention and the indirect effect between entrepreneurship education on entrepreneurship intention through Islamic motivation. The sample of this study were students from universities with Islamic values as many as 121 respondents spread across Indonesia. Sampling by purposive sampling method. The results of this study are first, there is an influence between entrepreneurship education on entrepreneurship intention, second, there is a relationship between entrepreneurship education and Islamic motivation, third, Islamic motivation has an effect on entrepreneurship intention and fourth, Islamic motivation is not able to mediate the relationship between entrepreneurship education and entrepreneurship intention. The advice given especially to universities is to provide a forum for students to be able to start their business early on and increase the portion for entrepreneurial practice (not only theory) for students to further hone their skills in business.
MANAJEMEN MAHASANTRI UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MA’HAD ALY Nur 'Azah
Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 7, No 1 (2023): EVALUASI- Edisi Maret
Publisher : STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32478/evaluasi.v7i1.1085

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain penerimaan mahasantri baru Ma’had Aly, model pembinaan mahasantri untuk meningkatkan mutu lulusan Ma’had Aly dan model evaluasi mahasantri untuk meningkatkan mutu lulusan Ma’had Aly. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan di dua kasus, yaitu: Ma’had Aly Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang dan Ma’had Aly Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo. Hasil penelitian menunjukkan Pertama: Desain penerimaan mahasantri Ma’had Aly untuk peningkatan mutu berdasarkan: Kebijakan internal dan tatangan mencetak calon kader ulama, rumusan visi dan tujuan Ma’had Aly, kebutuhan program, operasional pembiayaan hasil analisis program, schedule kegiatan sistem. Dengan langkah-langkah: merumuskan kebijakan, merumuskan tujuan, analisis kebutuhan program, menentukan satuan biaya pendidikan, menyusun aktivitas yang akan dilaksanakan. Kedua, model pembinaan mahasantri untuk peningkatan muru lulusan Ma’had Aly dengan mengambil nilai-nilai pendiri masing-masing pesantren, bertujuan mencetak ulama faqih zamanihi (ahli ilmu agama di zamannya), rasikh fi dinih (ulama yang mempunyai integritas keilmuan mampu menjawab persoalan-persoalan di sekitarnya), uswah li ummatih (menjadi teladan bagi ummatnya), melalui model pendekatan Ma’had Aly dan Perguruan Tinggi, sistem perkuliahan ganda dengan fakultas keagamaan terintegrasi dengan program Ma’had Aly dan research. Diharapkan dengan model pembinaan mahasantri ini lembaga Ma’had Aly mempunyai harapan besar terhadap lulusannya, Ketiga, model evaluasi pembinaan mahasantri untuk peningkatan muru lulusan Ma’had Aly melalui pendekatan mastery learning dengan sistem akademik dan keMa’hadan dan Perguruan Tinggi dengan tujuan akhir skripsi/tesis.
Evaluation of Teachers’ Active Listening Training at Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Athfal Ika Tri Yunianika
Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 6, No 2 (2022): SEPTEMBER
Publisher : STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32478/evaluasi.v6i2.1106

Abstract

The aims of this research are to describe: 1) participants’ satisfaction with active listening training in reaction level, and 2) the effectiveness of active listening training in learning level. This evaluation research used the Kirkpatrick model (4 levels). The research objects who were involved in active listening training were teachers from first to sixth grades in Madrasah Ibtidaiyah (MI) Hidayatul Athfal. Data collection was through questionnaires which were distributed before and after training. Descriptive analysis was used to analyze the data. The evaluation results show that participants were satisfied with active listening training.   

Page 1 of 13 | Total Record : 122