cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA
ISSN : 25029584     EISSN : 25029592     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 1 No 2 (2016): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA" : 10 Documents clear
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGAPRESIASI PUISI MELALUI METODE SIMULASI PADA SISWA KELAS VIII MTS AL-ITTIHADIYAH MAMIYAI TAHUN PEMBELAJARAN 2015-2016 Khairina, Isni
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA Vol 1 No 2 (2016): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA
Publisher : LP2M Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (237.521 KB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimanakah proses penerapan Metode Simulasi pada siswa kelas VIII MTs Al-Ittihadiyah Mamiyai Tahun Pembelajaran 2015-2016 ?, 2)Bagaimanakah proses peningkatan kemampuan mengapresiasi puisi pada siswa kelas VIII MTs Al-Ittihadiyah Mamiyai Tahun Pembelajaran 2015-2016 ?. Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1)Untuk mendeskripsikan proses penerapan Metode Simulasipada siswa kelas VIII MTs Al-Ittihadiyah Mamiyai Tahun Pembelajaran 2015-2016, 2)Untuk mendeskripsikan proses peningkatan kemampuan mengapresiasi puisi pada siswa kelas VIII MTs Al-Ittihadiyah Mamiyai Tahun Pembelajaran 2015-2016. Metode yang digunakan dalam metode ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan memperoleh gambaran tentang peningkatan kemampuan mengapresiasi puisi siswa melalui metode simulasi pada siswa kelas VIII MTs Al-Ittihadiyah Mamiyai Tahun Pembelajaran 2015-2016. Subjek dalam penelitian ini adalah : kelas VIII MTs Al-Ittihadiyah Mamiyai Tahun Pembelajaran 2015-2016 sebanyak 30 orang. Objek dalam penelitian ini adalah hasil kemampuan mengapresiasi puisi. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes soal latihan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode simulasi kemampuan mengapresiasi puisi siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Dari siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa 72,73 dengan jumlah nilai akhir 2182 dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa 79,62 dengan jumlah nilai akhir 2388. Pada siklus I kriteria ketuntasan belajar cukup sedangkan pada siklus II kriteria ketuntasan belajar baik. Dengan demikian hipotesis yang diajukan sebelumnya dapat diterima kebenarannya.
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE BAGI SISWAKELAS IX-B SMP NEGERI 39 MEDAN sunan, Panu
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA Vol 1 No 2 (2016): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA
Publisher : LP2M Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (366.717 KB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas IX-B SMP Negeri 39 Medan. Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan melalui dua siklus yang terdiri dari tahap: Perencanaan, Pelaksanaan, Tindakan, Observasi,Dan Refleksi.  Hasil pembelajaran menulis di SMPN 39 Medan kurang dari 75 dengan daya serap sekitar 62,00. Upaya mengatasi hal tersebut maka dilakukan usaha memperbaiki cara pembelajaran dengan melakukan model pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture. Model pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture adalah suatu model pembelajaran dimana siswa diajak untuk aktif dan dituntun untuk dapat mengkomunikasikan ide-ide dibenak siswa ke dalam bentuk tulisan melalui gambar - gambary ang telah disusun siswa. Pada siklus 1rata-rata kemampuan menulis siswa 73,00. Pada siklus ke 2 peneliti memodifikasi model pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture. Di siklus ke 2 ini siswa dibagi menjadi lima kelompok. Dengan pembagian kelompok ini aktivitas siswa semakin meningkat. Kerjasama siswa tampak lebih meningkat. Di siklus ke 2rata-rata kemampuan menulis siswa84,75 sudah tuntas memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan siswa dalam menulis setelah diterapkan model pembelajaran  Kooperatif Tipe Picture and Picture.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PENGUASAN KOMPETENSI DASAR MAKNA DALAM PERCAKAPAN TRANSAKSIONAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK DI KELAS VIII-A SMP NEGERI 39 MEDAN Sembiring, Juliana
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA Vol 1 No 2 (2016): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA
Publisher : LP2M Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.471 KB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan menggunakan metode diskusi kelompok dapat menumbuhkan motivsi kelas VIII-ASMP Negeri 39  Medan. Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan melalui dua siklus yang terdiri dari tahap: Perencanaan, Pelaksanaan, Tindakan, Observasi,dan Refleksi. Hasil temuan penelitian diperoleh pada siklus 1 terdapat 25% siswa yang telah termotivasi dalam belajar sedangkan 75% siswa masih kurang termotivasi dalam belajar. Dengan demikian secara klasikal siswadinyatakan masih kurang termotivasi dalam belajar. Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus 2. siswa yang telah termotivasi dalam belajar pada siklus 2 meningkat menjadi 100%. Dengan demikian secara klasikal atau kelas siswadinyatakan telah termotivasi dalam belajar. Dari data diatas dapat disimpulkan Bahwa ada peningkatan motivasi belajar bahasa inggris melalui metode diskusi kelompok
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DALAM KEGIATAN MEMBACA INTENSIF MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW DI KELAS VII4 SMP NEGERI 37 MEDAN Tanggang, Roslina Br.
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA Vol 1 No 2 (2016): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA
Publisher : LP2M Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (528.046 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca intensif siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menerapkan model pembelajaran-Tuntas di kelas VII-4 SMP Negeri 37 Medan. Hasil pembelajaran di SMPN 37 Medan kurang dari 75 dengan daya serap sekitar 49,25. Upaya mengatasi hal tersebut maka dilakukan usaha memperbaiki cara pembelajaran dengan melakukan model pembelajaran Jigsaw. Pada siklus 1 kemampuan belajar siswa sebanyak (69,75) belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Pada siklus ke 2 peneliti memodifikasi model pembelajaran Jigsaw. Di siklus ke 2 ini siswa dibagi menjadi lima kelompok. Dengan pembagian kelompok ini aktivitas siswa semakin meningkat. Kerjasama siswa tampak lebih meningkat. Di siklus ke 2 hasil belajar siswa sebanyak (82,75) siswa sudah tuntas memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Melalui pendekatan belajar tuntas dengan penyampaian materi secara tuntas, perencanaan pembelajaran ini dapat dilaksanakan dengan baik. Kenaikan banyaknya siswa tuntas ini menunjukkan bahwa pembelajaran yang didasarkan pada penerapan pembelajaran melalui pendekatan belajar melalui model pembelajaran Jigsaw dengan kombinasi pembelajaran klasikal, kelompok dan individual serta pemecahan masalah dapat membuat siswa aktif dan semakin kreatif.
PEMAHAMAN PEMBELAJARAN WACANA MELALUI HUMOR TERHADAP MINAT BACA SISWA PADA SD IT SAKINAH AZ-ZAHRA JALAN LINTAS SIMPANG DOLOK DUSUN I DESA 4 NEGERI KECAMATAN 50 KABUPATEN BATU BARA Juwita, Putri
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA Vol 1 No 2 (2016): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA
Publisher : LP2M Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (272.295 KB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pemahaman Pembelajaran Wacana Melalui Humor Terhadap Minat Baca Siswa Pada SD-IT Sakinah AZ-Zahra Jalan Lintas Simpang Dolok Dusun I Desa 4 Negeri Kecamatan 50 Kabupaten Batu Bara”. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menganalisis pemahaman  pembelajaran wacana melalui humor terhadap minat baca siswa di SD-IT Sakinah Az-Zahra Kecamatan Lima Puluh Kabupaten Batu Bara tahun pembelajaran 2015-2016, (2) Upaya meningkatkan minat baca siswa yang dilakukan guru melalui wacana humor  di SD-IT Sakinah Az-Zahra Kecamatan Lima Puluh Kabupaten Batu Bara tahun pembelajaran 2015-2016 dengan jumlah populasi sebanyak 60 siswa. Dari populasi tersebut diambil sampel 60 siswa pada SD-IT Sakinah AZ-Zahra Jalan Lintas Simpang Dolok Dusun I Desa 4 Negeri Kecamatan 50 Kabupaten Batu Bara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket yang diberikan kepada setiap responden. Data diproses dengan menggunakan SPSS versi 20.0 for windows. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata wacana humor siswa kelas V dan VI SD-IT Sakinah Az-Zahra Kecamatan Lima Puluh Kabupaten Batu Bara tahun pembelajaran 2015-2016 adalah 75,9 (tergolong baik). Sedangkan nilai rata-rata  minat baca siswa kelas V dan VI SD-IT Sakinah Az-Zahra Kecamatan Lima Puluh Kabupaten Batu Bara tahun pembelajaran 2015-2016 adalah 70,3 (tergolong sering). Berdasarkan hasil diketahui bahwa nilai rata-rata  minat baca siswa kelas SD-IT Sakinah Az-Zahra Kecamatan Lima Puluh Kabupaten Batu Bara tahun pembelajaran 2015-2016. Besarnya hubungan pembelajaran wacana melalui humor dengan minat baca siswa adalah 42,25% berada pada kreteria ada korelasi. Simpulan ini diambil berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dengan menemukan harga r hitung >  r table yaitu harga r hitung yang diperoleh sebesar 0,65. Sedangkan harga t table dengan jumlah sampel N = 60 dan tingkat kesalahan 5% sebesar 0,254. Korelasi antara variabel X dan Y berada pada kategori ada korelasi. Artinya pembelajaran wacana melalui humor terhadap siswa sangat dipengaruhi oleh minat baca.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR PROCEDURE TEXT MELALUI PENERAPAN METODE BRAINSTORMING DI KELAS VII-3 SMP NEGERI 30 MEDAN Sihombing, Pungut
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA Vol 1 No 2 (2016): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA
Publisher : LP2M Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (384.682 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dengan Menggunakan Metode Brainstorming Pada Siswa Kelas VII-3 SMP Negeri 30 Medan Tahun Ajaran 2015/2016. Hipotesis pada penelitian adalah dengan menggunakan metode Brainstorming dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada pelajaran Bahasa InggrisKelas VII-3 SMP Negeri 30 Medan. Metode yang digunakan adalah metode pembelajaran Brainstorming (curah pendapat), yang mengacu pada kaidah-kaidah penggunaan Bahasa Inggris yang baik dan benar. Populasi dilakukan terhadap seluruh siswa Kelas VII-3 SMP Negeri 30 Medan yang berjumlah 38orang dengan menggunakan metode Brainstorming sebagai alat untuk meningkatkan keterampilan berbicara menanggapi sesuatu hal/ pengumuman/berita yang pernah dilihatnya. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah berupa daftar nilai siswa yang diambil melalui kegiatan berbicara menanggapi situasi, keadaan atau sebuah pengumuman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada saat melaksanaan pre tes keterampilan berbicara siswa rata-rata29,21. Kemudian pada siklus I keterampilan berbicara siswa meningkat dari kondisi awal tindakan yaitu keterampilan siswa mengemukakan pendapat secara lisan (berbicara) pada siklus I mencapai 13,16% yaitu 5 siswa yang terampil berbicara dan 33 siswa yang tidak terampil berbicara dengan nilai rata-rata 65,26. Dan pada siklus II keterampilan berbicara siswa meningkat dari kondisi siklus I yaitu keterampilan siswa mengemukakan pendapat secara lisan (berbicara) pada siklus II mencapai 97,37% yaitu sebanyak 37 orang siswa yang terampil berbicara dan 1 orang siswa yang tidak terampil berbicara dengan nilai rata-rata keseluruhannya mencapai 84,74. Hasil penelitian ini menunjukkan aktivitas belajar siswa meningkat dari awal tindakan sampai pada siklus II. Berdasarkan hal tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Brainstorming dapat meningkatkan keterampilan berbicara khususnya pelajaran Bahasa Inggris pada siswa Kelas VII-3 SMP Negeri 30 Medan. Karena penelitian ini Baru sampai mengangkat sejauh mana pengaruh penerapan metode Brainstorming dalam peningkatan keterampilan berbicara siswa mengungkapkan pikiran secara lisan, maka peneliti menyarankan agar kiranya para peneliti lanjutan dapat melanjutkan penelitian pasca penelitian. Hal ini penting agar hasil penelitian ini bermanfaat sebagai penyeimbang teori maupun sebagai reformasi terhadap dunia pendidikan khususnya kompetensi mengajar guru.
METODE BERPIDATO DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERETORIKA OLEH SISWA KELAS XI SMK AL WASHLIYAH 4 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015-2016 Rosadi, Mimi
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA Vol 1 No 2 (2016): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA
Publisher : LP2M Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (247.996 KB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan oleh peneliti, keterampilan beretorika siswa kelas XI SMK Al Washliyah 4 Medan tahun pembelajaran 2015-2016 masih rendah disebabkan oleh kurangnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran, sulit mengungkapkan gagasan (ide) dalam berbicara maupun beretorika, serta strategi yang digunakan kurang menarik sehingga siswa mengalami kesulitan dalam kegiatan beretorika. Untuk memperbaiki kondisi tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan sistem pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan prestasi siswa, yaitu dengan menggunakan sistem pembelajaran metode berpidato yang diharapkan dapat meningkatkan keterampilan beretorika siswa kelas XI SMK Al Washliyah 4 Medan tahun pembelajaran 2015-2016. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan keterampilan beretorika dengan menggunakan metode berpidato oleh siswa kelas XI SMK Al Washliyah 4 Medan tahun pembelajaran 2015-2016. Berkaitan dengan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui tingkat keterampilan beretorika dengan menggunakan metode berpidato oleh siswa kelas XI SMK Al Washliyah 4 Medan tahun pembelajaran 2015-2016. Penelitian ini menggunaan desain PTK yang dilaksanakan dalam dua tahap yaitu tahap siklus I, tahap siklus II dengan target ketuntasan minimal 80,00 dan rata-rata kelas 83,02. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Al Washliyah 4 Medan sebanyak  38 siswa. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu metode berpidato dan keterampilan beretorika. Pengumpulan data pada tahap siklus I dan siklus II menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa keterampilan beretorika dengan menggunakan metode berpidato. Terjadi peningkatan dari pra tindakan yaitu  67,60, siklus I  77,74, siklus II  83,02. Hasil yang dicapai pada siklus II tersebut sudah melebihi target ketuntasan yang telah ditetapkan, yaitu dengan rata-rata kelas 83,02.
PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS VII-2 SMP NEGERI 12 MEDAN TP 2015/2016 isma, Nur
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA Vol 1 No 2 (2016): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA
Publisher : LP2M Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.312 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas VII-2 melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT di SMP Negeri 12 Medan TP 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 12 Medan. Subjek penelitian adalah semua siswa kelas VII-2 SMP Negeri 12 Medan berjumlah 40 orang siswa yang terdiri dari 18 perempuan dan 22 laki-laki. Objek penelitian adalah hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT (team games tournament). Berdasarkan hasil penelitian dikatakan bahwa Melalui model pembelajaran TGT (team games tournament) dapat meningkat hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VII-2. Hasil belajar Bahasa Indonesia di kelas VII-2 SMP Negeri 12 Medan TP 2015/2016 dapat ditingkatkan dengan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif  tipe TGT (team games tournement). Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian bahwa  ketuntasan belajar  sebesar 72,50% pada siklus I meningkat menjadi 90% pada siklus II. Nilai rata-rata kelas siklus I sebesar 74,22 meningkat menjadi 80,97 pada siklus II. Ketrampilan siswa meningkat dari 72,5% pada siklus I menjadi 92,5% pada siklus II. Hasil penelitian ini secara umum menunjukkan ada peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas VII-2 melalui model pembelajaran TGT (team games tournament).
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PENGUASAAN MATERI PELAJARAN NARRATIVE TEXT PADA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS VIII-D SMP NEGERI 3 MEDAN na, Dar
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA Vol 1 No 2 (2016): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA
Publisher : LP2M Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (288.131 KB)

Abstract

 Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan yang muncul di SMP Negeri 3 Medan yaitu setelah guru melaksanakan pembelajaran Bahasa Inggris pada materi Narrative text guru mengetahui bahwa hasil belajar masih rendah. Hal ini tercermin dari perolehan tes hasil belajar yaitu bahwa tidak ada siswa yang mencapai ketuntasan individual. Ini juga menunjukkan bahwa belum tercapai standar ketuntasan klasikal karena prosentase ketuntasan adalah sebesar 0%. Dalam proses pembelajaran keaktifan siswalah yang seharusnya ditingkatkan karena proses belajar bukanlah menyampaikan materi tapi bagaimana siswa dapat memperoleh informasi dengan cara-cara mereka sendiri maupun bimbingan guru. Selain itu dalam pembelajaran, ketertarikan siswa atau respon siswa juga sangat mempengaruhi perolehan hasil belajar. Dengan menyadari berbagai kenyataan diatas maka sebagai seorang guru professional merasa perlu untuk memperbaiki pembelajaran yaitu dengan mengadakan penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan meningkatkan pembelajaran Bahasa Inggris untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VIII-D SMP Negeri 3 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini bahwa penerapan metode Jigsawdapat meningkatkan kemampuan individual siswa dan ketuntasan klasikal siswa. Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw juga dapat membuat siswa lebih aktif. Siswa merespon positif terhadap pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Jigsaw. Model Pembelajaran Jigsawdapat meningkatkan Hasil Belajar Narrative text  siswa Kelas VIII-DSMP Negeri 3 Medan, yaitu nilai rata-rata kelas pada saat pre test 47,537,44; siklus 1: 70,26; siklus 2: 81,79. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat menciptakan suasana pembelajaran yang efektif, dan siswa aktif bekerja sama, hal ini ditunjukkan pada nilai sikap siswa pada siklus 1: 45,95; meningkat pada siklus 2: 80,62.
WOMEN’S ARGUMENT ACROSS SOCIAL STATUS IN TWITTER Lubis, Nazriani
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA Vol 1 No 2 (2016): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA
Publisher : LP2M Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (330.976 KB)

Abstract

Theoritically women have the tendency to avoid the argumentsin face to face communication. While, Twitter mode allows the users of twitter do not need to be ashamed and reluctant in expressing their argument with 140 characters. The objectives of the research were to identify the types of arguments used by female across social status and to find out the factor underlying these types occured in that way.. To achieve the objectives, this research was conducted by applying descriptive qualitative design. The subject of this research was the three different social status females. The pair interaction was appeared to conduct this research, namely; female to female interaction across social status. The data was collected from the tweets with three different topics (death penalty, law and education) which posted on twitter by all the subjects. The data was analyzed by applying Mile’s ajd Hubberman’s model. The finding showed that female to female interaction argued by all types of arguments; negation, disjunction, conjunction, conditional and biconditional, women were siginificantly less aware with their status in establishing and maintaning the interaction. In short, those were less considarate with their interlocutors.

Page 1 of 1 | Total Record : 10