cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA
ISSN : 25029584     EISSN : 25029592     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 2 No 2 (2017): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA" : 10 Documents clear
ANALISIS KORPUS BAHASA INGGRIS SEBAGAI MASUKAN BAGI KORPUS BAHASA INDONESIA Wariyati, Irpan Apandi Batubara,
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA Vol 2 No 2 (2017): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA
Publisher : LP2M Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (592.21 KB)

Abstract

Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional meyerap tidak sedikit kosakata dari bahasa asing termasuk dari Bahasa Indonesia. Analisis reflektif terhadap korpus Bahasa Inggris penting dilakukan dalam rangka membantu menginternasionalkan Bahasa Indonesia. Penelitian dilakukan dengan analisis kualitatif secara daring maupun luring terhadap kamu monolingual bahasa Inggris. Terdapat 41 kata dari Bahasa Indonesia yang diserap ke dalam Kamus bahasa Inggris. Hal ini berarti para praktisi linguistik perlu berperan lebih aktif.
PENDEKATAN KONSEP MIMESIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS MUSLIM NUSANTARA AL-WASHLIYAH MEDAN DALAM MENGEKSPRESIKAN IDE KEDALAM BENTUK KARYA SASTRA Tanjung, Zulfitri
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA Vol 2 No 2 (2017): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA
Publisher : LP2M Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (105.91 KB)

Abstract

Penulisan makalah ini bertujuan untuk membantu mengatasi permasalahan mahasiswadan meningkatkan kemampuannya dalam menciptakan sebuah karya tulis khususnyakarya tulis dalam bentuk kesusastraan Inggris, untuk itu mahasiswa perlu diberikanbekal pengetahuan yang cukup mengenai salah satu konsep dalam kesusastraan yaituMimesis yang mana ini bisa diterapkan dalam menciptakan atau menghasilkan karyakaryatulisan dalam kesusastran Inggris.
KOMBINASI STRATEGI PEMBELAJARAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI OLEH SISWA KELAS X SMAN 2 BERASTAGI KABUPATEN TANAH KARO TAHUN PEMBELAJARAN 2016-2017 Sujarwo, Mimi Rosadi,
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA Vol 2 No 2 (2017): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA
Publisher : LP2M Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (110.589 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi, serta untuk mengetahui kombinasi stategi pembelajaran dengan motivasi belajar dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi. Target luaran penelitian ini diterbitkan ke dalam jurnal ilmiah dan prosiding. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan disain faktorial 2 x 3. Data hasil penelitian dianalisa secara statistik deskriptif dan inferensial. Sebelum tahap inferensial diawali dengan uji normalitas dan homogenitas. Pada tahap inferensial menggunakan analisisvarians dua jalur. Yang dilajutkan dengan uji Tukey jika terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan motivasi belajar. 
SISTEM PENUNJANG DAN SARANA PEMEROLEHAN BAHASA KEDUA PADA ANAK Zaini, Syafi’i
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA Vol 2 No 2 (2017): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA
Publisher : LP2M Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (83.373 KB)

Abstract

Pemerolehan bahasa atau akuisisi bahasa adalah proses yang berlangsung di dalam otakkanak-kanak ketika dia memperoleh bahasa pertamanya atau bahasa ibunya.Pemerolehan bahasa biasanya dibedakan dengan pembelajaran bahasa. Pembelajaranbahasa berkaitan dengan proses-proses yang terjadi pada waktu seorang kanak-kanakmempelajari bahasa kedua setelah dia memperoleh bahasa pertamanya. Performansiadalah kemampuan anak menggunakan bahasa untuk berkomunikasi dlah satu sistempenunjang pemerolehan bahasa kedua pada anak . Performansi terdiri dari dua proses,yaitu proses pemahaman dan proses penerbitan kalimat-kalimat. Proses pemahamanmelibatkan kemampuan mengamati atau mempersepsi kalimat-kalimat yang didengar,sedangkan proses penerbitan melibatkan kemampuan menghasilkan kalimat-kalimatsendiri.
IMPROVING STUDENTS’ ACHIEVEMENT IN SPEAKING BY USING PICTURE Rambe, Marina Sari
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA Vol 2 No 2 (2017): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA
Publisher : LP2M Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (76.575 KB)

Abstract

Learning Language as well as learning English is also the implementation of searching knowledge. The goals in language learning is the students are able to speak English well and use English as their language to communicate with another people in daily life. In language learning, speaking is one of the important things to have, but the students are not able to speak up in English class. Using media is one of the way that can improve the students achievement in speaking class. The researcher will be focus to use picture as media in this research. The researcher formulate there is an improvement of students achievement in speaking by using picture as the problem in this research. The researcher use Classroom Action Research (CAR) Method to analyze the data in this research. The researcher take the first year students of MTS N 2 Medan as the population and 30 students as sample where the researcher get the sample by random. The research take 2cycle in this research. The instrument to applied to collect the data was speaking test. Besides that, the writer also used interview, observation sheet and diary note to identify what happened in the classroom. After analyzed the data, it was obtained that means increased from the Test-1 in cycle I 71,73% until test-3 in cycle II 83,40 % and the total score increased 90.0% . So, the use of picture improve students’ speaking achievement.
USING BAHASA INDONESIA APPROPRIATELY AND CORRECTLY Prawiyata, Yugi Diraga
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA Vol 2 No 2 (2017): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA
Publisher : LP2M Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (131.766 KB)

Abstract

Bahasa Indonesia sebenarnya sudah lama digunakan, tetapi masih banyak orang yangtidak menggunakannya dengan baik dan benar. Sementara itu, aturan penggunaannyajuga bervariasi; variasi bahasa lisan dan tulisan, variasi bahasa baku dan tidak baku,variasi bahasa baku lisan dan tulisan, dan variasi fungsional dan social, yangpenggunaanya berbeda untuk setiap orang dan juga berbeda pada setiap kesempatan.Maka dari itu, penulis tidak hanya ingin sekedar memaparkan itu semua, tetapi jugamengajak guru dan dosen untuk berperan aktif dalam menciptakan ide kreatifi melaluigame edukasi untuk menarik minat siswa dalam mempelajari Bahasa Indonesia.
ANALISIS STRUKTUR DAN TEKSTUR CERPEN BENSIN DI KEPALA BAPAK KARYA MUHAMMAD SUBHAN MAJALAH HORISON EDISI FEBRUARI 2014 Pulungan, Rosmilan
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA Vol 2 No 2 (2017): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA
Publisher : LP2M Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (174.155 KB)

Abstract

 Judul penelitian ini adalah Analisis struktur dan tekstur Cerpen Bensin di Kepala Bapak Karya Muhammad Subhan Majalah Horison Edisi Februari 2014. Analisis cerpen-cerpen merupakan kegiatan apresiasi. Sebab tujuan akhir dari pemahaman sebuah karya sastra adalah mampu mengapresiasinya. Sastra merupakan sebuah ciptaan atau sebuah kreasi diciptakan dari seorang seniman melalui bahasa yang mengesankan melalui pikiran, perasaan, dan pengalaman manusia yang diungkapkan secara luapan emosi spontan. Unsur yang membangun sebuah karya sastra adalah struktur, tekstur, dan konteks. Dalam penelitian ini penulis menganalisis cerpen-cerpen di majalah horison. Adapun yang menjadi permasalahan dan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah struktur dan tekstur dalam cerpen-cerpen di majalah horizon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik analisis datanya adalah teks cerpen-cerpen majalah horison. Hasil analisis cerpen-cerpen di Majalah Horison adalah : Secara struktur cerpen-cerpen Majalah Horison sangat menarik, dari abstraksi hingga koda cerpen-cerpen ini sangat membuat para pembaca penasaran.
ANALISIS PERSEPSI MATA KULIAH PUBLIC SPEAKING TERHADAP KEMAMPUAN SPEAKING, TEACHING DAN DELIVERY MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS Asnarni Lubis, Nazriani Lubis,
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA Vol 2 No 2 (2017): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA
Publisher : LP2M Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (74.558 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi persepsi mata kuliah Public Speakingterhadap kemampuan public speaking, teaching, dan delivery. Untuk mencapai tujuanpenenlitian, metode deskriptif kuantitatif digunakan dengan analisis presepsi mata kuliahPublic Speaking terhadap kemapuan public Speaking, teaching dan delivery MahasiswaSemester VIIA & VIIC Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muslim Nusantara AlWashliyahMedan .Instrumen yang digunakan adalah angket berskala likert yangkemudian analisis data menggunakan uji regresi linear, uji t, uji f dan ujiR2,.Berdasarkan hasil pengujian dengan menggunakan SPSS 22.00for windows dapatdilihat berdasarkan hasil penelitian, hasil perhitungan koefisen determinasi (R) kelas VII A sebesar 47,2% dan mahasiswaVII C sebesar 68.7%.yang menunjukkan bahwamahasiswa VIIC memiliki persepsi lebih positif. Selanjutnya, t-test VII C ditemukanbahwa nilai sig 0.018 sehingga sig < 0.05 (0,018< 0.05) yang berarti kemampuanspeaking(X1) mempengaruhi persepsi mahasiswa, lalu sig 0.002 sehingga sig < 0.05(0,002< 0.05) berarti kemampuan teaching(X2) mempengaruhi persepsi mahasiswa.Namun, nilai sig 0.794 sehingga sig > 0.05 (0,794> 0.05) yang berarti kemampuandelivery(X3) tidak mempengaruhi persepsi mahasiswa pada mta kuliah publicspeaking(Y). Lalu, hasil F-test VIIC sig 0,001<0,005 yang berarti bahwa adanyapersepsi positif. Hasil penemuan ini menyimpulkan bahwa kemampuan public speaking,teaching, dan delivery mahasiswa dapat diperoleh tidak hanya dari mata kuliah PublicSpeaking saja.
POSTER PANTUN BERTEMA PENJAGAAN LINGKUNGAN DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS)DELI MEDAN Alkausar Saragih, Rosmawati Harahap,
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA Vol 2 No 2 (2017): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA
Publisher : LP2M Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (6091.576 KB)

Abstract

Kawasan DAS Deli Kota Medan dan muaranya harus terpelihara. Normalisasi fungsi sungai tidak normal di Kota Medan. Keadaan Daerah Aliran Sungai Deli (DAS-Deli)yang berkondisi bangunan liar yang mengalihfungsikan kawasan resapan air sungai menjadi kawasan pembuangan limbah (sanitas, sampah) kawasan padat permukiman; kondisi kawasan muka sungai pada lokasi site yang kotor bersampah; kondisi vegetasi di lokasi perancangan; kondisi masyarakat di lokasi perancangan; kondisi dan pemukiman warga sekitar. Permasalahan ini harus diresolusi dengan ide kreatif untuk merevitalisasi Daerah Aliran Sungai Deli (DAS-Deli). Pentingnya pemeliharaan DAS-Deli melalui poster pantun yang dilakukan dengan metode penyuluhan dan sosialisasi penancapanposter-poster pantun bertema pentingnya pemeliharaan DAS-Deli dengan teknik penancapan/ pemajangan poster-poster pantun yang bertema pemeliharaan DAS-Deli. Pendekatan pembuatan poster yang berisi pantun bertema pemeliharaan DAS Deli Kota Medan. Subjek yang dilibatkan adalah warga masyarakat warga DAS Deli dan kemudian subjek pelakunya menancapkan poster pantun itu di lokasi DAS Deli Kota Medan. Pembenahan DAS Deli dengan cara pendalaman dan pelebaran yang dilakukan Pemkab Kota Medan akan terdukung dengan sosialisasi penancapan poster pantun DAS Deli sehingga kelak tercapai cita-cita terciptanya taman panjang hijau yang bisa dijadikan aset oksigen dan aset pariwisata bahari seperti yang terdapat di Negara Cina, Thailand,dan Turki.
PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF TERHADAP PEMAHAMAN REPORT TEXT MENGGUNAKAN VEE DIAGRAM PADA SISWA SMA N 2 KAMPUNG RAKYAT Yulia Sari Harahap, Dahlia Sirait,
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA Vol 2 No 2 (2017): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA
Publisher : LP2M Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (34.237 KB)

Abstract

Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuankognitif terhadap pemahaman report siswa text yang diajarkan dengan menggunakanVee Diagram lebih baik daripada siswa yang diajar dengan Kontekstual. Penelitianinimerupakan eksperimen.Teknik pengambilan sampel adalah Random Sampling.Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan Anava duajalur yaitu 0,00 < 0,05 artinyakemampuan kognitif terhadap pemahaman repor text dengan menggunakan Vee Diagramlebih baik dari pada kemampuan pemahaman report textdenganmenggunakanKontekstual. Respon siswa pada kelas Vee Diagram 91% lebihtinggi dari pada Kontekstual 82% . Proses penyelesaian jawaban pada kelas VeeDiagram lebih baik dari pada Kontekstual.

Page 1 of 1 | Total Record : 10