cover
Contact Name
Nurhayati
Contact Email
smartpaud@uho.ac.id
Phone
+6285341614860
Journal Mail Official
smartpaud@uho.ac.id
Editorial Address
Kampus Bumi Tridharma Andounohu Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara – Indonesia Tel / HP : 085341614860, email : smartpaud@uho.ac.id
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Smart PAUD
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 25990144     EISSN : 26141248     DOI : http://dx.doi.org/10.36709/jspaud
Core Subject : Education,
Jurnal Smart PAUD contains research articles in the field of early childhood education with focus and coverage including curriculum, early childhood development, education management, teaching materials, learning Media, learning assessments, strategies/models/methods/approaches/learning techniques, education policy.
Articles 78 Documents
Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Melalui Kegiatan Mendongeng Di TK Sangia Jampaka Kecamatan Mawasangka Abubakar, Sitti Rahmaniar; Sinta, Dewi Widiastuti
Jurnal Smart PAUD Vol 1, No 2: Juli 2018
Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.982 KB) | DOI: 10.36709/jspaud.v1i2.4678

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri anak melalui kegiatan mendongeng di TK Sangia Jampaka Kecamatan Mawasangka. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian adalah guru dan anak di TK  A yang berjumlah 20 orang anak. Berdasarkan analisis data hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I diperoleh  persentase ketercapaian sebesar 60%, aktivitas belajar anak didik diperoleh persentase ketercapaian sebesar 64%  sedangkan hasil belajar anak berupa peningkatan kepercayaan diri anak sebelum dilakukan tindakan sebesar 25% anak memperoleh nilai BSB dan BSH kemudian meningkat pada siklus I sebesar 45%. Pada siklus II, persentase ketercapaian aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan menjadi 90%, persentase ketercapaian aktivitas belajar anak didik juga mengalami peningkatan menjadi 91% dan hasil belajar anak meningkat sebesar 95%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kepercayaan diri anak di TK Sangia Jampaka Kecamatan Mawasangka dapat ditingkatkan melalui kegiatan mendongeng. Kata kunci: Kepercayaan Diri, Mendongeng, Anak
Layanan Bimbingan Pribadi Sosial Untuk Mengembangkan Rasa Percaya Diri Peserta Didik Tunagrahita Di SLB C Aditya Grahita Kota Bandung Yusuf, Harlin; Gadafi, Muamal
Jurnal Smart PAUD Vol 1, No 2: Juli 2018
Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (183.865 KB) | DOI: 10.36709/jspaud.v1i2.4683

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan rasa percaya diri peserta didik tunagrahita melalui layanan bimbingan pribadi sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan Reseach and Development (R&D). Penelitian ini dilakukan dengan tiga tahap yaitu pertama pendahuluan; observasi ceklis untuk mengetahui kondisi objektif kepercayaan diri peserta didik tunagrahita; kedua tahap merumuskan layanan bimbingan pribadi sosial untuk mengembangkan kepercayaan diri peserta didik tunagrahita; ketiga tahap pelaksanaan layanan bimbingan pribadi sosial untuk mengembangkan kepercayaan diri peserta didik tunagrahita. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kondisi objektif kepercayaan diri peserta didik tunagrahita yang kurang baik; antara lain: kurang minat menulis dan membaca, takut tampil di depan kelas, tidak berkonsentrasi waktu belajar. Layanan bimbingan yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah layanan bimbingan pribadi sosial untuk mengembangkan kepercayaan diri peserta didik tunagrahita. layanan yang tersusun diharapakan dapat membantu mengembangkan kepercayaan diri peserta didik tunagrahita kearah yang lebih baik. Kata kunci: Layanan Bimbingan, Kepercayaan Diri, Peserta Didik Tunagrahita.
MENINGKATKAN KETERAMPILAN PRODUKSI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL Nasirun, H. M.; Yulidesni, Yulidesni
Jurnal Smart PAUD Vol 2, No 1: Januari 2019
Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (277.349 KB) | DOI: 10.36709/jspaud.v2i1.5914

Abstract

Tujuan penelitian untuk meningkatkan keterampilan produksi media pembelajaran berbasis lingkungan guna meningkatkan kompetensi Profesional mahasiswa dalam Mata Kuliah Media Pembelajaran pada Program Studi S1 Pendidikan Guru PAUD FKIP Universitas Bengkulu. Jenis penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Sampel penelitian mahasiswa semester 3 pada Program Studi S1 Pendidikan Guru PAUD FKIP Universitas Bengkulu berjumlah 70 orang yang mengambil mata kuliah Media Pembelajaran.Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penilaian dan instrumen media pembelajaran untuk memperoleh data hasil produksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan produksi media pembelajaran berbasis lingkungan dalam kompetensi profesional pada mahasiswa S1 Pendidikan Guru PAUD FKIP Universitas Bengkulu. Disarankan untuk penelitian berikutnya agar melakukan penelitian secara berulang agar mahasiswa lebih bisa menghasilkan produksi media pembelajaran yang baik. Bagi penelitian berikut disarankan agar  lebih fokus pada satu atau dua jenis media pada kedua siklus penelitian dan kajian keterkaitan aspek perkembangan dalam produksi media pembelajaran pada penelitian selanjutnya. Kata kunci: Media pembelajaran, Berbasis Lingkungan, Kompetensi Profesional
PENTINGNYA PENDIDIKAN KESEHATAN DAN GIZI BAGI ANAK USIA DINI Sum, Theresia Alviani
Jurnal Smart PAUD Vol 2, No 1: Januari 2019
Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (146.085 KB) | DOI: 10.36709/jspaud.v2i1.5919

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan kesehatan dan gizi bagi anak usia dini pada lembaga PAUD di Kecamatan Ruteng kabupaten Manggarai. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan instrument penelitian: wawancara, observasi serta dokumentasi. Penelitian dilaksanakan pada 15 lembaga PAUD. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh data dimana lembaga PAUD belum maksimal melaksanakan program kesehatan dan gizi bagi anak.  Lembaga PAUD menganggap perhatian akan kesehatan dan gizi anak bukanlah tugas lembaga PAUD, namun merupakan tugas dinas Kesehatan. Hal lain yang ditemukan adalah terdapat lembaga PAUD yang memiliki program makanan tambahan namun, jenis makanan yang diberikan tidak variatif dan pendidik tidak mengetahui manfaat serta kandungan yang terdapat dalam makanan yang diberikan.  Hal yang tidak disadari oleh pendidik PAUD adalah jika seorang anak tidak mandapat gizi, nutrisi yang cukup, interaksi yang baik, perhatian dari orang tua dan orang-orang di sekitarnya, maka perkembangan anak secara oprimal akan terhambat. Kata kunci: Kesehatan, Gizi, Anak Usia Dini
MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI KEGIATAN MENGKLASIFIKASI BENDA DALAM TIGA KATEGORI (BENTUK, WARNA DAN UKURAN) DI KELOMPOK B TK NEGERI LALOWARU Aisyah, Aisyah; Amry, Intan Wardany Ranat; Salim, Salim
Jurnal Smart PAUD Vol 2, No 1: Januari 2019
Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (391.929 KB) | DOI: 10.36709/jspaud.v2i1.5924

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan  kognitif  melalui kegiatan  mengklasifikasikan benda dalam tiga kategori di TK Negeri Lalowaru Kecamatan Moramo Kabupaten Konawe Selatan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak Kelompok B TK Negeri Lalowaru Kecamatan Moramo Kabupaten Konawe Selatan yang berjumlah 15 orang anak laki-laki. Berdasarkan hasil tentang kemampuan kognitif anak melalui kegiatan pengelompokkan benda menunjukkan bahwa terdapat peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan pada hasil observasi awal diperoleh persentase 27%, pada siklus I diperoleh persentase 53%, dan pada siklus II di peroleh persentase ketuntasan 87%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif anak di Kelompok B TK Negeri Lalowaru Kecamatan Moramo Kabupaten Konawe Selatan dapat ditingkatkan melalui kegiatan mengklasifikasikan benda dalam tiga kategori (bentuk, warna dan ukuran). Kata kunci: Kemampuan Kognitif, Mengklasifikasikan Benda, Anak
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI TEKNIK MENGANYAM DAUN KELAPA DI KELOMPOK B TKN PUTRA MANDIRI KONAWE SELATAN Marwah, Silvi Adhitiya; Abubakar, Sitti Rahmaniar
Jurnal Smart PAUD Vol 2, No 2: Juli 2019
Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (361.751 KB) | DOI: 10.36709/jspaud.v2i2.7287

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui teknik menganyam daun kelapa di kelompok B TKN Putra Mandiri. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak yang berjumlah 15 anak yang terdiri atas 6 anak didik laki-laki dan 9 anak didik perempuan dengan rentang usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I diperoleh persentase ketercapaian 80% sedangkan pada siklus II persentase ketercapaian aktivitas mengajar guru 93,33 %. Hasil aktivitas belajar anak pada siklus I persentase ketercapaian sebesar 86,67 % sedangkan siklus II persentase ketercapaian aktivitas belajar anak sebesar  93,33 %. Hasil belajar berupa peningkatan kemampuan motorik halus melalui tehnik mengayam duan kelapa sebelum tindakan diperoleh persentase ketercapaian sebesar 34,78 %, serta mengalami peningkatan pada siklus I dengan ketercapaian sebesar 65,22 %, dan pada siklus II diperoleh persentase ketercapaian  sebesar 91,30 %. Katakunci: Kemampuan motorik halus, menganyam.
Meningkatkan Kemampuan Daya Ingat Anak Melalui Kegiatan Peta Pikiran Menggunakan Media Gambar Risnajayanti, Risnajayanti; Fitriani, Ani
Jurnal Smart PAUD Vol 3, No 1: Januari 2020
Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (587.618 KB) | DOI: 10.36709/jspaud.v3i1.10207

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan daya ingat anak melaui kegiatan peta pikiran dengan menggunakan media gambar pada anak di kelompok B RA Al-Mu’minin Kota Kendari Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian adalah guru dan anak pada Kelompok B RA Al-Mu’Minin Kota Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat kali pertemuan. Prosedur penelitian pada setiap siklus yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh menggunakan metode observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I, dan siklus II menunjukkan peningkatan kemampuan daya ingat anak di kelompok B RA Al-Mu’minin Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini dapat dilihat dari sebelum pelaksanaan tindakan yang diperoleh hasil anak mencapai 40%, siklus I sebesar 60%, dan siklus II sebesar 86,67%. Keseimpulan dari hasil penelitian ini bahwa melalui kegiatan peta pikiran menggunakan media gambar dapat meningkatkan kemampuan daya ingat anak
MENCEGAH LEBIH EFEKTIF DARI PADA MENANGANI (KASUS BULLYING PADA ANAK USIA DINI) Abubakar, Sitti Rahmaniar
Jurnal Smart PAUD Vol 1, No 1: Januari 2018
Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (190.823 KB) | DOI: 10.36709/jspaud.v1i1.3514

Abstract

Fenomena tindak kekerasan yang terjadi di seluruh kalangan masyarakat semakin meluas, bukan saja pada orang dewasa, tetapi juga terjadi di kalangan anak sekolah, bahkan pada anak usia dini. Dalam tindak kekerasan, khususnya perilaku bullying pada anak usia dini, sasaran maupun pelaku bullying yang kedua pihak merupakan anak yang berusia dini, sungguhnya hanyalah merupakan dampak dari pengaruh lingkungan dan kekeliruan orang tua dalam menerapkan pola pendidikan bagi anak, baik di dalam keluarga, di sekolah, maupun di masyarakat. Untuk mengatasi tindak bullying, diperlukan langkah-langkah penanganan, namun untuk mencegah perilaku tersebut dibutuhkan langkah-langkah preventif yang bersifat mencegah. Mencegah lebih efektif dari pada menangani.Kata kunci: Bullying, Penanganan Bullying, Pencegahan Bullying
PENGARUH METODE FARMING GARDENING PROJECT SEBAGAI SOLUSI PEMBELAJARAN ALAM DI TK KUNCUP BAHARI KENDARI Ilham, Irawati
Jurnal Smart PAUD Vol 1, No 1: Januari 2018
Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (199.256 KB) | DOI: 10.36709/jspaud.v1i1.3519

Abstract

Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh metode farming gardening project sebagai solusi pembelajaran alam dalam meningkatkan kemampuan anak di TK Kuncup Bahari Kendari. Subjek dalam penelitian ini adalah anak TK Kuncup Bahari Kendari yang berjumlah 42 peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan 2 (dua) siklus, setiap siklus terdiri atas: perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh persentase belajar anak sebesar 84,6% dan persentase ketercapaian aktivitas mengajar guru sebesar 86,7%. Pada siklus II hasil penelitian persentase ketercapaian aktivitas belajar anak juga mengalami peningkatan menjadi 92,3%. Sedangkan persentase ketercapaian aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan menjadi 93,3%, Berdasarkan hasil evaluasi tentang kemampuan anak dalam penerapan pembelajaran alam menggunakan metode farming gardening project menunjukkan bahwa hasil observasi awal diperoleh persentase sebesar 33,33% dan mengalami peningkatan pada siklus I yaitu sebesar 61,90%. Pada siklus II diperoleh persentase sebesar 83,33%.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran alam anak di TK Kuncup Bahari Kendari dapat ditingkatkan melalui metode farming gardening projectKata kunci: Pembelajaran Alam, Farming, Gardening.
Studi Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Program Pembelajaran Di TK Dharma Wanita Propinsi Bengkulu Nasirun, H. M.; Yulidesni, Yulidesni; Indrawati, Indrawati
Jurnal Smart PAUD Vol 1, No 2: Juli 2018
Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (86.902 KB) | DOI: 10.36709/jspaud.v1i2.4674

Abstract

Tujuan penelitian adalah memperoleh gambaran  kemampuan guru-guru TK Dharma Wanita Propinsi Bengkulu dalam penyusunan program pembelajaran berupa: Rencana Pelaksanaan  Pembelajaran (RPPH) Kurikulum 2013. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru TK Dharma Wanita Propinsi Bengkulu. Sampel penelitian adalah sampel total atau sampel populasi yaitu semua guru (12 orang) guru TK Dharma Wanita Propinsi Bengkulu, karena jumlah populasi kurang dari seratus. Hasil penelitian yaitu penyusunan program pembelajaran berupa: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) yang disusun oleh guru TK Dharma Wanita Propinsi Bengkulu  dalam kategori cukup baik, namun ada beberapa modifikasi disesuaikan lingkungan belajar anak. Rekomnedasi penelitian ini yaitu dalam penyusunan program pembelajaran lebih disesuaikan dengan pedoman kurikulum 2013 dan pelaksanaan pendekatan pembelajaran sentra sesuai dengan pijakan-pijakan (empat pijakan) dalam pembelajaran sentra.Kata kunci: Guru, Pembelajaran Perangkat, Kurikulum 2013