JURNAL INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi)
The Scope topics include, but are not limited to : Agent System and Multi-Agent Systems Analysis & Design of Information System Artificial Intelligence Big Data and Data Mining Cloud & Grid Computing Computer Vision Cryptography Decision Support System DNA Computing E-Government E-Business E-Learning Embedded System Enterprise System Green software development Green computing Green Information Technology Human Computer Interaction Image Processing & Computer Vision Informatics Theory Information System IT for Education IT for Industry IT for Chemical Mechatronics Mobile Computing & Applications Natural Language Processing Network & Data Communications Open Source System Semantic Web Social Networking & Application Soft Computing Software Engineering Software Entrepreneurship Web Engineering Wireless Communication Mikrokontroller elektronic and telecomonunication
Articles
214 Documents
PEMANFAATAN SOFTWARE SIMULATOR BERBASIS ANDROID PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS ERA NEW NORMAL
NURMAYANTI NURMAYANTI;
NOER EKAFITRI SAM;
KHAERANI KHAERANI;
NURUL ZAHRATUL FAIQAH;
NUR ATIFAH TAMRIN
Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi) Vol 8 No 1 (2023): April
Publisher : Department of informatics engineering Faculty of Science and Technology Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar, Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Pembelajaran tatap muka terbatas di SMK sebagai dampak belajar dari rumah mengubah kebiasaan belajar peserta didik menjadi belajar dengan memanfaatkan smartphone. Penyelesaian materi Pemrograman Dasar membutuhkan software simulasi untuk menulis, memeriksa dan menjalankan program, yang mana tentunya lebih praktis jika berbasis android. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pemanfaatan software simulator Pascal N-IDE berbasis android pada pembelajaran tatap muka terbatas era new normal pada peserta didik Kompetensi Keahlian TKJ, UPT SMK Negeri 5 Sidrap. Hasil penelitian menyatakan praktikum Pemrograman Dasar terlaksana dengan baik berdasarkan hasil observasi kegiatan belajar menggunakan simulator berbasis android. Peserta didik lebih aktif dalam menyelesaikan project dengan tepat waktu dan benar. Hal ini berimplikasi pada pengalaman pembelajaran yang lebih baik menggunakan simulator Pascal N-IDE berbasis android.
Pendeteksian dan Penyaringan Kadar Logam dalam Air dengan Mikrokontroler At Mega 8535
Faisal Faisal
Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi) Vol 1 No 1 (2016)
Publisher : Department of informatics engineering Faculty of Science and Technology Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar, Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (285.994 KB)
|
DOI: 10.24252/instek.v1i1.2540
Pendeteksian dan Penyaringan Kadar logam Dalam Air bagi industri khususnya Pabrikseng “ Sermani Steel” dalam fokus kajian pencemaran terhadap lingkungan sekitar. Air yangmengalir pada lingkungan yang tercemar akan terkontaminasi dengan zat-zat kimia yangmengendap pada tanah, akibatnya air yang tadinya aman untuk di konsumsi menjadi tidaklayak konsumsi.Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengembangkan metode pendeteksiankadar logam dengan mikrokontroler ATMega8535, agar dapat diketahui layak atau tidak airyang akan dikonsumsi. Adapun lokasi dari penelitian ini yaitu sekitar pabrik seng “SermaniSteel” yang ada di Kota Makassar. Subyek penelitian adalah sumber air yang terkontaminasidengan limbah. Jenis penelitian yang dilakukan ialah field research dan library researchdengan kadar logam menjadi variabelnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwametode pendeteksian kadar logam pada air dengan metode konduktasi dapat di lakukannamun membutuhkan sensor yang sangat baik dan tidak bereaksi terhadap air.
Kendali Perangkat Listrik dan Monitoring Daya pada MCB Berbasis TCP/IP
A.Muhammad Syafar
Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi) Vol 1 No 1 (2016)
Publisher : Department of informatics engineering Faculty of Science and Technology Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar, Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (576.844 KB)
|
DOI: 10.24252/instek.v1i1.2541
Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu sistem yang dapat mengendalikan sistem kendali perangkat listrik dan monitoring daya pada MCB berbasis TCP/IP dan juga dibuat bertujuan untuk memudahkan para pengguna listrik untuk mengendalikan perangkat listrik dan dapat memonitoring daya yang digunakan dari jarak jauh. Monitoring dalam hal ini adalah bagaimana melakukan monitoring daya pada perangkat listrik.Proses perancangan Sistem yang dibuat ini terdiri dari beberapa komponen diantaranya mikrokontroler arduino uno yang berfungsi sebagai pengontrol, CT sensor sebagai pembaca daya, ethernet shield sebagai penghubung jaringan, relay sebagai saklar. Hasil dari penelitian ini adalah sistem pengendali perangkat listrik dan memonitoring daya pada MCB secara jarak jauh. Dengan cara mikrokontroler arduino dihubungkan dengan ethernet shield dan relay agar bisa diakses pada web yang telah ditanamkan pada mikrokontroler. Sehingga dengan adanya sistem ini pengguna dapat mengendalikan dan mengontrol baik menghidupkan maupun mematikan perangkat listrik dari tempat manapun.
Manajemen Akses dan Direktori User dalam Laboratorium TI UIN Alauddin Makassar Berbasis Active Directory Windows
Nur Afif
Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi) Vol 1 No 1 (2016)
Publisher : Department of informatics engineering Faculty of Science and Technology Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar, Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (770.06 KB)
|
DOI: 10.24252/instek.v1i1.2544
Penelitian ini bertujuan untuk memanajemen sistem autentikasi user dan pemberian hak akses kepada mahasiswa ketika melakukan penyimpanan data. Active direktory merupakan salah satu solusi untuk otentifikasi praktikan/user pada jaringan komputer, sebagai salah satu layanan direktori yang dapat digunakan dalam laboratorium komputer untuk penyimpanan data, layanan direktori dan pemberian hak akses mahasiswa. Hasil dari implementasi active directory ini adalah manajemen data mahasiswa dan mata kuliah praktikum serta hak akses yang telah diberikan dapat digunakan oleh mahasiswa berdasarkan hak akses yang telah diberikan oleh admin. Mahasiswa dapat mengakses melalui domain Laboratorium.net sebagai host jaringan sehingga client dapat terhubung ke web server dan untuk owncloud, hak akses yang diberikan telah tersinkron dengan hak akses yang diberikan pada active directory sehingga data yang di buat di owncloud otomatis dapat terlihat juga pada active directory.
Rancangan Alat Peraga Taman Kanak-Kanak Berbasis Interactive Whiteboard
Ridwan A.Kambau
Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi) Vol 1 No 1 (2016)
Publisher : Department of informatics engineering Faculty of Science and Technology Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar, Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (429.228 KB)
|
DOI: 10.24252/instek.v1i1.2545
Penelitian ini bertujuan ini untuk membuat konsep alat peraga interaktif yang dapat digunakan di taman kanak-kanak berbasis Media Interactive Whiteboard .Pengujian sistem dilakukan dengan metode Black Box Testing. Pengujian animasi alat peraga dilakukan dengan cara mengetes semua fungsi tombol animasi. Fungsi Wiimote Whiteboard diuji dengan melihat apakah input dari IR pen yang diteruskan wiimote ke komputer dapat diterjemahkan sebagai pointer mandiri terhadap komputer. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berupa animasi yang halaman awalnya berupa tombol-tombol berbentuk huruf, warna, bentuk, buah atau binatang. Jika tombol tersebut diklik maka di layar akan ditampilkan gambar dan suara yang berkaitan dengan tombol yang diklik. Proyektor menampilkan animasi dari komputer ke media layar (papan putih atau box yang penutupnya kaca berlapis kertas putih). Sedangkan IR pen yang berfungsi sebagai pointer tersendiri bagi komputer, digunakan untuk menekan (klik) tombol animasi yang ditampilkan di media layar.Penelitian ini bertujuan ini untuk membuat konsep alat peraga interaktif yang dapat digunakan di taman kanak-kanak berbasis Media Interactive Whiteboard .Pengujian sistem dilakukan dengan metode Black Box Testing. Pengujian animasi alat peraga dilakukan dengan cara mengetes semua fungsi tombol animasi. Fungsi Wiimote Whiteboard diuji dengan melihat apakah input dari IR pen yang diteruskan wiimote ke komputer dapat diterjemahkan sebagai pointer mandiri terhadap komputer. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berupa animasi yang halaman awalnya berupa tombol-tombol berbentuk huruf, warna, bentuk, buah atau binatang. Jika tombol tersebut diklik maka di layar akan ditampilkan gambar dan suara yang berkaitan dengan tombol yang diklik. Proyektor menampilkan animasi dari komputer ke media layar (papan putih atau box yang penutupnya kaca berlapis kertas putih). Sedangkan IR pen yang berfungsi sebagai pointer tersendiri bagi komputer, digunakan untuk menekan (klik) tombol animasi yang ditampilkan di media layar.
Rancang Bangun Aplikasi Virtual Tour Monumen Mandala Berbasis Android
Mega Orina Fitri
Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi) Vol 1 No 1 (2016)
Publisher : Department of informatics engineering Faculty of Science and Technology Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar, Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (626.83 KB)
|
DOI: 10.24252/instek.v1i1.2546
Penelitian ini bertujuan adalah merancang dan membangun aplikasi Virtual Tour Monumen Mandala Makassar berbasis Android .Metode penelitian pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dimana strategis yang digunakan adalah Design and Creation. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data wawancara dan observasi. Metode perancangan menggunakan waterfall dan teknik pengujian yang digunakan adalah Black Box. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi Virtual Tour Monumen Mandala Makassar yang dapat menjadi media penyampaian informasi sejarah Pembebasan Irian Barat. Aplikasi ini sudah memvisualisasikan lingkungan pada Monumen Mandala Makassar, desain aplikasi menarik, serta informasi yang disajikan cukup lengkap mengenai Monumen Mandala Makassar tersebut. Namun pengoperasian atau kontrol dari penggunaan aplikasi masih perlu diperbaiki karena beberapa dari responden mengatakan bahwa pengoperasian dari aplikasi ini masih sulit.
Rancang Bangun Sistem Informasi Distribusi Bantuan Sosial Beras Miskin (Studi Kasus Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto)
Kamaruddin Tone
Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi) Vol 1 No 1 (2016)
Publisher : Department of informatics engineering Faculty of Science and Technology Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar, Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (561.837 KB)
|
DOI: 10.24252/instek.v1i1.2547
Penelitian ini bertujuan adalah bagaimana merancang dan membangun sistem informasi distribusi bantuan raskin yang dapat dipergunakan sebagai instrumen pendukung tercapainya administrasi data yang baik dan mendorong transparansi proses distribusi raskin yang berjalan.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif lapangan dengan strategi desain and creation yaitu selain melakukan penelitian juga melakukan pembuatan sistem menggunakan metode perancangan waterfall. Untuk perancangan proses digambarkan menggunakan DFD (Data Flow Diagram), untuk perancangan database menggunakan ERD (Entity Relationship Diagram), dan uji implementasi dari program menggunakan metode Black box. Hasil yang diharapkan pada penelitian ini adalah hadirnya sebuah website layanan informasi data realisasi raskin yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat khususnya Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto. Adapun kesimpulan yang dapat diperoleh adalah penerapan sistem informasi pada proses distribusi raskin menghadirkan regulasi distribusi raskin yang lebih baik.
SISTEM INFORMASI PENJADWALAN PROYEK DAN PERFORMANSI BIAYA PADA PT . KELANA BUANA SULAWESI SELATAN
Nurfatwa Andriani
Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi) Vol 2 No 1 (2017)
Publisher : Department of informatics engineering Faculty of Science and Technology Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar, Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (781.628 KB)
|
DOI: 10.24252/instek.v2i1.2584
Metode pengendalian proyek yang dipakai oleh PT. Kelana Buana saat ini adalah metode analisis variansi. Metode ini mampu menjawab pertanyaan apakah pelaksanaan proyek sesuai dengan anggaran atau jadwal, namun belum mampu mengungkapkan performansi kegiatan secara terpadu antara biaya dan jadwal. Implementasi metode analisis variansi saat ini dilakukan dengan cara manual menggunakan Microsoft Excel. Dengan cara ini terdapat banyak kelemahan, selain prosedurnya sulit juga memungkinkan terjadinya kesalahan baik dalam pembuatan formulasi maupun saat proses up date. Dalam melakukan pengendalian proyek perlu dilakukan perkiraan biaya akhir proyek, saat ini perhitungan juga masih dilakukan dengan manual. Dewasa ini banyak tersedia software pengendalian proyek, namun perusahaan enggan membelinya karena dinilai tidak customize.Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem yang mempermudah pengukuran performansi proyek secara terpadu dengan metode nilai hasil (earned value). Adapun kemampuan sistem ini adalah membantu mempercepat pembuatan formulasi nilai hasil dan kurva-S, mempercepat proses pembagian distribusi keselesaian pekerjaan, mempercepat proses pencarian data untuk update progress, mempercepat poses perhitungan indikator earned value, variansi serta indeks kinerja biaya dan jadwal proyek, mempercepat pembuatan perkiraan biaya akhir proyek dengan memperhatikan kecenderungan performansi proyek
SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PENERIMAAN GURU BERBASIS WEB
Widya Wisanti
Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi) Vol 2 No 1 (2017)
Publisher : Department of informatics engineering Faculty of Science and Technology Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar, Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (397.263 KB)
|
DOI: 10.24252/instek.v2i1.2602
Kegiatan dalam menerima calon guru merupakan kegiatan yang sering dilaksanakan oleh setiap sekolah. Tujuan penelitian ini adalah Merancang suatu perangkat lunak yang dapat membantu pihak sekolah dalam menentukan calon guru yang dapat diterima atau tidak dengan sistem yang terkomputerisasi sehingga proses pengambilan keputusan ini dapat lebih efisien.Membuat Sistem Pendukung keputusan seleksi guru baru dengan data yang terstukturisasi, dapat diakses secara cepat, langsung, dan akurat. Memperbaiki sistem akademik dalam seleksi guru.Metode yang digunakan dalam perancangan sistem ini adalah Analytical HierarchyProcess (AHP). Hasil dari perancangan program aplikasi ini dibuat untuk menanggulangi kendala kesalahan yang kadang terjadi dan tanpa disadari telah sedikit menghambat dalam sistem penerimaan guru. Sehingga diharapkan dengan adanya sistem ini diharapkan dapat membantu dalam mengambil keputusan.
ANALISIS PROTOCOL LOW ENERGY ADAPTIVE CLUSTERING HIERARCHY PADA WIRELESS SENSOR NETWORK
Afif Afif
Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi) Vol 2 No 1 (2017)
Publisher : Department of informatics engineering Faculty of Science and Technology Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar, Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (619.738 KB)
|
DOI: 10.24252/instek.v2i1.2607
Wireless sensor network adalah sebuah jaringan nirkabel yang terdiri dari banyak sensor node yang secara acak ataupun manual diletakkan pada sebuah area target. Node-node sensor ini memiliki kemampuan untuk mengumpulkan informasi mengenai lingkungan sekitar dan mempunyai kemampuan untuk berkomunikasi dan mengirimkan data ke sensor lainnya. Node sensor pada umumnya berukuran kecil dan memiliki energi yang terbatas oleh karena itu routing atau pemilihan rute pada WSN merupakan hal yang penting untuk penghematan energi sebagai fokus utama dari penelitian. Pada penelitian Metode hierarchical network routing atau yang biasa disebut cluster-based routing dengan efisiensi energy pada protocol LEACH, Hasil pada pengujian protocol LEACH mendapatkan simulasi dengan 5 percobaan dengan indikator, komsumsi energy, delay dan throughput. Pada simulasi digunakan node berjumlah 10, 30, 50, 80 dan 100 sebagai pembanding. Hasil simulasi dapat dilihat jumlah node mempengaruhi energy, delay dan throughput pada wireless sensor network.