cover
Contact Name
A.MUHAMMAD SYAFAR
Contact Email
andi.syafar@uin-alauddin.ac.id
Phone
+6281355347721
Journal Mail Official
instek@uin-alauddin.ac.id
Editorial Address
Jl. H. M. Yasin Limpo No. 36 Samata, Gowa, Sulawesi Selatan
Location
Kab. gowa,
Sulawesi selatan
INDONESIA
JURNAL INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi)
ISSN : 25411179     EISSN : 25811711     DOI : https://doi.org/10.24252/instek.v6i2
The Scope topics include, but are not limited to : Agent System and Multi-Agent Systems Analysis & Design of Information System Artificial Intelligence Big Data and Data Mining Cloud & Grid Computing Computer Vision Cryptography Decision Support System DNA Computing E-Government E-Business E-Learning Embedded System Enterprise System Green software development Green computing Green Information Technology Human Computer Interaction Image Processing & Computer Vision Informatics Theory Information System IT for Education IT for Industry IT for Chemical Mechatronics Mobile Computing & Applications Natural Language Processing Network & Data Communications Open Source System Semantic Web Social Networking & Application Soft Computing Software Engineering Software Entrepreneurship Web Engineering Wireless Communication Mikrokontroller elektronic and telecomonunication
Articles 220 Documents
Rancang Bangun Aplikasi Virtual Tour Monumen Mandala Berbasis Android Mega Orina Fitri
Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi) Vol 1 No 1 (2016)
Publisher : Department of informatics engineering Faculty of Science and Technology Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (626.83 KB) | DOI: 10.24252/instek.v1i1.2546

Abstract

Penelitian ini bertujuan adalah merancang dan membangun aplikasi Virtual Tour Monumen Mandala Makassar berbasis Android .Metode penelitian pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dimana strategis yang digunakan  adalah Design and Creation. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan  data wawancara  dan  observasi.  Metode perancangan  menggunakan waterfall  dan  teknik  pengujian  yang  digunakan  adalah  Black  Box.  Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi Virtual Tour Monumen Mandala Makassar yang dapat menjadi media penyampaian informasi sejarah Pembebasan Irian Barat. Aplikasi ini sudah  memvisualisasikan  lingkungan  pada  Monumen  Mandala  Makassar,  desain aplikasi menarik, serta informasi yang disajikan cukup lengkap mengenai Monumen Mandala Makassar tersebut. Namun pengoperasian  atau kontrol dari penggunaan aplikasi masih perlu diperbaiki karena beberapa dari responden mengatakan bahwa pengoperasian dari aplikasi ini masih sulit.
DESAIN SISTEM KANDANG AYAM BROILER TIPE CLOSE HOUSE BERDASARKAN PARAMETER SUHU DAN KELEMBABAN A. Muhammad Syafar
Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi) Vol 3 No 1 (2018)
Publisher : Department of informatics engineering Faculty of Science and Technology Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (483.8 KB) | DOI: 10.24252/instek.v3i1.4915

Abstract

Kajian penelitian ini menitikberatkan pada sistem kandang Ayam broiler tipe close house. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain sistem kandang ayam boiler tipe close house berdasarkan parameter suhu dan kelembaban dengan menggunakan mikrokontroller.Metode penelitian yang digunakan dalam proses desain adalah penelitian kualitatif dengan eksperimental. Proses pengujian yang dilakukan adalah pengujian blackbox. Hasil pengujian sensor DHT11 diperoleh nilai rata-rata suhu 31,50C dan rata-rata kelembaban 70%. Sedangkan pengujian dengan thermometer diperoleh nilai rata-rata suhu 310C dan rata-rata kelembaban 69%. Dimana hasil dari penelitian ini adalah model desain prototype berguna dalam pemanfaatan kestabilan kandang pada suhu 31oC–35oC dengan kelembaban 50%–70%, selanjutnya diatur ketersediaan pakan dalam wadah dan mengatur penerangan kandang secara otomasi. Kata kunci: Ternak Ayam Broiler, Mikrokontroler, Prototype, Suhu, Kelembaban, Pakan, Penerangan, dan Otomasi. 
SISTEM INFORMASI MONOGRAFI KECAMATAN SINGINGI Nofri Wandi Al-Hafiz; Febri Haswan
Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi) Vol 3 No 1 (2018)
Publisher : Department of informatics engineering Faculty of Science and Technology Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (421.982 KB) | DOI: 10.24252/instek.v3i1.4764

Abstract

ABSTRAKMonografi merupakan suatu data statistik penduduk dalam suatu wilayah. Manfaat Monografi adalah untuk mempermudah para pihak luar yang memerlukan data dari suatu wilayah. Dengan adanya sebuah sistem informasi monografi masyarakat dapat mengetahui pertumbuhan dan perkembangan wilayah dalam bentuk data statistik, selama ini pada Kantor Camat Singingi belum memiliki sebuah sistem yang dapat memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat sekitar tentang data monografi, selain jarak dari desa ke kecamatan yang lumayan jauh pihak desa juga dalam menyampaikan laporan ke-kecamatan memakan waktu yang cukup lama sehingga waktu yang digunakan menjadi tidak efisien. Kata Kunci - Sistem Informasi, Perancangan, Monografi
SISTEM PENGISIAN VOUCHER LISTRIK JARAK JAUH VIA SMS BERBASIS MIKROKONTROLLER A. Muhammad Syafar
Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi) Vol 2 No 2 (2017)
Publisher : Department of informatics engineering Faculty of Science and Technology Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1451.355 KB) | DOI: 10.24252/instek.v2i2.4016

Abstract

Penelitian ini menitikberatkan pada Sistem kWH digital (prabayar) dengan fungsi pengontrol jarak jauh via sms. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang suatu alat dalam sistem pengisian voucher listrik jarak jauh via sms berbasis mikrokonroller pada Kwh digital.  Sistem pengisian voucher listrik jarak jauh ini adalah sistem yang dirancang untuk mempermudah pengisian voucer listrik dimanapun dan kapanpun.Sistem ini dibangun menggunakan SIM 800 untuk menerima sms berupa kode voucer listrik. Servo dan stepper di gunakan untuk menekan angka digit voucher pada kWH meter digital. Mikrokontroller yang digunakan adalah Ardiuno Uno sebagai kontrol utama sistem. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif yang dilakukan adalah metode penelitian eksperimental. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data observasi, studi literatur, dan wawancara. Teknik pengujian yang digunakan adalah Black Box. Hasil penelitian ini adalah sebuah alat yang dapat mengisi voucher listrik jarak jauh menggunakan sms. Kata kunci:KWH Digital,SMS, SIM800, Servo,Stepper, dan Ardiuno Uno
PENYELESAIAN NURSE ROSTERING PROBLEM (NRP) MENGGUNAKAN CUCKOO SEARCH (CS) Andi Hutami Endang
Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi) Vol 2 No 1 (2017)
Publisher : Department of informatics engineering Faculty of Science and Technology Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (896.848 KB) | DOI: 10.24252/instek.v2i1.2608

Abstract

Sektor transportasi, rumah sakit, perusahaan dan institusi akademik adalah beberapa contoh dari bentuk bisnis yang membutuhkan kerangka kerja penjadwalan untuk menjamin kelancaran transaksi. Nurse Rostering Problem (NRP) merupakan salah satu contohnya. NRP dapat didefinisikan sebagai sebuah penentuan pemberian tugas kepada anggota yang seharusnya berdasarkan atas beberpa kategori kualifikasi yang dibutuhkan. Metode yang digunakan adalah algoritma simple cuckoo search. Dari hasil percobaan, cuckoo search dapat digunakan untuk menyelesaikan jadwal jaga perawat namun sebelumnya harus dilakukan perubahan algoritma untuk menyesuaikannya dengan permasalahan. Solusi yang dihasilkan sudah cukup memenuhi syarat dari hard constraint, namun masih melanggar beberapa soft constraint. Hal ini disebabkan karena pembangkitan solusi yang dilakukan masih menggunakan pembangkitan random 
PENGGUNAAN PHONEGAP DALAM PERANCANGAN MEDIA PENGENALAN BUDAYA INDONESIA BERBASIS ANDROID Mega Orina Fitri
Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi) Vol 3 No 1 (2018)
Publisher : Department of informatics engineering Faculty of Science and Technology Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1518.965 KB) | DOI: 10.24252/instek.v3i1.5340

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi Sebagai warga negara Indonesia sudah sepantasnya mengetahui dan melestarikan Budaya Indonesia. Pengenalan mengenai Budaya Indonesia ini sudah harus dimulai ketika masih menginjak masa kanak–kanak, yaitu dimana masa belajar tentang kehidupan di sekitarnya, agar budaya Indonesia di masa yang akan datang tetap dijaga dan dilestarikan oleh generasi selanjutnya.Rancang bangun media pembelajaran pengenalan budaya Indonesia. Aplikasi ini berisi media pembelajaran, pakaian adat, tarian adat, lagu adat daerah, rumah adat, alat music, serta senjata tradisional yang ada di Indonesia.Aplikasi ini berjalan pada perangkat di smartphone berbasis android dan dirancang menggunakan Phonegap dengan bahasa pemrograman web seperti HTML,CSS dan Javascript blackbox. Hasil dari penelitian ini adalah rancang bangun media pembelajaran pengenalan budaya Indonesia, Aplikasi ini diperuntukan secara khusus kepada peserta didik.Kata Kunci: Android, Phonegap, HTML, CSS, Javascript, Waterfall, BlackBox, XHAMP
Penerapan Algoritma Greedy Untuk Mendeteksi Aktivitas Lansia Pada Karpet Menggunakan Arduino Mega PUJIANTI WAHYUNINGSIH
Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi) Vol 3 No 1 (2018)
Publisher : Department of informatics engineering Faculty of Science and Technology Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (342.683 KB) | DOI: 10.24252/instek.v3i1.4811

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menerapkan algoritma greedy dalam mendeteksiaktivitas lansia diatas karpet menggunakan Arduino Mega.Pada karpet terdapat node-node sensor yang terhubung ke arduino mega danakan aktif ketika sensor tersebut ditekan. Algoritma greedy pada penelitian ini berfungsi untuk menentukan aktivitas lansia pada saat berdiri, berjalan, duduk dan berbaring. Jika node sensor yang tertekan antara 2 sampai 4 maka lansia sedang berdiri atau berjalan, jika 5 sampai 8 node sensor tertekan maka lansia sedang duduk dan jika yang tertekan lebih dari 9 node maka lansia sedang berbaring. Karpet pada penelitian berukuran 120 x 240 cm dengan jumlah node sensor sebanyak 30 titik. Hasil dari penelitian ini adalah algoritma greedy dapat menentukan aktivitas lansia saat berdiri, berjalan, duduk dan berbaring. Kata Kunci : Algoritma greedy, karpet,lansia,node sensor.
Pendeteksian dan Penyaringan Kadar Logam dalam Air dengan Mikrokontroler At Mega 8535 Faisal Faisal
Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi) Vol 1 No 1 (2016)
Publisher : Department of informatics engineering Faculty of Science and Technology Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285.994 KB) | DOI: 10.24252/instek.v1i1.2540

Abstract

Pendeteksian dan Penyaringan Kadar logam Dalam Air bagi industri khususnya Pabrikseng “ Sermani Steel” dalam fokus kajian pencemaran terhadap lingkungan sekitar. Air yangmengalir pada lingkungan yang tercemar akan terkontaminasi dengan zat-zat kimia yangmengendap pada tanah, akibatnya air yang tadinya aman untuk di konsumsi menjadi tidaklayak konsumsi.Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengembangkan metode pendeteksiankadar logam dengan mikrokontroler ATMega8535, agar dapat diketahui layak atau tidak airyang akan dikonsumsi. Adapun lokasi dari penelitian ini yaitu sekitar pabrik seng “SermaniSteel” yang ada di Kota Makassar. Subyek penelitian adalah sumber air yang terkontaminasidengan limbah. Jenis penelitian yang dilakukan ialah field research dan library researchdengan kadar logam menjadi variabelnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwametode pendeteksian kadar logam pada air dengan metode konduktasi dapat di lakukannamun membutuhkan sensor yang sangat baik dan tidak bereaksi terhadap air.
APLIKASI MONITORING PERKEMBANGAN STATUS GIZI ANAK DAN BALITA SECARA DIGITAL DENGAN METODE ANTROPOMETRI BERBASIS ANDROID Mega Orina Fitri
Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi) Vol 2 No 1 (2017)
Publisher : Department of informatics engineering Faculty of Science and Technology Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (558.695 KB) | DOI: 10.24252/instek.v2i1.2613

Abstract

Perancangan aplikasi monitoring ini dalam fokus kajian  perkembangan status gisi dan kesehatan dengan tujuan penelitian adalah untuk memonitor perkembangan status gizi serta dapat memberika saran sehingga dapat menguragi angka kematian bayi dan kurang gizi. Perancangan dalam membangun sistem ini dengan metode Antropometri. Pada umumnya indeks antropometri yang digunakan yaitu berat badan menurut umur (BB/U), tinggi badan menurut umur (TB/U) dan berat badan menurut tinggi badan (BB/TB). Penelitian ini menghasilkan aplikasi yang memonitor perkembangan status gizi secara digital mobile dengan mengunakan metode Antropometri selain itu dapat juga memberikan saran sesuai dengan perkembangan status gizi dan umur dari bayi dan balita.
RANCANG BANGUN TRAINER KIT ELEKTRONIKA DIGITAL BERBASIS FPGA ANDI FITRIATI; ISHAK ISHAK; MUH. AKIL
Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi) Vol 3 No 2 (2018)
Publisher : Department of informatics engineering Faculty of Science and Technology Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (866.256 KB) | DOI: 10.24252/instek.v3i2.5869

Abstract

Trainer Kit Elektronika Digital Berbasis FPGA. Tujuan pembuatan trainer kit ini adalah untuk menambah variasi dan memudahkan mahasiswa dalam memahami, merancang dan merakit rangkaian elektronika digital. Metode yang digunakan pada pembuatan modul ini adalah metode eksperimental, yang mana menggunakan sistem penerapan secara langsung. Hasil yang diperoleh pada modul rangkaian ADC menunjukkan saat rangkaian diberikan tegangan input sebesar 1 volt, menghasilkan output biner 0011 0110, yang jika dihitung diperoleh nilai tegangan yang sama, yakni 1,04 volt. Sedangkan pada modul rangkaian DAC saat diberikan input 00000001, diperoleh tegangan output sebesar 0,01 volt. Modul FPGA yang menggunakan Altera Max II, saat dibuat skematik rangkaian gerbang AND dan diproses, dapat dilihat bahwa output akan berlogika satu saat semua input berlogika satu, demikian pula saat dimasukkan rangkaian kombinasi, outputnya sesuai dengan hasil yang diharapkan dengan lama proses output rata-rata 10,98 nano second.Kata Kunci: Elektronika Digital, Modul DAC/ADC, Trainer KIT, FPGA

Page 1 of 22 | Total Record : 220