cover
Contact Name
Kuttab
Contact Email
kuttab@unisla.ac.id
Phone
+6281232034611
Journal Mail Official
kuttab@unisla.ac.id
Editorial Address
Gedung Fakultas Agama Islam Jl. Veteran No 53 A Lamongan Universitas Islam Lamongan
Location
Kab. lamongan,
Jawa timur
INDONESIA
Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam
ISSN : 24597987     EISSN : 25500341     DOI : -
Core Subject : Education,
ruang lingkup kajian yang bisa diterima dalam jurnal ini yaitu hasil dari riset baik secara konseptual maupun empiris yang meliputi antara lain: kurikulum pendidikan Islam, kepsesantrenan, madrasah diniyah dan pendidikan non formal lainnya, media dan metode pembelajaran pendidikan Islam, pemikiran pendidikan Islam, filsafat pendidikan Islam, sejarah pendidikan Islam.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2021): Kuttab : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam" : 6 Documents clear
INTEGRASI PENDIDIKAN AGAMA DAN SAINS SEBAGAI STRATEGI MEMBANGUN BRAND IMAGE DI MA SAINS ROUDLOTUL QUR’AN LAMONGAN Rokim Rokim; Roudlotul Hikmah
Kuttab : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Vol 5, No 2 (2021): Kuttab : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/ktb.v5i2.667

Abstract

Tantangan epistimologis bagi perkembangan pendidikan Islam kontemporer dalam konteks madrasah adalah dalam rangka menjawab tuntutan transformasi kelembagaan di tengah ketatnya persaingan antar lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi MA Ilmu Roudlotul Qur’an dalam membangun citra institusinya dengan menggunakan paradigma integrasi keilmuan yang diterapkan pada nama madrasah menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan: 1) menetapkan paradigma pendidikan agama dan keilmuan sebagai dasar untuk menciptakan perbedaan di madrasah melalui rumusan visi, misi, dan desain kurikulum dengan menggunakan strategi/silabus bedah KD materi PAI terhadap materi IPA terkait. 2) optimalisasi layanan dalam upaya membangun brand image madrasah menggunakan 7 elemen bauran layanan pendidikan, yaitu menjamin kualitas madrasah, menetapkan model biaya pendidikan bottom-up dengan dana donatur orang tua dan beasiswa, ketepatan memilih strategi lokasi dengan area parkir yang memadai, promosi lahiriah dan spiritual, kesadaran warga madrasah, penggunaan sidik jari absensi dan layanan full wi-fi, pengelolaan aplikasi POAC.
BLENDED LEARNING DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA COVID 19 DI MTS WALISONGO BOJONEGORO Lulus Sholikah; M Khoirul Muttaqin; Shokhibul Kahfi
Kuttab : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Vol 5, No 2 (2021): Kuttab : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/ktb.v5i2.669

Abstract

Masa pandemi Covid 19  pembelajaran dirumah yang membosankan dan, perkembangan teknologi yang semakin luas pula sehingga banyak praktisi yang mengembangkan dan, memberikan pendapat mereka tentang pengertian blended learning,seperti daring. berpendapat bahwa pengertian blended learning adalah menggabungkan keunggulan e-learning, keunggulan face to face, dan, praktiknya.. Penelitian ini menganalisa tentang proses implementasi blended learning di MTS Wali Songo Bojonegoro”. Dengan menggunakan penelitian kualitatif melalui pendekatan studi kasus, penelitian ini berhasil menemukan antara lain: bahwa ralisasi blended learning dilakukan dengan mengkombinasikan antara pembelajaran online, tatap muda dan belajar mandiri. Melalui strategi ini, MTs Wali Songo Bojonegoro dipermudah karena siswa dapat belajar mandiri, baik dalam konteks mengakses materi pembelajaran sekaligus mempelajarinya secara online. Selan itu, proses pembelajaran tidak terbatas ruangan dan, waktu. Sedangkan Kelemahan blended learning di MTs Wali Songo Bojonegoro ditemukan antara lain: pada keterbatasan jaringan internet, perangkat smartphone yang tidak mendukung, serta sistem e-learning yang eror.
KONSEP ILMU SOSIAL PROFETIK KUNTOWIJOYO TERHADAP PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM Rifka Anisa; Siti Zazak Soraya; Dwi Ulfa Nurdahlia
Kuttab : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Vol 5, No 2 (2021): Kuttab : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/ktb.v5i2.682

Abstract

Konsep ilmu sosial profetik merupakan konsep kenabian yang dimunculkan oleh filsuf Muslim kontemporer, Muhammad Iqbal yang kemudian dikembangkan oleh Kuntowijoyo sebagaimana dalam QS Ali Imran: 110. Adapun unsur-unsur ilmu social profetik, yakni humanisasi, liberasi, dan transendensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji berbagai konsep ilmu sosial profetik menurut Kuntowijoyo. Peneliti menggunakan jenis penelitian kepustakaan yang dianalisis menggunakan metode analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) cara pandang pendidikan dalam paradigma humanisasi lebih mengedepankan pada proses memanusiakan manusia. Oleh karena itu, guru perlu menggali dan mengembangkan potensi yang dimiliki tiap peserta didik tanpa pandang bulu. Selanjutnya, (2) dalam paradigma pendidikan liberasi, pendidikan dipandang sebagai proses pembebasan dari kebodohan dan ketidakadilan. Pendidik dituntut kreatif inovatif untuk memotivasi peserta didik agar mampu melawan kebodohan yang disebabkan oleh faktor kemalasan. Sementara itu, (3) pendidikan transendensi lebih bersifat pada hubungan vertikal antara individu dengan Tuhannya. Peserta didik yang mempunyai iman yang baik akan lebih berhati-hati dalam mengamalkan ilmunya dan tidak berbuat curang ketika ujian
MANAJEMEN WAKTU BELAJAR DALAM ISLAM DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN HADIS Fitrotun Najizah
Kuttab : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Vol 5, No 2 (2021): Kuttab : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/ktb.v5i2.684

Abstract

Waktu merupakan nikmat yang sangat berharga yang diberikan Allah kepada setiap makhluknya. Sebagai seorang pelajar yang baik, tentulah harus dapat memanfaatkannya dengan baik agar dapat membawa kebaikan pula bagi hidup kita di dunia. Artikel ini membahas tentang keutamaan waktu dan manajemen waktu belajar yang baik menurut Al-Qur’an dan Hadits dan langkah-langkah yang bisa diterapkan dalam memanajemen waktu belajar. Artikel ini termasuk dalam penelitian kepustakaan (library research), dengan metode deskriptif-analitis.Untuk memperoleh keabsahan data dan informasi, artikel ini mempergunakan Al-Qur’an dan Hadis sebagai sumber data utama. Teknik analisis data dalam artikel ini memakai metode interpretasi atau tafsir teks dengan metode maudhu’i (tematik). Dalam teori manajemen, proses manajemen waktu dapat dilakukan dengan lima langkah, POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling)
STRATEGI IMPLEMENTASI MODERASI BERAGAMA M. QURAISH SHIHAB DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Edi Nurhidin
Kuttab : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Vol 5, No 2 (2021): Kuttab : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/ktb.v5i2.686

Abstract

Pengarusutamaan wawasan moderasi beragama menjadi semakin penting sebagai salah satu altenatif cara untuk membentengi peserta didik dari berbagai bentuk dan metamorfosis ideologi dan gerakan Islam transnasional yang mengancam keutuhan kebangsaan Indonesia dan tengah merembes pada hampir semua aspek kehidupan di tanah air. Untuk itu, tulisan ini berupaya mendiskusikan tentang bagaimana penerapan konsep moderasi beragama dalam perspektif M. Quraish Shihab dalam proses pembelajaran PAI. Kajian ini merupakan kajian kepustakaan yang menggunakan motode analisis isi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa implementasi moderasi beragama pada pembelajaran PAI dapat mengacu pada prinsip pengembangan kurikulum integratif dengan memaksimalkan pengembangan materi pembelajaran
TANTANGAN PEMBARUAN PENDIDIKAN DI INDONESIA Madekhan Madekhan
Kuttab : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Vol 5, No 2 (2021): Kuttab : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/ktb.v5i2.702

Abstract

Kolonialisme telah mengakibatkan kerumitan tersendiri dalam proses pembaruan pendidikan di Indonesia. Keanekaragaman Nusantara, dari sisi sosial, politik dan budaya juga tidak kalah penting menjadi faktor-faktor  yang mempersulit kinerja para pendidik, pemerintah, sekaligus para perencana pendidikan dalam mengembangkan dunia pendidikan di Indonesia. Meski sistem pendidikan secara umum sudah maju dalam serangkaian penyesuaian dan pembaruan, namun sampai saat ini tantangan pembaruan pendidikan setidaknya berada pada 3 aspek besar. Pertama, aspek geografi dimana beragamnya kondisi geografis, dan jarak yang memisahkan antar pulau di Indonesia. Kedua, keragaman sosial dimana meski terjadi penurunan drastis buta huruf dan tingkat putus sekolah selama 50 tahun terakhir, namun masih terdapat disparitas kualitas pendidikan antara wilayah perkotaan, pedesaan dan daerah terpencil. Ketiga, kultur pengajaran yang lebih berorientasi pada asumsi target pengetahuan yang seharusnya dikuasai peserta didik.

Page 1 of 1 | Total Record : 6