cover
Contact Name
Devia Kartika
Contact Email
Devia.kartika11@gmail.com
Phone
0751-776666
Journal Mail Official
Devia.kartika11@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Ekobistek
ISSN : 23015268     EISSN : 25279483     DOI : https://doi.org/10.35134/ekobistek
Jurnal EKOBISTEK (Ekonomi, Bisnis dan Teknologi) adalah jurnal yang dipublikasi oleh Universitas Putra Indonesia YPTK Padang Sumatera Barat Indonesia. Jurnal EKOBISTEK terbit dua kali setahun yaitu, pada bulan Juni dan Desember. Jurnal EKOBISTEK menerima dan menerbitkan artikel-artikel ilmiah dari hasil penelitan dan kajian analisis dibidang ilmu ekonomi, akuntansi, bisnis, manajemen, teknologi, dan bidang-bidang yang terkait dengannya.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Ekobistek UPI "YPTK" Padang" : 8 Documents clear
ANALISIS PENGAKUAN DAN PENGUKURAN LABA KOTOR DALAM PENJUALAN CICILAN SERTA PENGARUHNYA TERHADAP LAPORAN KEUANGAN Lusiana, Lusiana
Jurnal Ekobistek Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Ekobistek UPI "YPTK" Padang
Publisher : Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak - Dalam kondisi sekarang ini dimana laju permintaan tehadap Bank tidak secepat penawarannya karena daya beli yang terbatas,semakin mendorong perusahaan untuk lebih meningkatkan lagi promosi penjualannya serta memberikan berbagai kemudahan dalam pembelian kepada konsumen yaitu dengan penjualan barang dagang secara kredit diharapkan bias meningkatkan laba yang akan diperoleh perusahaan. Penjuualan secara kredit ini kemudian berkembang dimana lamanya kredit yang diberikan menjadi beberrapa ttahun dan pelunasan atas kredit dilakukan secara rutin dalam periode tertentu,yang kemudian dikenal dengan penjualan cicilan. Promosi penjualan dapat dilakukan melalui berbagai cara diantaranya melalui iklan baik itu iklan dari radio, televise, maupun iklan dikoran-koran atau majalah. Didalam melakukan penjualan cicilan ini akan meningkatkan piutang usaha yang merupakan jumlah yang terutang oleh pelanggan kepada perusahaan akibat penjualan barang dagang secara kredit.Dilakukan penjualan secara cicilan ini adalah untuk mencapai tujuan pokok,diantaranya yaitu untuk member pelayanan pada konsumen, meningkatkan volume penjualan,memperluas area pemassaran dan mengatasi persaingan antara produk sejenis. Darri segi konsumen,penjualan cicilan ini juga menguntungkan bagi mereka, terutama yang berpenghasilan rendah yang sering kali mengalami kesulitan dalam membeli barang-barang yang harganya relatil mahal. Selanjutnya ditambahkan bahwa cirri-ciri lain dalam penjualan adalah setiap penjualan cicilan biasanya memerlukan uang muka (Down Payment) dan akan menimbulkan piutang yang dibayarkan pada saat terjadinya penjualan dan diikuti dengan pembayaran periodic yang umumnya sama besar. Karena jangka waktu pelunasan pembayaran yang relative panjang, maka perusahaan akan mengenakan bunga terhadap belum dilunasi.besarnya tingkat bunga yang dikenakan yaitu jumlah yang dibiayainya harga jual dikurangi (down payment). Kata Kunci : Laba Kotor, Penjualan, Laporan Keuangan
PENGARUH FAKTOR BUDAYA, SOSIAL, PRIBADI DAN PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN BELI MAHASISWA PADA PRODUK MIE INSTANT MEREK INDOMI Sasnelwati, Sasnelwati
Jurnal Ekobistek Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Ekobistek UPI "YPTK" Padang
Publisher : Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract - The aims of the research is determine how big the Cultural Factors, Social, Personal And Pikologis Buy Decisions Affecting Students Against Product brand Indomie Instant Noodles . The research only for the Student UPI YPTK . In the research that is culturally variable (X1) , social (X2) personal (X3) psychological (X4) and the decision to buy (Y) by using the method of data collection through surveys and questionnaires circulated, with a sample of 80 respondents. analytical methods used were correlation analysis and regression analysis. Used to test the hypothesis that significant test 0.00 <0.05. The results showed the influence of culture (X1), social (X2) personal (X3) psychological (X4) and the decision to buy (Y), amounting to 82.2% with a significant R2 0.00 <0.05. partially no significant influence between cultures with purchasing decisions where cultural factors have a t value <t table (-1.968 <1.986) with a significant level of 0.052> 0.05, social factors (X2) significantly influence the purchasing decision (Y) , characterized by the value of t count> t table (4.154> 1.992) with a significant level of 0.000> 0.05. personal factors (X3) significantly influence the purchasing decision (Y) is characterized by private (X3) has t count> t table (13.891> 1.992) with a significant level 0.002 <0.05, psychology (X4) does not significantly influence the purchase decision (Y) is characterized by psychology (X4) have t <t table (-0.574 <1.992) with a significant level of 0.567> 0.05,. There jointly influence the cultural, social, personal and psychological to the purchasing decision because the calculated F value of 86.693 with the F table at 2,338 so F count> F table 86.693> 2.338 with significant 0.000 <0.05, then Ho is rejected. That is, the multiple linear regression equation is: Y = 1.790 to 0.135 +0.247 x_1 + x_2 0,879 X_3-0, 040 X_4. If the variable cultural, social, personal and psychological equal to zero (0), then the decision to buy at 1,790. Finally the authors recommend to Indomie Instant Noodles expected to pay more attention to other factors that could affect the handling of cultural and psychological, such as taste and innovation in order to increase for the foreseeable future. Keywords: Factor Cultur, Social, Personal Psychology, Results Buy
APLIKASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM PENERIMAAN KAS (Cash Revenue) DAN PENGELUARAN KAS (Cash Expenditure) BERBASIS KOMPUTER PADA CV. SAKHINDO PRATAMA Mondra, Mondra
Jurnal Ekobistek Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Ekobistek UPI "YPTK" Padang
Publisher : Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract - The research have been conducted at CV. Sakhindo Pratama is about accounting system of cash revenue and cash expenditure based computer, with the purposes that CV. Sakhindo Pratama can using a better system divided with the running used system. CV. Sakhindo Pratama have used computer with the program of Microsoft excel for processing of cash revenue and cash expenditure while the archive still in manual, because of that designed a new accounting system which using Visual Basic Version 6.0 programmable language that can save data with the database that can over come the delay of sales reports and purchases on the cash revenue and cash expenditure with still used in the old accounting system. The method used are qualitative and design system method. From analysis which have been conducted so produced the new flows of system information with design input, process and output of cash revenue and cash expenditure at CV. Sakhindo Pratama. With the existence of this new system design and information flows that arranged and designed by the writer was hope able to over come the delay in reporting sales and purchase report in CV. Sakhindo Pratama specially in cash revenue and cash expenditure. Field Key : Cash Revenue, Cash Expenditure,accounting information system
SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN UNTUK MENGOPTIMALKAN BIAYA PERSEDIAAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN KEUNTUNGAN Guslendra, Guslendra
Jurnal Ekobistek Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Ekobistek UPI "YPTK" Padang
Publisher : Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak - Dalam rangka meningkatkan keuntungan dalam suatu proses perdagangan salah satu faktor yang harus diperhatikan adalah dengan meminimalkan biaya-biaya yang harus dikeluarkan. Semakin kecil biaya maka keuntungan yang didapatkan semakin besar. Salah satu biaya yang harus diperhitungkan adalah biaya persediaan barang. Sistem penunjang keputusan yang terdiri dari komponen database, dialog dan model memungkinkan pengambil keputusan dapat menghasilkan keputusan yang tepat dan akurat dengan menggunakan teknik data cleaning, teknik data transformasi dan algoritma association rules. Kata Kunci : Keuntungan, Persediaan, data cleaning, data transformasi, Algorithma Assosiation Rules
JARINGAN SARAF TIRUAN UNTUK MEMPREDIKSI HARGA SAHAM DI BURSA EFEK INDONESIA DENGAN ALGORITMA BACKPROPAGATION Wafa, Zaenal
Jurnal Ekobistek Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Ekobistek UPI "YPTK" Padang
Publisher : Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak - Didalam membeli saham investor memiliki banyak pertimbangan yang harus dilakukan, salah satu cara adalah dengan memprediksi harga saham yang akan dibeli dalam mengambil keputusan untuk dapat melihat bagaimana investasi saham pada sebuah perusahaan dimasa mendatang yang didasarkan kepada time series harga saham perusahaan tersebut. Salah satu teknik yang digunakan untuk memprediksi harga saham tersebut adalah dengan menggunakan Artificial Neural Network dengan metode Backpropagation yaitu menggunakan jaringan-jaringan yang dapat dilatih berdasarkan data harga saham sebelumnya, menggolongkannya dan menyesuaikan bobot penghubung dalam jaringan sebagai input baru serta dapat meramalkan harga saham berikutnya. Penentuan peramalan harga saham ini didasarkan pada variable-variabel data transaksi saham seperti kombinasi harga pembukaan, harga tertinggi, harga terendah, harga penutupan dan volume saham yang terjual. Hasil dari penelitian ini dapat membantu para investor untuk memprediksi harga penutupan saham berikutnya . Kata Kunci : Artificial Neural Network, Backpropagation, Prediksi, Saham
LIKUIDITAS DAN RISIKO SISTEMATIS TERHADAP TINGKAT PENGEMBALIAN SAHAM PADA PERUSAHAAN LQ45 DI BURSA EFEK INDONESIA Elfiswandi, Elfiswandi
Jurnal Ekobistek Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Ekobistek UPI "YPTK" Padang
Publisher : Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract - The objectives of this research are to analyze to what extent liquidity and systematic risk individually affect stock returns of LQ45 Companies at the Indonesia Stock Exchange, and to analyze to what extent both liquidity and systematic risk simultaneously affect stock returns in LQ45 Companies at the Indonesia Stock Exchange. Factors that affect stock returns of LQ45 companies are companies? liquidity, investment risk, inflation, market interest rate and market price fluctuations. The research method used in this paper is a descriptive study, that is done by analyzing the secondary data of LQ45 companies at the Indonesia Stock Exchange. In this study, the author used a purposive sampling technique. Data is collected by using a literature study, by visiting the Capital Market Information Center of the Indonesia Stock Exchange in Padang and by using the internet. The method of data analysis used is time series multiple regression model and the hypotheses were tested by using T-test statistics and F-test statistics at the 5% level of significance. The T-test results showed that only systematic risk has a significant effect on stock returns, whereas Liquidity has no effect on stock returns. On the contrary, F-test results found that both liquidity (Current Ratio) and systematic risk (?) simultaneously have significant effects on stock returns. Keyword: Liquidity, Systematic Risk , dan Stock Returns.
SISTEM INFORMASI ABSENSI DENGAN MENGGUNAKAN FINGERPRINT Devita, Retno
Jurnal Ekobistek Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Ekobistek UPI "YPTK" Padang
Publisher : Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak - Sistem absensi guru sangat diperlukan dalam menentukan tingkat kehadiran guru di sekolah-sekolah. Absensi yang selama ini dilakukan secara manual, dapat dilakukan perubahan dengan adanya perkembangan teknologi sekarang ini yaitu sistem absensi yang menggunakan fingerprint (sidik jari) masing-masing guru, sehingga tidak akan terjadi kecurangan seperti pemalsuan sidik jari ataupun titip absen. Ini dikarenakan sidik jari setiap manusia berbeda-beda dan memiliki keunikkan tersendiri. Kata kunci : absensi, manual, teknologi, fingerprint (sidik jari)
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PONDOK IKAN BAKAR ARU-LUBEG PADANG Yulasmi, Yulasmi
Jurnal Ekobistek Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Ekobistek UPI "YPTK" Padang
Publisher : Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bauran Pemasaran secara parsial dan juga secara simultan berpengaruh terhadap peningkatan Minat Beli Konsumen Pada Pondok Ikan Bakar Aru-Lubeg Cabang Khatib Sulaiman Padang. Hasil penelitian Terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara Bauran pemasaran terhadap Minat Beli (Y), ditambahkan dengan koefisien determinasi nilai R square adalah sebesar 0,639 Besarnya nilai tersebut memberikan implikasi bahwa pengaruh variable bebas (X1,X2,X3,X4,X5,X6,X7) adalah sebesar 63,9% sedangkan sisanya 36,1% dipengaruhi oleh variable-variabel lain diluar penelitian ini. Dengan menggunakan analisis regresi berganda didapatkan, bahwa variabel Produk, Harga, Promosi, Tempat, Orang, Proses, dan Layanan Konsumen berpengaruh positif terhadap Minat Beli sebesar 0,639 atau 63,9% sehingga dapat ditampilkan dalam bentuk persamaan regresi Y = -0,988+0,245X10,437X2+0,280X3+0,295X4+0,336 X5-169X6+0,490X7, Dengan menggunakan uji F dapat diketahui variabel dari bauran pemasaran secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli dengan ??????? 23,308 > Ftabel 2,311. Secara parsial dengan menggunakan uji t didapatkan Produk ??????? 7,183> ?????? 1,661, Harga ??????? 4,140> ?????? 1,661, Promosi ??????? 5,528> ?????? 1,661, Tempat ??????? 6,454> ?????? 1,661, Orang ??????? 6,819> ?????? 1,661, Proses ??????? -1,698< ?????? 1,661,dan Layanan Konsumen thitung 7,335> ttabel 1,661 berarti bauran pemasaran berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli. Kata Kunci :Produk, Harga, Promosi, Tempat, Orang, Proses, Layanan Konsumen, Minat Beli

Page 1 of 1 | Total Record : 8