cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Fakultas Ekonomi : OPTIMAL
ISSN : 19782586     EISSN : 25974823     DOI : -
Core Subject : Economy,
Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan adalah jurnal ilmiah yang bertujuan memajukan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan di bidang ekonomi, manajemen, dan kewirausahaan. Artikel yang dimuat berasal dari hasil penelitian adaptasi ilmu dan hasil pemikiran dari perkembangan ilmu yang dimaksud. Jurnal ini ditujukan kepada para pelaku ekonomi, mahasiswa , dan dosen. Jurnal ini terbit setiap dua kali dalam satu tahun. Jurnal ini terbit pertama kali pada tahun 2007 dan mengalami tidak terbit dari tahun 2012-2015. Terbit kembali tahun 2016 hingga sekarang.
Arjuna Subject : -
Articles 89 Documents
PENGARUH KOMPENSASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN Widiyanto, Tiyan
Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol 13 No 2 (2019): Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Islam 45

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (927.326 KB) | DOI: 10.33558/optimal.v13i2.1938

Abstract

Kepuasan karyawan dapat meningkatkan kinerja organisasi. Terdapat berbagai faktor yang dapat memengaruhi kepuasan karyawan, seperti kompensasi dan disiplin kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kompensasi dan disiplin kerja terhadap kepuasan kerja karyawan PT Pos Indonesia (Persero), Kota Bekasi. Populasi pada penelitian ini adalah karyawan tetap PT Pos Indonesia (Persero), Kota Bekasi yang berjumlah 150 orang dengan sampel sebanyak 109 orang. Analisis data menggunakan uji statistik dan model penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan program Statistical Product and Service Solutions (SPSS) 23. Hasil uji penelitian statistik menunjukkan bahwa diperoleh kompensasi dan disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan PT Pos Indonesia (Persero), Kota Bekasi.
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SAGU RASA PADA GABUNGAN KELOMPOK TANI TAGAFURA DI KELURAHAN JAYA KOTA TIDORE KEPULAUAN sangadji, suwandi
Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol 13 No 2 (2019): Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Islam 45

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1064.827 KB) | DOI: 10.33558/optimal.v13i2.1862

Abstract

Besarnya permintaan pasar akan olahan sagu kasbi yang dalam hal ini berdampak pada ekonomi desa di Kelurahan Jaya menunjukan bahwa jumlah permintaan sagu rasa dan atau keputusan konsumen untuk membeli sagu rasa dapat dikatakan tinggi. Tingginya keputusan pembelian sagu rasa diduga dipengaruhi oleh faktor-faktor bauran pemasaran yang diterapkan oleh Gabungan Kelompok tani (Gapoktan) Tagafura Kelurahan Jaya Kota Tidore Kepulauan. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian sagu rasa pada Gapoktan Tagafura, Lokasi penelitian dipilih secara purposive, yaitu di Kelurahan Jaya Kecamatan Tidore Utara Kota Tidore Kepulauan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus-Desember 2018. Data primer yang diperoleh menggunakan kuesioner pada 30 responden yang ditentukan dengan metode sampel jenuh. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, koefisien korelasi, determinasi, regresi liniear sederhana dan uji hipotesis dengan t-test. Hasil analisis menunjukan faktor-faktor bauran pemasaran atau marketing mix yang diterapkan berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian sagu rasa pada Gapoktan Tagafura di Kelurahan Jaya Kota Tidore Kepulauan.
OVERPRICING PADA PERUSAHAAN NONKEUANGAN DI BURSA EFEK INDONESIA Pranyoto, Edi
Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol 13 No 2 (2019): Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Islam 45

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (707.627 KB) | DOI: 10.33558/optimal.v13i2.1853

Abstract

There are 213 non-financial companies conduct IPOs from 2010 to 2018, and 23 companies experience Overpricing. This study examined the effect of market conditions, financial leverage, profitability and allocation of IPO to overpricing in non-financial companies. The population of the study used non-financial companies for 8 years amounted to 213 companies with sample selection using purposive sampling method and selected as many as 20 companies. The analysis technique used multiple linear regression. The results showed that market conditions, financial leverage and allocation of IPO funds did not affect overpricing, while profitability variables affected overpricing. This means that the higher the profitability of the company shows the high ability of the company to generate profits so that investors can see it as a profitable company. This can reduce the uncertainty of an IPO in determining a fair stock price to reduce the level of overpricing.
ANALISIS KINERJA PERUSAHAAN DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD Hendrayanti, Endang
Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol 13 No 1 (2019): Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Islam 45

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (398.007 KB) | DOI: 10.33558/optimal.v13i1.1852

Abstract

The aim of this study was to improve company performance using a balance score card (BSC) with support from the customer's perspective.Internal business perspective and learning and growth perspective. The data source used is primary data and secondary data. The data is processed by measuring the achievement of the weighted performance that has been set and compared with the realization of its performance. Based on the results of BSC calculations, it is known that the performance of PT Ju Won from the customer's perspective is obtained from the customer retention value of 83.3%, meaning that the company has succeeded in retaining old customers with very good value. In the perspective of internal business processes, the value of 75% manufacturing cycle efficiency based on this value is quite good because it exceeds 50%.From the learning and growth perspective, it is found that employee turnover is 7.2%, which means that employee turnover is quite high, employee turnover value is high, it will add costs for recruitment, training costs and the adaptation process.
PENGARUH KEBIJAKAN PERBERASAN, PERTUMBUHAN EKONOMI DAN KEBIJAKAN FISKAL TERHADAP KEMISKINAN DI INDONESIA Septiadi, Dudi
Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol 13 No 2 (2019): Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Islam 45

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (647.244 KB) | DOI: 10.33558/optimal.v0iNo. 2.1850

Abstract

Kemiskinan merupakan masalah yang mendesak untuk segera diatasi karena tidak hanya meliputimasalah ekonomi semata, namun juga masalah sosial dan instabilitas politik dalam negeri. Pendudukmiskin yaitu penduduk yang tidak mampu memenuhi kebutuhan dasar minimum makanan dannonmakanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhikemiskinan di Indonesia dan menganalisis kebijakan perberasan, pertumbuhan ekonomi, dankebijakan fiskal terhadap pengentasan kemiskinan di Indonesia. Metode yang digunakan dalampenelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan menggunakan data time series dari tahun1988 ? 2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara statistik, nilai koefisien determinasi (R2)cukup tinggi. Berdasarkan uji F-statistik, secara bersama-sama seluruh variabel bebas berpengaruhnyata terhadap variabel terikat. Berdasarkan uji signifikansi secara parsial, variabel produksi berasIndonesia, variabel jumlah impor beras Indonesia, variabel harga pokok pembelian pemerintah padakomoditi beras dan variabel pertumbuhan ekonomi masing-masing berpengaruh signifikan terhadapvariabel kemiskinan. Nilai elastisitas variabel produksi beras Indonesia, variabel jumlah impor berasIndonesia, variabel harga pokok pembelian pemerintah pada komoditi beras dan variabel pertumbuhanekonomi masing-masing memilikia nilai elastisitas yang bersifan inelastis. Sedangkan variabelpengeluaran pemerintah untuk infrastruktur tidak berpengaruh terfadap variabel kemiskinan.
MEMBANGUN LOYALITAS PELANGGAN MELALUI HARGA DAN KEPERCAYAAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA BISNIS SMARTPHONE Salim, Emil
Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol 13 No 2 (2019): Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Islam 45

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1114.585 KB) | DOI: 10.33558/optimal.v0iNo. 2.1844

Abstract

Di era globalisasi seperti sekarang ini khususnya di Indonesia, padatnya penduduk diiringi dengansemakin kompleksnya kebutuhan dan berbagai aktivitas manusia dalam melakukan mobilitas baikmelakukan pekerjaan, sekolah, pariwisata, penelitian maupun traveling. Sehingga smartphoneperangkat tambahan hingga aksesoris menjadi salah satu kebutuhan yang penting sehari hari. Keadaanini yang pada akhirnya menyebabkan semakin ketatnya persaingan antar gerai dan perusahaan yangmemproduksi, mendistribusikan dan menjual perangkat dan aksesoris smartphone sebagai eksistensiperusahaan untuk memberikan layanan yang terbaik dalam menarik minat konsumen. Penelitian inibertujuan untuk membangun loyalitas pelanggan melalui harga dan kepercayaan denganmenggunakan variabel mediating, yaitu kepuasan pelanggan. Metode penelitian yang digunakandalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan sampel 85 orang responden. Metode analisisdata dengan analisis regresi linear berganda dan path analysis dengan aplikasi Statistical Package forSocial Sciences (SPSS 21.00). Berdasarkan hasil penelitian terdapat hubungan tidak langsung lebihkecil nilainya dari hubungan langsung, berarti loyalitas tidak memediasi hubungan harga dengankepuasan pelanggan dan hubungan tidak langsung lebih kecil nilainya dari hubungan langsung, berartiloyalitas tidak memediasi hubungan kepercayaa dengan kepuasan pelanggan.
PENGARUH BEBAN KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION YANG DIMEDIASI OLEH KELELAHAN KERJA PADA KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI Nisa, Nurul Hidayatin
Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol 13 No 2 (2019): Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Islam 45

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1077.013 KB) | DOI: 10.33558/optimal.v0iNo. 2.1843

Abstract

  Lingkungan bisnis yang kompetitif membuat perusahaan memaksimalkan kinerja karyawan dengan standart kerja yang tinggi. Hal ini berdampak buruk ketika tekanan yang terjadi membuat karyawan merasa beban kerja yang dilakukan melebihi kapasitasnya (work overload), Hal ini patut diwaspadai karena dapat mengakibatkan kelelahan kerja (work exhaustion) dan keinginan untuk berpindah (turnover intention). Dalam penelitian ini, industri dipandang sebagai pekerjaan yang memberikan tekanan yang tinggi terhadap karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada pengaruh antara beban kerja terhadap turnover intention yang dimediasi oleh kelelahan kerja  pada karyawan bagian produksi di PT. Alas Petala Makmur. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dengan jumlah sampel 119 responden. Penelitian ini menggunakan software AMOS (Analysis Moment of Structure) versi 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara langsung beban kerja tidak mempengaruhi turnover intention namun beban kerja mempengaruhi kelelahan kerja dan kelelahan kerja mempengaruhi turnover intention dan memediasi beeban kerja terhadap turnover intention.
PENGARUH USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) PEREMPUAN TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT supriyanto, eko
Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol 13 No 1 (2019): Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Islam 45

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (464.425 KB) | DOI: 10.33558/optimal.v13i1.1832

Abstract

Peranan perempuan dalam perekonomian di Kalimantan barat menjadi penting dengan kelebihan yang dimilikinya untuk menopang pertumbuhan dan pembangunan ekonomi yang akan berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat Kalimantan barat. Populasi dan pengumpulan sampel dilakukan di 4 lokasi yaitu yaitu Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Mempawah, dan Kota Singkawang sebanyak 67 Responden, Metode penelitian menggunakan uji regresi sederhana, uji t dan korelasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar UMKM perempuan dalam mempengaruhi kesejahteraan masyarakat yang ada di Kalimantan Barat. Hasil penelitian menunjukkan UMKM perempuan berpengaruh positif sebesar 0.444 terhadap kesejahteraan masyarakat Kalimantan Barat dan memiliki hubungan korelasi cukup kuat.
PENERAPAN FUNGSI KERJA DAN NILAI ORGANISASI PADA TINGKAT KEPERCAYAAN MASYARAKAT Utomo, Kurniawan Prambudi
Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol 13 No 1 (2019): Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Islam 45

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (364.245 KB) | DOI: 10.33558/optimal.v13i1.1830

Abstract

This research is related to a program that regulates good governance (good governance) with the application of transparent and accountable budget management principles to increase public participation in Bekasi City, while this study aims to discuss performance-oriented, employment variables the same and increase community expectations and answer this research regarding direct conversations to respondents who are in the field using data collected using questionnaires and a list of questions that have been done compiled using a privately managed mode, the questions asked are questions that are asked directly face-to-face for respondents in this case is the City of Bekasi government in the budget and community, so the level of questionnaire questions (response rate) is 100%, while the number of respondents is 90 people and carried out in September-November 2016 results from this research, positive and good budget workers can be known. While performance evaluation gets a negative response, this is related to the government budget increase, the Bekasi City Government is very much needed to get community support and participation. Keywords: Work function, Performance Assessment, Community Assessment Level
PENGARUH PEMIMPIN DARI LUAR ORGANISASI TERHADAP PENERIMAAN DAN KOMITMEN KARYAWAN: SEBUAH STUDI EKSPLORASI Putra, Angga Ranggana
Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol 13 No 1 (2019): Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Islam 45

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (354.972 KB) | DOI: 10.33558/optimal.v13i1.1812

Abstract

Pemimpin multi talenta sangat dibutuhkan di era milenium saat ini. Untuk mendapatkannya, tidak jarang perusahaan harus mencarinya dari luar organisasi, walau pun cara ini mengundang pro dan kontra. Penelitian ini merupakan penelitian pendahuluan yang dilakukan dengan metode kualitatif, dalam hal ini metode studi kasus, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh para pemimpin dari luar organisasi pada penerimaan dan komitmen karyawan. Data diperoleh dari suatu institusi pendidikan tinggai di Indonesia melaluil diskusi kelompok terfokus (focus group discussion). Responden diambil dari berbagai lapisan manajerial dan non-manajerial. Data dianalisis melalui analisis tematik. Selain itu, dilakukan pula perbandingan antar kelompok manajerial dan non-manajerial untuk mengetahui perbedaan penerimaan dan komitmen karyawan di kelompok yang berbeda. Hasil analisis menunjukkan bahwa pemimpin dari luar organisasi mempengaruhi penerimaan dan komitmen karyawan. Selain itu, responden manajer dan non-manajer menunjukkan perhatian yang berbeda. Para manajer memiliki perhatian mengenai dampak para pemimpin dari luar organisasi pada organisasi dimana mereka bekerja, sementara para non-manajer menaruh perhatian pada pengaruh pemimpin dari luar organisasi pada kepentingan pribadi mereka. Keywords: employee acceptance, employee commitment, leadership.