cover
Contact Name
Muhammad Ihsan
Contact Email
ihsan@iainpalopo.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.iqro@iainpalopo.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
IQRO: Journal of Islamic Education
ISSN : 26222671     EISSN : 26223201     DOI : -
Core Subject : Education,
IQRO: Journal of Islamic Education is a peer-reviewed scholarly online journal. The IQRO is published twice in July and December. IQRO welcomes every paper on Islamic education and applications in the domain of islamic education: original theoretical work, literature review, research reports, curriculum, learning e
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2021): JULI 2021" : 6 Documents clear
Analisis Teknik Evaluasi Guru Pada Pembelajaran Agama Islam di Madrasah Aliyah Hasnia Hasnia; Muhazzab Said; Nursaeni Nursaeni
IQRO: Journal of Islamic Education Vol 4, No 1 (2021): JULI 2021
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24256/iqro.v4i1.1851

Abstract

artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanan dan bentuk teknik evaluasi guru dalam mengukur hasil  belajar siswa pada Pembelajaran Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Palopo. Penelitiann ini menggunakan penelitian lapangan (field reseerch) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru Madrasah Aliyah Negeri Palopo dan objek penelitian ini adalah Analisis Teknik Evaluasi Guru pada pembelajaran Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Palopo. Data diperoleh dari wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menujukan bahwa pelaksanan evaluasi  yang dilakukan guru di Madrasah Aliyah Negeri Palopo, hanya menggunakan 2 (dua) teknik evaluasi  yaitu evaluasi  formatif yang hanya menilai  peserta didik di akhir  semester dan evaluasi sumatif itu hanya mengevaluasi peserta didik  di setiap akhir materi  yang berjalan (ulangan harian). Bentuk tes evaluasi yang digunakan guru di Madrasah Aliyah Negeri Palopo umunya  menggunakan  bentuk tes subjektif  berupa tes uraian atau essai, lisan atau tulisan dan sebagian kecil menggunakan bentuk objektif (pilihan ganda). Hasil belajar siswa dapat diketahui dengan cara pemberian tugas-tugas, seperti tugas praktek tugas ulangan harian, diskusi dan ulangan akhir yang di berikan oleh guru yang ada di Madrasah Aliyah Negeri Palopo dan aspek-aspek juga penting dalam mengevaluasi peserta didik aspek-aspek seperti aspek ranah kognitif, psikomotorik, afektifnya.
Dimensi-Dimensi Pendidikan Islam dalam Perspektif QS Surat As Sajdah Ayat 7-9 Ahmad Yusuf
IQRO: Journal of Islamic Education Vol 4, No 1 (2021): JULI 2021
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24256/iqro.v4i1.1855

Abstract

 AbstractAllah created everything in a perfect form according to its duties and functions. Likewise, humans are the most perfect creatures among other creatures. That is why humans carry out their duties as caliphs on earth. In order to carry out their roles and functions properly, humans cannot be separated from education. Islamic education is plays a very important role in equipping humans. The purpose of writing this article is to explore and describe the contextualization of the Al Qur'an Surat As Sajdah verses 7-9 in the Process of Islamic Education. The results of this study are: 1) Q.S. As Sajdah Verses 7-9 are the basis for refuting Darwin's theory which states that humans come from apes. 2) Islamic education in QS As Sajdah Verses 7-9 contains the main meaning, namely; confession of faith in Allah SWT, paying attention to the basic components of education, using a systematic-pragmatic method, 3). Education and learning will get optimal results if optimizing the potential of the human senses in the form of hearing, sight and reason (heart), 4) Al Qur'an surah As Sajdah verses 7-9 in Islamic education can be understood from various points of view, namely physiological, psychological, and theology and sociology of education as well as an open attitude and receiving information from various sciences can minimize the dichotomy of knowledge and give birth to educated people with multidisciplinary abilities Keywords: Humans, Education, Q.S As Sajdah, Potential Sense AbstrakAllah menciptakan segala sesuatu dalam bentuk yang sempurna sesuai dengan tugas dan fungsinya. Begitupun manusia menjadi makhluk paling sempurna di antara makhluk yang lain. Oleh karena itulah manusia mengemban tugas sebagai khalifah di bumi. Agar dapat menjalankan peran dan fungsinya dengan baik, manusia tidak bisa terlepas dari pendidikan. PendidikanIslam sangat berperan dalam membekali manusia. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menggali dan mendeskripsikan kontekstualisasi Al Qur’an Surat As Sajdah ayat7-9 dalam Proses Pendidian Agama Islam. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Q.S. As Sajdah Ayat 7-9 ini sebagai dasar yang membantah teori Darwin yang menyebutkan manusia berasal dari kera, 2) Pendidikan Islam dalam QS As Sajdah Ayat 7-9 mengandung makna utama yairtu; pengakuan keimanan kepada Allah SWT, memperhatikan komponen-komponen dasar pndidikan, menggunakan metode yang sistematis-pragmatis, 3). Pendidikan dan pembelajaran akan optimal memperoleh hasil jika mengoptimalkan potensi indera manusia berupa pendengaran, penglihatan dan akal(hati), 4) Al Qur’an surat As Sajdah ayat 7-9 dalam pendidikan Islam dapat difahami dari berbagai sudut pandang yaitu dimensi fisiologis, psikologis, teologis dan sosiologi pendidikan serta sikap terbuka dan menerima informasi dari berbagai ilmu dapat meminimlaisir dikotomi ilmu dan melahirkan orang-orang yang terdidik dengan kemampuan multidisiplin Kata Kunci: Manusia, Pendidikan, Q.S As Sajdah, Potensi Indera
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Ilmayani Jufri
IQRO: Journal of Islamic Education Vol 4, No 1 (2021): JULI 2021
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24256/iqro.v4i1.1868

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam siswa di UPT SMPN 6 Satap Malangke Kabupaten Luwu Utara. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang menggunakan siklus Perencanaan, Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.A UPT SMPN 6 Satap Malangke Kabupaten Luwu Utara tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 20 orang. Data diperoleh melalui lembar observasi, angket respon siswa, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe make a match, hasil belajar pendidikan agama Islam setiap siklusnya mengalami perubahan secara signifikan. Diperoleh nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I adalah sebesar 74 dengan ketuntasan 55%, dan hasil belajar pada siklus II rata-rata diperoleh 92 dengan ketuntasan 100%. Untuk hasil observasi aktivitas siswa di siklus I ke siklus II yaitu dari 58% menjadi 89,5%. Sedangkan untuk hasil observasi aktivitas guru adalah dari 57,6% menjadi 73,8%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan di setiap siklusnya. Penelitian ini diharapkan menjadi pertimbangan guru pendidikan agama Islam kelas VII.A UPT SMPN 6 Satap Malangke dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match (mencari pasangan). 
MEDIA FOR EDUCATION MORAL VALUE BASED ON METAPHOR (MATSAL) Subur Subur
IQRO: Journal of Islamic Education Vol 4, No 1 (2021): JULI 2021
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24256/iqro.v4i1.1820

Abstract

Matsal or metaphor can be a medium in learning moral values. By using this matsal information, messages conveyed by educators can be more easily understood and accepted by students. This study aims to explore various forms of matsal in text and daily life that can be used as a medium in learning moral values. Sources of data in this study were books and real objects that exist in everyday life. The study used documentation and observation for collecting the data. Data analysis was performed by qualitative descriptive analysis. The results showed that in books and daily life, there are a lot of objects that can be used as matsal containing educational values as a medium for learning moral values; namely land, water, wind, seeds, limbs, bees, iron, and trees. Thus, matsal-based media is considered more actual and factual because it is something that happens and lives in society. Matsal is not only a medium for presenting moral teaching but also for presenting moral touching. Keywords: Media, Learning, Moral values, Matsal.
Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Jumaeri Jumaeri
IQRO: Journal of Islamic Education Vol 4, No 1 (2021): JULI 2021
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24256/iqro.v4i1.1869

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan sebagai berikut: (1) Bagaimana implementasi kurikulum 2013 dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MAN Palopo (2) Apa saja faktor-faktor pendukung dan kendala implementasi kurikulum 2013 di MAN Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi kurikulum 2013 dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XI IIK1 tahun ajaran 2019/2020 MAN Palopo. Jenis penelitian yang digunakan peneliti yaitu penelitian lapangan (field Research) dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa dikelas XI IIK1 tahun ajaran 2019/2020 pada mata pelajaran Akidah Akhlak meningkat, banyak siswa yang melebihi nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditentukan oleh guru. Hal ini disebabkan dengan pengimplementasian kurikulum 2013 guru menggunakan berbagai metode pada proses pembelajaran seperti permainan ular tangga dan penayangan video-video yang sesuai dengan materi sehingga siswa bersemangat dan tidak merasa bosan di dalam kelas menerima materi. Faktor pendukung Implementasi kurikulum 2013 di MAN Palopo yaitu tersedianya buku bahan ajar, sarana dan prasarana yang memadai seperti LCD, Laboratorium, perpustakaan. Adapun kendalanya yaitu guru-guru senior yang kurang paham dengan teknologi.
Solusi Terhadap Problematika Entrepreneurship Perspektif Al-Qur’an Muhammad Nur Adnan Saputra
IQRO: Journal of Islamic Education Vol 4, No 1 (2021): JULI 2021
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24256/iqro.v4i1.1788

Abstract

Indonesia merupakan negara Islam atau negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Banyak terjadi pelabelan negatif seperti pengangguran, kemiskinan, dan rendahnya literasi. Terutama pada problem pengangguran disebabkan karena jiwa kewirausahaan yang tidak banyak dimiliki dan dipraktekkan umat Islam. Tujuan artikel ini untuk mengetahui kewirausahaan yang ditujukkan dalam Al-Qur’an yang sudah terbukti ada pada pribadi Nabi Muhammad SAW. Penelitian ini adalah penelitian pustaka, data diperoleh dengan cara pengkajian terhadap literatur-literatur kepustakaan. Sedangkan analisisnya menggunakan metode analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Al-Qur’an memberikan beberapa petunjuk dan sikap hidup yang semestinya dijalani yaitu: anjuran untuk bekerja sebagaimana dalam surat Hud ayat 6, dan memiliki wawasan yang luas sebagaimana dalam surat Al-Alaq ayat 1-5. (2) Adanya niat atau keinginan untuk berbuat baik kepada sesama manusia. Tidak terkecuali dalam kewirausahaan, dimana dengan berbuat baik kepada sesama, akan timbul iklim wirausaha yang baik dan bermanfaat di kemudian hari yang sudah disebutkan dalam surat Al-Hajj ayat 77.

Page 1 of 1 | Total Record : 6