cover
Contact Name
Muhammad Ihsan
Contact Email
ihsan@iainpalopo.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.iqro@iainpalopo.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
IQRO: Journal of Islamic Education
ISSN : 26222671     EISSN : 26223201     DOI : -
Core Subject : Education,
IQRO: Journal of Islamic Education is a peer-reviewed scholarly online journal. The IQRO is published twice in July and December. IQRO welcomes every paper on Islamic education and applications in the domain of islamic education: original theoretical work, literature review, research reports, curriculum, learning e
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2021): DESEMBER 2021" : 7 Documents clear
PERSEPSI DOSEN FAKULTAS USHULUDDIN ADAB DAN DAKWAH TERHADAP PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 DI IAIN PALOPO AGUSTAN AGUSTAN AGUSTAN
IQRO: Journal of Islamic Education Vol 4, No 2 (2021): DESEMBER 2021
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24256/iqro.v4i2.1894

Abstract

Pembelajaran secara daring dan bekerja dari rumah merupakan kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah khususnya Kementerian Agama RI dalam upaya meminimalisir terjadinya penyebaran dan penularan Covid-19 termasuk di lingkungan Perguruan Tinggi Islam Negeri. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perspepsi dosen Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Palopo terhadap pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei deskriptif dengan menggunakan simple random sampling di mana sampel dalam penelitian ini sebanyak 21 dosen. Teknik pengumpulan data menggunakan angket  (quesioner)  melalui  google form  kepada dosen yang telah melaksanakan pembelajaran daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis media pembelajaran yang paling banyak digunakan dalam pembelajaran daring yaitu Whatsapp group, Pelaksanaan perkuliahan daring pada umumnya  dilaksanakan di lokasi kampus IAIN Palopo, Metode perkuliahan daring dengan menggunakan tatap muka secara langsun melalui aplikasi video converence, Kendala yang dihadapi dosen dalam melaksanakan perkuliahan daring  yaitu kesulitan dalam menyampaikan materi, Keluhan mahasiswa dalam pembelajaran daring yaitu kesusahan meminta toleransi kepada dosen dengan alasan jaringan buruk, dan perkuliahan daring kadang-kadang efektif dilaksanakan oleh dosen di masa pandemi Covid-19. 
Efektivitas Media Audio Visual dalam Pembelajaran PAI Daring di MTs Negeri 9 Yogyakarta Munaya Ulil Ilmi; Muh. Alif Kurniawan
IQRO: Journal of Islamic Education Vol 4, No 2 (2021): DESEMBER 2021
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24256/iqro.v4i2.1997

Abstract

The purpose of this study was to determine the effectiveness of learning using audio-visual media, especially in Islamic religious education subjects at MTs Negeri 9 Yogyakarta. This research is a quantitative descriptive research that uses a survey method. The data collection used is using a survey with a Likert scale. In analyzing the data, the researcher calculated the percentage in each of the existing indicators. The results of this study indicate that the effectiveness of using audio-visual media at MTs Negeri 9 Yogyakarta is included in the "Very Good" criteria with an average percentage of 84.85%. Even though the criteria achieved were good, the researcher still got some difficulties faced by the students. This difficulty needs to get solutions and handling from the school so that the implementation of learning becomes more perfect and can achieve educational goals as well as possible. The audio-visual media used needs to be carefully designed according to the needs and abilities of the students. The research results that have been obtained are expected to be considered in evaluating learning and become a reference for future research. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran yang memanfaatkan media audio visual khususnya dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam di MTs Negeri 9 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan metode survei. Pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan survei dengan skala likert. Dalam menganalisis data, peneliti menghitung presentase dalam setiap indikator yang ada. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas penggunaan media audio visual di MTs Negeri 9 Yogyakarta termasuk dalam kriteria “Sangat Baik” dengan rata-rata presentase 84,85%. Meskipun kriteria yang dicapai telah baik, peneliti masih mendapatkan beberapa kesulitan yang dihadapi siswa. Kesulitan ini perlu mendapatkan solusi dan penanganan dari pihak sekolah agar pelaksanaan pembelajaran menjadi lebih sempurna dan dapat meraih tujuan pendidikan dengan sebaik-baiknya. Media audio visual yang digunakan perlu dirancang dengan matang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan yang dimiliki oleh para siswa. Hasil penelitian yang telah didapatkan diharapkan mampu menjadi bahan pertimbangan dalam melakukan evaluasi pembelajaran dan menjadi referensi bagi penelitian di masa depan. 
Nilai-Nilai Pendidikan Islam berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Bahasa Arab di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo Andi Arif Pamessangi
IQRO: Journal of Islamic Education Vol 4, No 2 (2021): DESEMBER 2021
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24256/iqro.v4i2.2123

Abstract

Tulisan ini berisi hasil kajian tentang nila-nilai pendidikan Islam berbasis kearifan lokal yang terdapat dalam pembelajaran Bahasa Arab yang ada di Institut Agama Islam Negeri Palopo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendekripsikan pembelajaran Bahasa Arab pada Institut Agama Islam Negeri Palopo, yang Kedua untuk mengkaji nilai-nilai pendidikan Islam berbasis kearifan lokal yang terdapat didalamnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Proses pengumpulan data dimulai dari pengamatan secara mendalam terhadap dokumen kurikulum yang tersedia, disamping itu peneliti juga melakukan pengamatan pada dokumen pembelajaran lain seperti Rencana Pembelajaran Semester, Satuan Acara Perkuliahan, serta data lain melalui jurnal ilmiah, buku- referensi, serta bahan publikasi yang relevan. Selain itu peneliti juga melakukan wawancara kepada para dosen pengampu pembelajaran Bahasa Arab dalam menguatkan hasil analisa dan pengamatan pada pembelajaran Bahasa Arab di IAIN Palopo. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kurikulum bahasa Arab yang digunakan mengedepankan nilai-nilai pendidikan Islam yang terintegrasi dengan nilai-nilai kearifan lokal. Nilai-nilai pendidikan Islam yang termuat dalam pembelajaran Bahasa Arab di IAIN Palopo dapat dibagi kedalam tiga aspek meliputi nilai akidah, nilai ibadah, dan nilai akhlak. Adapun nilai-nilai kearifan lokal meliputi nilai lempu (jujur), ade’le’ (adil), getteng (teguh), ininnawa (peduli), dan acca (cendekia).Kata kunci: Kearifan Lokal, Nilai-nilai pendidikan Islam, Pembelajaran Bahasa Arab.
ETIKA TERHADAP BUKU (Studi Komparatif Pemikiran K.H. Hasyim Asy’ari dalam Kitab Adābul ‘Alim wa al-Muta’allim dan Syaikh Az Zarnuji dalam Kitab Ta’limul Muta’allim) Umi Khariroh
IQRO: Journal of Islamic Education Vol 4, No 2 (2021): DESEMBER 2021
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24256/iqro.v4i2.2243

Abstract

Studi Komparatif Etika terhadap buku menurut pemikiran  K.H. Hasyim Asy’ari dalam Kitab Adābul ‘Alim wa al-Muta’allim  dan Syaikh Az Zarnuji dalam Kitab Ta’limul Muta’allim. Jenis penelitian ini adalah studi kepustakaan (Library reseach). Pendekata kualitatif deskriptif analisis. Dan menggunkaan metode komparasi untuk menemukan letak persamaan dan perbedaan kedua konsep tersebut.Etika terhadap buku menurut  K.H Hasyim Asy’ari di dalam  kitab Adābul ‘Alim wa al-Muta’allim ada lima poin yaitu: Menerengkan tentang etika terhadap buku, pinjam meminjam  buku sebagai bentuk tolong menolong dalam berbagi ilmu, meminjam atau membeli buku pelajaran,  dan etika yang berkaitan dengan kegiatan penulisam maupun penyalinan buku-buku yang berisi berbagai disiplin ilmu dalam Islam dan membahas mengenai cara menulis nama-nama dan gelar penghormatan sebagai doa kepada nabi. Sedangkan di dalam kitab Ta’limul Muta’allim karya Syaikh Burhanuddin Az Zarnuji hanya terdapat satu bagian saja membahas secara global tentang etika terhadap buku.  Di dalam kitab Adābul ‘Alim wa al-Muta’allim penjelasan konsep etika terhadap buku lebih rinci di bandingkan dengan kitab Ta’limul Muta’allim.
Peran Kepribadian Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa Fitriyani Sanuhung; Difa'ul Husna; Mira Ifta Rimadhani; Ita Rosyada
IQRO: Journal of Islamic Education Vol 4, No 2 (2021): DESEMBER 2021
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24256/iqro.v4i2.1887

Abstract

Setiap orang menempuh pendidikan di berbagai lembaga pendidikan, baik pesantren maupun sekolah umum. Setiap manusia terdapat sebuah keinginan untuk mengetahui hal yang ingin diketahui oleh mereka, dari hal itu manusia belajar. Belajar tidak harus ketika kita sedang di sekolah, berada di kelas untuk mendengarkan materi yang disampaikan oleh Guru. Setiap manusia dapat belajar dan mempelajari hal baru dari lingkungan sekitarnya. Namun di sekolah, peserta didik diajar dan dibimbing oleh pendidik yang disebut dengan Guru, setiap pendidik memiliki karakter dan kepribadian yang berbeda-beda, serta cara mengajar yang berbeda yang akan berpengaruh pada hasil belajar siswa.
KONSEP PENDIDIKAN HUMANISTIK DALAM KONTEKS PEMIKIRAN PAULO FREIRE DAN K.H AHMAD DAHLAN Pinna Nur Latifah; Muhammad Devy Habibi; Ari Susandi
IQRO: Journal of Islamic Education Vol 4, No 2 (2021): DESEMBER 2021
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24256/iqro.v4i2.2256

Abstract

This research aims to know the concepts, comparisons with similarities and differences about the concept of humanistic education in the context of the thoughts of Paulo Freire and K.H. Ahmad Dahlan. This type of research uses literature or library research with information collection methods using the form of articles / written data. Qualitative descriptive becomes the approach used by researchers in this research. On the other hand, content analysis is used as a form of data analysis. As for the formulation of the problems listed as follows: How is the concept of humanistic education according to Paulo Freire and K.H. Ahmad Dahlan?, How is the form of humanistic education concept comparison between Paulo Freire and K.H Ahmad Dahlan? The results of this study describe the educational concepts of the two figures by producing similarities and differences in the concept of humanistic education in the context of Paulo Freire and K.H. Ahmad Dahlan.
Validitas Media Video Berbasis Animasi Dalam Pembelajaran Tematik siska ismawati; Dea Mustika
IQRO: Journal of Islamic Education Vol 4, No 2 (2021): DESEMBER 2021
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24256/iqro.v4i2.2251

Abstract

Kurangnya kemampuan guru dalam memanfaatkan fasilitas pendukung pembelajaran yang sudah tersedia yang berupa proyektor, laptop, listrik yang bagus. media video adalah alat yang digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran melalui gambar bergerak, sehingga cukup menarik dan efektif jika digunakan sebagai media tambahan pada kurikulum 2013. Media  video yang menarik dapat membuat suasana yang menyenangkan bagi peserta didik dalam proses pembelajaran. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video berbasis animasi serta mengetahui penilaian dari enam ahli yang terdiri dari dua ahli materi, dua ahli bahasa dan dua ahli media. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan menggunakan model 4D yang disederhanakan menjadi tiga tahapan yaitu (Define, Design, dan Development). Instrumen pengumpulan data berupa angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli bahasa dan ahli media untuk menguji kevalidan. Jenis data yang diperoleh dari hasil penelitian adalah data kualitatif yang dianalisis menggunakan data kuantitatif berupa data angka dan diinterpretasikan dengan pedoman kriteria penilaian untuk menentukan kualitas produk. Hasil dari penelitian ini, menghasilkan produk media video animasi yang telah memenuhi kriteria sangat valid dengan skor rata-rata dari ahli materi 90%, ahli bahasa 88% dan ahli media 92,5% dengan kriteria sangat valid. Dapat disimpulkan bahwa kriteria yang diperoleh media video animasi yakni sangat valid, sehingga dapat digunakan pada jenjang Sekolah Dasar sebagai media pembelajaran peserta didik.

Page 1 of 1 | Total Record : 7