cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Pedagogik Journal of Islamic Elementary School
ISSN : 23561483     EISSN : 26153904     DOI : -
Core Subject : Education,
PiJIES: PEDAGOGIK Journal of Islamic Elementary School is a peer-reviewed journal which is published by Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Palopo. This Journal publishes manuscripts on research in Islamic education and elementary school. PiJIES features research novelties and significance for science advancement in any new development and advancement in the field of education. The scope of our journal includes child development, cognitive psychology, social science, math and natural education to school learning and teaching. This Journal publishes current original research studies that contain data about school and classroom processes in elementary or middle schools while occasionally publishing integrative research reviews and in-depth conceptual analyses of schooling.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "VOL 2 NO 2 OKTOBER 2019" : 9 Documents clear
Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Membaca Permulaan Melalui Metode Kata Lembaga Di Sekolah Dasar Ani Ani
Pedagogik Journal of Islamic Elementary School VOL 2 NO 2 OKTOBER 2019
Publisher : IAIN Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (307.581 KB) | DOI: 10.24256/pijies.v2i2.961

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan belajar membaca siswa melalui metode kata lembaga dengan kelas I SDN 09 Mattekko kota Palopo. Metode yang digunakan adalah metode kata lembaga yang terdiri atas II siklus yang masing-masing memiliki empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian yang digunakan iyalah lembar observasi siswa dan guru, dan dokumentasi. Dengan adanya proses pembelajaran yang berlangsung  siswa lebih mudah belajar membaca  dengan  penerapan metode kata lembaga sehingga proses pembelajaran berjalan dengan baik. Penerapan metode ini mampu mengarahkan siswa dalam proses pembelajaran  membaca permulaan dimana metode kata lembaga ini mencakup beberapa kegiatan seperti merangkai huruf, merangkai kata menjadi kata, dan kata dirangka menjadi kalimat. Adanya penerapan metode kata lembaga ini, hasil belajar siswa meningkat karena metode kata lembaga ini merupakan metode yang cocok diterapkan di kelas rendah karena metode ini merangkai kata menjadi huruf dan kata dirangkai menjadi sebuah kalimat yang dapat membantu siswa dalam belajar membaca.
Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Kepercayaan Diri Terhadap Kecemasan Belajar Mahasiswa Pendas di Pokjar Jeneponto dan Takalar Tahun 2018 Fatmawati Halim
Pedagogik Journal of Islamic Elementary School VOL 2 NO 2 OKTOBER 2019
Publisher : IAIN Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (300.777 KB) | DOI: 10.24256/pijies.v2i2.917

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap kecemasan belajar mahasiswa dan pengaruh kepercayaan diri terhadap kecemasan belajar mahasiswa pendas di pokjar Jeneponto & Takalar tahun 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenisnya adalah penelitian korelasional dengan rancangan ex-post facto. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Terbuka  di pokjar Jeneponto & Takalar yang terdaftar pada tahun ajaran 2018 yang berjumlah  299 orang dengan sampel 150. Analisis data yang digunakan adala statistik desktiptif dan statistik inferensial. Adapun hasil penelitian ini adalah  hasil uji normalitas menunjukkan bahwa signifikansi yang diperoleh adalah 0,200  karena nilai signifikasi  > 0,05 . Maka data tersebut berdistribusi  normal. Sedangkan hasil uji hipotesis 1 menggambarkan bahwa pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap kecemasan belajar mahasiswa pendas pada pokjar Jenneponto dan Takalar 2018.  Diketahui nilai t hitung adalah 1,897 dengan tingkat sifnifikasi atau probabilitas 0,05. Jika nilai signifikasinsi atau probabilitas yang diperoleh lebih kecil dari 0,05 jika t hitung > dari t tabel maka hipotesis diterima.Sedangkan uji hipotesis 2 menggambarkan Nilai t hitung variabel dukungan sosial teman sebaya adalah 1,897 dan t tabel N= 150 sehingga df-1 = 149, dengan taraf signifikasi 5% sebesar 1,655. Maka t hitung > t tabel (1,897 > 1,655 berarti Ho ditolak  sehingga pengambilan keputusan menyatakan bahwa  terdapat hubungan positif antara dukungan sosial teman sebaya dengan kecemasan belajar mahasiswa
Pengaruh Media Gambar Sketsa Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi di Sekolah Dasar Anriyani Anriyani
Pedagogik Journal of Islamic Elementary School VOL 2 NO 2 OKTOBER 2019
Publisher : IAIN Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (319.389 KB) | DOI: 10.24256/pijies.v2i2.962

Abstract

Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui bentuk penerapan penggunaan media gambar sketsa terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar sketsa terhadap keterampilan menulis  karangan deskripsi pada siswa kelas III di SDN 50 Bulu Datu Kota Palopo. Penelitian ini menggunakan penelitian desain atau rancangan Quasi Experimental Design dengan teknik penelitian Nonequivalent  Control Group Design dan pendekatan kuantitatif. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tanpa media gambar memberikan pengaruh terhadap pemberian media gambar sketsa terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas III SDN 50 Bulu’ Datu Kota Palopo dengan uji kesamaan dua rata-rata kondisi akhir antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, diperoleh deviasi standar gabungan (dsg) = 8,1430dan Zhitung= 10,5367 dan Ztabel = 1,96. Dimana taraf signifikan α = 0,05. Karena Zhitung> Ztabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya, rata-rata nilai pemahaman konsep kelas eksperimen tergolong baik dari kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemberian media gambar sketsa dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas III SDN 50 Bulu’ Datu Kota Palopo. Hasil analisis data yang dilakukan setelah diterapkan media gambar yang berbeda pada kelas kontrol dan kelas eksperimen, terlihat bahwa nilai keterampilan menulis karangan deskripsi kedua kelas tersebut berbeda secara nyata. Artinya kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan yang cukup signifikan.
Mengidentifikasi Jenis Tumbuhan Melalui Metode Inquiry Learning Pada Pembelajaran Tematik Satu Sekolah Dasar Ferdian Achsani
Pedagogik Journal of Islamic Elementary School VOL 2 NO 2 OKTOBER 2019
Publisher : IAIN Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.07 KB) | DOI: 10.24256/pijies.v2i2.958

Abstract

Inquiry Learning merupakan suatu metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk membantu siswa aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Selama ini kita ketahui bahwa kegiatan belajar mengajar selalu berpusat pada guru dan siswa sebagai objek. Hal ini harus diubah. Guru harus memanfaatkan metode pembelajaran yang mengajak siswa untuk aktif, kreatif dan kritis selama proses pembelajaran. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif, dengan mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran dan hasil tulisan siswa melalui penerapan metode tersebut. penelitian ini dilakukan di SD N 2 Cangakan dengan jumalh  sampel data 21 siswa kelas 6. Teknik pengumpulan data dengan teknik dokumentasi dan teknik baca. Guru mendokumentasikan hal-hal yang diperbuat siswa dan membaca hasil pengamatan yang telah ditulis siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik interaktif, yang meliputi proses pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan  bahwa dalam penerapan metode pembelajaran ini hasil rata-rata dapat dikatakan baik. Hal in iterlihat dari jumlah nilai rata-rata yang berjumlah 72.61.
Peningkatan Kemampuan Menulis Prosa Sederhana Berbasis Emosi Pada Siswa Kelas V SDN 09 Mattekko Kota Palopo Attiyah Razak
Pedagogik Journal of Islamic Elementary School VOL 2 NO 2 OKTOBER 2019
Publisher : IAIN Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.09 KB) | DOI: 10.24256/pijies.v2i2.963

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan kemampuan guru merencanakan, melaksanakan pembelajaran, dan hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia tentang menulis prosa sederhana berbasis emosi pada siswa kelas V SDN 09 Mattekko. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan sebanyak II kali pertemuan, dengan tahapan Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 09 Mattekko Kota Palopo pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 24 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: dengan diterapkannya sistem pembelajaran berbasis emosi dapat meningkatkan hasil  belajar siswa setiap pembelajaran, setiap siklus mengalami peningkatan. Berdasarkan tes hasil belajar siswa kelas V SDN 09 Mattekko Kota Palopo yang dilakukan sebanyak dua siklus menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan, dari siklus I nilai rata-ratanya 72% dengan persentase ketuntasan 65%, sedangkan siklus II nilai rata-ratanya 92 dengan persentase 100% dan sudah memenuhi nilai KKM yaitu 70.
Penerapan Media Gambar Lingkungan Sekitar dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi di Sekolah Dasar Afifah Alawia
Pedagogik Journal of Islamic Elementary School VOL 2 NO 2 OKTOBER 2019
Publisher : IAIN Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (345.645 KB) | DOI: 10.24256/pijies.v2i2.959

Abstract

Penelitian ini mengungkapkan pokok permasalahan tentang keterampilan menulis karangan deskripsi dengan penerapan media gambar lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan menulis karangan deskripsi yang diterapkan melalui media gambar  lingkungan sekitar pada siswa kelas IV SDN 009 Tarue Kabupaten Luwu Utara. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melalui dua siklus. Teknik pengumpulan data yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Data penelitian yang diperoleh dinalisis dengan menggunakan rumus statistik deskriptif (persentasi) untuk mengungkapkan secara deskriptif hasil penelitian. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa pada tahap prasiklus, nilai hasil  keterampilan menulis karangan deskripsi siswa dengan nilai rata-rata adalah 5,860%. Setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menerapkan media gambar berbasis budaya lingkungan, pada siklus I nilai  keterampilan menulis karangan siswa dengan nilai  rata-rata adalah 6,720%. Kemudian, dilanjutkan pada siklus II nilai hasil menulis karangan deskripsi siswa dengan nilai rata-rata adalah 7,780%. Dengan demikian, keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SDN 009 Tarue Kabupaten Luwu utara dengan penerapkan media gambar lingkungan sekitar yang dimulai dari siklus pertama sampai siklus ke-2 menunjukkan hasil yang efektif. Oleh karena itu, media gambar lingkungan sekitar perlu dijadikan referensi oleh guru dalam kegiatan pembelajaran menulis karangan di sekolah dasar, khususnya SDN 009 Tarue Kabupaten Luwu Utara.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Intan Intan
Pedagogik Journal of Islamic Elementary School VOL 2 NO 2 OKTOBER 2019
Publisher : IAIN Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (431.982 KB) | DOI: 10.24256/pijies.v2i2.964

Abstract

Penelitian ini membahas tentang rendahnya hasil belajar bahasa Indonesia khususnya materi menulis puisi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah ada peningkatan dalam hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan, dengan tahapan Perencanaan, tahap tindakan, tahap Observasi, dan Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 008 Dandang Kecamatan Sabbang Kabupaten Luwu Utara dengan jumlah siswa 29 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: dengan diterapkan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbasis kearifan lokal hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi menulis puisi setiap siklusnya mengalami peningkatan. Berdasarkan tes hasil belajar siswa yang telah dilakukan sebanyak dua siklus menunjukkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan, dari siklus I dengan nilai rata-rata 52 dengan persentase ketuntasan 80%, sedangkan siklus II dengan nilai rata-rata 80 dengan persentase 100% dan sudah memenuhi nilai KKM yaitu  70.
Pembelajaran Berbasis Pendekatan Religius dalam Meningkatkan Akhlak dan Hasil Belajar Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Muhammad Arfah
Pedagogik Journal of Islamic Elementary School VOL 2 NO 2 OKTOBER 2019
Publisher : IAIN Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (326.454 KB) | DOI: 10.24256/pijies.v2i2.960

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan akhlak dan hasil belajar peserta didik melalui penerapan pembelajaran berbasis pendekatan religius di MI Datok Pattimang Mario Kec. Ponrang. Adapun rumusan masalah penelitian adalah Bagaimanakah penerapan pembelajaran berbasis pendekatan religius dalam meningkatkan akhlak dan hasil belajar peserta didik pada MI Datok Pattimang Mario Kec. Ponrang. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, Pendekatan yang digunakan pendekatan pedagogi. Teknik pengumpulan data melalui library research dan field research, sedangkan analisis data adalah penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pembelajaran berbasis pendekatan religius di MI Datok Pattimang Mario Kec. Ponrang Kab. Luwu dilakukan dengan mengaitkan dan mengintegrasikan nilai-nilai religius dalam proses pembelajaran demi tercapainya tujuan pembelajaran pada tiap-tiap muatan pembelajaran. (2) Langkah-langkah pembelajaran berbasis pendekatan religius dalam meningkatkan akhlak dan hasil belajar peserta didik di MI Datok Pattimang Mario Kec. Ponrang Kab.  Luwu dilakukan dengan menyisipkan nilai religius dimulai dengan kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup pembelajaran berupa kegiatan berdoa, bercerita, dan tanya jawab dengan peserta didik, dan (3) Kendala pembelajaran berbasis pendekatan religius dalam meningkatkan akhlak dan hasil belajar peserta didik di MI Datok Pattimang Mario Kec. Ponrang kab. Luwu berasal dari siswa, pendidik dan sarana prasana pendukung proses pembelajaran.
Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bermain Peran di Sekolah Dasar Hayani Hayani
Pedagogik Journal of Islamic Elementary School VOL 2 NO 2 OKTOBER 2019
Publisher : IAIN Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (297.542 KB) | DOI: 10.24256/pijies.v2i2.965

Abstract

Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berbicara siswa pada kelas V SDN 50 Bulu’ Datu kota Palopo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil proses pelaksanaan keterampilan berbicara melalui metode bermain peran pada siswa kelas V SDN 50 Bulu’ Datu kota Palopo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: dengan diterapkan penggunaan metode bermain peran setiap siklusnya mengalami peningkatan. Berdasarkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 50 Bulu’ Datu kota Palopo yang dilakukan sebanyak dua siklus menunjukkan bahwa keterampilan berbicara siswa dapat meningkat, dari siklus I nilai rata-ratanya 71,10 dengan ketuntasan 74,07 %, sedangkan siklus II nilai rata-ratanya 76,72 dengan ketuntasan 92,59% dan sudah memenuhi nilai KKM yaitu 70. Dengan demikian, hasil penelitian ini dapat  disimpulkan bahwa, dengan menggunakan metode bermain peran dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada kelas V SDN 50 Bulu’ Datu kota Palopo.

Page 1 of 1 | Total Record : 9