cover
Contact Name
Putri Nur Malasari
Contact Email
jpm@iainkudus.ac.id
Phone
+6285697918884
Journal Mail Official
putrinurmalasari@iainkudus.ac.id
Editorial Address
https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jmtk/about/editorialTeam
Location
Kab. kudus,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
ISSN : 26153939     EISSN : 27231186     DOI : http://dx.doi.org/10.21043/jpm.v3i1
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus) has number of P-ISSN 2615-3939 | E-ISSN 2723-1186, it is to provide the latest scientific articles based on Teaching and Learning, Instruction, Curriculum Development, Learning Environments, Teacher Education, Educational Technology, Educational Developments, from many kinds of research such as survey, Research and Development, Experimental Research, Classroom Action Research, etc. (See Focus and Scope). The articles are published twice a year and published by the Institut Agama Islam Negeri Kudus.
Articles 169 Documents
NILAI ISLAM DALAM TEOREMA PHYTAGORAS Romadhon, Riski Surya
Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus) Vol 1, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/jpm.v1i2.4880

Abstract

Penelitian bertujuan membuktikan berbagai konsep teori-teori yang ditemukan Phytagoras dengan prinsip-prinsp dalam islam. Jenis penelitian merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengkajian litelatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip phytagoras yaitu “untuk setiap segitiga siku siku berlaku kuadrat panjang sisi miring sama dengan jumlah kuadrat panjang sisi siku sikunya.”  Dan dapat dituliskan c2 = a2 + b2       .Semakin besar kedua kuadrat sisi siku-sikunya (a dan b) maka semakin besar sisi miringnya. Dalam islam dianjurkan untuk menjaga hablumminallah dan hablumminannas untuk mendapatkan kesuksesan didunia dan di akhirat. Diibaratkan dua sisi siku-siku segitiga tersebut. Jika semakin besar hubungan Allah dan manusia, maka semakin besar pula kesuksesan yang di dapat.
Pengembangan Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash Cs.6 dalam Pembelajaran Matematika Pada Kelas X Materi Pokok Pertidaksamaan Satu Variabel Auliya, Nanang Nabhar Fakhri
Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus) Vol 1, No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/jpm.v1i1.4457

Abstract

Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah pembelajaran di kelas yang cenderung monoton karena kurangnya media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif yang diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar. Adapun tujuan penelitian ini adalah merencanakan dan memproduksi suatu produk media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif pada materi pertidaksamaan satu variabel dan mengetahui kelayakan dari CD pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penilitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk pembelajaran matematikamenggunakan software adobe flash CS.5 standar kompetensi pertidaksamaan satu variabel pada kelas X Madrasah Aliyah Sunan Pandanaran dan mengetahui kualitas CD pembelajaran matematika tersebut berdasarkan penilaian ahli materi dan pembelajaran, ahli media dan 61 siswa kelas X. Pengembangan ini dimulai dengan cara analisis standar isi dilanjutkan dengan mengumpulkan referensi media, kemudian menyusun rancangan media, dan membuat CD pembelajaran. CD pembelajaran yang telah dibuat dikonsultasikan kepada ahli materi dan ahli multimedia, masukan/saran selanjutnya digunakan untuk merevisi CD pembelajaran. Hasil revisi tersebut diujikan kepada siswa di 2 kelas. CD prmbelajaran ini memuat standar kompetensi pertidaksamaan satu variabel dengan materi pertidaksamaan liniear, pertidaksamaan kuadrat, pertidaksamaan pecahan, pertidaksamaan bentuk akar dan pertidaksamaan harga mutlak. Penelitian telah berhasil mengembangkan CD pembelajaran matematika yang mempunyai kualitas Sangat Baik (SB) menurut penilaian dari 61 siswa kelas X MA Sunan Pandanaran dengan persentase 83,67% sehingga CD pembelajaran layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Lidi Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa pada Materi Menggambar Vektor Widiyastuti, Wahyuning; Hermawan, Faried
Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus) Vol 3, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/jpm.v3i1.7263

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan menguji keefektifan penggunaan alat peraga lidi dan motivasi siswa terhadap pembelajaran matematika dalam rangka meningkatkan hasil belajar matematika. Subyek penelitian adalah siswa kelas X MIPA SMA Negeri 2 Kudus yang berjumlah 72 orang dan terbagi dalam dua kelompok penelitian. Kedua kelompok mengalami perlakuan yang sama secara bergantian. Metode penelitian yang digunakan adalah counter balance. Data hasil belajar diperoleh melalui pre-test dan post-test. Dan data motivasi diperoleh melalui angket. Hasil penelitian menunjukkan kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan alat peraga lidi mempunyai hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan yang tidak menggunakan alat peraga lidi. Selain itu, hasil belajar yang lebih baik ditunjukkan oleh kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi. Serta tidak ada interaksi antara penggunaan alat peraga lidi dan tanpa penggunaan alat peraga lidi dengan motivasi siswa dalam meningkatkan hasil belajar matematika. Dapat disimpulkan penggunaan alat peraga lidi terbukti efektif meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi menggambar vektor dimensi tiga. This research is an experimental study that aims to test the effectiveness of using stick props and students' motivation towards learning mathematics in order to improve mathematics learning outcomes. The research subjects were 72 students of class X MIPA SMA Negeri 2 Kudus and divided into two research groups. The two groups experienced the same treatment in turn. The research method used is a counterbalance. Learning outcome data obtained through the pre-test and post-test. And motivation data obtained through a questionnaire. The results showed that groups of students who were taught using stick teaching aids had higher learning outcomes than those who did not use stick props. In addition, better learning outcomes are shown by groups of students who have high learning motivation. And there is no interaction between the use of stick props and without the use of stick props with student motivation in improving mathematics learning outcomes. It can be concluded that the use of stick props is proven to be effective in improving student mathematics learning outcomes in three-dimensional vector drawing material.
Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Intuisi Terhadap Kreatifitas Siswa Lestari, Mulyaningrum
Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus) Vol 2, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/jpm.v2i1.6339

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran intuitif untuk kreativitas siswa kelas X. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 2 Sragen. Sampel penelitian ini diambil dengan cluster random sampling dan dipilih kelas X. MIA 4 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran ekspositori, dan kelas X.Mia 5 sebagai kelas yang menggunakan pembelajaran intuitif. Analisis data dalam penelitian ini adalah siswa kelas yang menggunakan model pembelajaran ekspositori, rata-rata memenuhi tingkat kefasihan berpikir sebesar 71,9% dan masih belum memenuhi tingkat berpikir kreatif lainnya. Kemudian, siswa di kelas yang menggunakan model pembelajaran intuitif diperoleh siswa yang memenuhi tingkat kelancaran berpikir dan kefasihan berpikir sebesar 82,14%. Sehingga dapat dikatakan bahwa kreativitas siswa yang mendapatkan model pembelajaran berbasis intuisi lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan model pembelajaran ekspositori. The purpose of this study was to determine the implementation of intuitive learning models for the creativity of class X students. The population of this study was class X students of SMAN 2 Sragen. The sample of this study was taken by cluster random sampling and selected class X. MIA 4 as an experimental class that uses expository learning, and class X.Mia 5 as a class that uses intuitive learning. Analysis of the data in this study were students in the class who used expository learning models, on average meeting the level of fluency thinking by 71.9% and still not meeting the level of other creative thinking. Then, students in the class who use the intuitive learning model obtained students who meet the level of thinking Flexibility and fluency thinking level of 82.14%. So it can be said that the creativity of students who get an intuitive-based learning model is better than students who get an expository learning model.
Lawang Sewu dalam Sudut Pandang Geometri Oktaviani, Utari; Nafisah, Saniatun; Apriliyani, Mila Nurul; Susanti, Eka; Pamungkas, Megita Dwi
Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus) Vol 2, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/jpm.v2i1.6348

Abstract

Matematika dan budaya adalah dua hal yang sangat erat kaitannya. Namun terkadang matematika dipandang sebagai sesuatu yang tidak berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Infactthe environment dapat menjadi sumber permasalahan matematika dalam kehidupan nyata. Lingkungan merupakan salah satu budaya yang salah satunya termasuk bangunan bersejarah. Matematika dalam budaya disebut dengan istilah ethnomatematics. Lawang Sewu merupakan salah satu bangunan bersejarah yang terletak di kota Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui struktur geometri gedung Lawang Sewu. Gedung ini dapat digunakan sebagai objek penelitian dengan metode deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data menggunakan observasi langsung terhadap objek penelitian, wawancara dengan narasumber, dan menggunakan studi pustaka terkait dengan penelitian ini. Melalui penelitian yang penulis lakukan, dapat disimpulkan bahwa bangunan Lawang Sewu memiliki struktur geometri ruang yaitu kubus, balok, limas, dan prisma segi delapan. Mathematics and culture are two things closely related. But sometimes mathematics is seen as something that is not connected to everyday life. Infactthe environment can be a source of mathematical problems in real life. The environment is one of culture, one of which includes historic buildings. Mathematics in culture is referred to by the term ethnomatematics. Lawang Sewu is one of the historical buildings located in the city of Semarang. The purpose of this research is to know the geometry structure of Lawang Sewu building. This building can be used as a research object with qualitative descriptive method, with data collection using direct observation on research object, interview with speaker, and using library study related to research This. Through research that the authors have done, it can be concluded that Lawang Sewu building has a geometry structure of space, namely cube, beam, limas, and octagonal prism.
Modifikasi Algoritma Transportasi Fuzzy Menggunakan New Function Ranking Sam'an, M.
Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus) Vol 1, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/jpm.v1i2.4876

Abstract

Salah satu langkah dalam algoritma transportasi fuzzy untuk penyelesaian masalah transportasi fuzzy yang mempunyai ranking biaya fuzzy sama yaitu memilih secara bebas biaya fuzzy yang mempunyai ranking sama untuk dijadikan sel basis. Padahal pemilihan secara bebas tersebut dapat berpengaruh terhadap solusi, iterasi, dan nilai optimal fuzzy yang dihasilkan. Oleh karena itu, pada artikel ini diperkenalkan suatu modifikasi algoritma transportasi fuzzy dengan menggunakan new function ranking yang diperoleh dari kombinasi antara metode perankingan bilangan fuzzy yaitu ranking function dan metode pembobotan yaitu simple additive weighting. Selanjutnya dilakukan simulasi numerik menggunakan modifikasi algoritma transportasi fuzzy dan hasilnya dibandingkan dengan algoritma yang sudah ada. Dari studi kasus diperoleh bahwa modifikasi algoritma transportasi fuzzy menghasilkan perankingan yang lebih baik, solusi dan nilai optimal fuzzy yang berbeda, serta iterasi yang lebih cepat dari algoritma transportasi yang sudah ada.
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Menggunakan Power Point Terhadap Hasil Belajar Matematika Kurniawan, Dydik; Wahyuningsih, Tri; Normala Sari, Desi
Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus) Vol 3, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/jpm.v3i1.7149

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan menggunakan power point terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA di Samarinda pada tahun akademik 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPS pada tahun 2019/2020 tahun akademik yang terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 86 siswa, sedangkan sampelnya adalah kelas XI IPS 1 berjumlah 27 siswa dan kelas XI IPS 2 berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus untuk uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan, model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) menggunakan power point kelas XI SMA Negeri Samarinda pada tahun akademik 2019/2020 terhadap hasil belajar matematika. This study was conducted to determine the effect of the Think Pair Share (TPS) cooperative learning model using power points on the mathematics learning outcomes of class XI high school students in Samarinda in the 2019/2020 academic year. The population in this study were all students of class XI IPS in the 2019/2020 academic year consisting of 3 classes totaling 86 students, while the sample was 27 students in class XI IPS 1 and class XI IPS 2 with 30 students. Data collection was carried out by interview, observation and documentation. The data analysis technique used in this research is to use the formula for the normality test, homogeneity test and t-test. The results of this study are that there is a significant effect, the Think Pair Share (TPS) type of cooperative learning model uses power point class XI SMA Negeri Samarinda in the 2019/2020 academic year on mathematics learning outcomes.
ANALISIS KESULITAN DALAM PENYELESAIAN PERMASALAHAN RUANG DIMENSI DUA Hidajat, Djatmiko
Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus) Vol 1, No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/jpm.v1i1.4452

Abstract

Penelitian ini termasuk jenis penelitan kualitatif deskriptif yang bertujuanuntuk mengetahui berbagai kesulitan yang dialami oleh siswa kelas VIII SMP N 4 Tawangsari Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2017/2018 dalam menyelesaikan permasalahanruang dimensi dua dan untuk mengetahui faktor yang menyebabkan siswa kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan ruang dimensi dua. Subyekpenelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP N 4 Tawangsari Kabupaten Sukoharjo dan sumber data adalah hasil tes dan wawancara. Strategi pengumpulan data dilakukan dengan caraobservasi, metode tes, metode wawancara dan dokumentasi. Validasi data dilakukan dengan triangulasi yaitu dengan membandingkan hasil data tes dan hasil data wawancara. Teknis analisis data menggunakan analisis data kualitatif yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, verifikasi serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa jenis-jenis kesulitan yang dihadapi siswa antara lain: (a)Kesulitan memahami perintah soal. (b) Kesulitan belajar konsep awal pada bangun ruang.(c) Kesulitan menentukan rumus yang digunakan. (d) Kesulitan menghitung. Penyebab kesulitan belajar adalah (a) Siswa kurang memahami materi matematika khususnya bangun ruang. (b) Siswa kurang memperhatikan guru saat kegiatan belajar mengajar berlangsung di kelas. (c) Siswa kurang latihan soal matematika. (d) Siswa masih belum faham dengan konsep-konsep dasar yang sudah diajarkan pada materi bangun datar. (e) Siswa belum faham satu konsep namun harus digabungkan dengan konsep lain. Cara mengatasi kesulitan yang dialami siswa adalah: (a) Memberikanmetodepembelajaran yang menyenangkan untuk menambah minat siswa dalam mempelajari matematika. (b) Memperbanyak latihan soal dengan cara melakukan kuis, permainan berskor, dan memberikan nilai tambahan kepada siswa yang bisa menjawab dengan benar. (c) Guru membentuk kelompok belajar yang bertujuan untuk membahas kesulitan yang dialami siswa. (d) Guru membantu siswa untuk mempelajari dan memahami materi dari suatu konsep dasar.
Profil Berpikir Matematis Siswa Tunagrahita Sa’ady, Ma’rufatin Nurus; Lestariningsih, Sri
Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus) Vol 2, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/jpm.v2i2.6362

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil berpikir matematis siswa tunagrahita di kelas II SLBN Kaliwungu Kudus. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasilnya siswa tunagrahita kelas II SLBN Kaliwungu merupakan siswa yang mampu mengenal angka 1-11, mampu berhitung 1-20, mau belajar dan tanggap, namun guru harus mampu membimbing. lebih eksklusif. Peran orang tua juga mempengaruhi perkembangan siswa, orang tua harus selalu memperhatikan tumbuh kembang anak, serta terus mendukung dan memotivasi. This research aims to describe the profile of mathematical thinking of mentally retarded students in class II of SLBN Kaliwungu Kudus. This research is a descriptive qualitative. Data collection techniques include observation, interviews, and documentation. The result that the mentally retarded students of the second grade of SLBN Kaliwungu were students who were able to recognize numbers 1-11, were able to count 1-20, willing to learn and be responsive, but the teacher had to be able to guide more exclusively. The role of parents is also influence student development, parents must always pay attention to the child's growth and development, and continue to support and motivate.
PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA BERBASIS BUDAYA LOKAL KUDUS Masamah, Ulfa
Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus) Vol 1, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/jpm.v1i2.4882

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk etnomatematika yang terdapat pada budaya lokal Kudus, mengembangkan model pembelajaran matematika dengan pendekatan etnomatematika berbasis budaya lokal Kudus. Jenis penelitian ini merupakan R&D (research and development) dengan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga fase yaitu fase investigasi awal (preliminary research), fase pembuatan prototipe (prototyping phase), dan fase penilaian (assesment phase). Adapun uji coba terbatas dilakukan di Yayasan Madrasah Tsanawiyah Qudsiyah Putri. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, validasi, observasi dan angket. Hasil penelitian ini diperoleh informasi bahwasanya ditemukan bentuk etnomatematika pada budaya lokal Kudus yang difokuskan pada lokasi masjid dan menara Sunan Kudus yang dalam hal ini hanya diambil pada sisi materi segiempat dan segitiga. Kevalidan lembar kerja siswa sebesar 3,97 berada pada kategori valid. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata penilaian B yang berarti dapat digunakan dengan revisi. Sedangkan respon positif siswa terhadap perangkat pembelajaran sebesar 81%.

Page 1 of 17 | Total Record : 169