cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. hulu sungai utara,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
ISSN : 19074174     EISSN : 26210681     DOI : -
Core Subject : Social,
ALQALAM : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan (P-ISSN: 1907-4174 ; E-ISSN: 2621-0681) merupakan jurnal berkala yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan yang memuat tulisan dari dosen, tenaga kependidikan, pemerhati pendidikan dan lain sebagainya. Jurnal ini mempublikasikan hasil-hasil penelitian yang terkait dengan isu ke-Islaman yang berhadapan dengan isu sosial seperti pendidikan, sejarah, komunikasi, sosial politik, hukum, ekonomi, dan lainnya. Scope ini dijabar dalam fokus isu per edisi yang membahas isu sosial kontemporer seperti, kearifan lokal, urban dan multikultural.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Al Qalam Vol. 14, No. 1, Januari-Juni 2020" : 7 Documents clear
STRATEGI PENYULUH AGAMA DALAM PEMBERDAYAAN MUALLAF TURI KABUPATEN SLEMAN Rosidin Rosidin; Widodo Widodo; Siti Aminah
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan Al Qalam Vol. 14, No. 1, Januari-Juni 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (529.255 KB) | DOI: 10.35931/aq.v14i1.204

Abstract

Religious educators has prominent roles on community spiritual development, includes Muslim converts or Mualaf. Converts needs much more guidance to strengthen their faith. Therefore, religious educators should apply appropriate strategies to develop communities in both material and spiritual aspects. This paper tried to explain the strategies were used by religious educators to carry out their functions and the efforts to develop converts in Turi Subdisrict. This study applied qualitative approach. The results of the study were: first, religious educators have already properly conducted their function, includes: informative, educative, consultative, and advocative. Second, Convert empowerment program includes several activities, such as: Convert friendship forum; Faith strengthening and sharia practices; and convert’s economic development. Third, Religious educators roled as a bridge between converts and external parties, Regional Amil Zakat Agency (Bazda) of Sleman District and National Amil Zakat (Baznas), Religious Ministry, Religious Community Organization of Sleman District, Pokjaluh, and Regional Government of Sleman District.
EVALUASI KINERJA PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM IAIN SAMARINDA PASCA AKREDITASI Yusran Yusran; Rachmad Saleh Nasution
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan Al Qalam Vol. 14, No. 1, Januari-Juni 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (457.8 KB) | DOI: 10.35931/aq.v14i1.313

Abstract

This study aims to determine the perception of the IAIN lecturer at the Faculty of Economics and Islamic Business. This research method uses qualitative methods with data collection techniques such as questionnaires and data analysis using descriptive analysis. This study found that the 6 performance standards set by BANT PT, namely standard 1 about vision and mission, goals and objectives and achievement strategies, standard 2 governance, leadership, management and quality assurance systems, standard 4 human resources, and standard 5 learning curriculum and academic atmosphere, standard 6 for financing facilities and infrastructure as well as information systems, and standard 7 related to research, service and community service and collaboration in general are felt by lecturers in the satisfied or good category. 
HOME INDUSTRY SEBAGAI STRATEGI PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO DALAM MENINGKATKAN FINANCIAL REVENUES MASYARAKAT Achmad Fawaid; Erwin Fatmala
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan Al Qalam Vol. 14, No. 1, Januari-Juni 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (387.843 KB) | DOI: 10.35931/aq.v14i1.342

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui home industry kripik singkong Gazal Makmur menjadi suatu strategi pemberdayaan usaha mikro di Dusun Gazal Desa Kotaanyar Kecamatan Kotaanyar Kabupaten Probolinggo, sehingga pendapatan masyarakat disekitar bertambah atau meningkat. Metode yang digunakan dalam penelitian ialah metode kualitatif, sedangkan subjeknya 3 pemilik home industry kripik singkong gazal makmur dikarenakan peneliti menggunakan purposive sampling dengan populasi 7 pemilik home industry. Sedangkan data yang sudah didapatkan dan dijelaskan secara kualitatif dan dalam hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya home industry kripik singkong gazal makmur ini menjadi suatu strategi dalam Usaha Mikro dan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.
IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DALAM MENANAMKAN KARAKTER RELIGIUS DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL AMANAH DESA PANDAHAN KECAMATAN BATI-BATI Asep Saefuloh; Imaniah Elfa Rachmah; Muhamad Ramli
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan Al Qalam Vol. 14, No. 1, Januari-Juni 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (586.163 KB) | DOI: 10.35931/aq.v14i1.349

Abstract

This research discusses the implementation of extracurricular activities in instilling religious character in Madrasah Tsanawiyah Darul Amanah Pandahan Village, Bati-Bati District. The purpose of this study was to determine the implementation of extracurricular activities in instilling religious character in Madrasah Tsanawiyah Darul Amanah Pandahan Village, Bati-Bati District and the supporting and inhibiting factors that influence these activities. In extracting data, researchers used observation, interview, and documentation techniques. Data management techniques are done by editing, data classification, and data interpretation. Then analyzed with qualitative descriptive analysis and inductive conclusions drawn. Based on the results of the study, it is known that the implementation of extracurricular activities in Madrasah Tsanawiyah Darul Amanah has been going well. The implementation of extracurricular activities is influenced by supporting factors, namely educational background factors and the personality of teachers who teach in these extracurricular activities as well as the Islamic community environment so that the implementation of extracurricular activities in inculcating religious character can run well.
PENDIDIKAN IBADAH AKHLAK MELALUI QIRO’AH KITAB TURATS DENGAN METODE KLASIK DAN I’RAB Erna Herawati
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan Al Qalam Vol. 14, No. 1, Januari-Juni 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (556.489 KB) | DOI: 10.35931/aq.v14i1.312

Abstract

Salah satu  cara yang dilakukan oleh orang tua untuk membentuk lingkungan yang baik dan pergaulan yang baik untuk anak adalah menyekolahkannya di pesantren karena pesantren dianggap mampu secara optimal membantu peran orang tua dalam mendidik anak terutama dalam pendidikan ibadah dan akhlak. Pembiasaan ibadah dan akhlak anak dapat dilakukan dengan penanaman nilai-nilai fitrah manusia yang direfleksikan pada suri teladan nabi Muhammad SAW berdasarkan Al Qur’an yang termuat dan dijelaskan secara mendalam melalui kitab turats. Kitab Turats  menjadi materi ajar dan kurikulum pada pesantren. Penelitian ini akan mendeskripsikan pendidikan ibadah dan akhlak melalui Qiro’ah  kitab turats dengan metode klasik dan i’rab di Pondok Pesantren Nurul Huda Mergosono Malang tahun akademik 2018-2020. Peneliti melakukan observasi langsung dan menjelaskan data dengan kualitatif deskriptif terhadap 3 pendidik yang mengajar dengan pembacaan kitab kuning. Hasil Penelitian adalah tidak kurang dari 20 kitab kuning bidang studi tauhid, akhlak, fiqh (ibadah), ushul fiqh, tajwid, dan bahasa Arab dengan pola metode klasik yaitu penentuan mawad, qiro’a dan tarjamah, serta syarh, Juga pola metode i’rab yaitu penentuan mawad, i’rob, qiro’ah, tarjamah dan syarh. Syarh pendidik tentang kandungan kitab turats menjadi income pengetahuan anak dalam pelaksanaan ibadah dan pembiasaan akhlak, tentu disertai pendampingan penuh  kasih sayang dan  keteladanan, optimalisasi kegiatan ibadah wajib dan sunah dengan salat wajib berjama’ah dan salat sunat berjama’ah (rawatib, tahajud, witir, dan dhuha), pembelajaran al-Quran dan hadis, evaluasi dan monotoring kognitif dan afektif anak, serta pembiasaan bersosialisasi dengan masyarakat
DINAMIKA KEBERAGAMAAN MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT Noor Ainah; M. Ihsanul Arief; Gusti Husin
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan Al Qalam Vol. 14, No. 1, Januari-Juni 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (493.742 KB) | DOI: 10.35931/aq.v14i1.332

Abstract

Seorang muslim dalam menjalankan ibadah yang tampak dilakukan, dinilai sebagai ukuran taat dan tidaknya seseorang. Walau banyak lagi ukuran lainnya salah satunya konsistensi mengerjakan shalat Selain shalat ada lagi ritual ibadah yang sangat penting bagi seorang muslim yakni membaca al-Quran. Kemampuan membaca al-Quran dengan baik yang dimiliki seseorang akan menambah semangat untuk memperdalamnya. Al-Quran bukan hanya untuk dilafalkan saja, tetapi harus dipahami agar kita bisa belajar darinya. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan Teknik analisa diskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik participant observation dan dept interview. Pendekatan wawancara yang digunakan dengan wawancara terstruktur dan wawancara bebas (semi terstruktur). Dilaksanakan dua bulan, Nopember 2019-Januari 2020. Pengecekan data dilakukan melalui focus group discussion. Artikel ini mendapatkan bahwa 1800 mahasiswa angkatan 2019 jika diangkakan hanya 10 % yang benar-benar bagus bacaan al-Qurannya. Untuk kebiasaan shalat mahasiswa angkatan 2019 dari tes bacaan dan gerakan shalat 1-2 pertemuan dan kebiasaan shalat selama 1 semester mahasiswa bervariasi, ada yang sangat rajin dan alhamdulillah tidak ada yang buruk. Rata-rata mahasiswa sudah baik bacaan shalatnya, hanya saja ada beberapa yang masih kurang hapal bacaan tasyahhud akhir dan doa qunut. 
POLA ASUH ORANG TUA DALAM MEMBINA KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN PADA ANAK DI DESA PADANG TANGGUL KECAMATAN AMUNTAI SELATAN Mahmud Mahmud
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan Al Qalam Vol. 14, No. 1, Januari-Juni 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (343.083 KB) | DOI: 10.35931/aq.v14i1.333

Abstract

Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana pola asuh orang tua dalam membina kemampuan membaca al-Quran pada anak di Desa Padang Tanggul Kecamatan Amuntai Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran yang jelas mengenai bagaimana pola asuh orang tua dalam membina kemampuan membaca al-Quran pada anak di Desa Padang Tanggul Kecamatan Amuntai Selatan. Penelitian ini dilandasi asumsi dasar bahwa orang tua mempunyai peran dan tanggung jawab yang besar dalam membimbing, memberikan perhatian, dan pengawasan bagi anak-anaknya dalam pendidikan membaca al-Quran. Namun sepertinya mereka beranggapan bahwa hal tersebut cukup diserahkan kepada lembaga pendidikan saja. Padahal orang tua seharusnya harus memberikan perhatian, peraturan, pendisiplinan, hadiah dan hukuman agar anak-anaknya mampu membaca al-Quran dengan baik dan benar. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh kepala keluarga yang mempunyai anak usia 5-9 tahun yang berjumlah 58 kepala keluarga dan diambil sampel 8 kepala keluarga secara acak (random sampling) untuk diteliti. Sedangkan objeknya adalah pola asuh orang tua dalam membina kemampuan membaca al-Quran pada anak di Desa Padang Tanggul Kecamatan Amuntai Selatan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumenter. Data diolah dengan menggunakan teknik reduksi data, display data dan verifikasi data, kemudian diadakan analisis data dengan teknik diskriptif kualitatif dan untuk mengambil kesimpulan digunakan teknik induktif. Hasil penelitian adalah pola asuh orang tua dalam membina kemampuan membaca al-Quran pada anak sudah maksimal. Hal ini disebabkan oleh adanya perhatian yang diberikan orang tua terhadap kemampuan membaca al-Quran kepada anak-anaknya dengan mendidik langsung belajar membaca al-Quran di rumah, adanya peraturan dalam belajar membaca al-Quran yang membuat anak rutin dan disiplin dalam belajar membaca al-Quran, adanya  upaya pendisiplinan dengan memberikan keteladanan kepada anak sehingga menjadikan anak istiqamah dalam belajar membaca al-Quran, adanya pemberian hadiah untuk menambah semangat anak dalam belajar membaca al-Quran dan adanya pemberian hukuman yang bersifat mendidik untuk meluruskan kesalahan anak.

Page 1 of 1 | Total Record : 7