cover
Contact Name
Reza Andrea
Contact Email
reza@wicida.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Sebatik
ISSN : 14103737     EISSN : 2621069X     DOI : -
Core Subject : Science,
SEBATIK merupakan jurnal kumpulan artikel hasil penelitian, karya ilmiah, maupun program pengabdian masyarakat dari seluruh civitas akademik di Indonesia dalam rangka mengitegrasikan informasi. SEBATIK menyediakan layanan publikasi terbuka untuk semua kalangan umum, baik di semua lingkungan perguruan tinggi maupun keguruan dan lembaga penelitian lainnya, dengan kebebasan bertukar informasi yang didedikasikan untuk memfasilitasi kolaborasi antara peneliti, penulis maupun pembaca melalui pertukaran informasi. SEBATIK mulai diperkenalkan dan dikembangkan di lingkungan STMIK Widya Cipta Dharma sejak tahun 2001 dan terbuka lebar untuk pengembangan yang berkesinambungan. SEBATIK terbit berkala dua kali dalam setahun, yaitu Juni dan Desember, dimana setiap edisi terbitan mengandung paling sedikit 5 buah judul artikel. Jurnal ini memuat hasil-hasil kegiatan penelitian, penemuan dan pengabdian masyarakat dari bukan hanya dari dunia IT tetapi juga berbagai bidang disiplin ilmu. SEBATIK terbuka untuk topik-topik penelitian dan pengabdian seperti topik hubungan masyarakat, peningkatan ekonomi, pendidikan, infrastruktur TIK, dan lain-lain. Semoga dengan artikel-artikel dalam kultivasi para peneliti dapat saling berbagi ilmu demi memajukan Indonesia khususnya Kalimantan Timur.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 12 No 1 (2014): JUNI" : 5 Documents clear
SISTEM PAKAR DIAGNOSA JENIS-JENIS PENYAKIT DEMAM PANAS PADA BALITA DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY LOGIC BERBASIS WEB Muhammad Irwan Ukkas; Shinta Palupi; Inka Pradiba
Sebatik Vol 12 No 1 (2014): JUNI
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (632.598 KB)

Abstract

Selama ini sudah ada beberapa metode dalam melakukan diagnosa penyakit, terutama dalam bentuk sistem pakar. Pada tugas akhir ini, akan digunakan fuzzy inference sistem dengan metode Tsukamoto untuk menentukan jenis-jenis penyakit demam panas yang mungkin diderita oleh pasien. Input yang dibutuhkan adalah gejala-gejala yang dialami oleh pasien. Basis pengetahuan dibangun dengan menggunakan kaidah produksi (IF-THEN). α-predikat (Fire strength) yang diperoleh pada setiap aturan fuzzy untuk setiap penyakit pada basis pengetahuan, kemudian dikomposisikan dengan menggunakan rata-rata terbobot. Hasil rata-rata terbobot ini merupakan output tingkat resiko penyakit. Dengan Menerapkan metode diatas, maka lebih dihasilkan sebuah sistem pakar diagnosa jenis-jenis penyakit demam panas yang dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mendapatkan informasi tentang gejala-gejala penyakit demam panas. Sistem ini juga dapat membantu kinerja pakar yaitu dengan mudah menambah, mengganti dan menghapus data (pengetahuannya).
SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT PARU-PARU PADA ANAK BERBASIS WEB Shinta Palupi; Siti Lailiyah; Nurheni Astutiningsih
Sebatik Vol 12 No 1 (2014): JUNI
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1067.755 KB)

Abstract

Tujuan dari pembuatan Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Paru-paru pada Anak ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan informasi sekaligus diagnosa penyakit paru kepada pasien tanpa harus berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter spesialis atau pakarnya. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode Forward chaining untuk menentukan jenis–jenis penyakit yang diderita oleh pasien. Input yang dibutuhkan adalah gejala–gejala yang dialami oleh pasien. Basis pengetahuan dibangun dengan menggunakan kaidah produksi (IF – THEN). Output dari Hasil diagnosa penyakit ini merupakan penyakit yang diderita oleh anak. Tahapan pengembangan sistem pakar yang digunakan adalah penilaian, koleksi pengetahuan, perancangan, test, dokumentasi dan pemeliharaan dalam perancangan “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Paru-paru Berbasis Web” penulis mengunakan beberapa alat bantu yang di gunakan yaitu Flowchart, sistem ini dikembangkan dengan pemrograman web PHP dan database menggunakan MySQL Dengan menerapkan metode diatas, maka lebih dihasilkan sebuah sistem pakar diagnosa penyakit paru-paru yang dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mendapatkan informasi tentang gejala-gejala penyakit paru-paru pada anak.
SISTEM PAKAR ILMU FARAIDH BERBASIS WEB DENGAN METODE FOORWARD CHAINING DAN DEPTH FIRST SEARCH Ahmad Rofiq Hakim; Tabrani Rijai; Miftachus Sholichin
Sebatik Vol 12 No 1 (2014): JUNI
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (785.843 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk dapat membuat dan mengembangkan sebuah sistem yang interaktif, sehingga dapat membantu masyarakat muslim khususnya untuk memperoleh informasi dan memahami tentang penghitungan faraidh. Dalam penelitian ini menggunakan metode Forward Chaining dan Depth First Search. Adapun alat bantu yang digunakan antara lain Flowchart, Web Server Xamp, Database MySql, Web Developer menggunakan PHP, Editor dan Web Desain menggunakan Macromedia Dreamweaver Cs6. Dari hasil penelitian yang diperoleh, yakni penelitian ini menghasilkan sebuah sistem pakar yang ditujukan kepada masyarakat pengguna atau yang menggunakan untuk tahu masalah faraidh dan penerpan hukum ini di kalangan masyarakat, agar tidak terjadi kesalahan baik penghitungan dan kesalah pahaman.
SISTEM INFORMASI PENJUALAN ALAT BERAT DAN SPAREPARTS PADA PT. HEXINDO MENGGUNAKAN BARCODE Ita Arfyanti; Azahari Lathyf; Didin Rosita Arini
Sebatik Vol 12 No 1 (2014): JUNI
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (921.192 KB)

Abstract

Sistem informasi adalah sebuah sistem yang terdiri atas rangkaian subsistem informasi terhadap pengolahan data untuk menghasilkan informasi yang berguna. Sistem informasi penjualan alat berat dan spareparts merupakan pengalihan alat berat dan spareparts dengan imbalan uang sebagai gantinya dengan persetujuan untuk menyerahkan barang kepada pihak lain dengan menerima pembayaran. Barcode sebagai kumpulan kode yang berbentuk garis, dimana masing -masing ketebalan setiap garis berbeda sesuai dengan isi kodenya. PT. Hexindo Adi Perkasa merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan alat berat dan spareparts yang berada di Samarinda Kalimantan Timur. Penelitian ini dilakukan dalam rangka membangun sistem informasi penjualan alat berat dan spareparts pada PT. Hexindo Adi Perkasa Samarinda menggunakan Barcode. Adapun metode pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi dan studi pustaka. Sedangkan untuk metode pengembangan sistem alat bantu yang digunakan adalah Flow of Documents, Contex Diagram, Data Flow Diagram, HIPO. Dengan dibangunnya sistem informasi penjualan alat berat dan spareparts pada PT. Hexindo Adi Perkasa Samarinda ini pengguna dapat memproses data lebih praktis, cepat dan akurat menggunakan perangkat barcode reader.
PENGENALAN POLA PERILAKU SEORANG MANUSIA DALAM PERMAINAN SUTEN MENGGUNAKAN METODE JARINGAN SARAF TIRUAN PROPAGASI BALIK Muhammad Irwan Ukkas; Awang Harsa Kridalaksana; Tjeng Wawan Cenggoro
Sebatik Vol 12 No 1 (2014): JUNI
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (384.975 KB)

Abstract

Jaringan saraf tiruan merupakan suatu paradigma pemrosesan informasi yang mengambil permodelan dari cara kerja jaringan saraf biologi dalam memroses informasi sehingga memiliki kemampuan yang mirip dengan otak manusia. Jaringan saraf tiruan mampu menyelesaikan berbagai masalah yang mengandung ketidak pastian di dalamnya, yang biasanya hanya bisa diselesaikan oleh manusia. Permasalahan tersebut antara lain adalah pengenalan pola. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dari metode jaringan saraf tiruan propagasi balik untuk mengenali pola perilaku manusia dalam permainan suten. Hasil dari penelitian ini adalah berupa aplikasi yang menggunakan jaringan saraf tiruan untuk mengenali pola perilaku manusia dalam permainan suten dan efektivitas dari metode jaringan saraf tiruan propagasi balik untuk mengenali pola perilaku manusia dalam permainan suten.

Page 1 of 1 | Total Record : 5