cover
Contact Name
Reza Andrea
Contact Email
reza@wicida.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Sebatik
ISSN : 14103737     EISSN : 2621069X     DOI : -
Core Subject : Science,
SEBATIK merupakan jurnal kumpulan artikel hasil penelitian, karya ilmiah, maupun program pengabdian masyarakat dari seluruh civitas akademik di Indonesia dalam rangka mengitegrasikan informasi. SEBATIK menyediakan layanan publikasi terbuka untuk semua kalangan umum, baik di semua lingkungan perguruan tinggi maupun keguruan dan lembaga penelitian lainnya, dengan kebebasan bertukar informasi yang didedikasikan untuk memfasilitasi kolaborasi antara peneliti, penulis maupun pembaca melalui pertukaran informasi. SEBATIK mulai diperkenalkan dan dikembangkan di lingkungan STMIK Widya Cipta Dharma sejak tahun 2001 dan terbuka lebar untuk pengembangan yang berkesinambungan. SEBATIK terbit berkala dua kali dalam setahun, yaitu Juni dan Desember, dimana setiap edisi terbitan mengandung paling sedikit 5 buah judul artikel. Jurnal ini memuat hasil-hasil kegiatan penelitian, penemuan dan pengabdian masyarakat dari bukan hanya dari dunia IT tetapi juga berbagai bidang disiplin ilmu. SEBATIK terbuka untuk topik-topik penelitian dan pengabdian seperti topik hubungan masyarakat, peningkatan ekonomi, pendidikan, infrastruktur TIK, dan lain-lain. Semoga dengan artikel-artikel dalam kultivasi para peneliti dapat saling berbagi ilmu demi memajukan Indonesia khususnya Kalimantan Timur.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 18 No 1 (2017): JUNI" : 5 Documents clear
SISTEM MONITORING MUTU HASIL UJIAN SEKOLAHPADA SEKOLAH DASAR DI KECAMATANTENGGARONG SEBERANG Muhammad Ugiarto; Mega Putri Lisvianingsih
Sebatik Vol 18 No 1 (2017): JUNI
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (445.227 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang dan membangun sistem yang berguna dalam memudahkan pendistribusian informasi hasil Ujian Sekolah, pengarsipan hasil nilai Ujian Sekolah serta monitoring mutu hasil Ujian Sekolah pada Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di UPT.Dinas Pendidikan Kecamatan Tenggarong Seberang dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu studi lapangan (wawancara) dan studi literatur.Sistem monitoring ini berbasis website dengan menggunakan metode System Development Life Cycle model waterfall.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan sistem monitoring ini, maka data yang diolah dapat terintegrasi ke dalam manajemen sistem yang baik serta memudahkan pihak UPT.Dinas Pendidikan dan Sekolah Dasar dalam memantau perkembangan mutu hasil Ujian Sekolah setiap tahun.
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI BADAN PENJAMINAN MUTU INTERNAL STMIK BALIKPAPAN BERBASIS WEBSITE RESPONSIVE Muhammad Safii; Vidy Vidy
Sebatik Vol 18 No 1 (2017): JUNI
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (490.488 KB)

Abstract

Perguruan tinggi STMIK Balikpapan sebagian besar belum menerapkan proses penjaminan mutu, pada hal saat ini penjaminan mutu merupakan tuntutan masyarakat maupun Pemerintah yang tidak bisa dihindari. Salah satu kendalanya adalah belum tersedianya sistem informasi yang dapat menginformasikan kepada seluruh mahasiswa-i, staff karyawan dan dosen di stmik balikpapan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang kebutuhan aplikasi sistem informasi penjaminan mutu yang mudah di gunakan oleh semua pengguna. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk membangun Sistem Informasi Penjaminan Mutu Internal STMIK Balikpapan terhadap layanan unit. Model pengembangan sistem yang digunakan adalah RAD ( Rapid Application Develompment) yang mana model RAD ini merupakan adaptasi dari model waterfall versi kecepatan tinggi dan model perangkat lunak yang bersifat inkremental terutama untuk waktu pekerjaan yang pendek. Pengujian yang di gunaka n untuk menguji kehandalan aplikasi yang dibangun melalui blackbox test dan alpha test.
SISTEM KENDALI METODE PID DAN KOMBINASI SPESIFIKASI PADA KECEPATAN TINGGI INDUKSI MOTOR Pohny Pohny
Sebatik Vol 18 No 1 (2017): JUNI
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (385.289 KB)

Abstract

Metode desain kendali menggunakan konveksitas dari umum loop tertutup spesifikasi kinerja. Sehubungan dengan loop tertutup fungsi transfer sistem untuk menggabungkan memenuhi setidaknya satu loop tertutup spesifikasi kinerja dengan merumuskan pengendali tunggal yang memenuhi semua spesifikasi. Sedangkan kendali gain tuning pusat proses desain, proses tuning sangat disederhanakan, jika dibandingkan disajikan ketika satu set kendali keuntungan disesuaikan untuk memenuhi kombinasi simultan spesifikasi loop tertutup. Metode kendali metode ini yang diusulkan diterapkan pada motor AC induksi kecepatan tinggi, dengan inner-loop flux vector pengendali diterapkan, untuk merancang kendali posisi sistem.
PENERAPAN VALUE DISCIPLINE STRATEGY PADA BANK KALTIM CABANG TANA PASER Wahyuni Wahyuni; Jajang Nurjaman
Sebatik Vol 18 No 1 (2017): JUNI
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (416.185 KB)

Abstract

Bank Daerah saat ini diharapkan mampu bersaing dengan bank-bank swasta dalam meningkatkan kualitas taraf hidup masyarakat, selain untuk dapat menghimpun dana masyarakat di daerah tersebut. Bank Kaltim Cabang Tana Paser yang merupakan bank daerah di Kabupaten Tana Paser terus berupaya untuk memberikan layanan terbaik kepada nasabahnya dalam bentuk pelayanan produk dan jasa. Sesuai dengan visinya “Menjadi The True Regional Champion yang Kuat, Kompetitif dan Kontributif dalam mendukung pertumbuhan ekonomi daerah yang berkualitas”, Bank Kaltim Cabang Tana Paser membutuhkan suatu strategi bisnis untuk mencapai visi tersebut yaitu dengan menggunakan Value Discipline Strategy. Value discipline strategy atau bisa disebut disiplin nilai pertama kali dikemukakan oleh seorang presiden dari perusahaan Treacy yaitu Michael Treacy dan Fred Wierseam. Pada dasarnya, teori ini menekankan pentingnya identifikasi terhadap segmen pasar (market segment). Menurut pand angan ini, ada tiga segmen generik, diantaranya adalah Operational Excellence,Product Leadership,Customer Intimacy. Untuk dapat menentukan jenis strategi yang tepat, maka dibutuhkan suatu analisis baik dari faktor eksternal dan internal. Setelah dilakukan analisis dapat disimpulkan bahwa jenis strategi yang tepat untuk diterapkan adalah Customer Intimacy dimana pada jenis strategi ini Bank Kaltim Cabang Tana Paserdifokuskan pada pendekatan terhadap nasabah.
ANALISA RESOURCE-BASED VIEW STRATEGY STUDI KASUS PADA STMIK WIDYA CIPTA DHARMA SAMARINDA Ahmad Fajri; Bagus Satria; Muhammad Fahmi
Sebatik Vol 18 No 1 (2017): JUNI
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (144.809 KB)

Abstract

Konsep resource-based view yang memiliki peran penting bagi manajemen strategik. Konsep tersebut menyatakan bahwa organisasi akan mencapai keunggulan bersaing berkelanjutan apabila memiliki sumberdaya yang bernilai, unik, langka dan sulit ditiru. Resource-based view menekankan pada faktor internal organisasi dan mengkritik pendekatan industrial organization yang menekankan pada faktor eksternal organisasi. Berdasarkan resource-based view, organisasi dapat menentukan strategi yang akan dilakukannya sesuai dengan kapabilitas organisasi. Dalam konteks bisnis, strategi-strategi dilaksanakan berdasarkan operasi perguruan tingi dari waktu ke waktu merupakan refleksi keputusan kunci yang dibuat sesuai dengan pengalokasian dan pengelolaan sumber daya yang dimiliki serta penyelara- san lingkungan bisnis yang dihadapi. Pada dasarnya setiap perguruan-tinggi memiliki strategi untuk menjalankan aktivitas-nya, terlepas strategi tersebut di-laksanakan dalam bentuk formal maupun informal. Perlu diketahui dalam mengkaji strategi bisnis, strategi yang diterapkan di setiap perguruan tinggi memiliki per-bedaan bahkan antar situasi dan kondisi yang dihadapi. Upaya yang dilakukan perguruan-tinggi untuk mengungguli para pesaing dapat dilakukan dengan menerapkan strategi bersaing. Penerapan strategi bersaing ini mengarahkan perguruan-tingi untuk memfokuskan pada posisi kompetitifnya di STM IK Widya Cipta Dharma.

Page 1 of 1 | Total Record : 5