cover
Contact Name
Reza Andrea
Contact Email
reza@wicida.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Sebatik
ISSN : 14103737     EISSN : 2621069X     DOI : -
Core Subject : Science,
SEBATIK merupakan jurnal kumpulan artikel hasil penelitian, karya ilmiah, maupun program pengabdian masyarakat dari seluruh civitas akademik di Indonesia dalam rangka mengitegrasikan informasi. SEBATIK menyediakan layanan publikasi terbuka untuk semua kalangan umum, baik di semua lingkungan perguruan tinggi maupun keguruan dan lembaga penelitian lainnya, dengan kebebasan bertukar informasi yang didedikasikan untuk memfasilitasi kolaborasi antara peneliti, penulis maupun pembaca melalui pertukaran informasi. SEBATIK mulai diperkenalkan dan dikembangkan di lingkungan STMIK Widya Cipta Dharma sejak tahun 2001 dan terbuka lebar untuk pengembangan yang berkesinambungan. SEBATIK terbit berkala dua kali dalam setahun, yaitu Juni dan Desember, dimana setiap edisi terbitan mengandung paling sedikit 5 buah judul artikel. Jurnal ini memuat hasil-hasil kegiatan penelitian, penemuan dan pengabdian masyarakat dari bukan hanya dari dunia IT tetapi juga berbagai bidang disiplin ilmu. SEBATIK terbuka untuk topik-topik penelitian dan pengabdian seperti topik hubungan masyarakat, peningkatan ekonomi, pendidikan, infrastruktur TIK, dan lain-lain. Semoga dengan artikel-artikel dalam kultivasi para peneliti dapat saling berbagi ilmu demi memajukan Indonesia khususnya Kalimantan Timur.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 19 No 1 (2018): JANUARI" : 5 Documents clear
METODE ESTIMASI DAN PENGENDALIAN STATUS SISTEM JARINGAN DENGAN KERUGIAN PACKET Pohny Pohny
Sebatik Vol 19 No 1 (2018): JANUARI
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (967.47 KB)

Abstract

Pengenalan jaringan membawa banyak keuntungan, seperti pengurangan kabel, biaya yang lebih rendah dalam pemeliharaan, peningkatan kelincahan sistem, kemudahan berbagi informasi. Adapun metode yang digunakan adalah Linear Quadratic Gaussian Control dimana estimasi optimal dan kontrol optimal (LQG) untuk sistem seperti UDP tanpa observasi hilang. Untuk fokus pada sifat dampak sinyal pengakuan, peneliti menganggap sistem seperti UDP observasi tidak hilang. Hal ini menunjukkan bahwa estimator optimal terdiri dari eksponensial. Dengan meningkatnya syarat, tidak ada persamaan Riccati untuk menganalisis estimasi error kovarians, dan perhitungannya membutuhka n peningkatan waktu dan memori komputer secara eksponensial, estimator optimal untuk sistem seperti UDP diturunkan.Dengan kemajuan pesat dalam ilmu komputer, komunikasi dan kontrol teknik,titik-to-point arsitektur komunikasi tradisional untuk sistem kontrol, yang masing-masing komponen terhubung melalui kabel,tidak dapat memenuhi persyaratan industri modern, seperti modularitas, diagnostik terpadu, instalasi mudah dan pemeliharaan, dan kontrol di distribusikan. Mengatasi masalah ini menimbulkan sistem kontrol jaringan (NCSS),di mana komponen terhubung melalui jaringan. Pengenalan jaringan membawa banyak keuntungan, seperti pengurangan kabel, biaya yang lebih rendah dalam pemeliharaan, peningkatan kelincahan sistem, kemudahan berbagi informasi. Manfaat tersebut telah memberikan dorongan besar untuk luas aplikasi dari NCSS di berbagai bidang, seperti industri kendaraan, kontrol proses engineering, teleoperation, sistem tenaga, dan transportasi sistem. Namun pengenalan jaringan juga menyebabkan beberapa kendala network induced, seperti kemacetan saluran,delay transmisi, kerugian paket dan gangguan, jam asynchronization antara node lokal dan remote, data yang kuantisasi, persaingan beberapa node jaringan mengakses.
MEMBANGUN EDUGAME “BONI KIDS – BORNEO ANIMAL KIDS” PERMAINAN MATCH-UP DENGAN TEKNIK PENGACAKAN SHUFFLE DAN PENGEMBANGAN AGEN CERDAS DENGAN MODEL FINITE STATE MACHINE (FSM) Reza Andrea; Shinta Palupi
Sebatik Vol 19 No 1 (2018): JANUARI
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (864.761 KB)

Abstract

Penelitian membangun Edugame "Boni Kids - Borneo Animal Kids" merupakan penelitian pengembangan permainan berjenis Match-Up Game yang dirancang untuk mengasah daya ingat. Dalam permainan ini pemain harus mencocokkan 2 gambar hewan-hewan khas Kalimantan yang sama, pemain harus mengingat posisi gambar yang akan dicocokkan. Algoritma pengacakan shuffle diterapkan dalam penelitian ini, dengan tujuan membuat susunan posisi gambar selalu teracak dan permainan menjadi tidak monoton dan membosankan. Teknologi AI (kecerdasan buatan) juga diterapkan pada penelitian ini. Menggunakan metode model Finite State Machine (FSM), permainan yang dibangun akan memiliki karakter game agent yang akan mendampingi anak bermain layaknya guru.
IMPLEMENTASI METODE MARKER BASED TRACKING PADA APLIKASI BANGUN RUANG BERBASIS AUGMENTED REALITY Bagus Satria; Prihandoko Prihandoko
Sebatik Vol 19 No 1 (2018): JANUARI
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (368.573 KB)

Abstract

Saat ini media yang digunakan dalam pembelajaran bangun ruang hanya berupa papan tulis ataupun buku cetak sehingga sisi bagian dalam dan belakang dari bagian tersebut tidak terlihat. Biasanya guru menggunakan alat peraga untuk memvisualisasikan bagun ruang tersebut, namun siswa harus bergantian untuk bisa melihat secara dekat bangun ruang tersebut, karena tidak memungkinkan tiap siswa mendapat semua jenis alat peraga dengan banyaknya jenis bangun ruang.Untuk memenuhi tuntutan tersebut dibutuhkan aplikasi yang dapat menampilkan bentuk bangun ruang 3 dimensi agar siswa dapat memahami bentuk dari masing-masing bangun ruang. Aplikasi Bangun Ruang berbasis augmented reality adalah aplikasi multimedia yang menggabungkan data grafis bentuk bangun ruang 3 dimensi dengan media buku. Penelitian ini akan mengimplementasikan metode marker based tracking pada aplikasi pembalajaran bangun ruang berbasis augmented reality. Dengan adanya perpaduan teknologi modern yaitu visualisasi 3D dalam hal ini penulis menggunakan Augmented Reality, maka bangun ruang yang akan diajarkan guru kepada siswa akan terasa lebih menarik dan membuat siswa dapat memahami bentuk dan rumus-rumus dari bangun ruang tersebut.
PEMETAAN SOSIAL SEBARAN KRIMINALITAS DI KOTA SAMARINDA BERBASIS SINGLE EXPONENTIAL SMOOTHING DAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS Indah Fitri Astuti; Ekky Fardinan; Addy Suyatno
Sebatik Vol 19 No 1 (2018): JANUARI
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (580.407 KB)

Abstract

Kriminalitas adalah bentuk perbuatan sosial yang melanggar norma hukum yang berkaitan dengan perbuatan merampas hak milik orang lain, mengganggu ketertiban masyarakat, dan pembunuhan satu maupun sekelompok orang. Tindak kriminalitas terjadi karena adanya kepincangan sosial, kebencian, tekanan mental, ataupun perubahan l ingkungan yang terjadi di masyarakat. Samarinda merupakan salah satu kota terpadat di Provinsi Kalimantan Timur yang memiliki rentetan kasus kriminalitas yang sangat tinggi menurut Kepolisian Negara Republik Indonesia Resor Kota Samarinda dan tercatat 2.783 laporan kriminal terjadi pada tahun 2016. Sistem Informasi Geografis (SIG) merupakan sistem informasi berbasis komputer yang digunakan untuk mengolah, menyimpan, mengumpulkan, menimbun, dan mengambil kembali data yang diinginkan dan penayangan data keruangan yang berasal dari kenyataan dunia. Tujuan penelitian ini adalah memodifikasi peta Samarinda dengan informasi sebaran daerah perseberan kriminal agar dapat menjadi peringatan bagi para penduduk maupun pendatang tentang daerah rawan, daerah berbahaya, maupun daerah yang jarang terjadi kriminalitas. Studi ini menggunakan metode Single Exponential Smoothing yang merupakan salah satu metode peramalan kuantitatif dengan menambahkan parameter α dalam modelnya untuk mengurangi faktor acak dalam menghitung data akan datang berdasarkan perhitungan data sebelumnya. Hasil yang dicapai dari penelitian ini menerapkan metode peramalan dalam SIG yang dapat memberikan informasi mengenai kriminalitas yang ada di 10 Kecamatan Kota Samarinda sebagai acuan untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat dalam menghadapi bahaya kriminalitas di Kota Samarinda.
PENERAPAN METODE AHP DAN METODE TOPSIS DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN ASISTEN LABORATORIUM KOMPUTER PADA STMIK WIDYA CIPTA DHARMA SAMARINDA Bartolomius Harpad; Salmon Salmon
Sebatik Vol 19 No 1 (2018): JANUARI
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269.7 KB)

Abstract

Penelitian pengambilan keputusan proses penerimaan asisten laboratorium yang di rancang untuk menentukan siapa saja yang akan diterima menjadi asisten laboratorium komputer. Seiring dengan perkembangan teknologi, maka pemanfaatan teknologi informasi dapat digunakan guna mempermudah dalam hal pengambilan suatu keputusan. Metode yang dipakai dalam pengambilan keputusan proses penerimaan asisten laboratorium adalah AHP (Analitical Hierarcy Process) dan Metode TOPSIS (Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution). Dalam proses seleksi tersebut terdapat beberapa kriteria penilaian yang dilakukan diantaranya kemampuan mengajar, penguasaan materi, wawancara, tanggung jawab dan disiplin.

Page 1 of 1 | Total Record : 5