cover
Contact Name
Reza Andrea
Contact Email
reza@wicida.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Sebatik
ISSN : 14103737     EISSN : 2621069X     DOI : -
Core Subject : Science,
SEBATIK merupakan jurnal kumpulan artikel hasil penelitian, karya ilmiah, maupun program pengabdian masyarakat dari seluruh civitas akademik di Indonesia dalam rangka mengitegrasikan informasi. SEBATIK menyediakan layanan publikasi terbuka untuk semua kalangan umum, baik di semua lingkungan perguruan tinggi maupun keguruan dan lembaga penelitian lainnya, dengan kebebasan bertukar informasi yang didedikasikan untuk memfasilitasi kolaborasi antara peneliti, penulis maupun pembaca melalui pertukaran informasi. SEBATIK mulai diperkenalkan dan dikembangkan di lingkungan STMIK Widya Cipta Dharma sejak tahun 2001 dan terbuka lebar untuk pengembangan yang berkesinambungan. SEBATIK terbit berkala dua kali dalam setahun, yaitu Juni dan Desember, dimana setiap edisi terbitan mengandung paling sedikit 5 buah judul artikel. Jurnal ini memuat hasil-hasil kegiatan penelitian, penemuan dan pengabdian masyarakat dari bukan hanya dari dunia IT tetapi juga berbagai bidang disiplin ilmu. SEBATIK terbuka untuk topik-topik penelitian dan pengabdian seperti topik hubungan masyarakat, peningkatan ekonomi, pendidikan, infrastruktur TIK, dan lain-lain. Semoga dengan artikel-artikel dalam kultivasi para peneliti dapat saling berbagi ilmu demi memajukan Indonesia khususnya Kalimantan Timur.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 40 Documents
Search results for , issue "Vol 23 No 1 (2019): JUNI 2019" : 40 Documents clear
MANAJEMEN RISIKO TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN ISO 31000 : 2018 (STUDI KASUS: CV. XY) Krisdana Bima Mahardika; Agustinus Fritz Wijaya; Ariya Dwika Cahyono
Sebatik Vol 23 No 1 (2019): JUNI 2019
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (248.186 KB)

Abstract

CV. XY merupakan salah satu penghasil bus terbesar saat ini di Indonesia. CV. XY menggunakan ISO 9001 : 2008 sebagai pedoman standarisasi mutu perusahaan. Namun, standarisasi tersebut masih mencakup secara keseluruhan dan belum ada standarisasi khusus untuk bagian IT. Maka peneliti tertarik untuk menganalisis manajemen risiko pada bagian IT CV. XY. Manajemen risiko adalah suatu proses mengidentifikasi, mengukur risiko, serta membentuk strategi untuk mengelolanya melalui sumber daya yang tersedia.Dalam penilaian risiko, ada beberapa tahapan meliputi identifikasi asset, identifikasi risiko, dan analisis risiko. Dari hasil penelitian, didapatkan hasil bahwa ada kemungkinan – kemungkinan risiko dengan berbagai tingkatan. Maka peneliti menyimpulkan bahwa IT CV. XY belum memenuhi syarat standar ISO 31000 : 2018, dikarenakan dari beberapa tahapan pengamatan, wawancara, serta penilaian terhadap risiko itu sendiri masih banyak temuan risiko yang belum bisa terpecahkan oleh perusahaan.
MEMBANGUN PERMAINAN EDUKASI ANDROID “FLORA THE EXLPORER” PENGENALAN TUMBUH-TUMBUHAN Rahmad Rizky Fauzi; Lilyana Lilyana; Ahmad Fahrijal Pukeng
Sebatik Vol 23 No 1 (2019): JUNI 2019
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (716.093 KB)

Abstract

Permainan edukasi berbasis simulasi didesain untuk mensimulasikan permasalahan yang ada sehingga diperoleh ilmu yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Permainan simulasi dengan tujuan edukasi ini dapat digunakan sebagai salah satu media edukasi yang memiliki pola pembelajaran learning by doing. Berdasarkan pola yang dimiliki oleh permainan tersebut, pemain dituntut untuk belajar sehingga dapat menyelesaikan permasalahan yang ada. Dalam pembuatan permainan edukasi android “Flora The Explorer pengenalan tumbuh-tumbuhan. Aplikasi yang digunakan dalam membuat permainan adalah Swish max4 dan dengan tahapan pengembangan multimedia, serta menerapkan algoritma shuffle random. Diharapkan permainan ini tidak menjadi monoton dan pemain tidak dapat mengingat posisi gelembung pada permainan dengan adanya algoritma shuffle random
RANCANG BANGUN ENSIKLOPEDIA TANAMAN OBAT KALIMANTAN TENGAH BERBASIS ANDROID Ferdiyani Haris; Sherly Jayanti
Sebatik Vol 23 No 1 (2019): JUNI 2019
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (326.102 KB)

Abstract

Provinsi Kalimantan Tengah dengan luas wilayah 15,4 juta ha memiliki banyak sekali jenis tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan. Dan masih ada sebagian masyarakat Kalimantan Tengah yang belum mengetahui jenis dan manfaat tanaman yang berpotensi obat tersebut. Walaupun sebagian informasi tersebut sudah bisa didapatkan melalui berbagai media baik cetak maupun daring, tetapi hal tersebut masih belum efektif dan efesien karena perlu waktu dan biaya. Dengan bantuan teknologi mobile yang sangat populer saat ini yaitu Android dapat dibangun suatu sistem ensiklopedia tentang jenis-jenis tanaman apa saja khususnya didaerah Kalimantan Tengah yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku obat-obatan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan karena bertujuan menghasilkan dan menguji efektifitas sistem yang dibangun. Penelitian ini mengadopsi permodelan pengembangan perangkat lunak Prototipe yang terdiri dari 3 tahapan yaitu identifikasi dan analisa data, perancangan dan pembuatan prototipe serta pengujian dan perbaikan prototipe sehingga sesuai dengan kebutuhan sistem keseluruhan. Penelitian ini akan menghasilkan sistem yang dapat dimanfaatkan untuk menambah wawasan, pengetahuan dan panduan masyarakat dalam memanfaatkan beragam jenis tanaman khas Kalimantan Tengah untuk pengobatan berbagai macam penyakit
SISTEM PAKAR MENDETEKSI KERUSAKAN PADA MOBIL SUZUKI DENGAN ALGORITMA RETE Ahmad Fajri; Prihandoko Prihandoko
Sebatik Vol 23 No 1 (2019): JUNI 2019
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (354.951 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk membuat Sistem Pakar Mendeteksi Kerusakan pada mobil Suzuki Dengan Algoritma RETE. Alat bantu pengembangan sistem yang digunakan flowchart dan Algoritma RETE dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP serta database MySQL. Maka dihasilkan sebuah Sistem Pakar mendeteksi kerusakan mobil Suzuki Dengan Algoritma RETE yang dapat memberi kemudahan pada para mekanik PT. Samekarindo Indah yang ingin melakukan diagnosa kerusakan mobil Suzuki dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL.
ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMERINTAH KOTA BALIKPAPAN DALAM MERAIH ADIPURA KENCANA 2017 Aris Dwi Andrianto
Sebatik Vol 23 No 1 (2019): JUNI 2019
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.217 KB)

Abstract

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia menyelenggarakan program Adipura setiap tahunnya sebagai upaya untuk mewujudkan wilayah Indonesia yang berwawasan lingkungan menuju pembangunan yang berkelanjutan. Pemerintah Kota Balikpapan sebagai satu-satunya kota di luar Pulau Jawa kembali meraih penghargaan Adipura Kencana 2017 setelah berhasilmempertahankan penghargaan yang sama sejak tahun 2013. Prestasi ini menambah deretan penghargaan Kota Balikpapan yang pernah juga menyabet gelar sebagai kota terbersih se-ASEAN tahun 2014 dan The Most Lovable Sustainable City 2015 ditengah menggeliatnya pembangunan Kota Balikpapan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami strategi komunikasi Pemerintah Kota Balikpapan dalam meraih penghargaan Adipura Kencana 2017 dalam meyakinkan, merubah, dan meraih kepercayaan publik Kota Balikpapan. Teori yang digunakan dalam memahami fenomena sosial tersebut adalah teori strategi komunikasi dan teori Propaganda dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan mewawancarai narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Kota Balikpapan.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pemerintah Kota Balikpapan telah melakukan strategi komunikasi dan persuasi massa secara proaktif yang dimulai sejak lama dan berjalan secara berkesinambungan, dalam lingkup komunikasi internal dan eksternal, baik formal maupun informal, melalui media-media yang tersedia, termasuk media massa dan internet, untuk mendapatkan dukungan publik Kota Balikpapan dalam program Adipura.
VIRTUAL REALITY PENGENALAN KAMPUNG TRADISIONAL MINANG KABAU BERBASIS ANDROID Rini Sovia; Muhammad Reza Putra; Randy Permana; Adiddo Restiady
Sebatik Vol 23 No 1 (2019): JUNI 2019
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (393.832 KB)

Abstract

Teknologi Virtual Reality merupakan salah satu teknologi yang memungkinkan komputer untuk menyimulasikan suatu lingkungan virtual yang dapat berinteraksi dengan pengguna secara realtime dan berkelanjutan. Tidak sama seperti teknologi simulasi lainnya yang hanya mengandalkan interaksi melalui monitor dan input device seperti mouse dan keyboard, Virtual Reality lebih membawa pengalaman yang lebih baik kepada pengguna seolah – olah pengguna benar – benar berada dilingkungan Virtual tersebut. Virtual Reality menggabungkan pengindraan manusia seperti vision ( penglihatan ), Pendengaran, Sentuhan dan juga penciuman yang tergabung didalam suatu dunia virtual berbentuk 3D. Penerapan teknologi Virtual Reality saat ini telah merambah berbagai displin ilmu dan bidang seperti edukasi atau pendidikan, kesehatan, Militer , Psikologi, dan juga Hiburan. Pada penelitian ini, Virtual Reality dimanfaatkan sebagai media untuk mengedukasi masyarakat umum dan khususnya generasi muda suku Minangkabau untuk lebih mengenal kebudayaan yang telah mereka terima secara turun temurun. Melalui teknologi ini, lingkungan virtual 3D akan menyimulasikan keadaan kampung tradisional minangkabau dan mengajak pengguna untuk berinteraksi secara langsung dengan lingkungan virtual tersebut. Sistem Virtual Reality akan menampilkan dan memperkenalkan kembali bentuk struktur bangunan tradisional Minangkabau yang mulai saat ini sudah mulai jarang ditemui dalam kehidupan nyata.
SISTEM E-PEDIATRIC UNTUK PENDIAGNOSAAN EFLORSEN DERMATIS MENGGUNAKAN TEOREMA BAYES Puji Sari Ramadhan; Tugiono Tugiono
Sebatik Vol 23 No 1 (2019): JUNI 2019
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (309.743 KB)

Abstract

Pembahasan dalam penelitian ini mencakup penggunaan Sistem Pakar dalam menghasilkan pengetahuan dan informasi tentang Eflorsen Dermatis dengan menggunakan konsep penelusuran dengan teknik runut maju atau Forward Chaining sekaligus melakukan penerapan dan perhitungan dengan Teorema Bayes, nantinya konsep Teorema Bayes akan dimasukkan dan diterapkan ke dalam suatu sistem yang berbentuk aplikasi layanan diagnosa untuk dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas dalam mengidentifikasi sekaligus mendiagnosa Eflorsen Dermatis berdasarkan gejala-gejala yang dialami oleh masyarakat. Seperti diketahui bahwa penyakit Eflorsen Dermatis dapat menyerang siapa saja, hal ini didasari dengan ditemukannyasistem imunitas kulit yang tidak mampu menahan serang dari luar kulit sehingga dapat menyebabkan peradangan pada kulit. Hasil dari pembahasan dalam penelitian yang dilakukan ini nantinya akan membentuk suatu sistem cerdas dalam melakukan pendiagnosaan terhadap Eflorsen Dermatis. Dengan adanya aplikasi layanan ini dapat dijadikan sebagai solusi dari pencegahan dan penanganan dini terhadap penyakit Eflorsen Dermatis.
SELEKSI CALON PENERIMAAN SISWA BARU DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (STUDI KASUS: SMPIT CORDOVA SAMARINDA) Heliza Rahmania Hatta; Iis Andriani; Dyna Marisa Khairina; Septya Maharani
Sebatik Vol 23 No 1 (2019): JUNI 2019
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (292.69 KB)

Abstract

Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Cordova merupakan salah satu sekolah swasta di Samarinda yang berbasis pendidikan islam, dimana akreditas dari sekolah tersebut sampai tahun 2017 adalah A. Sehingga memberikan pengaruh terhadap jumlah calon siswa baru yang mendaftar dan dari tahun ke tahun calon siswa baru yang mendaftar melebihi kuota yang ada. Salah satu cara meningkatkan mutu Sekolah dengan membangun sebuah sistem penunjang keputusan yang dapat menyeleksi calon siswa baru untuk meminimalisir kesalahan yang dilakukan oleh panitia penyeleksi calon siswa baru Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Cordova Samarinda. Penelitian ini bertujuan untuk digunakan untuk membantu mengambil keputusan dalam meyeleksi calon siswa baru di SMPIT CORDOVA Samarinda menggunakan metode SAW (Simple Additive Weighting). Hasil dari penelitian ini adalah metode SAW dapat diterapkan pada studi kasus seleksi calon siswa baru di SMPIT Cordova Samarinda.
RELEVANSI AJARAN MAHATMA GANDHI DENGAN KONSEP KEBEBASAN (STUDI KASUS HAK ASASI MANUSIA) Martina Prativi
Sebatik Vol 23 No 1 (2019): JUNI 2019
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (440.233 KB)

Abstract

Mahatma Gandhi menggulirkan konsep bermasyarakat yang lebih menekankan pada aspek-aspek kesetaraan manusia, sebagai kaum tertindas di india pada masa itu. Ahimsa, Nir-Kekerasan, satyagraha, hartal dan swadesi merupakan ajaran Gandhi yang bersifat merdeka untuk membebaskan masyarakat india dari penjajah. Paper ini mengambil studi pustaka dari tulisan – tulisan yang membahas ajaran Gandhi. Penulis menggunakan metode interpretasi dengan langkah sebagai berikut: inventaris data, klasifikasi data, deskriptif, analisis dan penarikan kesimpulan. Salah satu tujuan dari Paper ini adalah masyarakat membutuhkan perlindungan dalam melawan pemerintah yang semena – mena. Ajaran Gandhi telah membangun suatu pemikiran dengan paham kebebasan pada diri manusia terlebih dahulu dengan Ahimsa yaitu tanpa kekerasan. Melihat konsep kebebasan pada buku “jati diri Whitehead” dipaparkan bahwa kebebasan terdapat dua hal yaitu kebebasan negative dan kebebasan positif. Kebebasan positif adalah kebebasan yang terwujud pada diri manusia dalam mendapatkan haknya. Ahimsa sebagai inti dari ajaran gandhi mengajarkan rasa cinta damai dengan tanpa kekerasaan sebagai bentuk dari kebebasan positif.
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS TEMPAT PARIWISATA DI PULAU TIMOR BERBASIS WEB Karolina Yunita Solle; Natalia Magdalena R Mamulak; Patrisius Batarius
Sebatik Vol 23 No 1 (2019): JUNI 2019
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (741.509 KB)

Abstract

Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan salah satu dari 10 provinsi yang ditetapkan oleh Pemerintah menjadi destinasi unggulan wisata. Daya Tarik Wisata (DTW) yang dimiliki oleh Provinsi NTT sebanyak 458 DTW. Dengan meningkatnya jumlah wisatawan yang berkunjung ke NTT, Pulau Timor menjadi salah satu tempat tujuan utama wisatawan. Pulau Timor adalah sebuah pulau dibagian selatan Nusantara. Pulau ini dikenal memiliki jutaan pesona kekayaan alam, perairan yang jernih, hutan yang unik, serta kehidupan suku-suku Timor yang masih menjaga tradisi. Namun informasi dalam sebuah website dengan alamat www.dispar.nttprov.go.id, disampaikan cenderung dalam format yang statis dan relatif sulit untuk diperbarui infonya dengan cepat. Oleh karena itu, melalui Sistem Informasi Geografis Pariwisata diharapkan dapat menampilkan gambaran peta wisata pulau timor sehingga lebih menarik dan dapat dinikmati oleh masyarakat luas. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode Waterfall (Siklus Air Terjun). Tampilan peta menggunakan Google Maps API, bahasa pemrograman yaitu PHP7 dan MySQL sebagai database server. Sistem informasi geografis tempat pariwisata di pulau timor berbasis web ini merupakan sistem yang memberikan informasi kepada masyarakat mengenai lokasi objek wisata di pulau timor beserta fasilitas pendukungnya meliputi informasi lokasi tempat wisata, jenis wisata, berita dan fasilitas sekitar lokasi wisata.

Page 1 of 4 | Total Record : 40