cover
Contact Name
Reza Andrea
Contact Email
reza@wicida.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Sebatik
ISSN : 14103737     EISSN : 2621069X     DOI : -
Core Subject : Science,
SEBATIK merupakan jurnal kumpulan artikel hasil penelitian, karya ilmiah, maupun program pengabdian masyarakat dari seluruh civitas akademik di Indonesia dalam rangka mengitegrasikan informasi. SEBATIK menyediakan layanan publikasi terbuka untuk semua kalangan umum, baik di semua lingkungan perguruan tinggi maupun keguruan dan lembaga penelitian lainnya, dengan kebebasan bertukar informasi yang didedikasikan untuk memfasilitasi kolaborasi antara peneliti, penulis maupun pembaca melalui pertukaran informasi. SEBATIK mulai diperkenalkan dan dikembangkan di lingkungan STMIK Widya Cipta Dharma sejak tahun 2001 dan terbuka lebar untuk pengembangan yang berkesinambungan. SEBATIK terbit berkala dua kali dalam setahun, yaitu Juni dan Desember, dimana setiap edisi terbitan mengandung paling sedikit 5 buah judul artikel. Jurnal ini memuat hasil-hasil kegiatan penelitian, penemuan dan pengabdian masyarakat dari bukan hanya dari dunia IT tetapi juga berbagai bidang disiplin ilmu. SEBATIK terbuka untuk topik-topik penelitian dan pengabdian seperti topik hubungan masyarakat, peningkatan ekonomi, pendidikan, infrastruktur TIK, dan lain-lain. Semoga dengan artikel-artikel dalam kultivasi para peneliti dapat saling berbagi ilmu demi memajukan Indonesia khususnya Kalimantan Timur.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 53 Documents
Search results for , issue "Vol 23 No 2 (2019): Desember 2019" : 53 Documents clear
PENGEMBANGAN APLIKASI ANTRIAN ONLINE REALTIME SAMARINDA Eko Junirianto; Nisa Rizqiya Fadhliana
Sebatik Vol 23 No 2 (2019): Desember 2019
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (432.423 KB)

Abstract

Samarinda sebagai salah satu kota besar di Provinsi Kalimantan Timur masih memiliki beberapa masalah terutama di bidang pelayanan masyarakat. Hal ini disebabkan masih menumpuknya antrian di loket loket pelayanan terutama yang berkaitan dengan kebutuhan masyarakat seperti puskesmas, rumah sakit, catatan sipil, dan lain lain. Oleh karena itu perlu ada terobosan dalam bidang teknologi informasi untuk menjembatani kebutuhan akan pelayanan masyarakat yang baik, efektif dan efisien Samarinda sebagai salah satu kota yang telah menerapkan smart city tentunya membutuhkan sistem aplikasi antrian online realtime ini. Aplikasi realtime antrian online ini nantinya dapat digunakan di Lembaga manapun yang memerlukan aplikasi ini nantinya. Diharapkan penelitian ini dapat menerapkan Sistem Realtime Antrian Online dalam mendukung pelayanan masyarakat di disdukcapil Kota Samarinda. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat diantaranya dapat membantu Pemerintah dalam proses pelayanan kepada masyarakat secara efektif efisien dan terukur
PENGARUH PERLAKUAN AWAL TERHADAP KARAKTERISTIK KIMIA, MIKROBIOLOGI, DAN ORGANOLEPTIK TEPUNG ONCOM MERAH Alsuhendra Alsuhendra; Ridawati Ridawati
Sebatik Vol 23 No 2 (2019): Desember 2019
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (265.049 KB)

Abstract

organoleptik tepung oncom merah. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan 3 jenis perlakuan, yaitu oncom merah segar langsung dikeringkan tanpa mendapatkan perlakuan apapun (P0), oncom merah segar dikukus terlebih dahulu, lalu dikeringkan (P1), dan oncom merah segar dipisahkan miselium dan spora kapangnya terlebih dahulu, lalu dikukus dan dikeringkan (P2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rendemen tepung oncom merah yang diperoleh dari ketiga perlakuan berkisar antara 32,39 – 35,57%. Tidak ada pengaruh perlakuan terhadap rendemen tepung oncom merah (α=0.05). Kadar air, abu, dan lemak tepung oncom merah dari ketiga perlakuan juga tidak berbeda nyata, tetapi perlakuan memberikan pengaruh nyata terhadap kadar protein dan karbohidrat tepung (α=0.05). Secara mikrobiologis, angka lempeng total (ALT) tepung oncom merah dari ketiga perlakuan berturut-turut adalah 2,05 x 106 CFU (P0), 2,49 x 104 CFU (P1) dan 1,95 x 103 CFU (P2). Tepung oncom merah P0 dinilai oleh sebagian besar panelis memiliki warna cokelat gelap, aroma oncom kuat, rasa tepung kedelai mentah dengan sedikit pahit, dan tekstur halus dan agak halus. Tepung oncom merah P1 memiliki warna coklat gelap, aroma oncom agak kuat, agak terasa tepung kedelai mentah dan agak pahit, dan tekstur halus. Sementara itu, tepung oncom merah P2 memiliki warna agak coklat, aroma oncom agak kuat, tidak terrasa tepung kedelai dan agak sedikit pahit, dan tekstur halus.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JASA TRANSPORTASI ONLINE (GO-JEK) Musdalifah Musdalifah; M Fauzan Noor
Sebatik Vol 23 No 2 (2019): Desember 2019
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.647 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan jasa transportasi online (gojek di wilayah sekitaran kecamatan Sungai Kunjang Provinsi Kalimantan Timur dengan responden sebanyak 109 orang. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menyebarkan kuisioner terhadap pengguna jasa transportasi online (gojek). Penelitian ini menggunakan dua variabel bebas yaitu kualitas pelayanan dan harga dimana kualitas pelayanan diukur menggunakan lima indikator dan harga diukur menggunakan tiga indikator. Sedangkan variabel terikat kepuasan pelanggan diukur dengan menggunakan Berdasarkan hasil uji yang telah dilakukan menunjukkan bahwa adanya pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan baik ketika diuji secar simultan dan parsial. Namun dari kedua variabel bebas ini yang dominan berpengaruh adalah kualitas pelayanan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa kualitas pelayanan seiring berjalan dengan harga mempengaruhi kepuasan pelanggan
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS, MINAT, DAN HASIL BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X Pebria Dheni Purnasari; Yosua Damas Sadewo
Sebatik Vol 23 No 2 (2019): Desember 2019
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (204.031 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas, minat dan hasil belajar siswa kelas X SMA N 1 Bengkayang pada mata pelajaran ekonomi setelah mengikuti pembelajaran dengan model PBL. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan. Penelitian ini dilakukan di kelas X SMA N 1 Bengkayang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknis tes, observasi, dan angket, sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Teknik tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa, observasi dilakukan guna mengetahui aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran, dan angket digunakan untuk mengukur minat belajar siswa selama mengikuti pembelajaran dengan model PBL. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar, minat belajar dan aktivitas belajar dari kondisi awal hingga ke siklus II. Peningkatan hasil belajar yang didapat pada siklus II telah mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan yakni hasil belajar pada siklus II sebesar meningkat menjadi 88,24% dari siklus I yakni 70,59%, sedangkan minat belajar siswa siklus I sebesar 67,65% meningkat menjadi 78,16 % pada siklus II dan aktivitas belajar siswa sebesar 80% pada siklus I meningkat menjadi 92,5% pada siklus II. Peningkatan tersebut menunjukkan keberhasilan penerapan model pembelajaran PBL, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peningkatan aktivitas, minat, dan hasil belajar ekonomi siswa melalui model pembelajaran PBL telah berhasil dilakukan.
PENERAPAN ELEMEN ISM CODE UNTUK MENUNJANG KESELAMATAN PELAYARAN PADA KM PANTOKRATOR Mika Patayang; Rakhel Lia
Sebatik Vol 23 No 2 (2019): Desember 2019
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (302.849 KB)

Abstract

Tingginya tingkat kecelakaan kapal merupakan indikasi perlunya perhatian terhadap penerapan system manajemen code pada sebuah perusahaan pelayaran. Oleh karena itu keselamatan dalam berlayar merupakan hal yang sangat penting dalam dunia pelayaran. Kenyamanan crew di atas kapal dalam beraktivitas sangat berpengaruh terhadap efektivitas kerja crew tersebut. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan crew merasa nyaman dan aman berada diatas kapal, diantaranya kapal dan perlengkapannya harus dipelihara dan diusahakan selalu baik dan berfungsi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah elemen pada ISM CODE khususnya elemen 10 tentang kapal dan perlengkapannya harus dipelihara dan diusahakan selalu baik dan berfungsi. Semua peralatan/perlengkapan yang penting bagi keselamatan harus selalu terpelihara dan diyakini akan berfungsi dengan baik melalui pengujian secara teratur/berkala. Pada penelitian ini menggunakan metode studi kasus dimana data diperoleh melalui observasi, wawancara terhadap crew kapal KM Pantokrator dan melakukan pemeriksaan terhadap dokumen yang berhubungan dengan elemen 10 (pemeliharaan kapal dan perlengkapannya) dimana kapal dan perlengkapannya harus dipelihara dan diusahakan selalu baik dan berfungsi, manajemen kapal harus selalu menaati semua ketentuan serta perlengkapan alat keselamatan harus memenuhi jumlah dan kondisi yang telah ditentukan sesuai dengan pada ISM CODE. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh data bahwa pada KM Pantokrator telah menerapkan elemen 10 ISM CODE untuk menunjang keselamatan pelayaran berupa adanya kelengkapan alat keselamatan dan kondisi alat keselamatan yang berfungsi dengan baik, dokumen-dokumen berupa fire control plan, muster list, emergensi prosedur, nautikal publication, dan jadwal perawatan perlengkapan kapal. Dengan diterapkannya elemen 10 dari ISM CODE maka diharapkan keselamatan dalam pelayaran dapat ditingkatkan.
PENERAPAN ALGORITMA SHUFFLE RANDOM PADA GAME EDUKASI TEBAK LAGU DAERAH KALIMANTAN TIMUR Bartolomius Harpad; Salmon Salmon; Yohanes Rombe Paran
Sebatik Vol 23 No 2 (2019): Desember 2019
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (519.176 KB)

Abstract

Permainan adalah merupakan salah satu faktor yang bisa dibilang cukup penting dalam proses tumbuh kembang anak. Pemanfaatan dan penggunaan game tebak lagu daerah dan lirik lagu daerah dapat menunjang proses pembelajaran terhadap anak ketika ia ingin belajar sambil bermain tentang lagu daerah terkusus lagu daerah Kalimantan Timur. Game Edukasi Tebak Lagu dan Lirik Lagu Daerah Kalimantan Timur merupakan permainan Random Game yang dirancang untuk mengasah daya tanggap anak terhadap pengenalan lagu daerah Kalimantan Timur. Dalam permainan ini pemain harus menjawab soal dengan menebak judul lagu dan lirik lagu daerah Kalimantan Timur dimana pemain harus teliti dan cermat mendengar lagu ataupun menghafal lirik lagu daerah Kalimantan timur. Algoritma yang digunakan dalam pengacakan soal pada permainan ini yaitu algoritma shuffle Random, dengan tujuan membuat susunan posisi soal selalu teracak dan permainan menjadi tidak menoton dan membosankan.
PEMANFAATAN INTERNET BANKING DAN AUTOMATIC TELLER MACHINE TERKAIT PENINGKATAN USAHA OLEH PELAKU UMKM PASAR INDUK WONOMULYO Nurul Fitri; Nur Qamariah
Sebatik Vol 23 No 2 (2019): Desember 2019
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.968 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi pelaku UMKM Pasar Induk Wonomulyo terhadap penggunaan internet banking dan automatic teller machine terkait peningkatan usaha yang dijalankan, serta peningkatan pendapatan karena adanya kemudahan yang diberikan oleh pihak perbankan dalam bentuk fasilitas yang didukung dengan teknologi di Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian dilakukan selama 9 bulan (Maret-Novenber 2019) di Kecamatan Wonomulyo, yang dikhususkan pada Pasar Induk Wonomulyo sebagai lokasi penelitian. Penelitian menggunakan 52 responden yang terdapat di Pasar Induk Wonomulyio. Penelitian ini menemukan bahwa internet banking dan automatic teller machine (ATM) tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan usaha pelaku UMKM di Pasar Induk Wonomulyo. Kondisi ini terjadi karena sebagian besar dari pelaku UMKM yang menjadi responden masih melakukan transaksi jual beli secara tradisional. Penelitian ini juga membuktikan bahwa pelaku UMKM di Pasar Induk Wonomulyo kurang tersentuh revolusi industri 4.0, dimana pada revolusi industri 4.0 memicu adanya pemanfaatan smartphone dalam memudahkan dan meningkatkan hasil dari kegiatan/pekerjaan kita sehari-hari.
PELATIHAN PEMANFAATAN SALURAN IRIGASI UNTUK PEMBANGKIT LISTRIK MICROHIDRO KEPADA MASYARAKAT DI DESA PAMIJAHAN GUNUNG BUNDER Yani Prabowo; Suwasti Broto; Grace Gata
Sebatik Vol 23 No 2 (2019): Desember 2019
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (408.345 KB)

Abstract

Listrik sampai saat ini sudah menjadi kebutuhan yang cukup penting, tetapi belum semua wilayah dapat terjangkau oleh aliran listrik. Hal tersebut bisa disebabkan karena suatu wilayah mempunyai medan yang sulit diakses oleh sarana transportasi. Bermacam cara dapat digunakan untuk menghasilkan sumber daya listrik seperti menggunakan bahan bakar minyak, menggunakan pembangkit listrik tenaga matahari dan bisa menggunaan tenaga air. Desa Gunung Bunder Pamijahan Bogor mempunyai potensi air yang dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga microhidro, tetapi sampai saat ini warga sekitar belum mengetahui bagaimana cara memanfaatkan aliran sungai tersebut. Melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat oleh Universitas Budi Luhur, telah dilakukan pelatihan dan penyuluhan untuk pembuatan pembangkit listrik tenaga air dengan kincir model vortex dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan disekitar desa. Pemilihan menggunakan turbin vortex berdasarkan pertimbangan ketingian pada lokasi kincir tersebut yang hanya memiliki ketinggian 4.33 meter tetapi memiliki aliran debit yang cukup untuk mengerakan turbin. Potensi yang berhasil didapat dari penelitian ini dengan beda ketinggian (head) 2.6 meter dari panjang lintasan 4 stasiun dengan jarak masing masing antar stasiun 26 meter. Kecepatan air rata-rata 10 liter perdetik akan menghasilkan daya sebesar 254.604 watt. Hal tersebut masih dapat dikembangan untuk mendapatkan daya yang maksimal dengan mengkondisikan saluran air pada saluran irigasi.
PELAKSANAAN e-MAR KETING USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) SEBAGAI STRAGI UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN (STUDI KASUS UMKM DI KOTA BENGKAYANG KALIMANTAN BARAT Blasius Manggu; Sabinus Beni
Sebatik Vol 23 No 2 (2019): Desember 2019
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (213.368 KB)

Abstract

konsumen. Sekarang ini pelaku usaha sudah banyak yang menerapkan sistem pemasaran secara online. Pemasaran melalui internet (internet marketing) atau lebih dikenal dengan nama e-marketing dapat menjangkau konsumen dimanapun berada. Belanja online yang saat ini diminati oleh masyarakat memberikan andil besar terhadap perkembangan e-marketing. Dengan menggunakan e-marketing kita dapat memperoleh keuntungan yang meliputi layanan konsumen dan layanan citra perusahaan menjadi baik, menemukan parnert bisnis baru, proses menjadi sederhana dan waktu dapat dipadatkan, dapat meningkatkan produktivitas, efisiensi, akses informasi menjadi cepat, belajar menarik dan berkomunikasi dengan pelanggan di situs jejaring sosial. Dengan dukungan internet e-Marketing mampu menjangkau pemasaran ruang lingkup yang lebih luas karena mengacu pada media digital seperti web, e-mail dan media nirkabel, meliputi pengolahan data pelanggan digital, dan juga bagaimana internet dapat digunakan bersama dengan media tradisional untuk memperoleh dan memberikan layanan kepada pelanggan Usaha Mikro Kecil Menengah merupakan salah satu bagian penting dari perekonomian suatu negara maupun daerah, begitu juga dengan Daerah Tingkat II Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat, Usaha Mikro Kecil Menengah memiliki peranan sangat penting dan merupakan salah sektor unggul dalam menopang pertumbuhan ekonomi ke arah yang lebih baik. Pelaksanaan e-Comerce menuntut pergeseran paradigma secara fundamental, dari yang semula marketplace yang menekankan interaksi secara fisik antara penjual dan pembeli menjadi marketspace, lalu lintas informasi, produk/jasa, dan pembayaran bersifat fisik (location based).
OPTIMASI PROSES DELIGNIFIKASI PELEPAH PISANG UNTUK BAHAN BAKU PEMBUATAN KERTAS SENI Ika Atsari Dewi; Azimmatul Ihwah; Hendrix Yulis Setyawan; Alfi Ayuning Nur Kurniasari; Afifah Ulfah
Sebatik Vol 23 No 2 (2019): Desember 2019
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (561.883 KB)

Abstract

Kertas seni (art paper) adalah produk kertas hasil kerajinan tangan yang bertekstur kasar, serat nampak, dan warna beragam. Kertas seni juga dapat digunakan sebagai salah satu media pemanfaatan limbah pertanian berupa serat bukan kayu seperti pelepah pisang. Pelepah pisang (Musa paradisiaca) adalah bagian dari tanaman pisang yang mengandung selulosa diatas 80% sehingga dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku kertas seni. Pada proses pembuatan kertas dilakukan proses delignifikasi yang bertujuan untuk menghilangkan lignin pada bahan yang dapat menyebabkan kertas bertekstur kaku dan berwarna kecoklatan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Respon Surface menggunakan software Design Expert 10.0.1 yang bertujuan untuk memperoleh perlakuan optimum proses delignifikasi pelepah pisang. Rancangan percobaan yang digunakan yaitu Rancangan Komposit Terpusat, terdiri dari 2 faktor yaitu konsentrasi NaOH (%) dan waktu pemasakan (menit). Kombinasi perlakuan yang dilakukan yaitu untuk konsentrasi NaOH menggunakan perlakuan 1%, 2% dan 3%, sedangkan lama waktu pemasakan menggunakan perlakuan selama 90 menit, 120 menit dan 150 menit. Titik optimum hasil delignifikasi pelepah pisang memperoleh hasil perlakuan konsentrasi NaOH 3% dan lama waktu pemasakan 128,413 menit menghasilkan kadar lignin sebesar 2,637% dan kadar selulosa sebesar 80,713 %. Berdasarkan hasil tersebut pelepah pisang dapat dijadikan kertas seni dengan proses delignifikasi untuk memutus rantai ikatan lignin sehingga dapat memperkuat ikatan pulp.