cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Jurnal Technopreneur (JTech)
Published by Politeknik Gorontalo
ISSN : 22524002     EISSN : 2548558x     DOI : -
Jurnal Technopreneur (Technology & Entrepreneur) adalah jurnal ilmiah tentang hasil-hasil penelitian dan pengetahuan sistematis tentang rekayasa dan teknologi, dalam bidang teknologi pertanian dan teknik mesin, Teknik Informatika dan Teknologi Hasil Pertanian. Terbit pertama kali tahun 2012 dengan terbitan 2 kali setahun pada bulan Mei dan bulan November.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 2 (2021): JURNAL TECHNOPRENEUR (November)" : 8 Documents clear
STUDI NUMERIK PENGARUH JUMLAH SALURAN KOLEKTOR SURYA BENTUK SEGITIGA DENGAN POLA ALIRAN ZIG-ZAG Arrad Ghani Safitra
Jurnal Technopreneur (JTech) Vol 9 No 2 (2021): JURNAL TECHNOPRENEUR (November)
Publisher : UPPM Politeknik Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30869/jtech.v9i2.757

Abstract

Kolektor surya terus mengalami perkembangan untuk menghasilkan kualitas udara panas dengan temperatur yang tinggi. Pada penelitian ini menganalisa pengaruh jumlah saluran kolektor surya bentuk segitiga dengan pola aliran zig-zag. Variasi yang digunakan antara lain 8, 7, dan 6 saluran. Tujuan dari penelitian ini adalah merupakan inovasi pada proses pemanasan udara di dalam kolektor bentuk segitiga dengan pola aliran zig-zag dapat memperbanyak dan memperpanjang proses penyerapan panas matahari oleh udara. Penelitian dilakukan secara numerik dengan metode komputasi fluida. Tahapan awal adalah melakukan pemodelan secara tiga dimensi dan melakukan proses meshing. Tahapan kedua menentukan kondisi batas dan melakukan simulasi dengan dan tahapan terakhir adalah mengambil hasil simulasi untu dianalisa. Kondisi batas yang digunakan pada penelitian ini posisi masukkan merupakan velocity inlet dengan udara memiliki kecepatan sebesar 19,6 m/s dan temperatur 300 K. Sisi luaran yaitu pressure outlet dan heat flux disisi bagian wall heating saluran sebesar 750 W/m2. Parameter simulasi menggunakan RNG k-ε viscous model dengan scheme SIMPLEC, momentum, dan turbulent kinetic energy menggunakan diskritisasi second-order upwind. Hasil penelitian menunjukkan kolektor segitiga dengan jumlah 7 saluran memiliki hasil dengan temperatur udara paling tinggi yaitu sebesar 41.86 K dan Bilangan Nusselt tertinggi sebesar 2.68.
SISTEM PRESENSI ONLINE DAN POIN DI SMK MAA’ARIF NU 04 PAKIS BERBASIS WEB Dwi Safiroh Utsalina
Jurnal Technopreneur (JTech) Vol 9 No 2 (2021): JURNAL TECHNOPRENEUR (November)
Publisher : UPPM Politeknik Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30869/jtech.v9i2.759

Abstract

Kehadiran siswa di sekolah (Lembaga Pendidikan) merupakan salah satu komponen yang penting dalam proses pembelajaran. Sering hadir dikelas dan mengikuti pembelajaran dapat mempengaruhi tingkat pemahaman siswa pada pelajaran yang diberikan. Aktif mengikuti pembelajaran dikelas juga menjadi salah satu tolak ukur penilaian kedisiplinan seorang siswa. Namun proses pencatatan kehadiran siswa pada SMK Ma’arif NU 04 masih dilakukan secara manual, yaitu setiap siswa yang hadir di sekolah/ kelas harus menuliskan nama lengkap dan tandatangan diatas kertas yang telah disiapkan oleh bagian administrasi sekolah. Hal tersebut membuat proses presensi dan pemberian poin hukuman membutuhkan waktu yang lebih lama dan data yang dihasilkan tidak akurat, selain itu cara ini juga rawan kehilangan data siswa. Dengan metode pencatatan kehadiran secara manual ini juga mengakibatkan tidak sinkronnya data dalam pembuatan laporan akhir pembelajaran, baik harian, mingguan dan bulanan. Dengan sistem presensi Online yang menggunakan MySQL untuk penyimpanan datanya dapat meningkatkan efektifitas pencatatan kehadiran siswa, dan dapat menentukan poin hukuman yang diberikan kepada siswa, sehingga dapat pula mengefisiensikan waktu yang dibutuhkan oleh admin (pengelola data) yang ada di SMK bersangkutan untuk mengelola data.
RANCANG BANGUN APLIKASI E-MODUL GUNA PEMANFAATAN PEMBELAJARAN DARING BERBASIS ANDROID Azwar Azwar; La Diu Samiu
Jurnal Technopreneur (JTech) Vol 9 No 2 (2021): JURNAL TECHNOPRENEUR (November)
Publisher : UPPM Politeknik Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30869/jtech.v9i2.761

Abstract

The learning process that usually takes place face-to-face has changed to distance learning (Online Learning). This change is quite fast, so problems arise that not only occur in changes in the learning process but also in the readiness of learning media. Online Learning Requires a fairly high cost to provide internet package facilities to students. For this reason, it is necessary to change the form of learning media in this case the Module into the form of Digital Electronic Module (E-Modul). E-Module in the form of mobile android is a solution that can answer these problems. Applications in the form of Mobile have several advantages, such as being efficient in their use and not spending a lot of time or money because they can be used offline. For this reason, this study aims to design an E-Module Application for the Utilization of Android-Based Online Learning with the research method carried out using Research and Development (R&D) techniques. System testing is done using black box testing techniques and user accepted testing. Based on the results of the tests carried out, it is known that the responses from respondents to the questionnaires distributed are quite good with a percentage of 76%, while the results of user accepted testing (UAT) on design indicators are 82%, convenience is 83% and the efficiency of e-modules gets a presentation of 86 % so that the acceptance aspect of the system (E-Module) to the user is represented by 84% with a good scale.
ANALISA UKURAN DAN LAJU ALIR BATUBARA PADA BOILER PULVERIZER PLTU 660 MW Ruly Sitanggang
Jurnal Technopreneur (JTech) Vol 9 No 2 (2021): JURNAL TECHNOPRENEUR (November)
Publisher : UPPM Politeknik Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30869/jtech.v9i2.769

Abstract

Pulverizer adalah salah satu peralatan penting di pembangkit listrik tenaga uap. Partikel batubara yang masih terbakar di area backpass boiler akan mengakibatkan penurunan efisiensi sehingga laju aliran campuran udara dan batubara di saluran pipa bahan bakar perlu diseimbangkan. Penelitian ini dilakukan pada PLTU Batubara tipe pulverized coal dengan kapasitas 660 Mega Watt yang menggunakan enam pulverizer. Aliran keseimbangan bahan bakar diperiksa menggunakan uji dirty air dan pengambilan sampel ukuran batubara dilakukan dengan metode isokinetik. Dalam pengujian dirty air tiga pulverizer masih mengalami turbulensi, menyebabkan pengukuran kecepatan udara menjadi kurang akurat dan hasil pengujian dirty air pada tiga pulverizer lainnya menunjukkan hasil baik dengan kecepatan antar pipa batubara seragam. Lokasi tap test pada pulverizer D, C, dan A disarankan dipindahkan ke jarak sekitar lima kali diameter pipa dari hambatan. Temperatur keluaran seluruh pulverizer pada masih lebih rendah dari nilai standard. Karena tidak ada orifice di dalam pipa batubara, menaikkan suhu keluaran pulverizer ke 65 oC dapat dilakukan untuk meningkatkan keseimbangan kecepatan batubara. Secara keseluruhan, pengujian kehalusan sampel batubara menunjukkan hasil sesuai rekomendasi, dengan nilai kehalusan rata-rata lolos saringan 200 mesh pulverizer A, B, C, D, E, dan F masing-masing adalah 82,12, 83,24, 73,96, 79,13, 68,14, dan 78,43% berat.
PENGARUH PEMBUMIAN KAKI TOWER TERHADAP PERKIRAAN OUTAGE RATE SALURAN UDARA 150 KV SAAT TERJADI SAMBARAN PETIR Brian Bramantyo Satriaji Dwi Adiputro Harsono; Istiqomah Istiqomah
Jurnal Technopreneur (JTech) Vol 9 No 2 (2021): JURNAL TECHNOPRENEUR (November)
Publisher : UPPM Politeknik Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30869/jtech.v9i2.770

Abstract

Tingginya kerapatan petir yang ada di Indonesia mendorong pentingnya dilakukan peningkatan unjuk kerja Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) terhadap sambaran petir. Sebagai salah satu upaya prefentif maintenance, PLN telah melakukan pengukuran tahanan pembumian tower SUTT secara periodis. Makalah ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai tahanan pembumian tower SUTT terhadap total outage rate dari saluran serta melakukan review terhadap metode pengukuran tahanan pembumian yang digunakan. Tahapan penelitian ini terdiri dari: a) pengumpulan data karakteristik petir di sepanjang rute saluran, b) pemodelan saluran transmisi udara, c) simulasi perkiraan outage rate dengan variasi kondisi pembumian, dan d) evaluasi standar terkait dengan metode pengukuran pembumian tower. Berdasarkan simulasi menggunakan TFlash untuk data karakteristik petir dan geometri saluran yang diperoleh, maka diketahui perkiraan outage rate SUTT sebesar 15,77 flashover/100 km/tahun yang terdiri dari 12,77 kejadian back flashover dan 3,00 kejadian flashover akibat shielding failure. Berdasarkan hasil evaluasi dan analisis data, diketahui kenaikan tahanan pembumian tower sebesar 6 kali dapat menyebabkan kenaikkan total outage rate dari saluran udara sebesar 129,93%. Hal tersebut mendorong perlunya dilakukan pemantauan nilai tahanan pembumian secara teratur dengan menggunakan metode yang sesuai dengan standar yang berlaku. Khusus untuk tower dengan ground rod yang tidak dapat dipisahkan dari struktur tower, maka perlu dipertimbangkan pengukuran menggunakan metode Fall out Potential/FoP dan pengukuran arus bocor.
IDENTIFIKASI SIFAT KIMIA TANAH, SERAPAN HARA DAN SIFAT PERTUMBUHAN TANAMAN JAMBU METE PADA KETINGGIAN TEMPAT BERBEDA DI KOTA BAUBAU, SULAWESI TENGGARA Aliyaman, Asriyani
Jurnal Technopreneur (JTech) Vol 9 No 2 (2021): JURNAL TECHNOPRENEUR (November)
Publisher : UPPM Politeknik Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30869/jtech.v9i2.775

Abstract

Informasi mengenai sifat kimia tanah, serapan hara dan sifat pertumbuhan tanaman penting di ketahui sebagai acuan bagi masyarakat dalam melakukan tindakan budidaya tanaman Jambu Mete. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi sifat kimia tanah, serapan hara dan sifat pertumbuhan tanaman jambu mete pada ketinggan tempat berbeda di Kota Baubau. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei pertumbuhan dan analisis sifat kimia dan serapan hara di laboratorium. Tanaman jambu mete yang digunakan bersumber dari kebun masyarakat di Kota Baubau yang sudah berumur produktif. Variabel tanaman yang diamati adalah Sifat kimia tanah yang meliputi kandungan NPK dan pH tanah, Lingkar Batang, Luas Kanopi , Kandungan N daun, Kandungan P daun, dan Kandungan K daun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan nitrogen tanah lebih besar pada ketinggian tempat >1000 mdpl dibandingkan 0-500 mdpl dan 500-1000 mdpl, namun kandungan P dan K tanah serta kandungan NPK daun menurun seiring peningkatan ketinggian tempat. Luas kanopi berkorelasi positif dengan Peningkatan kandungan nitrogen tanah. Semakin tinggi tempat dan kandungan nitrogen tanah, luas kanopi semakin tinggi.
PERTUMBUHAN TANAMAN SELADA BERBASIS KEPADATAN IKAN GABUS PADA SISTEM AKUAPONIK Asriyani, Aliyaman, Muhammad Noor Azizu
Jurnal Technopreneur (JTech) Vol 9 No 2 (2021): JURNAL TECHNOPRENEUR (November)
Publisher : UPPM Politeknik Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30869/jtech.v9i2.776

Abstract

Tanaman selada mengandung senyawa Nutrisi yang tinggi dan glukosinolat yang bisa dimanfaatkan untuk mencegah kanker. Salah satu teknik budidaya yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan produksi dari selada dengan mengintegrasikannya dengan ikan gabus pada teknik akuaponik. Sistem Akuaponik dengan memadukan ikan dan tanaman memberi pengaruh yang baik karena feces dan sisa pakan ikan dapat di manfaatkan tanaman sebagai nutrisi bagi tanaman dan dapat menghemat penggunaan air. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan dan hasil prduksi tanaman selada dan ikan gabus dengan sistem akuaponik serta Untuk mengetahui pengaruh kepadatan ikan gabus terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman selada.Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan perlakuan kepadatan ikan gabus. Perlakuan adalah G1 = 0 ekor ikan gabus, G2 = 10 ekor ikan gabus, G3 =20 ekor ikan gabus, G4 = 30 ekor ikan gabus dan G5 = 40 ekor ikan gabus. Tiap perlakuan diulang 3 kali, sehingga diperoleh 15 unit percobaan. Dari setiap unit percobaan terdapat 10 sampel tanaman, sehingga total keseluruhan sampel tanaman adalah 150 Tanaman. Persiapan penelitian ini mencangkup dari persiapan benih, seleksi benih, pembutan aquaponik, penyemaian, penanaman, pemeliharaan, pengamatan dan panen. Untuk mengetahuai Pengaruh perlakuan pada analisis sidik ragam maka dilakukan uji lanjut BNT .
KARAKTERISTIK BRIKET DAUN DAN BATANG DARI TANAMAN NANAS MENGGUNAKAN PEREKAT ALAMI LATEKS Rizky Tirta Adhiguna
Jurnal Technopreneur (JTech) Vol 9 No 2 (2021): JURNAL TECHNOPRENEUR (November)
Publisher : UPPM Politeknik Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30869/jtech.v9i2.781

Abstract

Briket merupakan salah satu produk yang memanfaatkan limbah daun dan batang dari tanaman nanas untuk menghasilkan sumber energi alternatif, ramah lingkungan dan terbarukan. Penelitian dilakukan untuk mengetahui karakteristik dari briket berbahan daun dan batang dari tanaman nanas menggunakan perekat alami lateks serta mengetahui pengaruh penambahan perekat alami lateks terhadap kadar air, kadar abu, kadar zat yang hilang pada suhu 950 0C, nilai kalor dan laju pembakaran briket. Studi eksperimental menggunakan rancangan acak lengkap, dengan perlakuan bagian tanaman nanas (daun dan batang) dan tingkat persentase perekat alami lateks 4%, 8% dan 12%. Data penelitian dianalisis menggunakan Analisis of Variance (ANOVA) dan uji lanjut menggunakan Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan perlakuan faktor bagian tanaman (daun dan batang) dan tingkat persentase perekat alami lateks berpengaruh nyata terhadap parameter dalam penelitian. Nilai kadar air, abu, dan zat yang hilang pada suhu 950 0C untuk briket batang lebih tinggi dari briket daun, sedangkan nilai kalor dan laju pembakaran briket daun lebih tinggi dari briket batang untuk setiap persentase perekat lateks. Nilai kadar air, abu, dan kalor yang memenuhi kriteria standar mutu SNI 01-6235-2000 adalah briket daun dengan perekat lateks 4%, secara berturut-turut 3,52±0,14%, 14,35±0,06%, dan 5156±8,62 kalori/gram

Page 1 of 1 | Total Record : 8