cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
RAUDHAH
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 146 Documents
Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Menari Animal Chicken Dance Masganti Masganti
JURNAL RAUDHAH Vol 5, No 2 (2017): RAUDHAH
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (350.4 KB) | DOI: 10.30829/raudhah.v5i2.180

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kemampuan motorik kasaranak sebelum melakukan kegiatan menari animal chicken dance (2)Melaksanakan kegiatan menari animal chicken dance (3) Mengetahui kegiatan menari animal chicken dance dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakandi RA Al-Imam yang bertempat di Jalan Denai Gang Giat No. 21 Medan Denai, pada tanggal 13, 15, 21, 22 April 2017. Dengan jumlah anak yang diteliti yaitu 15 orang anak. Penelitian ini diawali dengan melakukan kegiatan pra skiklus, selanjutnya dilakukan kegiatan siklus I dan siklus II. Setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Kemampuan motorik kasar anak sebelum melakukan kegiatan menari animal chicken dance mulai berkembang, dari 15 orang anak yang diteliti, 10 orang anak yang mulai berkembang dan 5 (lima) orang anak yang belum berkembang. Kegiatan menari animal chicken dance dapat meningkatkan motorik kasar anak kelompok B RA Al-Imam dari 15 orang anak yang diteliti, 10 anak berkembang sesuai harapan, 5 (lima) orang anak berkembang sesuai harapan.
MEMBANGUN KARAKTER ANAK MELALUI SASTRA Rina Devianty
JURNAL RAUDHAH Vol 5, No 1 (2017): RAUDHAH
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (124.55 KB) | DOI: 10.30829/raudhah.v5i1.134

Abstract

Masa kanak-kanak identik dengan kegenbiraan dan keceriaan. Anak-anak yang masih dalam proses tumbuh kembang, sangat membutuhkn perhatian dan tuntunan dari orang tua. Karya sastra merupakan bagian penting yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan anak. Karya sastra bisa dijadikan orang tua sebagai sarana untuk memberikan tuntunan dan bimbingan pada anak. Lewat sastra, bisa ditanamkan nilai-nilai moral dan edukatif pada anak.
Pengaruh Dukungan Sosial dan Harapan terhadap Resiliensi Anak Didik LAPAS Kelas IIA SAlemba Sella Rizkina
JURNAL RAUDHAH Vol 6, No 2 (2018): RAUDHAH
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (169.852 KB) | DOI: 10.30829/raudhah.v6i2.283

Abstract

This study was conducted to determine the effect of social support and expectation on the resilience of class IIA prison students. The authors theorized that social support, hope, and demographic variables consisting of education and prison terms had an effect on the resilience of the LAPAS students. This study uses quantitative approach with multiple regression analysis with a sample of 170 students Class IIA Salemba taken with non-probability sampling technique. CFA (Confirmatory Factor Analysis) is used to test the measuring tool and Multiple Regression Analysis is used to test the research hypothesis. All of these techniques, researchers use software SPSS 18.0 and LISREL 8.70. The conclusion of this study shows that there is a significant influence of social support and expectation on resilience with R-Square of 0.108, meaning that the variant proportion of resilience is explained by all independent variables of 10.8%, and 89.2% influenced by other variables. Key word : social support, hope, resilience, student of prision
Urgensi Perkembangan Motorik Kasar Pada Perkembangan Anak Usia Dini Aida Farida
JURNAL RAUDHAH Vol 4, No 2 (2016): RAUDHAH
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (532.562 KB) | DOI: 10.30829/raudhah.v4i2.52

Abstract

Growth and development is a whole matching in dyeing rate of child development day after day, month after month and year after year. We realize that both are important to a child's development in particular the physical development of the child. pemehaman will be harsh on the motor development of children will give you an idea on us about motor development of children's motor characteristic rough, rough children as well as the urgency of the development motor rough kids. At least the motor on rough urgency through appropriate actions in memaksimalkannya will have an impact on the incidence of self-confidence and emotional stability in children.
PENINGKATAN KREATIVITAS MELALUI TEKNIK KOLASE PADA ANAK KELOMPOK B DI TK. ISLAM TERPADU INSAN MADANI T.A 2017/2018 Azuratul Husnah
JURNAL RAUDHAH Vol 6, No 2 (2018): RAUDHAH
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (102.533 KB) | DOI: 10.30829/raudhah.v6i2.274

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) kreativitas anak kelompok B sebelum dilakukannya teknik kolase di TK. Islam Terpadu Insan Madani, 2) pelaksanaan teknik kolase dalam meningkatklan kreativitas anak kelompok B di TK. Islam Terpadu Insan Madani, 3) ada peningkatan kreativitas setelah dilakukannya teknik kolase pada anak kelompok B di TK. Islam Terpadu Insan Madani. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 14 orang anak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kreativitas anak meningkat setelah adanya tindakan melalui teknik kolase. Pada saat dilakukan observasi pratindakan, persentase kreativitas sebesar 50%, kemudian mengalami peningkatan pada Siklus I sebesar 62% dan pada pelaksanaan Siklus II juga mengalami peningkatan sebesar 85,78%. Langkah-langkah yang ditempuh sehingga kreativitas anak meningkat adalah: kegiatan pra-pengembangan, kegiatan pengembangan, dan kegiatan penutup.  Kata kunci:  Kreativitas, Teknik Kolase, Menggambar          
KEGIATAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PAUD HIKMATUL FADILLAH KECAMATAN MEDAN DENAI zannatun nisya
JURNAL RAUDHAH Vol 5, No 2 (2017): RAUDHAH
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (125.09 KB) | DOI: 10.30829/raudhah.v5i2.175

Abstract

Mengembangkan pendidikan agama islam pada anak usia dini adalah salah satu aspek dalam mengembangkan kecerdasan anak dan juga salah satu cara untuk membentuk kepribadian anak menjadi baik dan memiliki nilai akhlakul karimah. Oleh karena itu kegiatan pengembangan pendidikan agama islam pada anak usia dini di PAUD sangatlah penting. PAUD Hikmatul Fadillah menjadikan pendidikan agama islam sebagai kegiatan program pelaksanaan belajar mengajar pada anak usia dini. Adapun tujuan dari penulisan artikel ilmiah ini untuk memahami dan membahas kegiatan penelitian yang telah dilakukan pada kegiatan pengembangan pendidikan agama islam pada anak usia dini di PAUD Hikmatul Fadillah. Penelitian yang telah dilakukan bertujuan untuk mengetahui (1) Pelaksanaan guru dalam mengembangkan pendidikanagama Islam pada anak usia dini di Hikmatul Fadillah Kecamatan Medan Denai (2) Metodenya (3) Materinya (4) Evaluasinya (5) Faktor penghambat dan pendukungnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di PAUD Hikmatul Fadillah. Subjek penelitiannya adalah kepala PAUD Hikmatul Fadillah, wakil PAUD Hikmatul Fadillah, pengawas PAUD Hikmatul Fadillah, guru dan anak-anak PAUD Hikmatul Fadillah. teknik instrument penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan selama 6 bulan. Hasil penelitiannya adalah mengembangkan kecakapan dalam menguasai hafalan juz ‘amma, meningkatkan daya ketangkasan dalam praktik ibadah. Metodenya adalah metode Bercerita, bercakap-cakap, tanya jawab, karyawisata,demonstrasi dan pemberian tugas. Materinya adalah tata cara bertayamum , berwudhu, shalat dan lafaz-lafaz adzan. Evaluasinya adalah evaluasi sumatif, formatif, tes dan diagnostic. Faktor penghambatnya adalah 79 % guru tidak berasal dari sarjana kependidikan PGRA atau PGMI, Ruangan kelas yang kurang memadai. faktor pendukungnya adalah kurikulum pembelajaran yang selaras dengan bakat dan minat anak, atensi pemimpin yayasan, daya dukung dari dinas pendidikan dan kementerian agama Kota Medan.
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK KURIKULUM 2013 PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Raisah Armayanti Nasution
JURNAL RAUDHAH Vol 6, No 1 (2018): RAUDHAH
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (133.374 KB) | DOI: 10.30829/raudhah.v6i1.288

Abstract

Thematic learning of early childhood education is conducted in an integrated and comprehensive manner for every field of development. This is in accordance with the child's thinking characteristics that are still holistic. children still see things as a whole, not fragmented and not yet focused on certain elements.Thematic teaching of early childhood in the 2013 curriculum using the Spiderwebbed Model (spiderwebbed). in this lesson is based on the selection of themes and sub-themes with due regard to the relationship with child development. Keyword: early childhood, education, Thematic learning
PERAN RAUDHATUL ATHFAL (RA) DALAM MEMBINA GENERASI ISLAM YANG BERKARAKTER Muhammedi Muhammedi
JURNAL RAUDHAH Vol 5, No 1 (2017): RAUDHAH
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.888 KB) | DOI: 10.30829/raudhah.v5i1.139

Abstract

Raudhatul Athfal (RA) sebagai lembaga pendidikan Islam anak usia dini di Indonesia, diatur  dalam UU tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) Republik Indonesia. Peran Raudhatul Athfal (RA) dalam Islam sesuai dengan konsep Al-Qur`an dan Hadis yang membicarakan pendidikan anak sejak lahir sampai akhir kehidupan manusia, dari rentang waktu perjalanan hidup manusia salah satu masa yang dilalui adalah ketika usia dini. Dalam perspektif kajian Islam pendidikan memenuhi tiga aspek kehidupan sebagai dasar pembentukan kepribadian anak yaitu akidah, ibadah dan akhlak. Selain Al-Qur`an dan Hadis, pakar psikologi juga banyak menuliskan hasil penelitiannya tentang pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini. Pada sisi pertumbuhan dan perkembangan usia dini, pendidikan memperhatikan aspek fisik, kognitif, emosional, sosial, bahasa dan perkembangan agama. Oleh karena itu, peran penting Raudhatul Athfal (RA) dalam pendidikan anak usia dini adalah sebagai lembaga pendidikan yang menanamkan dasar-dasar agama, ilmu dan kreatifitas sebagai bekal mereka di masa depan.
PERILAKU PELECEHAN SEKSUAL DAN PENCEGAHAN SECARA DINI TERHADAP ANAK Sri Wahyuni
JURNAL RAUDHAH Vol 4, No 2 (2016): RAUDHAH
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (790.038 KB) | DOI: 10.30829/raudhah.v4i2.58

Abstract

News of the behavior of sexual abuse increasing lately, then may need to provide information on how to actually such behavior to children early so that children understand the symptoms that can be seen children so that they can avoid its, while for parents can anticipate and prevent such behavior to the children and the possibility of higher number of sacrifice. To understand the symptoms that appear, then should also given the way or its prevention especially build communication so that the children are open in telling their activity day-to-day and confidence and courage when facing something actions that are perceived to be the son of uncomfortable.
PERMAINAN ENGKLEK DALAM MENINGKATKAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA AL HIKMAH KECAMATAN MEDAN DENAI Ika Muslimah
JURNAL RAUDHAH Vol 6, No 2 (2018): RAUDHAH
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (91.585 KB) | DOI: 10.30829/raudhah.v6i2.279

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permainan engklek dalam meningkatkan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di RA Al Hikmah Kecamatan Medan Denai dengan berbagai masalah dan cara penyelesaiannya. Perolehan data dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif dari data yang di hasilkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan di kelompok B RA Al Hikmah Medan Denai dengan jumlah anak 13 orang. Hasil penelitian ini mengungkapkan dua temuan yaitu: 1) permainan engklek dalam meningkatkan motorik kasar anak usia 5-6 tahun  di RA Al Hikmah Medan Denai sudah berjalan dengan baik sesuai dengan perencanaan dan penilaian yang sudah dibuat. 2) Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat permainan engklek dalam meningkatkan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di RA Al Hikmah Medan Denai sudah berjalan dengan baik. Kata Kunci: Permainan Engklek, Motorik Kasar, Permainan Tradisional

Page 1 of 15 | Total Record : 146